You are on page 1of 22

Seni Tari Modern

Riandi Kartiko X. IPA 5

PENGERTIAN TARI MODERN


Modern dance, atau dalam Bahasa Indonesia berarti tari modern, adalah suatu bentuk tarian yang terbentuk dan berkembang sejak awal abad 20.

Modern dance adalah sebuah seni tari modern, gerakan tari ini dibuat oleh setiap orang atau penari sesuai dengan penafsiran masing-masing dengan mengikuti irama musik atau dengan kata lain, tarian ini tidak mengikuti gerakan-gerakan yang terstruktur.

Tarian ini dianggap sebagai cerminan dari jiwa seseorang, ini adalah tentang kebebasan gerakan dengan keselarasan musik, lalu dikomunikasikan dengan penonton. Ini adalah salah satu bentuk terbaik dari komunikasi nonverbal.
Modern dance juga dianggap sebagai penghilang stress dan cara terbaik untuk mengungkapkan perasaan atau suasana hati seseorang. Tarian ini identik dengan kostum, sepatu, dan berbagai aksesoris modern lainnya.

Beberapa penari yang paling terkenal dengan aksinya saat itu adalah Loie Fuller, Isadora Duncan and Ruth St. Denis. Aksi mereka dilandasi dengan faktor kelemahan dari ballet dan classical dance sendiri, yaitu diperlukannya perlengkapan khusus selain musik, seperti kostum, sepatu tari, serta bahkan tata rias yang tebal.

Sejarah Tari Modern


Apabila dilihat dari latar belakang sejarah, tari modern ini sebenarnya dipelopori oleh penari-penari dari Amerika Serikat, serta penari-penari di beberapa negara di Eropa Barat yang memberontak terhadap ballet dance serta classical dance yang sedang booming saat itu.

Beberapa dari perlengkapan tersebut tidak mampu dimiliki oleh orang-orang biasa dengan latar ekonomi yang rendah, yang juga punya ketertarikan besar untuk menari. Oleh sebab itu ketiga penari tersebut kemudian menciptakan suatu free dance yang kemudian dikenal dengan cikal bakal dari tari modern

Macam-Macam Modern Dance


1. 2. 3. 4. 5. Robot Dance Shuffle Dance Break Dance Tutting Dubstep

1. Robot Dance

Robot Dance adalah sebuah ilusi gaya tari, tarian yang mencoba untuk meniru sebuah robot atau manekin. Tarian terseut diciptakan oleh Charles Washington pada akhir tahun 1960-an, dan memperoleh ketenaran lebih lanjut setelah The Jacksons tampil dengan tarian yg berjudul Dancing Machine

2. Shufle Dance

Shuffle dance adalah street dance yang pertama kali dibawakan oleh kelompok dance dari Melbourne, Australia. Shuffle Melbourne membawakan tariannya ini sekitar pada tahun 1980an. Namun pencipta awalnya adalah Paula Abdul, seorang koreografer pada tahun 1980an. Tarian ini mulai ngetrend di Australia sekitar pada tahun 2004 dan sampai di Indonesia sekitar tahun 2006.

Gerakan dance yang ini terhitung berbeda dengan dance yang lainnya, karena tariannya lebih mengandalkan kekuatan kaki. Shuffle dance lebih menggabungkan gerakan tangan dengan kaki yang lebih berfokus pada tumit. Gerakannya seputar langkah hopping atau geser yang dilakukan sedemikian rupa pada kecepatan tertentu dan terlihat seperti seorang pelari.

Shuffle dance ini juga selain terlihat keren dalam gerakannya juga mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, antara lain yaitu bisa mengurangi berat badan karena bershuffle selama 10 menit sama dengan treadmill selama 30 menit. Selain itu bisa menyehatkan badan karena semua indera gerak kita dipakai dalam tarian ini. Juga dapat melatih keseimbangan tubuh. Jadi selain untuk tempat menyalurkan hobi dance dan life style, juga dapat untuk kesehatan

3. Breakdance

Breakdance adalah gaya tari jalanan yang muncul sebagai bagian dari gerakan hip hop di antara African American dan anak muda dari Puerto Rico yang dilakukan di bagian selatan New York City yang brutal pada tahun 1970. Pada Umumnya tarian ini diiringi lagu hip hop,rap, atau lagu remix (lagu yang di aransemen ulang).

Seorang breakdancer adalah orang yang memainkan gerakan breakdance. Breakdance adalah salah satu unsur dari 5 unsur hip-hop yaitu mc,gravity,dj dan streetball. Breakdance memiliki macam-macam gerakan dasar/basic seperti top rock/up rock,footwork,freeze dan power moves.

4. Tutting

Tuttingadalah gaya tarian yang pertama kali populer di YouTube pada tahun 2009. Secara khusus finger tutting menemukan penggemarnya, terutama bagi para remaja karena gaya dance yang mudah serta penuh inovasi gerakan-gerakan sederhana dengan hanya menggunakan kedua tangan.

Tutting itu sendiri merupakan gaya tari jalanan (street dance) kontemporer, yang dasar tariannya berasal dari jaman hieroglif Mesir (Mesir kuno). Istilah Tutting berasal dari nama Firaun Mesir; Tutankhamun. Tutting dilakukan dengan cara menyesuaikan irama musik dengan mengubah posisi tubuh dan anggota badan dengan gaya atau gerakan robot. Pada masa sekarang, finger tutting adalah gerakan tarian yang dilakukan hanya dengan menggunakan jari-jari

5. Dubstep

Mungkin tarian ini bisa dilakukan oleh jenis tarian manapun, karena tarian ini mengkolaborasikan beat/ketukan lagu dengan gerakan . dan Dubstep adalah genre musik dansa elektronik yang berasal dari London Tenggara, awalnya hanya menjadi salah satu tema bagi kalangan tertentu saat merayakan pesta. Musik Dubstep mulai ramai dibicarakan pada 2001 di kalangan anak muda London, Inggris. Dubstep populer buat anak muda yang suka bereksperimen dengan musik garasi. Dengan makin maraknya musik-musik remix juga ikut membuat jenis musik ini tersebar luas .

Sekian dan Terimakasih