You are on page 1of 20

Aplikasi pemanfaatan Energi panas dalam kedokteran

Pemanfaatan energi panas dapat digunakan dalam: a. Dalam diagnosis b. Dalam pengobatan

Dalam diagnosis
Salah satu contoh tekhnik energi panas yang dapat digunakan dalam diagnosis adalah TERMOGRAFI. Termografi merupakan alat yang menggunakan energi panas dan berfungsi untuk mendeteksi temperatur permukaan kulit, serta memberikan gambaran termogramnya. Termografi terdiri dari 2 jenis, yaitu : Termografi Dalam Keseimbangan Panas. Termografi Dengan Fotokonduktifitas Infra Merah.

Dalam pengobatan
Metode yang dipakai untuk transfer energi panas dalam pengobatan : a. Metode konduksi b. Metode radiasi c. Metode elektromagnetik d. Metode gelombang ultrasonik

Metode konduksi
Kantong air panas/botol berisi air panas

Efisien untuk pengobatan nyeri-nyeri. Misalnya, nyeri daerah perut. Handuk panas Efisien untuk pengobatan sakit otot misalnya kejang otot, Mandi uap (Turkish Bath) Efisien untuk relaksasi otot untuk penyegaran Lumpur panas (Muds Packs) Dapat mengkonduksi panas ke dalam jaringan dan dapat mencegah kehilangan panas.

Wax Bath/Parafin Bath

Efisien untuk transfer panas pada tungkai bawah terutama pada orang tua. Cara kerja : Wax di letakkan dalam bak dan dipanaskan sampai temperatur 1150 sampai 1200F. Lama merendam kaki berkisar antara 30-60 menit. Electric pads Dengan cara melingkari kawat elemen panas dengan dibungkus asbes/plastik. Untuk amannya dilengkapi dengan thermostat. Output berkisar antara 8-10 Watt/foot.

Metode radiasi (nuklir)


Henri DANLOS: 1901.

menggunakan radium untuk pengobatan penyakit tubercolusis pada kulit.


Bapak Ilmu Kedokteran Nuklir :

George C. de HEVESSY : peletakkan dasar prinsip perunut dengan menggunakan radioisotop alam Pb-212.

Kedokteran Nuklir
Ilmu Kedokteran Nuklir adalah cabang ilmu

kedokteran yang menggunakan sumber radiasi terbuka berasal dari disintegrasi inti radionuklida buatan, untuk mempelajari perubahan fisiologi, anatomi dan biokimia, sehingga dapat digunakan untuk tujuan diagnostik, terapi dan penelitian kedokteran.

PENGGUNAAN
INVIVO INVITRO

INVIVO
Imaging

1. Citra/gambar organ atau bagian tubuh pasien kamera gamma /kamera positron (teknik imaging) 2. Kurva-kurva kinetika radioisotop dalam organ/bagian tubuh tertentu dan angka-angka yang menggambarkan akumulasi radioisotop dalam organ atau bagian tubuh tertentu disamping citra/gambar kamera gamma/kamera positron. 3. Radioaktivitas yang terdapat dalam contoh bahan biologis (darah, urine dsb) yang diambil dari tubuh pasien, dicacah dengan instrumen yang dirangkaikan pada detektor radiasi (teknik non-imaging).

INVITRO
Deteksi bahan-bahan dalam darah, ex: antigen,hormon,dll
bahan biologis misalnya 1 ml darah. Cuplikan bahan biologis tersebut kemudian direaksikan dengan suatu zat yang telah ditandai dengan radioisotop. Pemeriksaannya dilakukan dengan bantuan detektor radiasi gamma yang dirangkai dengan suatu sistem instrumentasi. Studi semacam ini biasanya dilakukan untuk mengetahui kandungan hormon-hormon tertentu dalam darah pasien seperti insulin, tiroksin

KEGUNAAN
Diagnosis
(dosis kecil) :

penyakit jantung koroner, penyakit kelenjar gondok, gangguan fungsi ginjal, menentukan tahapan penyakit kanker dengan

mendeteksi penyebarannya pada tulang, mendeteksi pendarahan pada saluran pencernaan makanan dan menentukan lokasinya

Terapi-terapi
(dosis besar)

kanker kelenjar gondok,


hiperfungsi kelenjar gondok yang membandel

terhadap pemberian obat-obatan non radiasi, keganasan sel darah merah, inflamasi (peradangan)sendi yang sulit dikendalikan dengan menggunakan terapi obatobatan biasa

PEMANFAATAN DI LUAR KEDOKTERAN NUKLIR


TEKNIK PENGAKTIVAN NEUTRON
PENENTUAN KERAPATAN TULANG DENGAN

BONE DENSITOMETER
THREE DIMENSIONAL CONFORMAL

RADIOTHERAPHY (3D-CRT)

TEKNIK PENGAKTIVAN NEUTRON

menentukan kandungan mineral tubuh terutama untuk unsur-unsur yang terdapat dalam tubuh dengan jumlah yang sangat kecil (Co,Cr,F,Fe,Mn,Se,Si,V,Zn dsb)
sifatnya tidak merusak dan kepekaannya sangat tinggi bahan biologik yang akan diperiksa ditembaki dengan neutron.

PENENTUAN KERAPATAN TULANG DENGAN BONE DENSITOMETER


Sinar-X / sinar gamma
TULANG

konsentrasi mineral kalsium dalam tulang

membantu mendiagnosiskekeroposan tulang (osteoporosis)

THREE DIMENSIONAL CONFORMAL RADIOTHERAPHY (3D-CRT)


Terapi Radiasi dengan menggunakan sumber

radiasi tertutup atau pesawat pembangkit radiasi


teknologi 3D-CRT : pembedahan dengan

menggunakan radiasi pengion sebagai pisau bedahnya (gamma knife). TUMOR

Metode elektromagnetik

Short

wave Diathermy Micro Wave Diathermy

Metode Gelombang Ultrasonik


Gelombang ultrasonik ini sangat berbeda dengan gelombang elektro magnetis. Gelombang ultrasonik diperoleh dari gelombang bunyi (audible sound) dengan frekuensi mendekati 1 MHz.

Aplikasi pemanfaatan gelombang ultrasonik dalam

bidang kedokteran : gelombang bunyi ultrasonik jug bisa dimanfaatkan utk menghancurkan batu ginjal. Intensitas bunyi ultrasonik yg lebih kuat juga bisa digunakan untuk membersihkan alat-alat kedokteran yg terbuat dari logam dan kaca. Dalam alat pembersih ini terdapat tangki air yang digetarkan pada frekuensi ultrasonik sehingga semua kotoran rontok.