Вы находитесь на странице: 1из 2

Tips dan Anjuran :

Seri Penyakit Kulit

Pengobatan

Anti Scabies sesuai saran dokter Obat pereda gatal (antihistamin) Antibiotika jika ada infeksi sekunder Bila menyerang keluarga, hendaknya semua anggota keluarga diobati secara bersamaan.

1. Cuci baju dan alas tidur dengan air panas setiap hari. 2. Obati semua anggota keluarga yang terkena Scabies 3. Mandi dengan sabun sulfur

Awas CA BI ES ! !! S
Dipersembahkan oleh :

Tim PKMD Analis Kesehatan Poltekkes Bandung 2012.

Apa itu Scabies ?


Cara Pencegahan :
Scabies atau gudik adalah penyakit kulit yang disebabkan tungau kecil Sarcoptes scabei. Scabies sangat menular terutama di asrama, kos-kosan, sekolah dan tempat anak berkumpul. 1. Jaga kebersihan badan. 2. Jaga kebersihan lingkungan hidup (sumber air bersih) 3. Pakaian harus bersih dan kering.

Apa tanda-tandanya ? ?
1. Gatal, terutama pada malam hari 2. Bintik-bintik merah pada kulit 3. Daerah yang sering terkena adalah sela jari tangan, pergelangan tangan, ketiak, sekitar pusat, lipatan paha, genitalia dan bokong. 4. Terdapat terowongan + 1 cm pada daerah yang terkena berwarna putih abu-abu dan ditemukan tungau.

Cara Penularan :
Cara Langsung 1. kontak langsung 2. berhubungan badan dengan dengan pasien klien

4. Hindari penggunaan pakaian yang sama dengan penderita. 5. Hindari terhadap kontak langsung dengan kulit penderita 6. Makan makanan yang bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

(bersentuhan dengaan daerah luka penderita skabies. Cara Tidak Langsung melalui handuk, sprei dan pakaian yang digunakan oleh penderita penyakit skabies. Lingkungan

Populasi yang padat Daerah yang kotor atau kumuh

Tidak ada pantang makanan !