You are on page 1of 21

GORESAN TINTA EMAS DALAM SEJARAH DUNIA MENGENANG 21 TAHUN INTIFADHAH

OLEH ; Ns. MIROJI,S.Kep

SEJARAH KONFLIK PALESTINA DENGAN ISRAEL


Masa kekhalifahan yang di bangun oleh Umar Ibnu Khattab ra. Islam berjaya 1200 tahun banyak para shahabat yang meninggal disana seperti ; Usamah bin Zaid bin Haritsah, Dihyah AlKalbi, Ubadah bin Shamit. Banyak tokoh Islam yang lahir di Palestina seperti Imam Syafeii di Gaza.

PERANG SALIB

Pada tanggal 26 November 1095 M Paus Urbanus II, menyerukan kepada Dewan untuk mengambil kembali tanah suci dari tangan umat Islam. Paus menjanjikan bahwa siapa saja sukarelawan yang turut berpartisipasi maka akan diampuni dosanya. Setiap tentara yang pergi kemedan perang dengan menyematkan tanda salib. Perang salib I dimulai tahun 1095-1096 M

Lanjutan perang salib

Perang salib II dimulai tahun 1098 M (491 H), dengan menguasai Syria, Iraq dan ditempat lain terjadi perpecahan umat. Setelah itu mereka menguasai Ramelah, Lod, dan Bethlehem pada tanggal 7 Juni 1099 M (23 Syaban 429 H). Meraka membantai 70 ribu kaum muslimin yang ada didalam Masjid Al-Aqsa. Al-Quds dikuasai pemimpin salibis dan 2 kota besar Nablus dan Hebron (Godfry Gouillon).

Merebut kembali tanah suci


Kaum muslimin tidak pernah gentar menghadapi musuh laknatullah Allaih. Pertempuran terus terjadi sampai kemenangan di tangan kaum muslimin. Kemenangan diawali dengan kiprah Imaduddin Zanki, Nuruddin Mahmud kemudian kemenangan ditangan orang yang terkenal kebaikannya Shalahuddin AlAyyubi.

Kemenangan

Kemenangan dimulai dari Hittin pada Rabiul Akhir 583 H/4 Juli 1187 M. Dengan meruntuhkan kekuasaan raja-raja Eropa. Kemenangan untuk membebaskan tanah Palestina terbuka lebar dalam hitungan hari Thibriyah ditaklukkan kemudian Aka, Nashira, Shafuriyah, Kaisariyah, Haifa, Arsuf, Nablus, Faulah, Daburiyah, Janin, Zain, Thur, Lajun, Bisan, sampai ke Beurut. Ke Selatan ; Ramalah, Yabna, Bethlehem, Hebron, Asqalan, Ghaza dan Darum. Baitul Maqdis terkuasai Rajab 583 H/ 20 September 1187 M.

Babak III

Pihak tentara salibis mengajukan perjanjian damai seluruh kota diserahkan tanggal 28 Rajab 583 H/ 2 Oktober 1187 M kemenangan umat Islam atas AlQuds. Begitulah Baitul Maqdis berada dibawah kepemerintahan Islam 91 tahun bergema suara azan. Kekuatan salibis yang sudah kehilangan kota-kota dan benteng-benteng menyusun kekuatan di kota Sour. Paus menyusun kekuatan dengan menghadirkan raja-raja Eropa ; Fredrik, Richard, Phillip Agusta.

Babak III
Ke tiga kekuatan besar menyerang kota Aka pada bulan Jumadil Ula 587 H/ Juni 1191 M Kota Aka jatuh ditangan salibis dan akan membangun kekuatan kembali di Palestina. Shalahuddin dapat menghalaunya dan kemudian disepakati damai dengan nota perdamaian Ar-Ramlah antara Richard dengan Shalahuddin pada tanggal 21 Syaban 588 H/ 1 September 1192 M.

Babak IV & V

Salibis barat mengirim pasukan pada tahun 601 H/ 1204 M, berakhir di Konstantinopel belum sampai ke mesir dan syria ekspidisi V diberangkatkan. Bertolak menuju Aka dengan pimpinannya Youhana Bareen. Menyadari kekuatan barat maka sultan Ayubiyah; Kamel Muhammad bin Muhammed bin Ayub. menawarkan kepada barat untuk perjanjian damai dengan konsekuensi menyerahkan sebagian AlQuds dan sebagian besar yang di buka Shalahuddin. Salibis menolak dan meminta wilayah sapai Jordan.

Sultan Damaskus; Isa bin Ahmad bin Ayub tidak setuju dn melawan barat akhirnya kaum muslimin dapat mengalahkan barat. Muncul perpecahan antara 2 saudara, Al-Kamel meminta bantuan Fredrik 2 dan bersamanya menyerang kota Aka dimenang kan Al-Kamel pada tahun 625 H dan dilakukan perundingan Jaffa, Salibis mengambil tanah suci Al-Quds, Bethkehem, Tabneen, Honeen, Saida dan tepian Al-Quds.

Spirit kaum muslimin masih membara dipimpin oleh Muzhaffar Quthz dan syahid, kemudian diteruskan oleh anaknya Ashraf Shalahuddin. Ia mengepung kota Aka dan dapat menguasai pada tahun 1291 M. Awal abad 20 senja mulai menghantui kekhalifahan Utsmaniyah dan akhirnya pecah perang dunia I dan II.

Negara-negara eropa ingin menjadi penguasa dunia dan eropa menjadi negara koloni dan Inggris menduduki Palestina tahun 1916 M. Zionis membonceng Inggris dengan perjanjian Sykes-pycott (perjanjian berbagi jarahan dan wilayah kekuasaan). Palestina yang diminta Zionis untuk menjadi negara yahudi.

Perjanjian berikutnya disepakati lewat deklarasi Balfour November 1917 M. Inggris memaksa Yahudinisasi ke wilayah Palestina. Muslimin Palestina tidak tinggal diam dan mentang inggris di bawah kepepimpinan Al-Hajj Amin Al-Husaini. Inggris tidak begitu sukses dengan mengeluarkan buku putih maka tetap menjadi negara Palestina merdeka. Inggris membatasi yahudi untuk imigrasi tidak lebih dari 75 ribu dalam 10 tahun.

Ketidak senangan yahudi terhadap Inggris maka Hotel King David markas pasukan Inggris diledakkan. Kemudian zionis mendompleng AS dan AS menghapus buku putih. AS pemenang perang dan membuat resolusi melalui PBB memberikan tanah Palestina ke Yahudi tahun 1947 M.

Sehari setelah kemerdekaan dideklarasikan Zionis melakukan teroris ; kampungkampung diratakan, penduduknya dibantai, diperkosa dan diusir tanpa harta. Kaum muslimin melakukan perlawanan dengan 24 ribu pasukan sementara zionis 70 ribu pasukan. Hasilnya zionis menang dan negara yahudi berdiri pada tanggal 14 Mei 1948 .

LAHIRNYA INTIFADHAH
8 Desember 1987 adalah tanggal yang bersejarah bagi perjuangan Palestina Gerakan perlawanan menjadi gerakan total yang menggerakkan semua masyarakat. Gerakan ini bernama HAMAS (Harokah Muqowamah Al-Islamiyah). Aksi-aksi heroik intifadhah membawa semangat kebangkitan yang luar biasa.

Arti intifadhah
Perhitungan atau pembalasan. Dengan semangat intifadhah akan melahirkan generasi heroik yang sepak terjangnya tercatat dalam tinta emas sejarah. Intifadhah membuat decak kagum dari seluruh dunia, sekaligus ketakutan dari para tentara kegelapan. Tidak terhitung tokoh-tokoh yang lahir dari generasi ini.

TOKOH-TOKOH INTIFADHAH

Imad Aqil ; tentara israel membunuhnya dengan cara mengepung menggunakan panser dan helikopter, kemudian merudal mayatnya pun masih ditakuti para serdadu israel. Yahya Ayyash sang insinyur, orang yang disebutsebut sebagai orang nomor 1. Syaikh Ahmad Yassin pendiri HAMAS yang mengguncang dunia dari atas kursi roda. Khalid Mishal diburu mossad tapi belum pernah berhasil dibunuh. Mahmud Abu Hanud pejuang yang matanya buta tetapi hatinya mampu melihat dunia.

FASE-FASE PERJUANGAN
Perjuangan dengan batu. Menggunakan pisau dan bom molotov. Bersenjata. Bom mobil. Bom Istisyhad. Mortir & roket propeller grenade. Rudal.

WASSALAM

TERIMA KASIH