You are on page 1of 3

BAB IV Pembahasan 4.

1 Laporan Pengamatan Selama praktik kerja lapangan penulis mengamati beberapa pekerjaan yang sedang dilaksanakan pada proyek apartemen Elpis Residences yaitu pekerjaan quantity surveying dan pekerjaan lapangan. 4.1.1 Pekerjaan Quantity Surveying Quantity surveying adalah pekerjaan survey kuantitas (volume) yang mempengaruhi biaya konstruksi. uantity surveying dikerjakan oleh quantity surveyor ( S). Quantity surveyor menurut !ikipedia.org adalah seorang pekerja pro"esional dalam industi konstruksi yang secara khusus mengurus hal yang berkaitan dengan biaya konstruksi dan kontrak konstruksi seperti kontrak dengan subkontraktor# mandor# dan owner. $ungsi quantity surveyor secara garis besar adalah pengendalian biaya konstruksi# menurut video the quanty surveyor handbook yang diunggah di youtube oleh %&'Singapore salah satu konsultan (uantity surveyor kemampuan yang harus dimiliki seorang quantity surveyor diantaranya adalah engineering# accounting (akuntansi)# dan law (hukum). )anggung ja!ab (uantity surveyor diantaranya * Perencanaan biaya dan manajemen komersial selama proses konstruksi dari a!al proyek hingga proyek selesai. +alue engineering (manajemen nilai) yaitu pemilihan material sesuai dengan spesi"ikasi dengan harga yang kompetiti"# penggunaan material yang dapat digunakan berkali,kali# daur ulang material# dan meminimalir waste (limbah). -anajemen resiko yaitu merencanakan dan memberikan saran untuk meminimalisir resiko pelaksanaan yang dapat menimbulkan penambahan biaya. -emberi saran dalam proses pengadaan barang dan subkontraktor (procurement)

dan proses tender. -anajemen komersial dan administrasi kontrak. Pencatatan dan penilaian aset.kekayaan /laim biaya ekstra karena adanya perubahan desain.

Secara garis besar kegiatan (uantity surveying dibagi dalam tiga tahap# yaitu* 1. Pre-Contract ( sebelum kontrak) -emberikan saran mengenai kontak -enyediakan perhitungan biaya berdasarkan gambar kontrak -emperbaiki# memonitor and mengendalikan biaya selama pengembangan desain -empersiapkan dokumen kontrak -empersiapkan estimasi biaya tender

0. Tender Review (peninjauan kembali tender) -elakukan identi"ikasi resiko biaya dalam hasil tender -empersiapka laporan tender -erekomendasikan pilihan,pilihan dalam tender

1. Post-Contract (setelah kontrak) -empersiapkan laporan keuangan konstruksi -embuat penilaian terhadap perubahan biaya konstruksi -enilai dan mempersiapkan rekomendasi pembayaran berdasarkan progress (kemajuan)

pekerjaan baik untuk subkontraktor maupun kepada owner. Pada proyek Elpis Residences kegiatan (uantity surveying sudah memasuki tahap post contract.