You are on page 1of 22

TEAMWORK

Oleh : Ahmad Zaidi, S.Sos, M.Si

Dalam dunia usaha, penggunaan teamwork seringkali

merupakan solusi terbaik untuk mencapai suatu kesuksesan. Teamwork yang solid akan memudahkan manajemen dalam mendelegasikan tugas-tugas organisasi. Namun demikian untuk membentuk sebuah team yang solid dibutuhkan komitment tinggi dari manajemen. Hal terpenting adalah bahwa teamwork harus dilihat sebagai suatu sumber daya yang harus dikembangkan dan dibina sama seperti sumber daya lain yang ada dalam perusahaan. Proses pembentukan, pemeliharaan dan pembinaan teamwork harus dilakukan atas dasar kesadaran penuh dari team tersebut sehingga segala sesuatu berjalan secara normal sebagai suatu aktivitas sebuah teamwork, meskipun pada kondisi tertentu manajemen dapat melakukan intervensi.

Definisi Teamwork?
Kumpulan

individu yang bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan. Kumpulan individu-individu tersebut memiliki aturan dan mekanisme kerja yang jelas serta saling tergantung antara satu dengan yang lain. Oleh karena itu sekumpulan orang yang bekerja dalam satu ruangan, bahkan didalam satu proyek, belum tentu merupakan sebuah teamwork. Terlebih lagi jika kelompok tersebut dikelola secara otoriter, timbul faksi-faksi di dalamnya, dan minimnya interaksi antar anggota kelompok.

Kowzes dan Posner, Anda memerlukan great team

untuk menang. Anda bisa saja kalah dengan tim ini, tetapi tanpanya, Anda pasti tidak akan bisa menang. John MAXWELL, sebuah great team tidak harus terdiri dari orang-orang luar biasa, cukuplah orang-orang biasa saja. Orang-orang biasa yang bekerja sepenuh hati akan bekerja dengan komitmen dan mereka akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Jim Collins, jangan gegabah dalam rekrutmen. Kalau tidak dapat hari ini, jangan memaksakan diri harus ada. Staf-staf Anda yang tidak sabar pasti akan mendesak Anda agar buru-buru mengambil orang. Tetapi kalau Anda mau sedikit sabar, Anda mungkin akan mendapatkannya, yaitu orang-orang yang bukan cuma sekedar harus bekerja, tetapi memang mau bekerja sepenuh hati.

lanjutan
Seorang CEO atau presiden tidak bekerja dalam

vakum, tidak sendirian. Ia bisa saja seorang biasa dengan segala kekurangannya. Tetapi ia bisa saja berhasil kalau ia memiliki komitmen dengan dukungan team yang sama-sama punya komitmen kuat. Maka yang masih bisa mereka jual nanti bukan lagi figur masing-masing calon (personality ethic), melainkan team yang akan mereka bawa dalam membangun bangsa ini

Dua isu di dalam kelompok (team),


Pertama adalah adanya tugas-tugas (task) dan

masalah-masalah yang berhubungan dengan pelaksanaan pekerjaan. Hal ini seringkali merupakan topik utama yang menjadi perhatian team. Kedua adalah proses yang terjadi di dalam teamwork itu sendiri, misalnya bagaimana mekanisme kerja atau aturan main sebuah team sebagai suatu unit kerja dari perusahaan, proses interaksi di dalam team, dan lain-lain

Mengapa Teamwork Diperlukan?


Teamwork merupakan sarana yang sangat baik

dalam menggabungkan berbagai talenta dan dapat memberikan solusi inovatif suatu pendekatan yang mapan. selain itu ketrampilan dan pengetahuan yang beranekaragam yang dimiliki oleh anggota kelompok juga merupakan nilai tambah yang membuat teamwork lebih menguntungkan jika dibandingkan seorang individu yang brilian sekalipun.

Keuntungan Pengambilan Keputusan dalam Team


pertama keputusan yang dibuat secara bersama-sama

akan meningkatkan motivasi team dalam pelaksanaanya. Kedua, keputusan bersama akan lebih mudah dipahami oleh team dibandingkan jika hanya mengandalkan keputusan dari satu orang saja.

Siklus Hidup Sebuah Teamwork


Secara umum perkembangan suatu team dapat

dibagi dalam 4 tahap: Forming, adalah tahapan dimana para anggota setuju untuk bergabung dalam suatu team. Karena kelompok baru dibentuk maka setiap orang membawa nilai-nilai, pendapat dan cara kerja sendiri-sendiri. Konflik sangat jarang terjadi, setiap orang masih sungkan, malu-malu, bahkan seringkali ada anggota yang merasa gugup. Kelompok cenderung belum dapat memilih pemimpin (kecuali team yang sudah dipilih ketua kelompoknya terlebih dahulu).

lanjutan
Storming, adalah tahapan dimana kekacauan mulai timbul

di dalam team. Pemimpin yang telah dipilih seringkali dipertanyakan kemampuannya dan anggota kelompok tidak ragu-ragu untuk mengganti pemimpin yang dinilai tidak mampu. Faksi-faksi mulai terbentuk, terjadi pertentangan karena masalah-masalah pribadi, semua ngotot dengan pendapat masing-masing. Komunikasi yang terjadi sangat sedikit karena masing-masing orang tidak mau lagi menjadi pendengar dan sebagian lagi tidak mau berbicara secara terbuka.

LANJUTAN
Norming,

adalah tahapan dimana individuindividu dan sub-group yang ada dalam team mulai merasakan keuntungan bekerja bersama dan berjuang untuk menghindari team tersebut dari kehancuran (bubar). Karena semangat kerjasama sudah mulai timbul, setiap anggota mulai merasa bebas untuk mengungkapkan perasaan dan pendapatnya kepada seluruh anggota team. Selain itu semua orang mulai mau menjadi pendengar yang baik. Mekanisme kerja dan aturan-aturan main ditetapkan dan ditaati seluruh anggota.

Lanjutan
Performing. Tahapan ini merupakan titik kulminasi dimana

team sudah berhasil membangun system yang memungkinkannya untuk dapat bekerja secara produktif dan efisien. Pada tahap ini keberhasilan team akan terlihat dari prestasi yang ditunjukkan.

Ketrampilan yang Diperlukan


Ketrampilan managerial (Managerial Skills),

termasuk kemampuan dalam membuat rencana kerja, menentukan tujuan, memantau kinerja, memonitor perkembangan dan memastikan pekerjaan telah dilakukan secara benar, dan lainlain. Ketrampilan interpersonal (Interpersonal Skills), termasuk kemampuan berkomunikasi, saling menghargai pendapat orang lain dan kemampuan menjalin hubungan interpersonal dengan orang lain.

lanjutan
Tantangan

pertahanan syndrome. tantangan, melakukan tantangan (flight). Dalam banyak kasus tantangan yang ada merupakan suatu rangsangan untuk mencapai kesuksesan. Dengan kata lain tantangan tersebut justru merupakan motivator.

Manusia dikarunia mekanisme diri yang di sebut fight atau flight Ketika dihadapkan pada suatu secara naluri manusia akan suatu tindakan untuk menghadapi tersebut (fight) atau menghindar

Namun

demikian tidak semua pekerjaan selalu menghadirkan tantangan. Sebuah team tidak selamanya akan menghadapi suatu tantangan. Pertanyaannya adalah bagaimana caranya memberikan suatu tugas atau pekerjaan yang menantang dalam interval. Salah satu criteria yang dapat dipakai sebagai acuan apakah suatu tugas memiliki tantangan adalah tingkat kesulitan dari tugas tersebut. Jika terlalu sulit, mungkin dapat dianggap sebagai hal yang mustahil dilaksanakan, maka team bisa saja menyerah sebelum mulai mengerjakannya. Sebaliknya, jika terlalu mudah maka team juga akan malas untuk mengerjakannya karena dianggap tidak akan menimbulkan kebanggaan bagi yang melakukannya.

lanjutan
Ketika bekerja semua orang akan terlihat formal,

serious, important, necessary, technical, and administrative. Namun ketika ada kegiatan (perayaan) maka karakternya berubah menjadi relax, Happy, and look at each other as fellow humans bound together by a common purpose.

lanjutan
Keakraban Team yang sukses biasanya ditandai

dengan sikap akraban satu sama lain, setia kawan, dan merasa senasib sepenanggungan. Para anggota team saling menyukai dan berusaha keras untuk mengembangankan dan memelihara hubungan interpersonal. Hubungan interpersonal menjadi sangat penting karena hal ini akan merupakan dasar terciptanya keterbukaan dan komunikasi langsung serta dukungan antara sesama anggota team.

Bagimana team yang baik ?


Teamwork

yang baik dan terwujud apabila ada kesepahaman, keselarasan, dan persetujuan komitmen dalam bekerja, dan menyatukan langkah untuk meraih tujuan bersama. Ada Sinergi dan Keselarasan dalam setiap aktititas, dan setiap anggota organisasi mau membagi tugas / sharing tugas bersama. Bagaimana dapat mencapai tujuan? Teamwork dapat mencapai tujuan bersama apabila sudah ditetapkan objective dan targetnya. Ini penting karena segala aktifitas yang berhubungan dengan kerjasama harus terdapat kesepahaman gerak, langkah dan ide-ide kreatif untuk direalisasikan bersama.

lanjutan
Teamwork juga harus mampu berkomunikasi dengan baik

dalam setiap event agar terjadi kesepahaman dan kesatuan pemikiran agar tidak terjadi konflik internal dari dalam Team itu sendiri. Apabila ada salah satu anggota team mendapatkan masalah, maka harus segera dikomunikasikan kepada anggota-anggota yang lain untuk segera dicarikan solusi bersama, agar mendapatkan langkah dan gerak yang sepadan dan selaras untuk mencapai tujuan bersama.

Bagaimana Team work mengatasi hambatan dan permasalahan?


Teamwork

dapat mengatasi hambatan atau permasalahan yang terjadi di sekitar office, dengan cara Mapping (Pemetaan) permasalahan, kemudian diklasifikasi berdasarkan Level of Urgency to Solution (tingkat penyelesaian segera), kemudian dianalisa sesuai dengan level-nya, agar permasalahan / hambatan tersebut dapat diselesaikan dengan baik. Teamwork yang Baik untuk Customer Service Excellence harus mempunyai prinsip-prinsip Customer-Oriented Service ( Pelayanan yang berpihak kepada keinginan masyarakat / pelanggan).

Trik agar team tetap solid


Berpikir dan Bertindak sebagai Pelayan, bukan Pesuruh / Boss. 2. Berpikir dan Bertindak sebagai Pengabdi, bukan Raja / Ratu. 3. Berpikir dan Bertindak Cepat dan Solutif (memberikan solusi) kepada masyarakat yang sedang membutuhkan pelayanan cepat. 4. Berpikir dan Bertindak Efisien dan Efektif dalam bekerja. 5. Flexible dan Mandiri dalam bekerja. 6. Pemberi Jalan Penyelesaian, bukan Penghambat dalam mencari penyelesaian. 7. Berpikir Bagaimana Enaknya Solusi Terbaik ( Think BEST), bukan berpikir Bagaimana Prosedur Biasanya yang Dijalani. 8. Selalu terlihat bersahabat dan hangat kepada semua level Customer / Masyarakat yang sedang meminta pelayanan, dalam kondisi apapun. 9. Selalu sigap dan ringan tangan dalam menyelesaikan tugas. 10. Tidak menunda pekerjaan dan pelayanan kepada masyarakat
1.

WASSALAMUALAIKUM WR WB