You are on page 1of 14

Cara mengganti background foto

Artikel Sebelumnya : cara seleksi halus di photoshop Pada postingan sebelumnnya cara menyeleksi halus kita sudah membahas bagaimana cara menghilangkan background foto, disini saya akan menjelaskan bagaimana cara memasukkan atau mengganti background foto di foto yang telah kita cutting. disini saya contohkan dengan menggunakan gambar sebuah castle Download Gambar untuk mengganti background foto asli nya, atau bisa juga sobat photoshoper menggunakan gambar lain yang lebih anda sukai. STEP 1 kita kembali ke project kita sebelumnya yang telah saya bahas pada postingan cara seleksi halus di Photoshop, kemudian buka juga gambar lain yang ingin kita jadikan background foto pengganti nya. setelah foto yang akan kita jadikan background ini terbuka kemudian tekan [ Ctrl ] + [ A ] maka seluruh kanvas kerja akan terseleksi, kemudian tekan [ Ctrl ] + [ C ] untuk mencopy area yang telah terseleksi, alihkan kanvas kerja kita ke foto yang sudah tercutting, kemudian tekan [ Ctrl ] + [ V ] akan terbuat layer baru yang berisi foto atau gambar yang telah kita copy. tempatkan layer ini tepat berada di bawah layer foto yang telah terseleksi. bila di perlukan atur juga letak background ini dengan menekan [Ctrl] + [T] besarkan atau kecilkan dengan menarik sudut transformasi hingga di rasa pas lalu tekan [ Enter ] STEP 2 Sekarang kita akan menyamakan warna dari gambar Castle hingga berwarna agak kekuningan, pilih layer gambar castle lalu pilih Adjusment - Color Balance atur nilai cyan : 0 . Magenta : +3 . dan Yellow : -25

disini kita sudah mendapatkan warna yang hampir senada antara warna background dan warna foto yang telah kita cutting. STEP 3 kita akan membuat efek jauh pada gambar castle, bokeh kalau istilah photography nya, agar foto yang akan kita hasilkan nanti akan tampak lebih natural. Duplicate Layer gambar Castle, kemudian beri efek Photoshop Gaussian Blur masukkan nilai blur sebesar 2.6 px saja. tempatkan layer castle yang telah kita blur di atas layer castle yang tidak kita blur. kemudian kita masking Layer Castle yang kita blur dengan memilih add layer mask pada Pallete Layer. ( baca mengenal Pallete Layer pada Photoshop, untuk yang belum memahami masking ) lalu pilih Gradient Tool pada Tool Box, pastikan Foreground berwarna hitam dan background Color Berwarna Putih, kemudian tarik Gradient Tool dari bawah hinga ke tengah Foto

di STEP ini akan kita dapati, bagian atas gambar castle akan tampak blur dan bagian bawah nya tampak seperti biasa. STEP 4 Finishing kita akan meratakan warna dari keseluruhan foto akan tampak lebih natural, pilih Photo Filter dari Create New Fill or Adjusment pada Pallete Layer. lalu masukkan warna hijau muda seperti gambar di bawah ini :

Tempat kan layer Photo Filter di posisi paling atas pada Pallete Layer, agar efek dari Photo Filter mengenai semua Layer. Kerja kita selesai sampai disini, silahkan tinggalkan komentar untuk yang kurang mengerti....

cara seleksi halus di photoshop

artikel ini adalah artikel lanjutan dari posting saya sebelum nya Polygonal Lasso Tool, di postingan Polygonal Lasso Tool saya sudah membahas bagaimana mengaktifkan Polygonal Lasso Tool, disini saya akan membahas bagaimana cara mengganti background foto bila gambar background foto nya memiliki banyak warna dengan tool Polygonal Lasso dan bagaimana cara memakai polygonal lasso tool untuk mendapatkan hasil seleksi yang smooth atau halus. saya sudah menyiapkan sample foto buat latihan. Download Foto Latihan STEP 1 Buka Foto yang akan kita edit, kemudian buka juga lock background foto pada pallete layer, ( baca posting Seleksi atau Cutting Rambut Photoshop pada bagian STEP 1 untuk yang belum mengerti membuka Lock Background ) setelah kunci lock background terbuka nama layer akan berubah menjadi Layer 0, kemudian Duplicate Layer 0 ini dengan cara Klik kanan Pada pallete layer kemudian Pilih Duplicate Layer atau tekan Shortcut pada Keyboard [ Ctrl ] + [ J ]. kemudian buat Layer baru ( baca Mengenal Pallete Layer ) untuk kita isi dengan warna merah atau warna apapun sesuai selera anda. guna warna ini hanya sebagai warna bantu untuk mempermudah proses cutting. cara mengisikan warna merah pada layer baru tersebut adalah dengan menggunakan tool Paint Bucket Tool, atau kita bisa menggunakan Shortcut pada keyboard [ Shift ] + [ ] lalu isikan dengan warna foreground yang sebelumnya telah kita atur ke warna merah. sekarang di pallete layer telah terdapat 3 layer, 1 layer foto, 1 layer duplicate foto, 1 layer berwarna merah. atur atau posisikan layer yang berwarna merah ini tepat di tengah tengah, seperti gambar di bawah ini :

STEP 2 Seleksi Layer 0 Copy ( layer yang berada paling atas ) dengan menggunakan Lasso Tool, seleksi hanya bagian yang ingin kita hilangkan. hasilnya seperti gambar di bawah ini :

Setelah menyeleksi dengan Lasso Tool tekan [ Del ] pada keyboard untuk menghilangkan area yang telah kita seleksi, kemudian Klik kanan pada Area Seleksi pilih Deselect untuk menghilangkan seleksi STEP 3 sekarang kita akan bekerja menggunakan Polygonal Lasso Tool, baca postingan sebelumnya bagaimana cara bekerja dengan Polygonal Lasso Tool, perhatikan gambar di bawah ini :

Zoom Foto yang akan kita Seleksi dengan cara Scrool Mouse dan tahan Tombol [ Alt ] atau bisa juga menggunakan Tombol [ Ctrl ] + [ + ] untuk zoom ini dan [ Ctrl ] + [ - ] untuk zoom Out.

arahkan zoom pada bagian bawah foto. awali Klik Polygonal Lasso pada Start Point ( perhatikan start point berada pada area berwarna merah ) kemudian ikuti klik selanjutnya mengikuti gambar di atas di titik titik bulatan kecil pada gambar di atas, kemudian akhiri Polygonal Lasso Tool pada End Point ( perhatikan End Point berada pada Area berwarna Merah ) dengan mengkilk 2X. STEP 4 Geser Foto agak ke atas dengan menahan Tombol [ SPASI ] sambil kita klik geser ke bawah. lalu ulangi langkah yang kita kalukan di STEP 3. perhatikan gambar di bawah ini :

Ulangi Langkah STEP 3 dengan mengawali Klik Polygonal Lasso pada Start Point dan berakhir pada End Point ( sekali lagi perhatikan Start Point dan End Point berada pada Area Berwarna Merah ) STEP 5 terus ulangi langkah STEP 2 sampai semua bagian yang akan kita hilangkan terseleksi. hasil nya akan seperti gambar di bawah ini :

pada gambar di atas area kepala tidak kita seleksi, baca postingan saya sebelumnya untuk menyeleksi bagian helai rambut, karna kalau kita menyeleksi rambut dengan Polygonal Lasso Tool maka kita akan kehilangan kenaturalan helai rambut. kembali ke seleksi polygonal Lasso kita tadi. Klik kanan pada Area Seleksi pilih Feater kemudian masukkan nilai 1 ( kenapa 1, silahkan berexplorasi dengan nilai yang lebih besar untuk tahu hasil nya ) lalu tekan Tombol [ Del ] sebanyak 3 X ( kenapa 3X, silahkan berexplorasi untuk tahu hasil lainnya ha...ha..ha...) disini lah kunci untuk mendapatkan hasil seleksi yang smooth atau halus hasil seleksi nya akan seperti ini :

sampai disini kita sudah mendapatkan sebuah layer yang telah tercutting, lalu bagaimana cara merubah atau memasukkan background ke dalam foto yang sudah tercutting ini, akan kita sambung ke postingan berikut nya, >> Artikel Berikutnya <<

Seleksi atau Cutting Rambut Photoshop


Kali ini saya akan menulis tentang bagaimana meng-cutting rambut di photoshop, di posting kali ini juga akan Saya bahas bagaimana meng-cutting rambut bahkan hingga bagian yang tersulit. tool yang akan kita gunakan kali ini adalah Background Erase Tool dan juga Tools Selection. baca postingan saya sebelum nya mengenai Tools Selection Photoshop untuk yang belum memahami tentang seleksi di photoshop. kita siapin dulu bahan nya, untuk foto percobaan Saya mengambilnya dari goggle dengan keyword "women curly"

Setelah foto yang akan kita cutting rambut nya kita simpan.... sekarang kita akan memulai mengolah gambar digital tersebut. Hal pertama dan terpenting yang harus kita lakukan adalah, mengatur Opsi dari "Background Erase Tool" untuk mendapatkan hasil seperti yang kita ingin kan. untuk yang belum tahu Background Erase Tool lihat gambar di bawah ini :

Sekarang kita akan ke bagian opsi dari Background Erase Tool, ubah Sampling ke "Once" lalu opsi limits ubah ke Discontiguous, atur juga nilai dari toleransi nya sebesar 76% - 80%, pastikan juga opsi Protect Foreground Color nya tercentang.

Opsi Background Erase Tool sudah kita atur sekarang kita siap iuntuk memulai melakukan Cutting Rambut.

Cara Seleksi Rambut Photoshop


STEP 1 Seperti biasa buka gambar yang akan kita Cutting Bagian Rambut, disini saya Contohkan dengan Foto Rihana. kemudian hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuka lock pada Layer background, cara membuka Lock ini bisa kita lakukan dengan 2 ( dua ) cara. 1. Klik 2X Pada Layer Background yang terkunci lalu kemudian Photoshop akan membuka jendela New Layer. Beri nama Terserah pada Layer baru ini atau biarkan Default layer 0 2. Klik kanan pada Layer Background yang terkunci lalu hal yang sama pada cara pertama, Photoshop akan membuka jendela New Layer. STEP 2 Setelah kita membuka Lock / kunci pada Layer Background, selanjutnya kita membuat sebuah Solid layer terserah mau di kasih warna apa, guna dari solid layer ini nantinya hanya untuk mempermudahkan kita melihat hasil dari cuttingan rambut yang telah kita lakukan. Pada Pallete Layer bawah di bagian Create New Fill or Adjusment Layer pilih Solid Color, disini Saya Contoh kan memilih warna Merah, Warna yang berlawanan dengan warna rambut yang akan kita cutting, kemudian pindahkan Layer Color Fill 1 ke posisi di paling Bawah ( Layer Foto yang akan di cutting berada di atas Layer Color Fill ). untuk yang belum memahami tentang Pallete Layer silahkan baca mengenal Pallete Layer pada Photoshop

STEP 3 di step 3 kita akan memulai melakukan Cutting, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengambil Sample Warna dengan cara tahan Tombol [Alt] lalu klik bagian helai rambut. sample warna ini akan di protect ke Foreground Color selanjut nya tool Background Erase hanya akan mengcutting warna selain warna Foregrund Color yang sudah Terprotect.

STEP 4 Setelah Sample Color ter-Protect, Sapukan Mouse di area berwarna pink sambil mengenai bagian helai-helai rambut. kalau benar hasilnya akan seperti ini ( bila hasil tidak meyerupai seperti gambar mungkin di karna kan pemilihan sample warna yang salah. )

STEP 5 di Step 5 ini saya anggap photoshoper telah memahami, antara sample protect Foreground Color dan kemudian mengCutting helai rambut yang kita lakukan di STEP 4, lakukan hal yang sama pula untuk bagian bagian yang lain. hingga hasilnya akan seperti gambar di bawah :

STEP 6 sekarang kita akan mengcutting bagian tersulit dari foto ini, tantangan nya adalah kita mengcutting rambut, tapi dengan tidak mengenai bagian tubuh yang lain. trik nya simple, cukup dengan menyeleksi bagian yang akan kita cutting dengan catatan seleksi tersebut menutupi bagian yang tidak akan kita cutting.

Perhatikan Area area yang saya seleksi, setelah menyeleksi kemudian featerkan seleksi tekan [Ctrl] + [Alt] + D, dengan nilai feater 0.8. setelah di feater pilih kembali Background Erase Tool, lalu sapukan kembali ke area yang telah kita seleksi

Finishing tinggal kita hilangkan semua area berwarana pink dengan Erase tool atau pun dengan menyeleksi nya agar lebih rapi, baca juga artikel Mempelajari cutting lebih dalam untuk yang belum memahami selection tool