You are on page 1of 2

DIT 22 1. Mengapa nitrogen merupakan zat yang penting bagi tanaman? Jelaskan!

Karena nitrogen merupakan komponen dari asam nukleat, protein, hormon, klorofil, dan koenzym. Fungsi nitrogen untuk tanaman adalah untuk menyuburkan tanaman, sebab unsur N dapat membentuk protein, lemak dan berbagai persenyawaan organik yang lain. Unsur N digunakan pada masa pertumbuhan vegetatif tanaman. Kecuali itu unsur N juga berperan dalam pembentukan hijau daun, dimana hijau daun ini berguna untuk melaksanakan proses pemasakan pada tanaman (fotosintesis) yang nantinya akan menghasilkan karbohidrat. 2. Jelaskan peranan enzim Nitrat Reduktase, Nitrit Reduktase, dan nitrogenase!
Nitrat reduktase mengangkut dua electron dari NADH, hasilnya berupanitrit Nitrit reduktase pengkatalis pada proses reduksi nitrit menjadi ion ammonium di daun secara in vitro = menerima secara lemah electron dari NADH, NAPDH, atau senyawa flavin alamiah misalnya FADH2 Nitrogenase, membantu nitrat pada reduksi N2 dalam fiksasi nitrogen

3. Bagaimana proses sintesis asam amino sebagai penyusun protein? Jelaskan!


Aspartat hasil transminasi dapat mengangkut asam aminonya ke asam -keton laninnya, membentuk berbagai asam piamino melalui proses transaminasi ini. Pengankutan ke piruvat, isalnya akan menghasilkan alanin. Alaindan asam amino lainnya juga dapat mengangkut gugus amiinonya sehingga banyak sekali asam amino yang terbentuk ddenagan cara transaminasi.

4. Apakah semua asam amino sebagai penyusun protein? Jelaskan!

5. Uraikan secara sederhana proses fiksasi N2 dari udara oleh bakteri Rhizobium!
N2 difiksasi oleh bakteri pemfiksasi N menjadi NH3 (ammonia), kemudian menjadi NH4 (ammonium). Fiksasi nitrogen berlangsung dengan bantuan kompleks enzim nitrogenase. Reaksinya sbb: N2 + 6e 2NH3 (DG0 = +150 kkal/mol = +630 kJ/mol) Fiksasi N dilakukan oleh beberapa bakteri yang hidup bebas maupun bersimbiosis dengan akar tanaman, misal: Clostridium pasteuranium, Klebisella, Rhodobacter, Rhizobium. Fiksasi N diatur oleh sistem operon gen yang rumit,

termasuk gen nif . Fiksasi berlangsung apabila di lingkungan konsentrasi ammonia menurun/rendah.

6. Adakah bakteri lain yang mempunyai kemampuan fiksasi N2 dari udara? 7. Apa yang dimaksud dengan siklus urea?
Adalah reaksi antara asetil ko-a dengan asam oksaloasetat, yang kemudian membentuk asam sitrat. Siklus krebs terjadi di Krista mitokondria.

8. Apa yang saudara ketahui tentang uric acid?


Uric acid adalah senyawa organik dari karbon, nitrogen, oksigen, dan hidrogen dengan rumus C 5 H 4 N 4 O 3.