Вы находитесь на странице: 1из 2

PREFFIX

Dengan semakin dekatnya Ujian Nasional, semakin banyak request tentang cara-cara mengerjakan soal terkait dengan UN. Memang untuk kategori "cepat", kami lebih suka menekankan pada frekuensi latihan soal. Artinya, semakin banyak kita latihan menjawab soal dengan benar, maka akan semakin cepat pula kita dapat menjawab soal Bahasa Inggris dengan benar. Ingat, "Bahasa Bisa Karena Biasa". ^_^ Supaya tidak terlalu panjang lebar, dalam postingan kali ini, kami ingin berbagi cara mengetahui jenis kata dalam bahasa inggris, mengingat untuk soal jenis error recognition dan cloze test, penguasaan tentang hal ini mutlak diperlukan. Sebelum kita menelaah lebih jauh, ada baiknya kita memetakan jenis-jenis kata yang digunakan dalam soal Ujian Nasional SMK / SMA bagian error recognitiondan cloze test. 1. Noun (kata benda) 2. Verb (kata kerja) 3. Adjective (kata sifat) 4. Adverb (kata keterangan) 5. Auxiliary (kata bantu) 6. Preposition (kata depan) 7. Conjunction (kata sambung) 8. Article -> the, a, an Untuk jenis kata murni (base), ada hal-hal yang dapat anda lakukan untuk menganalisa sebuah kata, yaitu: 1. Tambahkan "the" di depannya. Kalau bisa, maka kata tersebut pasti noun. Contoh: the people, the child, the tree, etc. 2. Tambahkan akhiran (-ing) di belakangnya. Kalau bisa, maka kata tersebut pasti verb. Contoh: working, speaking, sleeping, etc. 3. Tambahkan "very" di depannya. Kalau bisa, maka kata tersebut pasti adjective. Contoh: very handsome, very afraid, very tired, etc. Selanjutnya, yang kadang-kadang susah adalah ketika kita menghadapi pilihan kata yang seperti berikut: attend, attendant, attendance, attended ^___^. Untuk jenis kata yang seperti ini, kita harus menganalisa suffix (akhiran) yang mengikuti kata dasar (base) nya. Berikut ini adalah suffix (akhiran) untuk mendeteksi bahwa sebuah kata itu pasti NOUN: 1. -ment : government, development, investment, etc. 2. -ship : friendshep, citizenship, relationship, etc. 3. -ness : tiredness, friendliness, awareness, etc. 4. ance, -ancy, -ence, -ency : attendance, relevance, proviciency, existence, etc. 5. ion, -sion, -tion : organization, acquisition, cohesion, etc. 6. -ism : pluralism, plagiarism, nationalism 7. -er, -ar, -or : driver, liar, conductor, etc.

8. -ee : employee, nominee, refugee, etc. 9. -ian : civilian, American, Korean, Indian, Christian, musician, etc 10. -ist : pianist, communist, Nationalist, etc. Berikut ini adalah suffix (akhiran) untuk mendeteksi bahwa sebuah kata itu pasti ADJECTIVE: 1. -able, -ible : capable, invicible, durable, etc. 2. -al : natural, environmental, classical, etc. 3. -ed : tired, bored, exhausted, etc. 4. -ful : helpful, careful, doubtful, etc. 5. -ic : metallic, realistic, patriotic, etc. 6. -ing : boring, annoying, tiring, etc. 7. -ish : reddish, Spanish, British, etc. 8. -ive : exclusive, conclusive, inconclusive, effective, etc. 9. -less : careless, helpless, hopeless, etc. 10. -ous : courtageous, obvious, obnoxious, etc.

Berikut ini adalah suffix (akhiran) untuk mendeteksi bahwa sebuah kata itu pasti ADVERB: -ly : beautifully, carefully, honestly, etc.

Berikut ini adalah suffix (akhiran) untuk mendeteksi bahwa sebuah kata itu pasti VERB: 1. -ize : specialize, organize, utilize, etc. 2. -fy : simplify, beautify, verify, etc. 3. -ate : manipulate, relate, integrate, etc. Demikian beberapa suffix yang bisa kita gunakan sebagai tanda untuk menganaliza sebuah jenis kata dalam Bahasa Inggris. Karena Bahasa adalah sesuatu yang fleksibel, maka kami sangat mengharapkan tambahan, kritik, atau saran yang bisa digunakan untuk memperbaiki posting ini. Selamat Belajar.. ^_^ Semoga bermanfaat. Salam.