You are on page 1of 34

MODUL PEMBELAJARAN PRAKTEK BASIS DATA (MySQL)

Edited by Haris Saputro

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL) 2012

BAB I MENGENAL MySQL


1.1 Mengenal MySQL
MySQL adalah Sebuah program database server yang mampu menerima dan mengirimkan datanya sangat cepat, multi user serta menggunakan peintah dasar SQL ( Structured Query Language ). MySQL merupakan dua bentuk lisensi, yaitu FreeSoft are dan Share are. MySQL yang biasa kita gunakan adalah MySQL FreeSoft are yang berada diba ah Lisensi !"#$!%L ( !eneral %ublic License ). MySQL Merupakan sebuah database server yang free, artinya kita bebas menggunakan database ini untuk keperluan pribadi atau usaha tanpa harus membeli atau membayar lisensinya. MySQL pertama kali dirintis oleh seorang programmer database bernama Michael Widenius . Selain database server, MySQl &uga merupakan program yang dapat mengakses suatu database MySQL yang berposisi sebagai Server, yang berarti program kita berposisi sebagai 'lient. (adi MySQL adalah sebuah database yang dapat digunakan sebagai 'lient mupun server. )atabase MySQL merupakan suatu perangkat lunak database yang berbentuk database relasional atau disebut *elational )atabase Management System ( *)+MS ) yang menggunakan suatu bahasa permintaan yang bernama SQL (Structured Query Language ).

1.2 Kelebihan MySQL


)atabase MySQL memiliki beberapa kelebihan dibanding database lain, diantaranya , MySQL merupakan )atabase Management System ( )+MS ) MySQL sebagai *elation )atabase Management System ( *)+MS ) atau disebut dengan database *elational MySQL Merupakan sebuah database server yang free, artinya kita bebas menggunakan database ini untuk keperluan pribadi atau usaha tanpa harus membeli atau membayar lisensinya MySQL merupakan sebuah database client MySQL mampu menerima -uery yang bertupuk dalam satu permintaan atau Multi. /hreading.

Edited By : Haris Saputro

Halaman 0

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL) 2012

MySQL merupakan )atabase yang mampu menyimpan data berkapasitas sangat besar hingga berukuran !iga+yte sekalipun.

MySQL diidukung oleh driver 1)+', artinya database MySQL dapat diakses menggunakan aplikasi apa sa&a termasuk berupa visual seperti visual +asic dan )elphi.

MySQL adalah database menggunakan enkripsi pass ord, &adi database ini cukup aman karena memiliki pass ord untuk mengakses nya.

MySQL merupakan )atabase Server yang multi user, artinya database ini tidak hanya digunakan oleh satu pihak orang akan tetapi dapat digunakan oleh banyak pengguna.

MySQL mendukung field yang di&adikan sebagai kunci primer dan kunci uni- ( #ni-ue ). MySQL memliki kecepatan dalam pembuatan table maupun peng.update an table.

2.3 Mengenal SQL S!"#c!#"ed Q#e"y Lang#age $ SQL ( Structured Query Language ) adalah sebuah bahasa permintaan database yang terstruktur. +ahasa SQL ini dibuat sebagai bahasa yang dapat merelasikan beberapa tabel dalam database maupun merelasikan antar database. SQL dibagi men&adi tiga bentuk Query, yaitu , 1.3.1 DDL ( Data Definition Language ) ))L adalah sebuah metode Query SQL yang berguna untuk mendefinisikan data pada sebuah )atabase, Query yang dimiliki ))L adalah , '*45/4 )rop 5lter , )igunakan untuk membuat )atabase dan /abel , )igunakan untuk menghapus /abel dan )atabase , )igunakan untuk melakukan perubahan struktur tabel yang telah dibuat, baik menambah Field ( 5dd ), mengganti nama Field ( 'hange ) ataupun menamakannya kembali ( *ename ), dan menghapus Field ( )rop ).

Edited By Haris Saputro

Halaman 3

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL) 2012

2.3.0

DML ( Data Manipulation Language ) )ML adalah sebuah metode Query yang dapat digunakan apabila ))L telah ter&adi,

sehingga fungsi dari Query )ML ini untuk melakukan pemanipulasian database yang telah dibuat. Query yang dimiliki )ML adalah , 6"S4*/ #%)5/4 , )igunakan untuk memasukkan data pada /abel )atabase , )igunakan untuk pengubahan terhadap data yang ada pada /abel )atabase )4L4/4 , )igunakan untuk %enhapusan data pada tabel )atabase

1.3.3

DCL ( Data Control Language ) )'L adalah sebuah metode Query SQL yang digunakan untuk memberikan hak

otorisasi mengakses )atabase, mengalokasikan space, pendefinisian space, dan pengauditan penggunaan database. Query yang dimiliki )'L adalah , !*5"/ *48194 !*5"/ '1MM6/ *1LL+5'9 , Mentapkan penyimpanan )atabase , Membatalkan penyimpanan )atabase , #ntuk mengi7inkan #ser mengakses /abel dalam )atabase. , #ntuk membatalkan i7in hak user, yang ditetapkan oleh perintah

Edited By Haris Saputro

Halaman :

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL)

2012

BAB 2 %#ng&i ' %#ng&i (ada MySQL

2.1 Menga)!i*)an +i"e)!o"i MySQL Se",e"


#ntuk dapat menggunakan MySQL terlebih dahulu aktifkan Server MySQL dengan menghidupkan daemond MySQL. %rogram MySQL yang digunakan pada modul ini adalah ;5M%% 2.<, maka untuk men&alankan daemond MySQL terdapat pada direktori yaitu ',=%rogram Files=;ampp=Mys-l=+in #ntuk masuk kedalam server MySQL, bukalah MS.)1S %rompt anda melalui *un kemudian ketik 'ommand atau cmd. Maka anda dapat masuk ke dalam direktori MySQL melalui MS.)1S %romtp seperti diba ah ini.

2.2 Ma&#) dan Kel#a" da"i Se",e" MySQL


MySQL adalah sebuah database server yang sangat aman. MySQL memiliki kemampuan memana&emen user dalam mengakses. (adi, tidak sembarang user dapat mengakses sebuah database yang diciptakan MySQL. Maka sebelum anda memiliki #ser untuk mengakses MySQL anda &uga dapat Mengakses database MySQL menggunakan #ser Root. +erikut adalah perintah yang digunakan untuk mengkoneksikan kedalam Server Mys-l , Shell > MySQL ?u Root ?p 4nter %ass ord, @@@@@@@@@ 9eterangan , /anda ?u menerangkan bah a kita akan masuk menggunakan #ser "ame bernama *oot. /anda ?p menyatakan kita akan masuk menggunakan %ass ord.

Edited By Haris Saputro

Halaman A

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL) 2012

+erikut adalah perintah yang digunakan untuk mengkoneksikan kedalam Server Mys-l melalui *oot , Shell> Mys-l ?u root

#ntuk dapat keluar dari Server MysQL kita dapat mengetikkan 6ntruksi -uit ata =- , Mys-l> -uit +ye Mys-l> =+ye

2.- Ban!#an dalam MySQL


)atabase MySQL menyediakan beberapa fasilitas bantuan yang berguna untuk mendokumentasikan atau memanipulasikan server yaitu dengan cara mengetikan intruksi =h atau =B. Mys-l> =B Semua Query harus diakhiri dengan tanda titik koma ( C ). /anda ini menun&ukkan bah a -uery telah berakhir dan siap dieksekusi. Delp B 'lear ( =h ) ( =B ) ( =c ) , )igunakan untuk menampilkan file bantuan pada MySQL , %erintah ini sama dengan perintah Delp , +erguna untuk membersihkan atau menggagalkan semua perintah yang telah ber&alan dalam suatu prompt 'onnect ( =r ) , untuk melakukan penyegaran koneksi ke dalam database yang ada pada Server Dost 4go !o tee ( =! ) ( =g ) ( =/ ) , berguna untuk menampilkan data secara hori7ontal. , member perintah server untuk mengeksekusi , mengatur tempat file yang akan didokumentasikan.

Edited By Haris Saputro

Halaman E

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL) 2012

'ontoh , mys-l> =/ d,=bela&ar mys-l.doc Logging to file Fd,=data.docCG "ote %rint %rompt Source #se ( =t ) ( =p ) ( =* ) ( =. ) ( =u ) , akhir dari ( =/ ) yang berguna untuk mendokumentasikan semua -uery. , mencetak semua -uery yang telah kita perintahkan kelayar. , Mengubah prompt standar sesuai keinginan. , berguna untuk mengeksekusi -uery dari luar yang berbentuk .&.l , berguna untuk memasuki database yang akan digunakan maupun mengganti database yang akan di gunakan.

Edited By Haris Saputro

Halaman <

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL) 2012

BAB Admini&!"a&i MySQL

MySQL Selaku database server yang mampu ber&alan pada &aringan, tentu sa&a MySQL harus memiliki kemampuan khusus yang berguna untuk melakukan mana&emen user atau mendukung system databaseyang bersifat client$server.

-.1 Memb#a! /&e" ba"#


#ntuk dapat menciptkan user baru pada database mys-l yang terdapat pada tabel user. )apat dilakukan dengan menggunakan pernyataan SQL bernama 6"S4*/. SintaH seperti berikut , INSER0 IN0O user(host,user,pass ord) 1AL/ES(FIG,GnamaJuserG,Gpass ordG)C 'ontoh , mys-l> 6"S4*/ 6"/1 user(host,user,pass ord) 85L#4S(KlocalhostK,KharisK,M)A(KifLELL2<K))C Query 19, 2 ro affected, : arnings (L.LL sec)

Seteleh anda memberikan perintah diatas, berikan perintah , %L/S2 (RI1ILEGES3 'ontoh , mys-l> FL#SD %*686L4!4SC Query 19, L ro s affected (L.LL sec)

Edited By Haris Saputro

Halaman M

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL) 2012

-.2 Membe"i)an 4ewenang /n!#) /&e"


5pabila #ser telah dibuat terlebih dahulu dan lupa untuk memberikan Dak Ne enang untuk #ser. 9ita dapat memberikan hak e enang dengan menggunakan %erintah Query #%)5/4. SintaH yang digunakan seperti berikut , /(+A0E user SE0 selectJpriv OGyG, 6nsertJpriv OGyG, #pdateJpriv OGyG, )eleteJpriv OGyG, 'reateJpriv OGyG, )ropJpriv OGyG, 5lterJpriv OGyG 42ERE user OGharisGC

Edited By Haris Saputro

Halaman P

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL) 2012

BAB 5 ++L +A0A +E%INI0ON LANG/AGE $


++L adalah sebuah metode Query SQL yang berguna untuk mendefinisikan data pada sebuah )atabase.

5.1. 0y6e +a!a 6ada MySQL


/ipe data adalah suatu bentuk pemodelan data yang dideklarasikan pada saat melakukan pembuatan tabel. /ipe data ini akan mempengaruhi setiap data yang akan dimasukkan ke dalam sebuah tabel. )ata yang akan dimasukkan harus sesuai dengan tipe data yang dideklarasikan. +erbagai type data pada MySQL dapat dilihat pada tabel berikut , 0y6e +a!a
/6"Q6"/

Ke!e"angan
#kuran 2 byte. +ilangan bulat terkecil, dengan &angkauan untuk bilangan bertanda, .20M sampai dengan 20< dan untuk yang tidak bertanda , L s$d 0AA. +ilangan tak bertandai dengan kata #"S6!"4) #kuran 0 +yte. +ilangan bulat dengan &angkauan untuk bilangan bertanda , .30<EM s$d 30<E< dan untuk yang tidak bertanda , L s$d EAA3A #kuran 3 byte. +ilangan bulat dengan &angkauan untuk bilangan bertanda , .M3MMELM s$ d M3MMEL< dan untuk yang tidak bertanda , L s$d 2E<<<02A #kuran : byte. +ilangan bulat dengan &angkauan untuk bilangan bertanda , .02:<:M3E:M s$d 02:<:M3E:< dan untuk yang tidak bertanda , L s$d :0P:PE<0PA #kuran : byte. Sinonim dari int #kuran M byte. +ilangan bulat terbesar dengan &angkauan untuk bilangan bertanda , .P0033<0L3EMA:<<AMLM s$d P0033<0L3EMA:<<AML< dan untuk yang tidak bertanda , L s$d 2M::E<::<3<LPAA2E2A #kuran : byte. +ilangan pecahan #kuran M byte. +ilangan pecahan #kuran M byte. +ilangan pecahan #kuran M byte. Sinonim dari )1#+L4 #kuran M byte. +ilangan pecahan, misalnya )4'6M5L(A,0 dapat digunakan untuk menyimpan bilangan .PP,PP s$d PP,PP #kuran M byte. Sinonim dari )4'6M5L, misalnya "#M4*6'(A,0) dapat digunakan untuk menyimpan bilangan .PP,PP s$d PP,PP

SM5LL6"/ M4)6#M6"/ 6"/ 6"/4!4* +6!6"/

FL15/ )1#+L4 )1#+L4%*4'6S61" *45L )4'6M5L (M,)) "#M4*6' (M,))

Type Data untuk ilangan (!u"#er)

Edited By Haris Saputro

Halaman 2L

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL)

2012

0y6e +a!a )5/4/6M4 )5/4 /6M4S/5M% /6M4 Q45*

Ke!e"angan #kuran M byte. 9ombinasi tanggal dan &am, dengan &angkauan dari F2LLL.L2.L2 LL,LL,LLG s$d FPPPP.20.32 03,AP,APG #kuran 3 +yte. /anggal dengan &angkauan dari F2LLL.L2.L2G s$d FPPPP.20.32G #kuran : byte. 9ombinasi tanggal dan &am, dengan &angkauan dari F2P<L.L2.L2 LL,LL,LLG s$d F0L3<G #kuran 3 byte. Naktu dengan &angkauan dari FM3P,AP,APG s$d FM3M,AP,APG #kuran 2 byte. )ata tahun antara 2PL2 s$d 02AA Type Data untuk Tanggal dan $a"

0y6e +a!a 'D5* 85*'D5* /6"Q+L1+, /6"Q/4;/ +L1+, /4;/

Ke!e"angan Mampu menangani data hingga 0AA karakter. /ipe data 'D5* mengharuskan untuk memasukkan data yang telah ditentukan oleh kita. Mampu menangani data hingga 0AA karakter. /ipe data 85*'D5* tidak mengharuskan untuk memasukkan data yang telah ditentukan oleh kita. #kuran 0AA byte. Mampu menangani data sampai 0RM.2 data. #kuran EAA3A byte. /ype string yang mampu menangani data hingga 0R2E.2 (2EM.2) data.

M4)6#M+L1+, M4)6#M/4;/ L1"!+L1+, L1"!/4;/

#kuran 2E<<<02A byte. Mampu menyimpan data hingga 0R0:.2 (2EM.2) data. #kuran :0P:PE<0PA byte. Mampu menyimpan data hingga berukuran !6!5 +Q/4. /ipe data ini memiliki batas penyimpanan hingga 0R30.2 (:!.2) data. #kuran 2 atau 0 byte. /ergantung &umlah nilai enumerasinya (maksimum EAA3A nilai) 2,0,3,: atau M byte, tergantung &umlah anggota himpunan (maksimum E: anggota) Type Data untuk %arakter dan Lain&lain

4"#M(Fnilai2G,Gnilai0G,S,Gnilai"G) S4/(Fnilai2G,Gnilai0G,S,Gnilai"G)

Edited By Haris Saputro

Halaman 22

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL)

2012

5.2 Menci6!a)an +a!aba&e


)atabase adalah sebuah media utama yang harus dibuat dalam membangun sebuah basis data agar nantinya dapat kita letakkan beberapa tabel dengan field.fieldnya. %erintah yang digunakan untuk menciptakan database pada MySQL dengan SyntaH berikut , 7REA0E +A0ABASE namaJdatabaseC 'ontoh , mys-l> create database pendaftaranC Query 19, 2 ro affected (L.22 sec) %ada contoh diatas, -uery 19 menyatakan bah a pembuatan database dengan nama pendaftaran berhasil dibuat, untuk melihat database yang ada pada MySQl dapat menggunakan S6ntaH berikut C S2O4 +A0ABASES3 'ontoh ,

5.- Mengha6#& +a!aba&e


#ntuk menghapus )atabase yang telah dibuat dapat menggunakan -uery SQL berikut , +RO( +A0ABASE namaJdatabaseC )rop berarti menghapus. Query SQL ini berfungsi untuk menghapus sebuah database, seperti contoh berikut , mys-l> drop database pendaftaranC Query 19, L ro s affected (L.L0 sec)

Edited By Haris Saputro

Halaman 20

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL) 2012

5.5 Menci6!a)an 0abel


/abel adalah obyek utama yang harus ada pada sebuah basis data karena di dalamnya semua data akan disimpan. /abel terletak pada sebuah database, sehingga pembuatan tabel dilakukan setelah sebuah database telah dibuat. )alam tabel terdapat bari dan kolom. +aris diistilahkan dengan recordset dan kolom dengan field.

Reco"d&e!

%ield

6d 2 0

"ama +oy /rimoyo 6rfan "urhudin

5lamat (l. #&ung berung 9p. %anyileukan 'ibiru

%hone LM2AEM:PA22 LM2000PA:3:

#ntuk membuat sebuah tabel atau lebih, database harus diaktifkan dulu karena tabel akan dimasukkan ke dalam database yang akan diaktifkan. SintaH untuk mengaktifkan )atabase adalah , /SE namaJdatabaseC 'ontoh , mys-l> use pendaftaranC )atabase changed Setelah masuk ke dalam database anda dapat membuat sebuah tabel atau lebih. #ntuk membuat tabel dapat menggunakan sintaH diba ah ini , 7REA0E 0ABLE namaJtabel ( field.2 type(length), field.0 type(length), field.3 type(length), SS S.(S.))C

Edited By Haris Saputro

Halaman 23

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL) 2012

'ontoh

, mys-l> create table dataJdiri ( .> no int(3), .> nama varchar(3A), .> alamat varchar(EL), .> email varchar(:L), .> noJtelepon varchar(2A), .> seH char(2))C Query 19, L ro s affected (L.LM sec) %ada contoh diatas, -uery 19 menyatakan bah a pembuatan tabel dengan nama dataJdiri

berhasil dibuat, untuk melihat tabel yang ada pada database dapat menggunakan S6ntaH berikut C S2O4 0ABLES3

'ontoh ,

5.8 Meliha! S!"#)!#" 0abel


Setelah tabel dibuat, anda dapat melihat tipe data dan pan&ang recordset dengan cara menampilkan struktur tabel. %erintah yang digunakan untuk menampilkan struktur tabel adalah , +ES7 namaJtabelC 5tau +ES7RIBE namaJtabelC

Edited By Haris Saputro

Halaman 2:

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL) 2012

'ontoh

5.9 Mengha6#& 0abel


#ntuk menghapus /abel yang telah dibuat dapat menggunakan -uery SQL berikut , +RO( 0ABLE namaJtabelC )rop berarti menghapus. Query SQL ini berfungsi untuk menghapus sebuah /abel, seperti contoh berikut , mys-l> drop table dataJdiriC Query 19, L ro s affected (L.L3 sec)

5.: Memb#a! K#nci ("ime" ("ima"y Key $


)alam membuat sebuah database, kita akan menemukan sebuah record yang data nya tidak boleh sama dengan record yang lain. 5gar data tidak kembar maka harus membuat sebuah kolom yang di deklarasikan sebagai kunci primer (primary key), %rimary key hanya diperboleh kan dibuat satu kunci. SyntaH untuk menciptakan kunci primer (primary key) adalah , 7REA0E 0ABLE namaJtabel ( field.2 type(length)(RIMAR; KE;, field.0 type(length), SS S.(S.))C

Edited By Haris Saputro

Halaman 2A

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL) 2012

'ontoh

5.< Memb#a! Kolom /ni) /ni.#e $


9olom #ni-ue adalah sebuah bentuk kolom yang tidak mengi7inkan adanya data kembar. 5pabila pada proses input terdapat data kembar maka proses tersebut akan digagalkan atau ditolak oleh database. SyntaH untuk menciptakan 9olom unik (#ni-ue) adalah , 7REA0E 0ABLE namaJtabel ( field.2 type(length), field.0 type(length), SS S.(S.),/NIQ/E (field.2,field. 0))C 'ontoh , mys-l> 'reate table pribadi ( .> kdJpribadi 'D5*(3), .> panggilan char(:), .> nama varchar(3A), .> email varchar(AL), .> seH char(2), .> #"6Q#4 (kdJpribadi,panggilan))C Query 19, L ro s affected (L.LM sec)

Edited By Haris Saputro

Halaman 2E

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL)

2012

5.= Mani6#la&i 0abel


%erubahan tabel yang telah dibuat akan selalu dilakukan mengingat perkembangan database, termasuk diantaranya menambahkan beberapa field pada tabel, mengganti nama field maupun tabel. '.(.1 Mengganti na"a ta#el Query SQL untuk merubah nama tabel dengan menggunakan RENAME, SintaH seperti berikut , RENAME 0ABLE tabelJlama 0O tabelJbaruC 'ontoh , mys-l> rename table pribadi to dataJpribadiC Query 19, L ro s affected (L.L0 sec)

'.(.) Mena"#ah *ield pada Ta#el Menambah kolom dapat diartikan sebagai langkah untuk menyisipkan field baru pada sebuah tabel. #ntuk melakukan penambahan Field maka AL0ER spesifikasi yang digunakan adalah A++. SintaH yang digunakan adalah , AL0ER 0ABLE namaJtabel A++ namaJfield /ypeJdata(length)C 'ontoh , mys-l> alter table dataJdiri add golJdarah char(2)C Query 19, L ro s affected (L.2: sec) *ecords, L )uplicates, L Narnings, L

Edited By Haris Saputro

Halaman 2<

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL) 2012

'.(.3 Menghapus *ield pada Ta#el %ada pembuatan database pasti terdapat kesalahan seperti pada field tabel yang berlebihan dan lain.lain. #ntuk melakukan %enghapusan Field maka 5L/4* spesifikasi yang digunakan adalah +RO(. SintaH yang digunakan adalah , AL0ER 0ABLE namaJtabel +RO( namaJfieldC

'ontoh , mys-l> alter table dataJdiri drop golJdarahC Query 19, L ro s affected (L.LA sec) *ecords, L )uplicates, L Narnings, L

Edited By Haris Saputro

Halaman 2M

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL)

2012

BAB 8 +ML +A0A MANI(/LA0ION LANG/AGE$

+ML adalah sebuah metode Query yang dapat digunakan apabila ))L telah ter&adi, sehingga fungsi dari Query )ML ini untuk melakukan pemanipulasian database yang telah dibuat. +uatlah )atabase +ukuJtamu dan didalamnya terdapat tabel tbJtamu dengan Struktur tabel berikut , Field "o "ama 5lamat 4mail "oJtelp /ype 6nt 8archar 8archar 8archar 8archar Length 3 3A EL :L 2A 9eterangan %rimary key

8.1 Mema&#))an +a!a 6ada !abel INSER0 $


Memasukkan data atau entry data, dalam semua program yang menggunakan -uery SQL sebagai standar permintaannya, digunakan perintah 6"S4*/. Syarat untuk memasukkan data adalah telah terciptanya tabel pada sebuah database. SintaH yang digunakan adalah , INSER0 IN0O namaJtabel 1AL/ES (FisiJfield2G, FisiJfield0G, FisiJfield3G,S.., FisiJfield"G)C 'ontoh , mys-l> insert into tbJtamu values(K2K,K+oi trimoyoK,Ku&ung berungK,KboJi<<Tyahoo.comK,KLMAE23A:M<MPK)C Query 19, 2 ro affected (L.LA sec)

Edited By Haris Saputro

Halaman 2P

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL) 2012

Maka data telah masuk ke dalam tabel seperti berikut ,

8.2 Mem6e"ba"#i I&i +a!a /(+A0E $


Memperbarui isi data atau update data adalah sebuah proses merema&akan data lama men&adi data yang lebih baru. "amun tidak semua data dalam database yang perlu direma&akan, melainkan sebagian data yang dianggap perlu untuk direma&akan. Query SQL yang digunakan adalah #%)5/4 yang di ketikkan seperti berikut , /(+A0E namaJtabel SE0 fieldJ2 O FdataJbaruG, fieldJ0 OGdataJbaruG, SSSSSSSSSSS. , FieldJ" OGdataJbaruGC 'ontoh , mys-l> update tbJtamu set .> namaOKirfan nurhudinK here namaOU+oi trimoyoUC Query 19, 2 ro affected (L.LM sec) *o s matched, 2 'hanged, 2 Narnings, L

Edited By Haris Saputro

Halaman 0L

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL) 2012

Maka hasilnya akan berubah seperti berikut ,

)ata yang asalnya bernama +oi trimoyo berubah men&adi irfan nurhudin yang dihasilkan dari -uery SQL #%)5/4.

8.- Mengha6#& +a!a +ELE0E $


#nutk menghapus data, MySQL memiliki -uery bernama )4L4/4. %enggunaannya diikuti dengan nama data yang akan dihapus. +erikut SintaH untuk menghapus semua data yang terdapat pada tabel , +ELE0E %ROM namaJtabelC Sedangkan berikut sintaH untuk menghapus data yang diinginkan dari sebuah tabel , +ELE0E %ROM namaJtabel 42ERE kondisiC 'ontoh , 6sikan data pada tabel tbJtamu seperti diba ah ini ,

Edited By Haris Saputro

Halaman 02

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL)

2012

#ntuk menghapus data nomor : yang terdapat pada tabel tbJtamu maka gunakan -uery sepertin diba ah ini , mys-l> delete from tbJtamu here noOK:KC Query 19, 2 ro affected (L.L3 sec) Maka hasilnya akan seperti diba ah ini bah a data nomor : yang bernama rid an telah dihapus menggunakan -uery )4L4/4 ,

Edited By Haris Saputro

Halaman 00

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL)

2009

BAB 9 SELEKSI +A0A

Menampilkan data adalah hal yang sangat penting karena kita harus melihat dan menyeleksi suatu data dalam table maupun antar table. #ntuk Melihat data atau Selection, Query yang digunakan adalah SELE70 yang diikuti beberapa pernyataan khusus berkenaan dengan tabel yang diseleksi.

9.1 Menam6il)an +a!a +a"i &eb#ah 0abel


#ntuk menampilkan dari sebuah tabel dapat menggunakan SintaH berikut , SELE70 (Field2, field0, SS, Field") %ROM namaJtabelC Query diatas mengartikan bah a data yang akan ditampilkan didalam tabel hanya filed ? filed tertenu. 5tau SELE70 > %ROM namaJtabelC Query diatas mengartikan bah a data dari seluruh Field yang terdapat dalam tabel akan ditampilkan. 'ontoh ,

5tau

Edited By Haris Saputro

Halaman 03

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL) 2012

9.2 Menam6il)an +a!a dengan (e"in!ah 42ERE


ND4*4 yang artinya dimana, untuk menampilkan data menggunakan perintah here (dimana) dapat menggunakan perintah berikut , SELE70 > %ROM namaJtabel 42ERE kondisi 'ontoh , )ata sebelumnya yang ada pada tabel tbJtamu seperti berikut ,

Maka akan menampilkan data menggunakan perintah here , SELE70 > %ROM tbJtamu 42ERE alamatOGu&ung berungGC

'ontoh diatas mengartikan bah a sintaH meminta untuk menampilkan semua data yang ada pada tabel tbJtamu yang dimana akan ditampilkan dari field alamat yang isi data dari field alamat hanya u&ung berung. Maka yang keluar adalah data ang filed alamatnya hanya u&ung berung.

9.- Menam6il)an +a!a dengan BE04EEN


+et een artinya diantara, bet een befungsi untuk menampilkan data yang tertentu misalnya diantara 0LLL dan ALLL. #ntuk menampilkan data dengan bet een dapat menggunakan sintaH berikut , SELE70 > %ROM namaJtabel 42ERE kondisi BE04EEN nilaiJ2 AN+ nilaiJ0C

Edited By Haris Saputro

Halaman 0:

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL) 2012

+uatlah sebuah )5/5+5S4 dengan nama dbJstock kemudian buatlah tabel didalamnya dengan nama tabel tJbarang kemudian isi data seperti berikut ,

'ontoh , SELE70 > %ROM tJbarang 42ERE hargaJbrg BE04EEN 3<ALL AN+ :ALLL

'ontoh diatas menun&ukkan bah a semua data ditun&ukkan dari tabel tJbarang dimana yang ditampilkan dari field hargaJbrg diantara 3<ALL dan :ALLL. Maka data yang tampil hanya data yang bernilai 3<ALL sampai :ALLL.

9.5 Menam6il)an +a!a dengan (e"in!ah LIKE


%erintah Like kadang dibutuhkan dalam pembuatan database yaitu dalam menampilkan data tertentu yang hanya berkaitan dengan kata.kata yang diinginkan. Query yang digunakan adalah , SELE70 > %ROM namaJtabel 42ERE 9ondisi LIKE ?@namaJkaitan@AC

Maka data yang ditampilkan hanya nama barang yang berkaitan dengan kata M6'*1S1F/.

Edited By Haris Saputro

Halaman 0A

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL)

2012

9.8 Menam6il)an +a!a dengan (eng#"#!an So"!ing OR+ER B;$


Fungsi ini digunakan untuk melakukan pengurutan data, sehingga data dari sebuah atau beberapa tabel dapat tampil berurutan sesuai keinginan. %engurutan data terbagi men&adi dua , ASC (pengurutan dengan 5scending) DESC (pengurutan dengan )escending) SintaH yang digunakan adalah , SELE70 > %ROM namaJtabel OR+ER B; kolom /ype 'ontoh , Select @ from tJbarang order by namaJbarang ascC

)an Select @ from tJbarang order by namaJbarang ascC

Edited By Haris Saputro

Halaman 0E

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL) 2012

9.9 Menam6il)an +a!a dengan (engelom6o))an da!a GRO/( B;$


!roup +y adalah fungsi untuk mengelompokkan data dalam sebuah kolom yang ditun&uk. Fungsi ini akan menghasilkan kelompok data dengan menghilangkan data yang sama dalam satu tabel. Maka apabila dalam satu kolom terdapat beberapa data yang sama maka data yang akan ditampilkan hanya salah satu. SintaH yang digunakan seperti berikut , SELE70 > %ROM namaJtabel GRO/( B; namaJkolomC 'ontoh ,

9.9 Menam6il)an &e&#ai dengan %#ng&i S!a&!i&!ic


+.+.1 *ungsi C,-!T Fungsi ini biasanya digunakan untuk melakukan pengecekan &umlah data dalam sebuah tabel yang isinya ratusan hingga ribuan, sehingga kita tidak dapat menghitungnya secara manual. MySQL memiliki perintah untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan '1#"/(). SintaHnya seperti berikut , SELE70 7O/N0 >$ %ROM namaJtabelC 'ontoh , mys-l> S4L4'/ '1#"/(@) F*1M tbJtamuC V................V W '1#"/(@) W V................V W : W

V................V 2 ro in set (L.LL sec)

Edited By Haris Saputro

Halaman 0<

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL)

2012

+.+.) *ungsi .-M S#M berfungsi untuk mencari nilai total dalam suatu kolom pada sebuah tabel didalam database. Query pada MySQL adalah S#M(). S6ntaH yang digunakan seperti berikut , SELE70 S/M(namaJkolom) %ROM namaJtabelC 'ontoh , mys-l> select S#M(hargaJbrg) from tJbarangC V........................V W S#M(hargaJbrg) W V........................V W 0<<ALL W

V........................V 2 ro in set (L.LL sec)

9.: Menam6il)an +a!a Se&#ai dengan %#ng&i S!"ing


+./.1 *ungsi L0*T (12n) +erfungsi mengambil data berdasarkan string dari se&umlah n karakter dari string ; dari kiri. SintaH yang digunakan seperti berikut , SELE70 > %ROM namaJtabel 42ERE LE%0(namaJkolom,&umlahJkarakter)OXkarakterXC 'ontoh , )ata sebelumnya

Edited By Haris Saputro

Halaman 0M

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL) 2012

)engan menggunakan fungsi L4F/ akan men&adi berikut ,

Maka yang ditampilkan adalah isi data yang kode barangnya hanya bera al dari huruf ). +./.) *ungsi R345T (12n) Fungsi *ight hamper sama dengan fungsi L4F/ hanya Query *6!D/ +erfungsi mengambil data berdasarkan string dari se&umlah n karakter dari string ; dari 9anan. SintaH yang digunakan seperti berikut , SELE70 > %ROM namaJtabel 42ERE RIG20(namaJkolom,&umlahJkarakter)OXkarakterXC 'ontoh ,

Maka yang ditampilkan adalah isi data yang kode barangnya hanya berakhir dari nomor 0. +./.) *ungsi M3D (12n26) +erfungsi mengambil data berdasarkan string dari se&umlah dari string ; n karakter se&umlah n karakter dari posisi kiri. SintaH yang digunakan seperti berikut , SELE70 > %ROM namaJtabel 42ERE MI+(namaJkolom,posisiJn,&umlahJkarakter)OXkarakterXC 'ontoh ,

Maka yang ditampilkan adalah isi data yang kode barangnya berasal Duruf % dari 0 huruf karakter sebelah kiripada kolom kode barang.

Edited By Haris Saputro

Halaman 0P

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL) 2012

9.< Menam6il)an da!a dengan nilai !e"!inggi dalam &eb#ah !abel MAB$ #ntuk mencari nilai tertinggi pada suatu data didalam database. SQL menyediakan fungsi M5;. Query yang digunakan seperti berikut , SELE70 MAB(namaJkolom) %ROM namaJtabelC 'ontoh , mys-l> select maH(hargaJbrg) from tJbarangC V.......................V W maH(hargaJbrg) W V.......................V W EALLL W

V.......................V 2 ro in set (L.L0 sec) 9.= Menam6il)an da!a dengan nilai !e"endah dalam &eb#ah !abel MIN$ #ntuk mencari nilai terendah pada suatu data didalam database. SQL menyediakan fungsi M6". Query yang digunakan seperti berikut , SELE70 MIN(namaJkolom) %ROM namaJtabelC 'ontoh , mys-l> select min(hargaJbrg) from tJbarangC V......................V W min(hargaJbrg) W V......................V W 3ALLL W

V......................V 2 ro in set (L.LL sec)

Edited By Haris Saputro

Halaman 3L

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL) 2012

BAB : SELEKSI AN0AR 0ABEL )alam sebuah database yang berelasional, kita dapat menampilkan data dari dua tabel atau tiga tabel yang berbeda. 5kan tetapi, apabila beberapa tabel tersebut merupakan yang berelasi, kita harus menggunakan teknik seleksi relasi khusus. %ada bab ini sebaiknya kita menyediakan database dan tabel nya terlebih dahulu untuk merelasikan antar tabel. +uatlah )atabase dengan nama database , dokter 9emudian buatlah tabel dengan intetas berikut , !bC&6e&iali& %ield
9dJspesialis spesialis char varchar

0i6e
3 3A

(anDang

K#nci Key$
%rimari key

!bCdo)!e" %ield 0i6e


char varchar char varchar char 3 3A 3 2A 2 Foreign 9ey

(anDang

K#nci Key$
%rimary key

9dJdokter "amaJdokter 9dJspesialis telepon seH

!bCDaga %ield 0i6e


'har 8archar /ime time 3 2A

(anDang

K#nci Key$
Foreign 9ey

9dJdokter hari (amJmulai (amJselesai

Edited By Haris Saputro

Halaman 32

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL) 2012

9emudian isilah data pada setiap tabel seperti diba ah ini , !bC&6e&iali&
KdC&6e&iali&
#MM )LM 5"9 9)! +)D (/! /D/ !6! S*F 9L/ M5/

&6e&iali&
)okter #mum %enyakit )alam 5nak 9andungan +edah (antung /elinga Didung dan /enggorokan !igi Saraf 9ulit Mata

Edited By Haris Saputro

Halaman 30

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL) 2009

tbJdokter KdCdo)!e"
)L2 )L0 )L3 )L: )LA )LE )L< )LM )LP )2L )22 )20 )23 )2: )2A )2E )2< )2M

NamaCdo)!e"
)r. +oi /rimoyo )r. 6rfan nurhuddin )r. Mus anto )r. umar )r. 6brahim )r. a&i )r. rid an )r. fa&ar )r. mory )r. serly )r. 'handra )r. bayha-i )r.rina )r.agus )r. andin )r. labala )r. fau7i )r. neneng

KdC&6e&iali&
#MM )LM +)D (/! 9)! S*F M5/ 5"9 #MM +)D #MM +)D 5"9 #MM 9)! +)D +)D 9)!

!ele6on
LM222222222 LM000000000 LM333333333 LM::::::::: LMAAAAAAAAA LMEEEEEEEEE LM<<<<<<<<< LMMMMMMMMMM LMPPPPPPPPP LMLLLLLLLLL LM2L2L2L2L2 LM0L0L0L0L0 LM3L3L3L3L3 LM:L:L:L:L:L: LMALALALALALA LMELELELELELE LM<L<L<L<L<L< LMLMLMLMLMLML

SeE
% % % % % % % % % N % % N %

% % N

Edited By Haris Saputro

Halaman 33

Modul Pembelajaran Praktek Basis Data (MySQL) 2012

tbJ&aga KdCdo)!e"
)L2 )LP )22 )L3 )LM )L: )LA )2A )23 )20 )2E )2: )LE )L< )2L )L0

ha"i
senin Senin Senin selasa Selasa Selasa selasa Selasa *abu *abu *abu *abu 9amis (umGat Sabtu minggu

FamCm#lai
LM,2A,LL 20,2A,LL 2<,3L,LL LM,2A,LL 2E,LL,LL LM,2A,LL LM,2A,LL 2:,LL,LL LM,2A,LL LM,2A,LL 2:,LL,LL LM,2A,LL LM,2A,LL LM,2A,LL LM,2A,LL LP,LL,LL

FamC&ele&ai
20,2A,LL 2E,3L,LL 0L,LL,LL 2E,LL,LL 02,LL,LL 0L,LL,LL 2:,LL,LL 0L,LL,LL 20,LL,LL 2:,LL,LL 02,LL,LL 2:,LL,LL 2:,LL,LL 22,3L,LL 2:,LL,LL 2:,LL,LL

Edited By Haris Saputro

Halaman 3: