You are on page 1of 2

BAB III METODE PERCOBAAN

3.1 Bahan Bahan-bahan yang digunakan dalam percobaan ini adalah lempeng aluminium, asam sulfat 6 M, akuades, tissue roll, penjepit aligator, besi(III) klorida, amplas, amonium oksalat dan sabun.

3.2 Alat Alat-alat yang digunakan dalam percobaan ini adalah gelas kimia 50 mL dan 250 mL, pinset, sikat tabung, stopwatch, power supply, neraca analitik, gunting, bulb, pemanas listrik, dan sumber arus.

3.3 Prosedur Kerja Lempeng aluminium digunting dan dilekukkan menyerupai selinder sesuai ukuran gelas kimia 50 mL. kemudian lempeng aluminium tersebut dicuci dengan sabun, kemudian dibilas dengan akuades sampai bersih dari sabun. Selinder lempeng aluminium di hubungkan dengan kawat dengan menggunakan penjepit aligator. Lempeng aluminium digunting dengan ukuran 1,5 x 3 cm kemudian diamplas, lalu dibersihkan dengan sabun, kemudian dibilas dengan akuades sampai bersih. Lalu digunakan pinset untuk menjepit aluminium tersebut. Kemudian keping aluminum bersih dihubungkan dengan kawat dengan menggunakan penjepit aligator lain. Keping ini diletakkan persis ditengah

silinder aluminium di dalam gelas kimia, diatur sehingga tidak bersentuhan dengan silinder.

Dituangkan larutan asam sulfat 6 M ke dalam gelas kimia sampai sebagian besar keping aluminium tercelup. Diusahakan permukaan larutan asam tidak menyentuh penjepit aligator. Kemudian kedua kawat dihubungkan ke

sumber arus DC 6 volt. Setelah 5 menit, sumber arus diganti atau dinaikkan menjadi menjadi 12 volt dan diperhatikan gelembung- gelembung gas yang terjadi. Kemudian larutan pewarna disiapkan dengan melarutkan 2 gram besi (III) klorida dan 2 gram amonium oksalat ke dalam 200 mL akuades. Larutan dipanaskan sampai mendidih, dan dicelupkan keping aluminium hasil anodasi ke dalam larutan selama beberapa menit. Lalu diamati pembentukan warna yang terjadi. Setelah itu, keping aluminium dicelupkan ke dalam air mendidih selama 10 menit dan diperhatikan perubahan yang terjadi. Untuk mendapat perbandingan hasil, selanjutnya dilakukan variasi waktu anodasi, yaitu 5 menit dan 10 menit.