You are on page 1of 21

k

MAKALAH ASKEP KOMUNITAS


Di ajukan untuk memenuhi tugas Matakuliah Dokumentasi Kepera atan AKPE! NA"HATUT THULLA# SAMPAN$

Disusun Oleh %
&' +' .' -' /' 1' Mali(ah Moh' Mohi,i Moh' Muski Moh' Mus(a00ak Moh' To((i2 Moh' "aini )*)++ )*)+)*)+/ )*)+1 )*)+3 )*)+*

AKADEMI KEPE!A4ATAN NA"HATUT THULA# +)&) 5L' DIPONE$O!O NO' && Telp' ).+..+/)-. SAMPAN$ MADU!A

KATA PEN$ANTA!
Puji sykur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah berkenan memberi petunjuk dan hidayahNya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul " Askep Komunitas". Dalam menyelesaikan makalah ini kami tim penyusun banyak sekali mendapat bantuan dukungan moril maupun materi dari berbagai pihak dan pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing matakuliah Dokumentasi Kepera!atan dan kepada teman" teman yang sudah memberikan bantuan dan masukan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini. Dalam penulisan makalah ini kami telah berusaha semaksimal mungkin untuk menyajikan yang terbaik namun kami menyadari bah!a makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. #leh sebab itu kami sangat mengharapkan saran dan kritikan yang bersi$at membangun dari pembaca untuk kesempurnaan makalah ini % Semoga makalah ini dapat berman$aat bagi semua pihak dan dapat dipergunakan dengan sebaik"baiknya.

Sampang6 &- 5anuri +)&) TTD6 Pen(usun

DA7TA! ISI
KATA PEN$ANTA!88888888888888888888888''''''' DA7TA! ISI88888888888888888888888888'''''''''' i ii

#A# I PENDAHULUAN 88888888888888888888''''''''''''' A.&ATA' ()&AKAN* ++++++++++++++++++.............. (.T-.-AN ........................................................................................................... -mum ++++++++++++++++++......++.+++....... Khusus +++++++++++++++............................................ #A# II P!INSIP ASUHAN KEPE!A4ATAN 5I4A ''''''''''''8888888'''' #A# III PENDOKUMENTASIAN ASKEP 5I4A''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''' #A# I9 PENUTUP 88888888888888888888888'''''''''' DA7TA! PUSTAKA ''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''

& , , , , + * &1 &3

#A# I PENDAHULUAN
A' LATA! #ELAKAN$ /asalah kesehatan adalah suatu masalah yang sangat kompleks yang saling berkaitan dengan masalah 0 masalah lain diluar kesehatan sendiri. Demikian pula pemecahan masalah kesehatan masalah tidak hanya dilihat dari segi kesehatannya sendiri tapi harus dilihat dari segi 0 segi yang ada pengaruhnya terhadap masalah 1 sehat sakit 1 atau kesehatan tersebut. Suatu bentuk pelayanan pro$essional yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan didasarkan pada ilmu dan kiat kepera!atan berbentuk pelayanan bio psiko sosio spiritual yang komprehensi$ ditujukan pada indi2idu keluarga dan masyarakat baik sakit maupun sehat. Pelayanan kepera!atan berupa bantuan yang diberikan karena adanya kelemahan $isik dan mental keterbatasan pengetahuan serta kurangnya kemauan sehingga dengan bantuan yang diberikan tersebut diperoleh kemampuan melaksanakan kegiatan hidup sehari 0 hari secara mandiri. Kegiatan pelayanan daiberikan dalam upaya peningkatan kesehatan 3 promoti$ 4 pencegahan penyakit 3 pre2enti$ 4 penyembuhan 3 kurati$ 4 sertya pemeliharaan kesehatan 3 rehabilitati2e 4 upaya yang diberikan ditekankan kepada upaya pelayanan kesehatan primer 3 Primary 5ealth 6are7 P56 4 sesuai dengan !e!enang tanggung ja!ab dan etika pro$esi kepera!atan sehingga setiap orang yang menerima pelayanan kesehatan dapat mencapai hidup sehat dan produkti$.

#' TU5UAN Tujuan Umum -ntuk mempermudah dalam pemahaman /ateri Dokumentasi Kepera!atan tentang Askep Komunitas dan hal"hal yang perlu di kaji dalam pendokumentasian Askep Komunitas. Tujuan Khusus Di ajukan guna memenuhi tugas matakuliah Dokumentasi Kepera!atan tentang materi Asuhan Kepera!atan Komunitas.

#A# II Asuhan Kepera atan Komunitas


A' De0inisi Kepera!atan Kesehatan Komunitas adalah pelayanan kepera!atan pro$esional yang ditujukan kepada masyarakat dengan penekanan pada kelompok resiko tinggi dalam upaya pencapaian derajat kesehatan yang optimal melalui pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan dengan menjamin keterjangkauan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan dan melibatkan klien sebagai mitra dalam perencanaan pelaksanaan dan e2aluasi pelayanan kepera!atan. 3Pradley ,89:; &ogan dan Da!kin ,89<4. Kepera!atan kesehatan masyarakat adalah suatu bidang kepera!atan yang merupakan perpaduan antara kepera!atan dan kesehatan masyarakat dengan dukungan peran serta masyarakat secara akti$ dan mengutamakan pelayanan promoti$ dan pre2enti$ secara berkesinambungan tanpa mengabaikan pelayanan kurati$ dan rehabilitati$ secara menyeluruh dan terpadu ditujukan kepada indi2idu keluarga kelompok dan masyarakat sebagai kesatuan yang utuh melalui proses kepera!atan untuk meningkatkan $ungsi kehidupan manusia secara optimal sehingga mandiri dalam upaya kesehatan. 3'uth (. =reeman .,8>,4 Asuhan kepera!atan komunitas pada hakekatnya adalah proses kepera!atan yang diterapkan pada klien komunitas yang langkah"langkahnya meliputi pengkajian analisa data komnuitas diagnosa kepera!atan komunitas rencana asuhan kepera!atan komunitas implementasi asuhan kepera!atan komunitas dan e2aluasi asuhan kepera!atan komunitas dimana proses ini ber2ariasi dalam setiap situasi dan memliki elemen"elemen penting yaitu kesungguhan 3deliberative4 kesesuaian 3adaptable4 siklus 3cyclic4 ber$okus pada klien (client focused4 interakti$ (interactive) dan berorientasi pada kebutuhan komunitas (need-oriented). #' Asumsi Dan Keper:a(aan Terha,ap Pera atan Kesehatan Komunitas Menurut ANA ;Ameri:an Nurses Asso:iation< ,4 Asumsi a4 Sistem pemeliharaan yang kompleks. b4 Komponen sistem pemeliharaan kesehatan primer sekunder dan tersier. c4 Pera!atan subsistem pemeliharaan kesehatan dan produk pendidikan dasar praktek penelitian. d4 Pemeliharaan kesehatan primer lebih menonjol dari sekunder dan tersier. e4 Pera!atan kesehatan menyangkut setting pemeliharaan kesehatan primer. ?4 Kepercayaan a4 Pemeliharaan kesehatan harus memadai dan diterima semua orang. b4 #rang yang menerima asuhan harus dilibatkan. c4 Pera!at sebagai pemberi dan klien sebagai konsumen pelayanan kesehatan.

d4 &ingkungan berdampak terhadap kesehatan populasi dan indi2idu. e4 Pencegahan penyakit bagian esensial dari peningkatan kesehatan. $4 Kesehatan sebagai proses menyangkut kehidupan dalam jangka !aktu yang lama. g4 Klien hanya anggota tetap dari tim pemeliharaan kesehatan. h4 @ndi2idu dalam sistem kesehatan masyarakat bertanggung ja!ab secara mandiri dan akti$ berpartisipasi dalam pemeliharaan kesehatan. =' 7alsa0ah Kepera atan Komunitas (erdasarkan pada asumsi dasar dan keyakinan yang mendasar tersebut maka dapat dikembangkan $alsa$ah kepera!atan komunitas sebagai landasan praktik kepera!atan komunitas. Dalam $alsa$ah kepera!atan komunitas kepera!atan komunitas merupakan pelayanan yang memberikan perhatian terhadap pengaruh lingkungan 3bio"psiko"sosio" kultural"spiritual4 terhadap kesehatan komunitas dan membrikan prioritas pada strategi pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan. =alsa$ah yang melandasi kepera!atan komunitas mengacu kepada paradigma kepera!atan yang terdiri dari A hal penting yaituB manusia kesehatan lingkungan dan kepera!atan sehingga dapat dirumuskan sebagai berikutB a. Pelayanan kepera!atan kesehatan masyarakat adalah pekerjaan yang luhur dan manusia!i yang ditujukan kepada indi2idu keluarga kelompok dan masyarakat. b. Pera!atan kesehatan masyarakat adalah suatu upaya berdasarkan kemanusiaan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bagi ter!ujudnya manusia yang sehat khususnya dan masyarakat yang sehat pada umumnya. c. Pelayanan pera!atan kesehatan masyarakat harus terjangkau dan dapat diterima oleh semua orang dan merupakan bagian integral dari upaya kesehatan. d. -paya pre2enti$ dan promoti$ merupakan upaya pokok tanpa mengabaikan upaya kurati$ dan rehabilitati$. e. Pelayanan kepera!atan kesehatan masyarakat yang diberikan berlangsung secara berkesinambungan. $. Pera!atan kesehatan masyarakat sebagai provider dan klien sebagai consumer pelayanan kepera!atan dan kesehatan menjamin suatu hubungan yang saling mendukung dan mempengaruhi perubahan dalam kebijaksanaan dan pelayanan kesehatan ke arah peningkatan status kesehatan masyarakat. g. Pengembangan tenaga kepera!atan kesehatan masyarakat direncanakan secara berkesinambungan dan terus"menerus. h. @ndi2idu dalam suatu masyarakat ikut bertanggung ja!ab atas kesehatannya ia harus ikut dalam upaya mendorong mendidik dan berpartisipasi akti$ dalam pelayanan kesehatan mereka sendiri.

Komunitas Dengan Keluarga Sebagai -nit Pelayanan Dasar.


/AN-S@A

K)P)'AWATAN C Tingkatan Pencegahan.

K)S)5ATAN 3S)5AT"SAK@T4

&@N*K-N*AN 3Physic (iologic Psychologist Social 6ultural Dan Spiritual.

*ambar Paradigma 7 =alsa$ah Kepera!atan Komunitas (erdasarkan gambar di atas dapat dijabarkan masing"masing unsur sbg berikut B /anusia. Komunitas sebagai klien berarti ( sekumpulan indi2idu 7 klien yang berada pada lokasi atau ( batas geogra$i tertentu yang memiliki niliai"nilai keyakinan dan minat yang relati$ sama serta adanya interaksi satu sama lain untuk mencapai Tujuan. Komunitas merupakan sumber dan lingkungan bagi keluarga komunitas Komunitas sebagaiklien yang dimaksud termasuk kelompok resiko tinggi antara lainB daerah terpencil daerah ra!an daerah kumuh. Kesehatan. Sehat adalah suatu kondisi terbebasnya dari gangguan pemenuhan kebutuhan dasar klien 7 komunitas. Sehat merupakan keseimbangan yang dinamis sebagai dampak dari keberhasilan mengatasi stressor. &ingkungan. Semua $actor internal dan eksternal atau pengaruh disekitar klien yang bersi$at biologis psikologis social cultural dan spiritual. Kepera!atan. @nter2ensi 7 tindakan yang bertujuan untuk menekan stressor melalui pencegahan primer sekunder dan tersier.

(erdasarkan $alsa$ah di atas maka dikembangkan B tujuan sasaran dan strategi inter2ensi kepera!atan komunitas.

D' Tujuan Kepera atan Kesehatan Komunitas ,4 Tujuan -mum /eningkatkan kemampuan masyarakat untuk hidup sehat sehingga tercapai derajat kesehatan yang optimal agar dapat menjalankan $ungsi kehidupan sesuai dengan kapasitas yang mereka miliki. ?4 Tujuan Khusus -ntuk meningkatkan berbagai kemampuan indi2idu keluarga kelompok khusus dan masyarakat dalam hal B a. /engidenti$ikasi masalah kesehatan dan kepera!atan yang dihadapi. b. /enetapkan masalah kesehatan7kepera!atan dan prioritas masalah. c. /erumuskan berbagai alternati$ pemecahan masalah kesehatan7 kepera!atan. d. /enanggulangi masalah kesehatan7kepera!atan yang mereka hadapi. e. Penilaian hasil kegiatan dalam memecahkan masalah kesehatan7 kepera!atan. $. /endorong dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelayanan kesehatan7kepera!atan. g. /eningkatkan kemampuan dalam memelihara kesehatan secara mandiri 3self care4. h. /enanamkan perilaku sehat melalui upaya pendidikan kesehatan. i. /enunjang $ungsi puskesmas dalam menurunkan angka kematian bayi ibu dan balita serta diterimanya norma keluarga kecil bahagia dan sejahtera. j. Tertanganinya kelompok"kelompok resiko tinggi yang ra!an terhadap masalah kesehatan. E' Sasaran Sasaran pera!atan kesehatan komunitas adalah indi2idu keluarga kelompok dan masyarakat baik yang sehat maupun yang sakit yang mempunyai masalah kesehatan7pera!atan. &< In,i>i,u @ndi2idu adalah bagian dati anggota keluarga. Apabila indi2idu tersebut mempunyai masalah kesehatan7kepera!atan karena ketidakmampuan mera!at diri sendiri oleh suatu hal dan sebab maka akan dapat mempengaruhi anggota keluarga lainnya baik secara $isik mental maupun sosial. +< Keluarga Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat terdiri atas kepala keluarga anggota keluarga lainnya yang berkumpul dan tinggal dalam suatu rumah tangga karena pertalian darah dan ikatan perka!inan atau adopsi satu dengan lainnya saling tergantung dan berinteraksi. (ila salah satu atau beberapa anggota keluarga mempunyai masalah kesehatan7kepera!atan maka akan berpengaruh terhadap anggota keluarga lainnya dan keluarga"keluarga yang aada di sekitarnya.

.< Kelompok Khusus Kelompok hkusus adalah kumpulan indi2idu yang mempunyai kesamaan jenis kelamin umur permasalahan kegiatan yang terorganisasi yang sangat ra!an terhadap masalah kesehatan. Termasuk diantaranya adalahB a. Kelompok khusus dengan kebutuhan khusus sebagai akibat perkembangan dan pertumbuhannya seperti; @bu hamil (alita (ayi baru lahir Anak usia sekolah -sia lanjut

b. Kelompok dengan kesehatan khusus yang memerlukan penga!asan dan bimbingan serta asuhan kepera!atan diantaranya adalahB Penderita penyakit menular seperti T(6 lepra A@DS penyakit kelamin lainnya. Penderita dengan penynakit tak menular sepertiB penyakit diabetes mellitus jantung koroner cacat $isik gangguan mental dan lain sebagainya. c. Kelompok yang mempunyai resiko terserang penyakit diantaranyaB Wanita tuna susila Kelompok penyalahgunaan obat dan narkoba Kelompok"kelompok pekerja tertentu dan lain"lain. d. &embaga sosial pera!atan dan rehabilitasi diantaranya adalahB

Panti !redha Panti asuhan

Pusat"pusat rehabilitasi 3cacat $isik mental dan sosial4 Penitipan balita

-< Mas(arakat /asyarakat adalah sekelompok manusia yang hidup dan bekerjasama cukup lama sehingga mereka dapat mengatur diri mereka dan menganggap diri mereka sebagai satu kesatuan sosial dengan batas"batas yang telah ditetapkan dengan jelas. /asyarakat merupakan kelompok indi2idu yang saling berinteraksi saling tergantung dan bekerjasama untuk mencapai tujuan. Dalan berinteraksi sesama anggota masyarakat akan muncul banyak permasalahan baik permasalahan sosial kebudayaan perekonomian politik maupun kesehatan khususnya. 7' Strategi Strategi inter2ensi kepera!atan komunitas meliputi B ,. Proses kelompok. ?. Pendidikan kesehatan. C. Kerja sama 3partnership4.

$' !uang Lingkup Pera atan Komunitas 'uang lingkup praktik kepera!atan komunitas meliputiB upaya"upaya peningkatan kesehatan 3promoti$4 pencegahan 3pre2enti$4 pemeliharaan kesehatan dan pengobatan 3kurati$4 pemulihan kesehatan 3rehabilitati$4 dan mengembalikan serta mem$ungsikan kembali baik indi2idu keluarga kelompok dan masyarakat ke lingkungan sosial dan masyarakatnya 3resosialisasi4. Dalam memberikan asuhan kepera!atan komunitas kegiatan yang ditekankan adalah upaya pre2enti$ dan promoti$ dengan tidak mengabaikan upaya kurati$ rehabilitati$ dan resosialitati$. &< Upa(a Promoti0 -paya promoti$ dilakukan untuk meningkatkan kesehatan indi2idu keluarga kelompok dan masyarakat dengan jalan memberikanB a.Penyuluhan kesehatan masyarakat b. Peningkatan giDi c.Pemeliharaan kesehatan perseorangan d. Pemeliharaan kesehatan lingkungan e.#lahraga secara teratur $. 'ekreasi g. Pendidikan seks. +< Upa(a Pre>enti0 -paya pre2enti$ ditujukan untuk mencegah terjadinya penyakit dan gangguan terhadap kesehatan indi2idu keluarga kelompok dan masyarakat melalui kegiatanB a.@munisasi massal terhadap bayi balita serta ibu hamil b. Pemeriksaan kesehatan secara berkala melalui posyandu puskesmas maupun kunjungan rumah c.Pemberian 2itamin A dan yodium melalui posyandu puskesmas ataupun di rumah. d. Pemeriksaan dan pemeliharaan kehamilan ni$as dan menyusui. .< Upa(a Kurati0 -paya kurati$ ditujukan untuk mera!at dan mengobati anggota"anggota keluarga kelompok dan masyarakat yang menderita penyakit atau masalah kesehatan melalui kegiatanB a.Pera!atan orang sakit di rumah 3home nursing4 b. Pera!atan orang sakit sebagai tindak lanjut pera!atan dari puskesmas dan rumah sakit c.Pera!atan ibu hamil dengan kondisi patologis di rumah ibu bersalin dan ni$as d. Pera!atan payudara e.Pera!atan tali pusat bayi baru lahir.

-< Upa(a !eha2ilitati0 -paya rehabilitati$ merupakan upaya pemulihan kesehatan bagi penderita"penderita yang dira!at di rumah maupun terhadap kelompok"kelompok tertentu yang menderita penyakit yang sama misalnya kusta T(6 cacat $isik dan lainnya. dilakukan melalui kegiatanB a.&atihan $isik baik yang mengalami gangguan $isik seperti penderita kusta patah tulang maupun kelainan ba!aan b. &atihan"latihan $isik tertentu bagi penderita"penderita penyakit tertentu misalnya T(6 latihan na$as dan batuk penderita strokeB $isioterapi manual yang mungkin dilakukan oleh pera!at. /< Upa(a !esosialitati0 -paya resosialitati$ adalah upaya mengembalikan indi2idu keluarga dan kelompok khusus ke dalam pergaulan masyarakat diantaranya adalah kelompok"kelompok yang diasingkan oleh masyarakat karena menderita suatu penyakit misalnya kusta A@DS atau kelompok"kelompok masyarakat khusus seperti Wanita Tuna Susila 3WTS4 tuna !isma dan lain"lain. Di samping itu upaya resosialisasi meyakinkan masyarakat untuk dapat menerima kembali kelompok yang mempunyai masalah kesehatan tersebut dan menjelaskan secara benar masalah kesehatan yang mereka derita. 5al ini tentunya membutuhkan penjelasan dengan pengertian atau batasan"batasan yang jelas dan dapat dimengerti. H' Kegiatan Praktek Kepera atan Komunitas Kegiatan praktek kepera!atan komunitas yang dilakukan pera!at mempunyai lahan yang luas dan tetap menyesuaikan dengan tingkat pelayanan kesehatan !ilayah kerja pera!at tetapi secara umum kegiatan praktek kepera!atan komunitas adalah sebagai berikutB &< Tahap Persiapan% a. Pembekalan dari departemen komunitas dan dinas kesehatan tentang program praktek. b. Penjajakan ke daerah meliputi !ilayah sistem dalam komunitas masalah dan kesehatan utama. c. Penyusunan instrumen data. d. -ji coba instrumen pengumpulan data. e. Pertemuan a!al dengan komunitas dan keluarga untuk perkenalan penjelasan program praktek dan mengadakan kontrak dengan komunitas. $. /elaksanakan pendataan dengan melibatkan tokoh"tokoh dan kader kesehatan setempat. g. /elakukan tabulasi data menganalisa data dengan pendekatan demogra$i epidemiologi dan statistik serta membuat 2isualisasi7penyajian data.

h. /engidenti$ikasi pra musya!arah komunitasB menyusun kepanitiaan menyiapkan dan melatih masyarakat yang akan terlibat dalam musya!arah dan menyebarkan undangan. i. /elaksanakan musya!arah komunitas tingkat 'WB ,. Penyajian data hasil pengkajian kesehatan masyarakat ?. Diskusi kelompok untuk menetapkan hasil masalah prioritas masalah garis besar rencana kegiatan C. /embentuk kelompok kerja kesehatan sesuai dengan masalah yang telah ditetapkan. A. Tanggapan"tanggapan dari tokoh"tokoh masyarakat dan petugas kesehatan dari instansi terkait. +< Tahap Pelaksanaan% a. /enyusun kembali rencana kerja hasil musya!arah bersama dengan kelompok kerja kesehatan. b. /elaksanakan kegiatan di komunitas bersama"sama dengan kelompok kerja kesehatanB ,. Pelatihan kader kesehatan ?. Penyuluhan kesehatan C. Simulasi7demonstrasi A. Pembuatan model7percontohan :. Kunjungan rumah 3home health care4 >. Kerja bakti daan lain"lain. c. (erkoordinasi dengan puskesmas dan instansi terkait dalam pelaksanaan kegiatan. .< Tahap E>aluasi% a. /enge2aluasi setiap kegiatan yang dilakukan di komunitas dalam hal kesesuaian ke$ekti$an dan keberhasilan kegiatan serta akti2itas dari komunitas. b. /enge2aluasi seluruh kegiatan di komunitas dalam hal pencapaian tujuan keberhasilan pemecahan masalah dan kemampuan komunitas dalam pemecahan masalah. I' Tahap Asuhan Kepera atan Komunitas ,4 /engunakan pendekatan proses kepera!atan dengan langkah"langkah B a. Pengkajian b. Diagnosa Kepera!atan c. Perencanaan d. Pelaksanaan e. )2aluasi.

*ambar Tahapan Dalam Asuhan Kepera!atan Komunitas ?4 /engunakan Pendekatan Pengorganisasian /asyarakat a. Tujuan pengorganisasian Komunitas B Diharapkan mampu berproses dalam mengidenti$ikasikan kebutuhannya mengembangkan keyakinan untuk memenuhi kebutuhan dengan menggunakan potensi dan sumber daya yang ada di dalam komunitas dan di luar komunitas. Pendekatan yang digunakan menggunakan prinsip landasan dan langkah dasar seperti tertera pada gambar ?.C b. &angkah"langkah pengorganisasian /asyarakat B ,. Persiapan B a4 Pengenalan komunitas Pendekatan .alur =ormal Dilakukan terhadap instansi birokrasi yang bertanggung ja!ab pada !ilayah komunitas dengan cara ; ,. Pengajuan proposal dan perijinan ?. Penjelasan tujuan dan program hasil B surat ijin7persetujuan Pendekatan .alur @n$ormal Dilakukan setelah adanya ijin7persetujuan dari institusi dari birokrasi dengan melakukan pendekatan kepada B ,. Tokoh"tokoh masyarakat ?. Ketua 'W 'T C. Kader kesehatan Dengan menjelaskan tujuan program kegiatan meminta dukungan dan partisipasi serta kontrak kerjasama.

*ambar Prinsip Pendekatan dalam Asuhan Kepera!atan Komunitas b4 Pengenalan /asalah Tujuan B -ntuk mengetahui masalah kesehatan secara menyeluruh yang benar"benar menjadi kebutuhan komunitas saai ini. Tahap pengenalan masalah B /embuat instrumen pengkajian7pengumpulan data ,. Dia!ali dengan sur2ey a!al pada komunitas yang menjadi sasaran meliputi B o Sur2ey !ilayah o Sur2ey populasi o Sur2ey masalah utama dan $aktor penyebab o Sur2ey kebijakan program dan $rasilitas layanan kesehatan. o Sur2ey potensi"potensi sumber pendukung di komunitas. ?. /embuat instrument pengumpulan data. Tabulasi DataB a4 /embuat table tabulasi data b4 /enghitung $rekuensi distribusi c4 /embuat table diagram gra$ik $rekuensi distribusi Analisa Data a4 Analisa Deskripti$ /embuat gambaran suatu keadaan dari obyek yang diteliti. b4 Analisa Korelasi /enganalisa tingkat hubungan pngaruh dari dua atau lebih sub2ariabel yang diteliti dengan menggunkan perhitungan statistik. Perumusan /asalah ,. Adalah merumuskan diagnosa kepera!atan pada komunitas yang dikaji dengan berdasarkan hasil analisa data.

?. /engunakan klari$ikasi masalah #/A5A C. =ormulasi B o Problem o )tiologi o Data yang menyokong. c4 Penyadaran komunitas ,4 Tujuan B /engenalkan masalah kesehatan yang sedang dihadapi oleh komunitas /engikutsertakan komunitas dalam pemecahan masalah /enumbuhkan kesadaran komunitas untuk terlibat akti$ menjadi tenaga potensial dalam kegiatan pemecahan masalah. ?4 Kegiatan B /engadakan musya!arah komunitas dengan metode lokakarya mini dengan langkah B a. Penyajian data hasil sur2ey b. Diskusi kelompok B o Perumusan masalah dan $aktor penyebab o /enyusun rencana pemecahan masalah 3bentuk masalah !aktu tempat penanggung ja!ab dan biaya4 o Pembentukan kelompok kerja kesehatan 3Pokjakes4 dari anggota komunitas yang merupakan calon kader kesehatan yang bertanggung ja!abterhadap kegiatan yang direncanakan. c. Penyajian hasil diskusi kelompok d. Tangapan"tanggapan dari tokoh $ormal in$ormal puskesmas. ?. Pelaksanaan Adalah tahap pelaksanaan kegiatan"kegiatan yang telah direncanankan dengan melihat akti$itas kelompok kerja yang telah terbentuk melalui kerja sama dengan aparat desa7kelurahan puskesmas7dinkes yang meliputi kegiatan B a4 Pelatihan Kader b4 Penyuluhan kesehatan c4 Pelayanan kesehatan langsung d4 5ome care e4 'ujukan

*ambar Pera!at (ekerja (ersama /asyarakat 3Kader Kesehatan4.

C. )2aluasi 5al"hal yang harus die2aluasi B a4 Perkembangan masalah kesehatan yang ditemukan b4 Pencapaian tujuan pera!atan 3terutama tujuan jangka pendek4 c4 )$ekti$itas dan e$isiensi tindakan7kegiatan yang telah dilakukan d4 'encana tindak lanjut.

*ambar Siklus Pemberdayaan /asyarakat dalam Asuhan Kepera!atan Komunitas Perubahan ini dapat diamati seperti gambar di ba!ah iniB

KeteranganB B Peran masyarakat B Peran pera!at *ambar ?.> B Peranan Pera!at dan /asyarakat dalam /encapai Tujuan Pera!atan Kesehatan Komunitas Pada gambar di atas dapat dijelaskan alih peran untuk memandirikan klien dalam menanggulangi masalah kesehatan pada a!alnya peran pera!at lebih besar dari pada klien dan berangsur"angsur peran klien lebih besar daripada pera!at. Atau dapat digambarkan peralihan basarnya peran antara pera!at dan masyarakat B Tahapan Peran pera!at EEE EEE EE E Peran /asyarakat E EE EEE EEEE

Pengenalan masyarakat
Pengenalan masalah Penyadaran masyarakat Pelaksanaan

Penilaian Perluasan

E E

EEEE EEEE

Tujuan akhir pera!at komunitas adalah kemandirian keluarga yang terkait dengan lima tugas kesehatan yaituB mengenal masalah kesehatan mengambil keputusan tindakan kesehatan mera!at anggota keluarga menciptakan lingkungan yang dapat mendukung upaya peningkatan kesehatan keluarga serta meman$aatkan $asilitas pelayanan kesehatan yang tersedia sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pemecahan masalah kepera!atan yaitu melalui proses kepera!atan.

#A# III PENDOKUMENTASIAN ASKEP 5I4A

#A# I9 PENUTUP
A' KESIMPULAN

#' SA!AN Saran dari rekan"rekan mahasis!a serta kepada saudara yang telah membaca makalah ini yang si$atnya sangat membangun sangatlah kami harapkan demi kesempurnaan pembuatan makalah berikutnya.

DA7TA! PUSTAKA
6apernito &inda .uall. ,888. Rencana Diagnosa dan Dokumentasi Keperawatan : Diagnosa Keperawatan dan Masalah Kolaboratif Ed.2. .akarta B )*6. Doenges /arilynn ). ?FFF. Rencana Keperawatan : Pedoman Perencanaan dan Pendokumentasian Perawatan Pasien. .akarta B )*6. (randon . Wilhelmi. ?FF>. Pressure Ulcers !urgical "reatment and

Principles. Don ' 'e2is .r. ?FF>. Pressure Ulcers #onsurgical "reatment and Principles. http:$$ragamsain.wordpress.com$author$grahacendikia 6G.*&#(A& 6)NT'A /)D@KA on gudangilmukesehatan.blogspot.com Keliat (udi Anna S.Kp. /. App Sc. dkk. ,889. Proses Keperawatan Kesehatan %iwa. )*6B .akarta. Keliat. Proses Keperawatan Kesehatan %iwa ,89A