You are on page 1of 5

ORGAN INDERA

Tujuan : Mengobservasi / mengamati mikrostruktur epithelium olfactory dari cavitas nasal, kuncup pengecap lidah/ taste bud (gemma gustatoria), kulit (integumentum) dan bola mata (bulbus oculi), cochlear.

rosedur
1.

!pithelium "lfactory dari cavitas nasal #ode spesimen Metode engecatan : $%& ' : (aemato)ylin * !osin

erbesaran lemah dan kuat : +dentifikasi epithelium olfactoy yang terletak di bagian superior dari rongga hidung/ nasal cavity. !pithelium terdiri dari neuron olfactory yang memiliki banyak silia, sel basal dan sel sustentacular. ,alam lamina propria, glandula -o.man dapat diamati dan ductus dari glandula berjalan di dalam lumen cavitas nasal melalui epithelium . -anyak berkas nervus olfactory juga dapat diamati dalam lamina propria.

,"#/M!0T1$+ :

2.

#uncup pengecap lidah / taste bud ( 2emma gustatoria ) #ode spesimen Metode pe.arnaan : $,&3 : (aemato)ylin * !osin

erbesaran lemah dan kuat : ermukaan atas lingua ditutupi oleh epithelium stratificatum s4uamousa dengan keratinisasi tipis. $epanjang permukaan itu, terdapat bongkol besar yang disebut papilla circumvallata juga dapat ditemukan. apilla circumvallata adalah papilla besar yang memiliki alur dalam di sekitarnya. ada dinding lateral alur, kuncup pengecapan / taste bud tersebar dapat diamati. #uncup kecap / taste bud adalah struktur berbentuk oval terdiri dari 5 jenis sel, sel reseptor saraf bipolar, sel basal dan sel sustentacular. ada ujung kuncup kecap / tatste bud ada sebuah jalan masuk yang disebut pori pengecapan (porus gustatorius). %angsangan kimia, memasuki pori dan terdeteksi oleh reseptor dalam silia dari sel reseptor. -agian tengah dari lingua diisi oleh otot&otot memutar yang berjalan di beberapa arah (hori6ontal, vertikal dan longitudinal terhadap sumbu organ).

AYU 023

-anyak serabut saraf serta glandula serosa yang juga dikenal sebagai glandula von !bner juga dapat diamati di antara bundel otot.

,"#/M!0T1$+ :

3.

+ntegumentum (kulit) 0ama spesimen #ode spesimen Metode pengecatan erbesaran lemah : +ntegumen ( kulit ) : +n&' : (! :

lntegumentum komune dibagi menjadi 5 lapisan, yaitu epidermis, dermis (corium) dan subkutis (hipodermis). !pidermis dibagi menjadi 7 atau 3 lapisan, yaitu stratum korneum, stratum lucidum, stratum granulosum, stratum spinosum, dan stratum basale. $tratum lucidum hanya ditemukan dalam epidermis telapak tangan dan telapak kaki. ,ermis dibagi menjadi 8 lapisan, yaitu stratum paillare dan stratum reticulare. erbesaran kuat :

$tratum papillare adalah bagian dari dermis (corium) yang berisi dermal papillae (papilla corii). apila ini menonjol / terproyeksi ke dasar epidermis. ,alam papillae ini ditemukan venula, arteriol, loop/ putaran kapiler dan ujung saraf bernama corpusculum tactus Metssnert (reseptor sentuhan). $tratum reticulare terdiri dari bundel kolagen yang dijalin bersama (rete 9 net/ jaringan/ jala), pembuluh darah dan beberapa sel. (ipodermis (subcutis) adalah jaringan ikat longgar yang mengandung sel lemak sebagai jaringan adiposa. ,alam hal ini lapisan ditemjukan ujung saraf yang disebut corpuscium lamellosum :ater acini (reseptor tekanan), yang memiliki penampilan irisan ba.ang.

,"#/M!0T1$+

4.

-ola mata ( bulbus oculi )


2

AYU 023

0ama spesimen #ode spesimen Metode pe.arnaan erbesaran lemah

: bola mata (bulbus oculi ) : ":&' : (! :

Mata tersususun dari 5 lapisan dasar :


a. "uter / terluar, lapisan cornea& scleral b. +ntermediate / ditengah, lapisan uveal c. +nner / dalam, lapisan retinal

;apisan kornea & scleral terdiri dari kornea dan sclera . ;apisan kornea & sclera terbentuk keras , kapsul fibroelastik yang menyokong mata . ;apisan uveal adalah lapisan vaskular tinggi yang terdiri dari tiga komponen : koroid , badan siliaris dan iris . #oroid terletak di antara scleral dan retina . $ecara anterior, koroid bergabung dengan badan ciliary yang merupakan penebalan melingkar dari uvea yang terletak di ba.ah limbus . -adan ciliary mengelilingi ekuator koronal dari lensa dan melekat padanya oleh ligamentum suspensorium atau 6onule . +ris membentuk diafragma meluas di depan lensa dari badan ciliary sehingga tidak secara lengkap membagi kompartemen anterior ke dalam dua ruang : ini dikenal dengan istilah ruang anterior dan ruang posterior . <elah iris disebut pupil . ;apisan retina . ;apisan retina terdiri dari tiga jenis sel : neuron , sel&sel epithelial berpigmen dan neuron penyokong sel . 0euron dibagi menjadi tiga kelompok fungsional, yaitu sel&sel fotoreseptor (sel batang dan sel kerucut ) , sel&sel dari serat aferen le.at di nervus optik , dan sekelompok neuron terletak diantara dua jenis pertama yang mengintegrasikan input sensorik dari fotoreseptor sebelum transmisi ke korteks cerebral . 0euron pengintegrasi kemudian dibagi lagi menjadi tiga jenis : sel bipolar , sel hort6onatal dan sel amacrine. erbesaran kuat ;apisan terluar #ornea adalah struktur avaskular yang terdiri dari lima lapisan. ermukaan luar dilapisi oleh epithelium stratificatum s4uamousa non cornificatum . !pithelium terletak pada lamina basal tipis disokong oleh lapisan khusus stroma kornea yang dikenal sebagai membran -o.man. $ebagian besar kornea, substantia propria atau stroma terdiri dari fonn sangat teratur dari jaringan kolagen padat membentuk lamellae tipis. ermukaan bagian dalam kornea dilapisi oleh lapisan sel endothelial pipih yang disokong oleh membran basal elastik yang sangat tebal yang dikenal sebagai membran descements.
3

AYU 023

;apisan tengah #oroid adalah lapisan dari jaringan penyokong vaskular longgar yang terletak di antara sclera secara eksternal dan retina secara internal. -adan ciliary dilapisi oleh lapisan ganda epithelium kuboid. $truktur badan ciliary adalah jaringan ikat longgar kaya pada serat elastis, pembuluh darah sekitar otot siliaris. +ris adalah bagian paling anterior dari lapisan uveal mata. +ni muncul dari badan ciliary dan membentuk diaphragma di depan lensa, sehingga membagi kompartemen anterior mata ke dalam ruang posterior dan ruang anterior . ermukaan anterior iris dibentuk oleh lapisan terputus dari sel pigmen dan fibroblast. ermukaan posterior relatif halus dan dilapisi oleh lapisan ganda epithelium cuboidal.

;apisan terdalam ( retina) %etina dibagi menjadi '= lapisan :


$el * sel epithelial berpigmen ;apisan fotoreseptor Membran pembatas terluar ;apisan nuclear terluar ;apisan ple)iform terluar ;apisan nuclear dalam ;apisan ple)iform dalam ;apisan sel ganglion ;apisan dari serabut aferen Membran pembatas dalam

;apisan sulit untuk dideskripsikan diba.ah mikroskop cahaya. ,"#/M!0T1$+

5.

<ochlear 0ama spesimen : cochlear

AYU 023

#ode spesimen Metode pengecatan

: ":&7 : (!

erbesaran lemah dan kuat : #oklea adalah komponen dari telinga dalam yang berisi indera pendengaran . <analis cochlearis dapat dilihat untuk dibagi menjadi tiga komponen , ditampilkan pada perbesaran yang lebih tinggi dalam mikrograf :

#ompartemen pusat, scala media adalah segitiga kasar pada potongan melintang . ,i atas scala media adalah scala vestibuli . ,i ba.ah scala media adalah ruang perilymphatic yang mana spinal turun dari ape) ke membran typanic sekunder, scala tympani .

Membran memisahkan scala media dan scala timpani, yang dikenal sebagai membran basilar $hieh berisi sel&sel reseptor auditori/ pendengaran. Membran basilar terdiri dari jaringan fibrosa . $ecara aksial , itu melekat pada ligament spiral osseus . enebalan dinding terluar dari scala media adalah kaya pembuluh darah dan dilapisi oleh epitel berlapis daerah ini dikenal sebagai stria vascularis . Membran antara scala media dan scala vestibul , membran vestibular ( %eissner ) adalah terdiri dari jaringan fibrosa yang sangat khusus/ delicated yang lapisi oleh epithelium simple) s4uamousa pada kedua sisi. -undel serabut saraf aferen dapat dilihat muncul dari dasar organ <orti dan mencakup / corverging menuju ganglion spinal di mediolus pada dasar lamina spiral . "rgan <orti adalah struktur epithelial sangat khusus yang mengandung sel&sel reseptor . "rgan <orti terdiri dari dua tipe dasar sel , sel sensorik ( rambut) dan sel penyokong dari beberapa jenis berbeda, termasuk antara lain , sel&sel pilar dalam dan luar dan sel phalangeal dalam dan luar , sel border , sel (ensens . -eberapa jenis sel tidak dapat dilihat di ba.ah mikroskop cahaya . $el&sel sensorik yang dikenal sel&sel rambut karena banyak stereocilia . $tereocilia tertanam dalam permukaan membran tektorial . Membran tektorial adalah penutup seperti massa gycosaminoglycans. ,"#/M!0T1$+

AYU 023