You are on page 1of 1

Proses terbentuknya nata: sel-sel Acetobacter Xylinum mengambil glukosa dari larutan gula, kemudian digabungkan dengan asam

lemak membentuk prekursor pada membran sel, kemudian keluar bersamasama enzim yang mempolimerisasikan glukosa menjadi selulosa diluar sel. Prekursor ini kemudian mengalami polimerisasi dan berikatan dengan aseptor membentuk selulosa. Bakteri Acetobacter xylinum akan dapat membentuk nata jika ditumbuhkan dalam air kelapa yang sudah diperkaya dengan Karbon dan Nitrogen (N), melalui proses yang terkontrol. Dalam kondisi demikian, bakteri tersebut akan menghasilkan enzim akstraseluler yang dapat menyusun zat gula menjadi ribuan rantai serat atau selulosa. Dari jutaan renik yang tumbuh pada air kelapa tersbeut, akan dihasilkan jutaan lembar benang-benang selulosa yang akhirnya nampak padat berwarna putih hingga transparan, yang disebut sebagai nata. Bakteri Acetobacter Xylinum mengalami beberapa fase pertumbuhan sel yaitu fase adaptasi, fase pertumbuhan awal, fase pertumbuhan eksponensial, fase pertumbuhan lambat, fase pertumbuhan tetap, fase menuju kematian, dan fase kematian.

Salah satu jenis bakteri yang dapat menghasilkan selulosa mikrobial adalah Acetobacter xylinum. Alternatif medium yang dapat digunakan untuk menghasilkan selulosa mikrobial adalah limbah cair industri tahu (Hidayat, 2007). Bakteri Acetobacter xylinum akan dapat membentuk nata jika ditumbuhkan dalam limbah cair tahu yang sudah diperkaya dengan karbon (C) dan nitrogen (N) melalui proses yang terkontrol. Dalam kondisi demikian, bakteri tersebut akan menghasilkan enzim akstraseluler yang dapat menyusun zat gula menjadi ribuan rantai serat atau selulosa. Dari jutaan mikroba yang tumbuh pada limbah cair tahu tersebut, akan dihasilkan jutaan lembar benang-benang selulosa yang akhirnya tampak padat berwarna putih hingga transparan yang disebut sebagai nata (Inacofood, 2012). Inacofood, 2012, Indonesian Nata de Coco (INACO), Diakses dari: http:// http://inacofood.wordpress.com/, Tanggal 19 Desember 2013, Pukul: 10:22 WIB.