You are on page 1of 6

ANALISIS JURNAL PENELITAIAN KUANTITATIF.

1. JUDUL Judul penelitian berisi pernyataan yang secara spesifik mencerminkan isi penelitian yang dilakukan (mencerminkan konsep dari gejala/fenomena yang diteliti). Penelitian ini bertjudul KUALITAS KOMUNIKASI PELAYANAN CUSTOMER SERVICE DI PT. INDOSAT, TBK BALIKPAPAN. Judul dalam penelitian ini, sudah mencerminkan bagaimana spesifik dari penelitian yang ingin di teliti. Dengan membaca judul, kita sudah tau bahwa si peneliti ingin mengetahui bagaimana kualitas komunikasi pelayanan costomer service di PT Indosat, apakah baik atau tidak menurut costumer indosat. 2. ABSTRAK / ABSTRACT Abstrak dalam penelitian ini sudah cukup lengkap, yakni adanya tujuan dari penelitian, intisari pemasalahan yang diteliti, hasil penelitian, kesimpulan dan kata kunci yang berjumlah 3 kata yaitu Kualitas Komunikasi, Pelayanan, Customer Service. Akan tetapi, masih ada yang kurang yaitu metode penelitian dan pendekatan apa yang digunakan. 3. KATA PENGANTAR Dalam penelitian ini penulis tidak memasukkan kata pengantar, karena penelitian ini bukan skripsi, melainkan Jurnal Penelitian BAB 1 4. PENDAHULUAN Pendahuluan berisikan Latar Belakang Penelitian, Rumusan Masalah dan Identifikasi Masalah, Maksud dan/Tujuan Penelitian, Kegunaan Penelitian atau Manfaat Penelitian. Dalam pendahuluan dijurnal ini, utuk latar belakang penulis tidak memberi judul latar belakang, penulis hanya membuat langsung apa latar belakang dalam penelitian langsung dibawah tulisan pendahuluan. Sebaiknya penulis menyertakan tulisan latar belakang, agar pembaca tau bahwa tulisan tersebut adalah latar belakang. Untuk perumusan masalah sudah lengkap, dimana si penulis merangkum masalah menjadi 2 pertanyaan yaitu :

1. Bagaimanakah kualitas komunikasi pelayanan Customer Service di Indosat Balikpapan? 2. Faktor apa sajakah yang menjadi penghambat kualitas komunikasi pelayanan customer service di Indosat Balikpapan? Kegunaan dan mamfaat penelitian pada penelitaiann ini dibedakan, tujuan penelitian lebih mejelaskan apa tujuan dari penelitian secara keseluruhan, sedangkan mamfaat penelitian, lebih merumuskan secara spesifik yang akan dicapai dari aspek peneliti (keilmuan) dan aspek praktis (guna laksana). BAB II KAJIAN PUSTAKA DAN KERANGKA PEMIKIRAN 5. Kajian pustaka Kekurangan dari Jurnal penelitian ini tidak mengikut sertakan kajian pustaka. Sebaiknya harus ada Kajian pustaka merupakan hasil telusuran tentang kepustakaan yang mengupas topik penelitian yang relevan dengan penelitian yang akan diteliti. Hal ini merupakan bukti pendukung bahwa topik atau materi yang diteliti memang merupakan suatu permasalahan yang penting karena juga merupakan concern banyak orang, sebagaimana ditunjukkan oleh kepustakaan yang dirujuk 6. Kerangka teori Dalam jurnal penelitian ini untuk kerangka teori peneliti menguraikan secara jelas dan lengkap. Dimulai dengan teori-teori apa yang digunakan. Peneliti menggunakan dua teori dalam jurnal penelitian ini. Tidak hanya menyatakan teori apa yang digunakan tetapi penulis juga menerangkan apa kaitannya teori dengan yang diteliti. Kualitas komunukasi, dalam penelitian ini Kualitas komunikasi merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap individu atau karyawan, ada 5 kualitas komunikasi yang memastikan apakah komunikasi berjalan dengan baik yaitu : 1. Keterbukaan (Openness) 2. Sikap mendukung ( Supportiveness ) 3. Sikap positif ( Positiveness ) 4. Empati ( Empathy )

5. Kesetaraan (Equality)

Dengan penulis menyantukan apa saja kualitas komunikasi pembaca lebih mudah mengerti dan membaca tabel yang akan disajikan pada pembahasan nanti.

7. Hambatan Komunikasi menerangkan apa-apa saja yang menghambat dalam proses penelitian. Dalam penelitian ini menyantumkan hambatannya yang terjadi :

1. 2. 3.

Fisik, hal menyangkut ruang fisik dan lingkungan. Intelektual, hambatan yang berhubungan dengan kemampuan pengetahuan Psikis, hambatan yang menyangkut faktor kejiwaan, emosional, tidak saling

percaya, dan penilaian yang menghakimi 4. Kultulral, hambatan yang berkaitan dengan nilai budaya dan bahasa.

8. Dalam kajian pustaka dan kerangka pemikiran, peneliti mencantumkan pengertian kata-kata kunci yang mungkin dapat memperjelas dalam membaca jurnal penelitian ini. Seperti pengertian Costumer Service 9. Definisi konsep merupakan pembatas pengertian tentang suatu konsep/pengertian yang merupakan unsur pokok dari suatu penelitian. 10. Metode penelitian merupakan hal yang sangat penting dalam penelitian. Disini menjelaskan jenis penelitaian apa yang kita pakai, apakah itu kualitatif atau kuantitatif. Pada jurnal penelitian ini memakai jenis penelitian deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan antara variabel satu dengan variabel yang lain 11. Karena jurnal penelitian ini memakai jenis penelitian kuantitaif, maka dalam hal memeliti, peneliti memakai populasi dan sampel, : Populasi :pelanggan Galeri Indosat Balikpapan. Sampel : Berdasarkan informasi yang diterima penulis bahwa estimasi jumlah pelanggan yang datang atau berurusan dengan petugas customer service dalam sehari sekitar 30-50 orang pelanggan. Oleh sebab itu sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 50 orang responden, yang dalam pelaksanaannya penenliti melakukan penelitian terhadap 5 orang responden untuk diwawancarai dalam sehari. Sehingga total keseluruhan yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 10 hari kerja.

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Bab ini menyajikan hasil penelitian dan pembahasan. Jumlah halaman pada hasil penelitian dan pembahasan antara 40% - 60% dari keseluruhan halaman skripsi atau jurnal. 12. Hasil Penelitian Dalam jurnal penelitian ini, hasil penelitian sudah digabungkan dengan pembahasan, sebaiknya dibuatkan hasil penelitian yang memuat laporkan data yang diperoleh dari penelitian. Selain dengan uraian, data penelitian dapat juga disajikan sebagai ilustrasi (gambar, foto, diagram, grafik, tabel, dll) Hasil Penelitian dapat diuraikan dimulai pembahasan tentang Gambaran Umum Lokasi Penelitian atau Profil Informan, kemudian baru menguraikan hasil penelitian yang telah dilakukan. 13. Pembahasan Pembahasan berarti membandingkan hasil yang diperoleh dengan data pengetahuan (hasil riset orang lain) yang sudah dipublikasikan kemudian menjelaskan implikasi data yang diperoleh bagi ilmu pengetahuan atau pemanfaatannya. Dalam pembahasan jugadiuraikan : dikaji dengan : hasil penelitian sejenis terdahulu

dala jurnal penelitian ini, tidak mengkaji dengan penelitian yang terdahulu, peneliti langsung menulis apa yang dia teliti.

menjawab rumusan masalah

dalam penelitian ini peneliti menjawab perumusan masalah dengan terlebih dahulu memberikan tabel-tabel pembahasan yang bersal dari kuisioner yang telah dibagikan. Dalam penelitian ini terpat banyak tabel pembahasan, tabel pembahasan di penelitian ini merupakan hasil dari 5 ada 5 kualitas komunikasi yang memastikan apakah komunikasi berjalan dengan baik, Keterbukaan (Openness), Sikap mendukung ( Supportiveness ), Sikap positif ( Positiveness ), Empati ( Empathy ).

Di jurnal ini penulis selalu menjelaskan apa maksud dari hasil tabel kuisioner, contohnya : Hambatan Kultural

Tabel 4.18 Tanggapan Responden Terhadap Petugas Customer Service Sangat Jelas dalam Memberikan Keterangan Kepada Pelanggan No 1 2 3 4 5 Keterangan Jelas Sekali Jelas Kurang Jelas Tidak Jelas Sangat Tidak Jelas Jumlah Sumber: Hasil Kuesioner Berdasarkan hasil kuesioner menunjukkan bahwa pada saat petugas sedang memberikan pelayanan kepada pelanggan, berbicara dengan ramah dan sopan diikuti dengan mimik atau ekspresi wajah dan gerakan-gerakan tangan yang mendukung komunikasi berjalan nyaman. Sebisa mungkin petugas tidak berkata kasar dan menggunakan bahasa gaul sebagaimana dalam komunikasi keseharian diluar jam kerja berlangsung. Jumlah 21 29 0 0 0 50 Persentase (%) 42 58 0 0 0 100

Setelah adanya tabel pembahasan peneliti menggabungkannya dengan teori yang akan dipakai, maka terbentuklah hasil penelitian.

BAB V SIMPULAN DAN SARAN Bab ini menyatakan pemahaman peneliti tentang masalah yang diteliti berkaitan dengan skripsi berupa simpulan dan saran. 14. Simpulan Sub-bab ini menyatakan temuan-temuan penelitian berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan. Kesimpulan merupakan jawaban dari rumusan masalah. Pada rumusan masalah terdapat 2 pertaan, maka di kesimpulannlah pertanyyaan itu di jawab. Dapat kita lihat di