Вы находитесь на странице: 1из 2

Appendix

Appendix Chapter 3 STRATEGY MAPS

Chapt 3

Strategy Map menjelaskan tentang proses penciptaan nilai melalui serangkaian cause and effect linkages sesuai objektif pada ke empat perspektif Balanced Score Card. Tujuan akhir dari suatu organisasi adalah untuk menciptakan nilai jangka panjang bagi pemegang saham (sektor swasta) atau stakeholder (sektor publik) Nilai-nilai organisasi dibuat dengan memenuhi proposisi nilai pelanggan Proses internal menciptakan dan memberikan nilai yang memuaskan pelanggan, dan mereka juga memberikan kontribusi pada tujuan produktivitas persepectives keuangan Aktiva tidak berwujud (orang, teknologi, dan budaya) mendorong perbaikan kinerja dalam proses yang penting yang memberikan nilai kepada pelanggan dan pemegang saham

Financial perspective Menjelaskan outcome yang tangible dari strategi menggunakan metrics yang familier seperti Return on Investment, Economic Value Added, Laba Operasi, Revenue/pendapatan tiap pelanggan Outcome atau lagging indicator mengisyaratkan strategi yang bekerja untuk menyampaikan hasil yang tangible pada pemegang saham.

12

Appendix
Customer perspective

Chapt 3

Meliputi pengukuran customer outcome, seperti kepuasan, retensi, dan pertumbuhan, sebagaimana metrics untuk value proposition yang diseleksi untuk segmen pelanggan yang ditargetkan. Value proposition adalah jantung dari strategi yang menjelaskan bagaimana perusahaan akan mendiferensiasikan dirinya sendiri di mata pelanggan, dan juga mendefinisikan konteks untuk sandaran strategi. Value proposition berdasarkan pencapaian dari biaya terendah untuk pelanggan yang membutuhkan keunggulan dalam proses yang sangat berbeda dab human capital daripada yang dimaksudkan value proposition untuk menyediakan kelengkapan dan kustomisasi solusi pelanggan. Secara bersama sama, perspektif financial dan pelanggan dalam strategy map dan balance Score Card menjelaskan bagaimana harapan organisasi yang ingin dicapai: meningkatkan nilai bagi pemegang saham melalui pertumbuhan revenue dan perbaikan produktivitas, dan peningkatan dalam share of customer perusahaan yang dikeluarkan melalui akuisisi pelanggan, kepuasan, retensi, loyalitas, dan pertumbuhan.

Process perspective Mengidentifikasikan sedikit proses bisnis yang kritikal yang akan memuaskan pelanggan dan tujuan finasial. Organisasi memainkan ratusan proses, dari meeting untuk payroll dan mempublikasi laporan keuangan kuartal untuk mengurus peralatan dan fasilitas dan menciptakan produk baru. Meskipun seluruh proses harus di mainkan secara memadai, hanya sedikit yang menciptakan diferensiasi sebenarnya untuk strategi. Strategy map seharusnya mengidentifikasikan proses utama sehingga manajer dan karyawan dapat fokus terhadap perbaikan berkelanjutan.

Learning and Growth Mengidentifikasikan pekerjaan (human capital), sistem (information capital), dan suasana(organization capital) yang mendukung proses penciptaan nilai. Secara bersama sama, objektif dalam dua persepektif- process perspective dan learning and growth perspectivemenjelaskan bagaimana organisasi akan mengimplementasikan strateginya. Visualisasi strategy map dari hubungan sebab-akibat antara tujuan strategis telah diadopsi secara luas dan merupakan titik awal untuk semua proyek Balance Score Card.

13