You are on page 1of 4

UNIT DAN DIMENSI

Alat yang digunakan dalam pengukuran dilakukan untuk mengetahui nilai suatu besaran tertentu dengan unit tertentu dan dimensi tertentu, antara lain :

1. Ayakan Tyler 60 mesh Salah satu cara penentuan kelembuatan butira-butira hasil penggilingan adalah dengan menggunakan ayakan Tyler. Alat ini digunakan untuk mengukur kelembutan yang rentangan dimensi terkecilnya adalah kurang lebih anatar 0,125 0,002 in. !ada analisis dengan cara ini, bahan dimasukkan diatas susunan sederet ayakan Tyler yang dipasang dan dig"yang dengan #"-Tap. $ehalusan %uga sering dinyatakan dalam pengeculan ukuran. !engecilan ukuran sebagai istilah yang umum %uga meliputi pem"t"ngan, pemecahan dan penggilingan. !engecilan ukuran dilakukan secara mekanis tanpa ter%adi perubahan si&at-si&at kimia. !engecilan ukuran dapat dibedakan men%adi pengecilan ukuran yang ekstrim atau penggilingan pengecilan ukuran yang relati'e masih berukuran lebih besar atau lebih sering men%adi bentukbentuk khusus atau pem"t"ngan. Aplikasi ayakan tyler pada bidang pangan adalah pr"ses pembuatan tepung yang berasal dari berebagai macam sumber karb"hidart dan pr"tein (beras, ubi, kedelai dan sebaginya). !ada pembuatan tepung tersebut dilakukan pengecilan ukuran menggunakan mesin penggiling atau dry bender kemudian diayak menggunakan Tyler sampai *0-100 +esh. ,ahan yang tertahan pada saringan dapat digiling kembali dan kemudian disaring lagi, demikian seterusnya sampai diper"leh sisa yang minimal. Tepung yang dihasilkan dengan ukuran tersebut dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pr"duk pangan. 2. Colour Reader !engukuran -arna secara "b%ekti& pada umumnya banyak menggunakan c"l"r reader. c"l"r reader dapat mengukur tingkat cahaya, %enis -arna dan intensitas dari -arna. !enggunaan c"l"r reader sangat sederhana dan mudah. .anya dengan mendekatkan c"l"r reader pada permukaan benda maka akan diketahui nilai /, a, b.

3.

ene!rome!er Tekstur suatu bahan merupakan satu unsur kualitas yang dapat diukur secara indra-i dengan rabaan u%ung %ari, lidah, mulut, gigi dan dapat diukur secara "byekti& dengan khusus misalnya tender"meter, te0ture"meter, succul"meter, per"ssur"meter dan pnetr"meter. !netr"meter merupakan alat yang dipergunakan untuk mengukur tingkat kekerasan1tekstur suatu bahan dengan prinsip mengukur kedalam masuknya %arum penusuk. 2leh karenanya pentr"meter dilengkapi dengan %arum penusuk dan penyangga beban maka kedalaman tusukan semakin pendek semakin keras demikian sebaliknya semakin dalam %arum masuk ke dalam bahan semakin lunak bahannya. !rinsip ker%a dari penetr"meter adalah mengukur kedalaman tusukan dari %arum penetr"meter per b"b"t beban tertentu dalam -aktu tertentu (mm1g1s).

R"E#$#%&

#he"l"gi berasal dari bahasa 3unani yaitu rheo dan logos. #he" berarti mengalir, dan l"g"s berarti ilmu. Sehingga rhe"l"gi adalah ilmu yang mempela%ari tentang aliran 4at cair dan de&"rmasi 4at padat. #he"l"gi erat kaitannya dengan 'isk"sitas. 5isk"sitas merupakan suatu pernyataan tahanan dari suatu cairan untuk mengalir6 semakin tinggi 'isk"sitas, semakin besar tahanannya untuk mengalir. 5isk"sitas dinyatakan dalam simb"l 7. #he"l"gi berkaitan tentang kekentalan. $ekentalan adalah si&at dari suatu 4at cair (&luida) disebabkan adanya gesekan antara m"lekul-m"lekul 4at cair dengan gaya k"hesi pada 4at cair tersebut. 8esekan-gesekan inilah yang menghambat aliran 4at cair. ,esarnya kekentalan 4at cair ('isk"sitas) dinyatakan dengan suatu bilangan yang menentukan kekentalan suatu 4at cair. .ukum 'isk"sitas 9e-t"n menyatakan bah-a untuk la%u perubahan bentuk sudut &luida yang tertentu maka tegangan geser berbanding lurus dengan 'isk"sitas. 5isk"sitas adalah indeks hambatan aliran cairan. 5isk"sitas dapat diukur dengan mengukur la%u aliran cairan yang melalui tabung berbentuk silinder. 5isk"sitas ini %uga disebut sebagai kekentalan suatu 4at. :umlah '"lume cairan yang mengalir melalui pipa per satuan -aktu. ;luida, baik 4at cair maupun 4at gas yang %enisnya berbeda memiliki tingkat kekentalan yang berbeda. 5isk"sitas alias kekentalan sebenarnya merupakan gaya gesekan antara m"lekul-m"lekul yang menyusun suatu &luida. :adi m"lekul-m"lekul yang membentuk suatu &luida saling gesek-menggesek ketika &luida &luida tersebut mengalir. !ada 4at cair, 'isk"sitas disebabkan karena adanya gaya k"hesi (gaya tarik menarik antara m"lekul se%enis). Sedangkan dalam 4at gas, 'isk"sitas disebabkan "leh tumbukan antara m"lekul ;luida adalah gugusan m"lukel yang %arak pisahnya besar, dan kecil untuk 4at cair. :arak antar m"lukelnya itu besar %ika dibandingkan dengan garis tengah m"lukel itu. +"lekul-m"lekul itu tidak terikat pada suatu kisi, melainkan saling bergerak bebas terhadap satu sama lain. :adi kecepatan &luida atau massanya kecapatan '"lume tidak mempunyai makna yang tepat sebab %umlah m"lekul yang menempati '"lume tertentu terus menerus berubah +akin kental suatu cairan, makin besar gaya yang dibutuhkan untuk membuatnya mengalir pada kecepatan tertentu. 5isk"sitas disperse k"l"id dipengaruhi "leh bentuk partikel dari &ase disperse dengan 'isk"sitas rendah, sedang system disperse yang mengandung k"l"id-k"l"id linier 'isk"sitasnya lebih tinggi. .ubungan antara bentuk dan 'isk"sitas merupakan re&leksi dera%at s"l'asi dari partikel.

<ara-cara penentuan 'isk"sitas a. !ada 'isc"meter 2st-ald yang diukur adalah -aktu yang dibutuhkan "leh se%umlah tertentu cairan untuk mengalir melalui pipa kapiler dengan gaya yang disebabkan "leh berat cairan itu sendiri. !ada perc"baan sebenarnya, se%umlah tertentu cairan (misalnya 10 cm=, bergantung pada ukuran 'isc"meter) dipipet kedalam 'isc"meter. <airan kemudian dihisap melalui labu pengukur dari 'isc"meter sampai permukaan cairan lebih tinggi daripada batas a. cairan kemudian dibiarkan turun ketika permukaan cairan turun mele-ati batas a, st"p-atch mulai dinyalakan dan ketika cairan mele-ati tanda batas b, st"p-atch dimatikan. :adi -aktu yang dibutuhkan cairan untuk melalui %arak antara a dan b dapat ditentukan. Tekanan > merupakan perbedaan antara kedua u%ung pipa ? dan besarnya disesuaikan sebanding dengan berat %enis cairan. b. !ada 'isc"meter batang berputar prinsip ker%anya adalah sample digeser dalam ruangan antara dinding luar b"b dan dinding dalam dari cup dimana b"b masuk persis ditengan-tengah. $elemahan 'isc"meter ini adalah ter%adinya aliran sumbat yang disebabkan gesekan yang tinggi disepan%ang keliling bagian tube sehingga menyebabkan penemuan k"nsentrasi. !enurunan k"nsentrasi ini menyebebkan bagian tengah 4at yang ditekan keluar memadat. .al ini disebut aliran sumbat <ara pemakaiannya adalah sampel yang ditempatkan di tengah-tengah papan, kemudian dinaikkan hingga p"sisi diba-ah kerucut. $erucut digerakkan "leh m"t"r dengan bermacam kecepatan dan sampelnya digeser didalam ruang sempit antara papan yang diam dan kemudian kerucut yang berputar