You are on page 1of 5

Nama : Kiki Dwi jayanti Nim : F0b010005 Praktikum Prakarya Teknologi Kimia

Mangga
Mangga atau mempelam adalah nama sejenis buah, demikian pula nama pohonnya. Mangga termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota, dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica. Pohon mangga termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya (habitus) termasuk kelompok arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 m. Mangga bisa mencapai tinggi 10-40 m. Nama buah ini berasal dari Malayalam maanga. Kata ini dipadankan dalam bahasa Indonesia menjadi mangga; dan pada pihak lain, kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Inggris) dan lain-lain. Nama ilmiahnya sendiri kira-kira mengandung arti: (pohon) yang berbuah mangga, berasal dari India. Manisan adalah salah satu bentuk makanan olahan yang banyak disukai oleh masyarakat.Rasanya yang manis bercampur dengan rasa khas buah sangat cocok untuk dinikmati. Meskipun jenis manisan buah yang dipasarkan ada beberapa jenis bentuk dan berbagai rasanya, namun sebenarnya dapat digolongkan menjadi 4 kelompok yaitu : 1. Golongan pertama adalah manisan basah dengan larutan gula encer (buah dilarutkan dalam buah jambu, mangga , salak atau kedondong). 2. Golongan kedua adalah manisan larutan gula kental menempel pada buah (manisan jenis ini adalah pala, lobi-lobi dan cermai ). 3. Golongan ketiga adalah manisan kering dengan gula utuh (sebagai gula tidak larut dan menempel pada buah) buah yg sering digunakan adalah mangga, kedondong , sirsak, dan pala. 4. Golongan keempat adalah jenis manisan kering asin karena unsur dominan dalam bahan adalah garam , jenis buah yg dibuat adalah jambu biji, buah mangga, belimbing dan buah pala. 1

Manisan kering adalah produk olahan yang berasal dari buah-buahan dimana pemasakannya dengan menggunakan gula, kemudian dikeringka. Produk ini mempunyai beberapa keuntungan diantaranya :

Bentuknya lebih menarik Lebih awet volume serta Bobotnya menjadi lebih kecil sehingga mempermudah pengangkutan

Buah-buahan yang biasa digunakan untuk membuat manisan kering adalah buah yang jenisnya lunak seperti pepaya, sirsak, tomat dan lain-lain. Secara umum pembuatan manisan terdiri dari tahap pemotongan/ penusuk nusukan buah , perendaman, pencucian, perebusan, pemasakan dengan gula dan penjemuran.

Resep manisan mangga kering


Bahan-bahan :

Mangga mentah jenis kopek, cengkir, golek yang masih muda atau setengah tua.

Garam Gula pasir Air

Alat-alat :

Pisau Wadah 2

Gentong Rak pengeringan

Cara pengolahan :

Buah mangga dikupas dengan pisau Rendam dalam larutan garam didalam wadah selama semalam (untuk menghilangkan getah buah mangga)

Rendam dalam larutan gula selama dua hari (tanpa bahan pengawet lain) Dijemur diterik matahari dalam tampah atau nyiru besar yang ditata diatas rak pengeringan dari bahan bambu.

Setelah kering dibungkus/ dikemas berdasarkan ukuran.

Manisan merupakan produk pangan dengan kandungan gula tinggi sehingga dapat disimpan lebih lama, konsentrasi gula yang tinggi dengan kadar asam tinggi (pH rendah) maupun berfungsi sebagai pengawet. Konsentrasi gula yang tinggi pada produk manisan mangga menyebabkan sebagian air yang ada pada produk menjadi tidak tersedia , sehingga pertumbuhan mikroorganisme dan aktivitas air menjadi berkurang.