You are on page 1of 14

ARTIKEL CUCI DARAH

NAMA : QONITAT AZ-ZAHRA NO : 20

KELAS : XI IPA 5

JALAN SOEKARNO HATTA NO.18 BANGKALAN SMA NEGERI 2 BANGKALAN 2014/2015

Apa itu Gagal Ginjal ?


Gagal ginjal disebabkan oleh berbagai glomerulus kerusakan serius pada tubuh dalam ekskresi sisa metabolisme dan mengatur air dan elektrolit, keseimbangan asam-basa gangguan sindrom klinis setelah kelompok. Dibagi menjadi gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis. Prognosis serius, adalah salah satu penyakit utama yang mengancam jiwa. Menurut statistik dari International Society of Nephrology tingkat kejadian tahunan gagal ginjal kronis dalam populasi alami 98-198/100 juta, insiden yang lebih tinggi dari negara-negara ekonomi maju, Amerika Serikat dan Jepang, kejadian 802/100, 000 dan 996/100 juta orang. Sekitar 96-100 orang per tahun meninggal akibat gagal ginjal. Amerika Serikat setiap tahun sekitar 50.000 orang meninggal karena uremia, insidenpenyakit ginjal di Cina lebih dari enam kali dari Amerika Serikat, tidak kurang dari jumlah kematian setiap tahun karena uremia. Abad ke-21, gagal ginjal telah menjadi salah satu musuh membahayakan masyarakat kesehatan orang di seluruh dunia. International Society of Nephrology (ISN) dan Federasi Internasional dari Yayasan Ginjal (IFKF), hari Kamis kedua bulan Maret setiap tahun sebagai "Hari Ginjal Sedunia". Saya berharap untuk menarik perhatian orang, penekanan pada pencegahan, untuk mengurangi timbulnya penyakit ginjal. Diagnosis dini, pengobatan dini, untuk mengambil perawatan yang tepat untuk mencegah perkembangan penyakit, dan untuk menghindari perkembangan gagal ginjal, uremia.

Gejala Gagal Ginjal Kronis Penurunan produksi urine menyebabkan asites dan edema
Karena hilangnya fungsi ginjal, urin sangat berkurang, sehingga banyak retensi air dalam tubuh, menyebabkan asites dan edema. Dan dapat menyebabkan ascites hiperkalemia, edema paru atau edema serebral, asidosis metabolik dan uremia.

Ketidaknyamanan gastrointestinal
Anoreksia, nyeri perut, mual, muntah, diare, glositis, bau urine, luka pada mulut, perdarahan gastrointestinal, adalah gejala gagal ginjal kronis yang paling umum.

Perubahan dalam sistem kardiovaskular


Pasien dengan gagal ginjal sering disertai dengan tekanan darah tinggi. Ekspansi jangka panjang hipertrofi ventrikel kiri pada penyebab hipertensi, kerusakan miokard, gagal jantung. Retensi zat beracun dapat menyebabkan perikarditis uremik.

Perubahan sistem hematopoietik


Anemia adalah hilangnya gejala pasien gagal ginjal. Selain itu, pasien rentan terhadap pendarahan, seperti ecchymosis, epistaksis, pendarahan gingiva, darah dalam tinja. 3

Gangguan sistem pernapasan


Retensi metabolit dapat menyebabkan bronkitis uremik, pneumonia, radang selaput dada.

Disfungsi seksual
Disfungsi fisiologis karena alasan lain, pasien gagal ginjal kronis dengan disfungsi seksual. Menurut statistik. 90% dari pasien laki-laki dan 80% dari pasien perempuan terjadi libido.

Ketidaknyamanan mental
Pasien gagal ginjal kronis umumnya memiliki kelesuan, kelelahan, pusing, sakit kepala, kehilangan memori, insomnia, mati rasa anggota badan, tangan dan kaki terasa terbakar, kulit gatal-gatal dan gejala lainnya. Dapat terjadi akhir kelesuan, lekas marah, otot gemetar atau berkedut, kejang, koma.

Gejala Gagal Ginjal Akut? Menurut jalannya, gagal ginjal akut dibagi menjadi tiga jenis: Oliguria:
Ini adalah gejala utama dari mual, muntah, sakit kepala, pusing, lekas marah, kelelahan, mengantuk dan koma. Karena tubuh air, akumulasi natrium, pasien mungkin muncul ketidakseimbangan elektrolit, seperti: hipertensi, hiperkalemia, hiponatremia, magnesium darah tinggi, hiperfosfatemia, hipokalsemia, edema paru dan gagal jantung. Disertai dengan infeksi, cedera, demam, dll, karena akumulasi metabolit: nitrogen urea darah pasien, kreatinin meningkat, asidosis metabolik terjadi, sementara mungkin menjadi sekunder untuk infeksi saluran pernafasan dan saluran kencing.

Periode poliuria:
Oliguria urin setelah meningkat secara bertahap. Bila output urin harian lebih dari 500 ml dimasukkan poliuria. Setelah itu, output urin harian meningkat secara eksponensial. Tinggi urin harian atau bahkan sampai 3000-6000ml 10000ml lagi. Dalam poliuria, urin, meskipun meningkat, namun tingkat clearance ginjal masih rendah, akumulasi metabolit dalam tubuh masih. Sekitar 4-5 hari, nitrogen urea darah, kreatinin secara bertahap menurun dengan peningkatan output urin. Gejala uremik juga akan ditingkatkan, kalium, natrium, klorida, dan elektrolit lain banyak cairan dari urin dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit atau dehidrasi.

Pemulihan:
Urin secara bertahap kembali normal, 3 sampai 12 bulan fungsi ginjal berangsur-angsur pulih. Kebanyakan pasien fungsi ginjal pulih ke tingkat normal, hanya beberapa pasien gagal ginjal kronis. Komprehensif yang disebutkan di atas, gagal ginjal akut dan kronis. Gagal ginjal kronis Gejala utama adalah: asites dan edema, ketidaknyamanan pencernaan, perubahan dalam sistem kardiovaskular, perubahan sistem hematopoietik, gangguan pernafasan dan disfungsi seksual dan jenis lainnya. 4

gejala gagal ginjal, gagal ginjal, diagnosis yang benar dari jenis dan luasnya, dan untuk Pelajari Bagaimana gagal ginjal kronis didiagnosis? mencapai deteksi dini, diagnosis dini, meningkatkan kemungkinan pemulihan pasien. Seorang dokter akan memeriksa tanda-tanda dan meminta pasien tentang gejala-gejala. Tes-tes berikut juga dapat memerintahkan: Tes darah - untuk menentukan apakah zat limbah sedang memadai disaring. Bila kadar urea dan kreatinin yang terus-menerus tinggi, dokter kemungkinan besar akan mendiagnosa penyakit ginjal stadium akhir. tes Urine - untuk mengetahui apakah ada baik darah dan / atau protein dalam urin. scan Ginjal - ini mungkin termasuk resonansi magnetik imaging ( MRI ) scan, computed tomography (CT) scan, atau ultrasound scan. Tujuannya adalah untuk menentukan apakah ada penyumbatan di aliran urin. Scan ini juga dapat mengungkapkan ukuran dan bentuk ginjal - dalam stadium lanjut penyakit ginjal ginjal lebih kecil dan memiliki bentuk yang tidak rata. biopsi ginjal - sampel kecil jaringan ginjal diekstraksi dan diperiksa untuk kerusakan sel. Analisis jaringan ginjal membuat lebih mudah untuk membuat diagnosis spesifik penyakit ginjal. Chest X-ray - tujuan di sini adalah untuk memeriksa edema paru . (cairan tertahan di paru-paru) tingkat filtrasi glomerulus (GFR) dan penyakit ginjal tahap GFR adalah tes yang mengukur laju filtrasi glomerulus - membandingkan tingkat produk limbah dalam darah pasien dan / nya urine nya. Langkah-langkah GFR berapa mililiter (ml) limbah ginjal dapat menyaring per menit. Ginjal orang sehat biasanya dapat menyaring lebih dari 90 ml per menit. Perubahan dalam tingkat GFR dapat menilai bagaimana lanjutan penyakit ginjal. Di Inggris, dan banyak negara lain, tahap penyakit ginjal diklasifikasikan sebagai berikut:

Tahap 1 - tingkat GFR normal. Namun, bukti penyakit ginjal telah terdeteksi. Tahap 2 - tingkat GFR lebih rendah dari 90 ml, dan bukti penyakit ginjal telah terdeteksi. Tahap 3 - tingkat GFR lebih rendah dari 60 ml, terlepas dari apakah bukti penyakit ginjal telah terdeteksi. Tahap 4 - GRF tingkat lebih rendah dari 30 ml, terlepas dari apakah bukti penyakit ginjal telah terdeteksi. Tahap 5 - tingkat GFR lebih rendah dari 15 ml. Gagal ginjal telah terjadi.

Sebagian besar pasien dengan gagal ginjal kronis jarang kemajuan luar Tahap 2. Jika pasien tidak merasakan gejala sampai Tahap 4, kerusakan ginjal ireversibel. Hal ini penting untuk penyakit ginjal untuk dapat didiagnosis dan diobati dini kerusakan serius yang harus dicegah. Pasien dengan diabetes - pasien diabetes harus memiliki tes tahunan yang mengukur mikroalbuminuria (sejumlah kecil protein) dalam urin. Tes ini dapat mendeteksi dini nefropati diabetik (kerusakan ginjal dini dikaitkan dengan diabetes).

Apa pengobatan untuk gagal ginjal kronis?


Tidak ada obat saat ini untuk gagal ginjal kronis. Namun, ada terapi yang dapat membantu mengontrol tanda-tanda dan gejala, mengurangi risiko komplikasi, dan memperlambat perkembangan penyakit. Sebuah GP (dokter umum, dokter perawatan primer) akan merujuk pasien yang dicurigai gagal ginjal ke nephrologist (spesialis ginjal). Penderita gagal ginjal kronis biasanya perlu mengambil sejumlah besar obat-obatan.

Pengobatan anemia - hemoglobin adalah zat dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh yang vital. Jika kadar hemoglobin rendah pasien memiliki anemia . Beberapa pasien penyakit ginjal dengan anemia akan membutuhkan transfusi darah -. darah disuntikkan ke pembuluh darah, biasanya di rumah sakit As besi diperlukan untuk produksi sel darah merah, pasien dengan ginjal Penyakit biasanya akan harus mengambil suplemen zat besi, baik dalam bentuk tablet sulfat besi setiap hari, atau kadang-kadang dalam bentuk suntikan. Jika anemia tidak efektif diobati dengan transfusi atau besi suplemen, pasien dapat menerima suntikan dari erythropoietin. Erythropoietin adalah hormon yang dibutuhkan tubuh 5

kita untuk produksi sel darah merah. Epoetin dapat diberikan seminggu sekali, atau Darbepoeitin dapat diberikan tiga kali seminggu.

Pengobatan untuk keseimbangan fosfat - orang dengan penyakit ginjal mungkin tidak mampu menghilangkan fosfat dari tubuh mereka dengan benar. Pasien akan disarankan untuk mengurangi asupan fosfat gizi mereka - hal ini biasanya berarti mengurangi konsumsi produk susu, daging merah, telur dan ikan. Jika diet tidak memecahkan masalah pasien mungkin akan diberi pengikat fosfat. Obat ini mengikat fosfat dalam makanan di perut, mencegah tubuh dari menyerap itu. Contohnya termasuk Adcal, Calcichew, Alucaps dan sevelamer. Obat-obatan ini diambil dengan makanan. Vitamin D - pasien dengan penyakit ginjal biasanya memiliki tingkat rendah vitamin D . Vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang. Vitamin D yang kita peroleh dari matahari atau dari makanan harus diaktifkan oleh ginjal sebelum dapat digunakan oleh tubuh. Pasien dapat diberikan alfacalcidol, atau calcitriol. Tekanan darah tinggi (hipertensi) - Tekanan darah tinggi adalah masalah umum untuk pasien dengan gagal ginjal kronis. Hal ini penting untuk membawa tekanan darah turun untuk melindungi ginjal, dan kemudian memperlambat perkembangan penyakit. Paling umum, pasien akan diresepkan ACE (angiotensin converting enzyme) inhibitor. Contohnya termasuk captopril , enalapril, lisinopril, perindopril, dan ramipril. Obat-obatan lain yang tersedia jika ini tidak bekerja. Edema (retensi cairan) - orang dengan gagal ginjal kronis harus berhati-hati dengan asupan cairan mereka. Kebanyakan pasien akan diminta untuk membatasi asupan cairan mereka. Jika ginjal tidak bekerja dengan baik pasien jauh lebih rentan terhadap cairan build-up. Dokter mungkin juga meresepkan diuretik, seperti furosemide, yang membantu tubuh menghilangkan kelebihan cairan. Gatal-gatal kulit - antihistamin, seperti klorfenamin, dapat membantu meringankan gejala gatal. Obat anti mabuk (antiemetik) - jika racun membangun dalam tubuh karena ginjal tidak bekerja dengan baik, pasien mungkin merasa sakit (mual). Obat-obatan seperti cyclizine, atau metaclopramide membantu meringankan penyakit. Diet - mengikuti diet yang tepat sangat penting untuk pengobatan gagal ginjal yang efektif. Sebagaimana disebutkan di atas, membatasi jumlah protein dalam diet dapat membantu memperlambat perkembangan penyakit. Diet juga dapat membantu mengurangi gejala mual. Asupan garam perlu diatur dengan hati-hati untuk mengontrol hipertensi. Kalium dan konsumsi fosfor, dari waktu ke waktu, mungkin juga perlu dibatasi. NSAID (obat anti-inflamasi nonsteroid) - seperti aspirin atau ibuprofen harus dihindari dan hanya diambil jika dokter mengatakan demikian.

Tahap akhir pengobatan penyakit ginjal?


Tahap ini adalah ketika ginjal berfungsi pada kurang dari 10% - 15% dari kapasitas normal. Tindakan yang digunakan sejauh ini - diet, obat-obatan dan perawatan mengendalikan penyebab - tidak lagi cukup. Ginjal pasien dengan penyakit ginjal stadium akhir tidak dapat bersaing dengan limbah dan proses eliminasi cairan sendiri - pasien akan membutuhkan dialisis atau transplantasi ginjal untuk bertahan hidup. Kebanyakan dokter akan mencoba untuk menunda kebutuhan untuk dialisis atau transplantasi ginjal untuk selama mungkin karena mereka memiliki risiko komplikasi yang serius. Ginjal dialisis - ini adalah penghapusan produk limbah dan cairan yang berlebihan dari darah bila ginjal tidak dapat benar melakukan pekerjaan lagi. Dialisis memiliki beberapa risiko serius, termasuk infeksi. Namun, hal itu juga dapat membantu pasien bertahan hidup jauh lebih lama (dibandingkan tanpa itu). Ada dua jenis utama dialisis ginjal. Setiap jenis juga memiliki subtipe. Dua jenis utama adalah: Hemodialisis - Hemodialisis adalah jenis dialisis yang menggunakan filter khusus untuk membersihkan darah. Selama perawatan hemodialisis, darah dilewatkan dari tubuh melalui seperangkat tabung untuk filter. Darah dibersihkan kemudian dikembalikan ke tubuh melalui satu set tabung. Ratarata, perawatan hemodialisis biasanya adminstered tiga kali per minggu dan terakhir dua setengah sampai empat jam. Perawatan Hemodialisis biasanya dilakukan di pusat dialisis rawat jalan. Untuk menjalani hemodialisis, operasi mungkin diperlukan untuk menghubungkan arteri dan vena di salah satu anggota badan (disebut fistula arteriovenosa atau graft) karena jenis dialisis tidak dapat dilakukan tanpa fistula, cangkok atau kateter.

Bagaimana Proses Cuci Darah?

Darah dipompa keluar dari tubuh pasien dan berjalan melalui dialyzer (ginjal buatan). Darah dipompa keluar melalui dua rute:

1. Sebuah kateter ditempatkan di salah satu pembuluh darah darah utama, atau 2. Sebuah persimpangan pembedahan dibuat antara vena dan arteri di lengan pasien. Darah bergerak melintasi membran dialyzer dalam yang menyaring limbah. Darah kemudian kembali ke tubuh pasien. Pada satu waktu, hanya 237 mililiter (satu cangkir) darah berada di luar tubuh. Pasien mengalami hemodialisis sekitar tiga kali per minggu. Setiap sesi berlangsung selama setidaknya tiga jam. Para ahli sekarang mengakui bahwa sesi lebih sering menghasilkan kualitas hidup yang lebih baik bagi pasien, serta kontrol yang lebih baik dari komplikasi dan risiko kematian yang lebih rendah. Rumahmenggunakan mesin dialisis modern membuat ini lebih banyak menggunakan reguler hemodialisis lebih layak hari ini.

Hemodialisis menggantikan kerja ginjal Anda sendiri untuk membersihkan limbah dan cairan ekstra dari darah Anda. Hal ini dilakukan dengan menggunakan filter khusus yang disebut dialyzer atau ginjal buatan. Darah Anda perjalanan melalui pipa plastik ke dialyzer, di mana ia dibersihkan dan kemudian dikembalikan kepada Anda. Pada awal setiap perlakuan, dua jarum ditempatkan ke akses Anda. Jarum ini terhubung ke tabung plastik yang membawa darah ke dialyzer. Hanya sejumlah kecil 8

darah dari tubuh Anda pada satu waktu. Mesin dialisis memompa darah melalui sistem dialisis dan mengendalikan waktu perawatan, suhu, pemindahan cairan dan tekanan. Proses dasar ini adalah sama untuk hemodialisis rumah, kecuali bahwa Anda dan pasangan perawatan dilatih untuk melakukan perawatan Anda di rumah.

Apa saja yang harus dipersiapkan penderita?


Ginjal membuang sampah dan jumlah air yang berlebihan dari darah, yang sangat penting untuk kehidupan. Ketika masalah ginjal mencegah proses dari bekerja dengan benar, limbah dapat membangun dalam darah dan menyebabkan kegagalan organ, menyebabkan koma atau mengakibatkan kematian. Untungnya, dialisis ginjal dapat menggantikan fungsi alami ginjal. Dialisis dapat menjadi solusi bagi mereka yang sakit dengan gagal ginjal jangka pendek atau bagi mereka dengan kerugian permanen fungsi ginjal. Mengakrabkan diri dengan dua pilihan pengobatan dapat membantu Anda untuk mempersiapkan diri untuk dialisis ginjal.

Metode 1 Ikuti Pesanan Dokter Anda Ketika Mempersiapkan Ginjal Dialisis

Makan makanan yang sehat, menerima pesanan khusus menjadi pertimbangan.


Dokter Anda mungkin menempatkan Anda pada diet ginjal , yang merupakan diet rendah protein dan kalium. Anda mungkin perlu membatasi daging, susu, pisang, dan makanan lain yang tinggi protein atau kalium.

Mengambil obat yang diresepkan oleh dokter Anda


10

Obat-obat ini akan mempersiapkan tubuh Anda untuk dialisis ginjal. Obat yang diresepkan oleh dokter Anda sebelum dialisis umumnya mengontrol retensi cairan, menjaga tekanan darah normal atau membantu dengan gatal gejala yang umum.

Dapatkan banyak istirahat dan tidur sebelum dan selama dialisis


Jika kecemasan mencegah Anda dari mendapatkan istirahat malam yang normal, berbicara dengan dokter Anda tentang solusi potensial.

Metode 2

Memahami bagaimana Hemodialisis bekerja


Jenis dialisis ginjal membersihkan limbah dari tubuh Anda dengan melewatkan darah Anda melalui perangkat eksternal dengan filter khusus.

Darah akan keluar tubuh melalui kateter, atau tabung fleksibel, dimasukkan ke dalam pembuluh darah Anda. Setelah melewati filter, darah akan kembali ke tubuh Anda melalui kateter kedua. Perawatan ini umumnya berlangsung antara 3 sampai 4 jam per minggu. Panjang sesi tergantung pada seberapa banyak cairan yang telah ditahan antara perawatan dan seberapa baik ginjal Anda berfungsi. Hemodialisis umumnya terjadi di pusat dialisis ginjal. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin bisa mendapatkan pelatihan yang dibutuhkan untuk melakukan pengobatan di rumah.

11

Metode 3

Memahami bagaimana pengobatan ini bekerja


Dalam jenis dialisis ginjal, solusi dialisat steril atau kombinasi dari mineral dan glukosa akan mengalir melalui tabung ke dalam peritoneal, atau rongga tubuh perut. Proses ini kemudian menggunakan lapisan perut sebagai filter untuk menghilangkan limbah dari darah.

Solusi dialisat akan tetap berada di rongga perut dan menyerap limbah sampai larutan dikeringkan keluar melalui tabung. Anda akan perlu menggunakan pengobatan beberapa kali sepanjang hari. Banyak pasien melakukan jenis dialisis ginjal di rumah, dan Anda dapat melakukannya dalam semalam.

Metode 4 Bicaralah dengan dokter Anda tentang operasi yang diperlukan untuk mempersiapkan dialisis ginjal
Setiap jenis dialisis akan membutuhkan operasi untuk memperbesar pembuluh darah untuk membuat penyisipan kateter mungkin.

Diskusikan penyisipan kateter dengan dokter AndaUntuk dialisis peritoneal, tabung plastik tipis yang lembut akan membawa solusi
dialisis masuk dan keluar dari perut Anda. Dokter akan memasukkan operasi pelabuhan untuk tabung ini dekat pusar Anda.

Pelajari cara merawat port akses vaskular Anda untuk menghindari infeksi.

Ketika Anda siap untuk memulai perawatan, Anda atau profesional medis akan memasukkan kateter ke dalam pelabuhan. Pelabuhan harus tetap tertutup sepanjang waktu kecuali selama transfer atau penghapusan cairan dari perut. Cuci tangan Anda dengan air hangat dan sabun sebelum menyentuh situs pelabuhan atau daerah sekitarnya. Periksa infeksi dan membersihkan daerah di sekitar pelabuhan sebelum setiap penggunaan. Tanyakan pengasuh Anda tentang penggunaan obat bius (mati rasa) obat pada kulit Anda sebelum menggunakan port Anda beberapa kali untuk mengurangi rasa sakit. 12

Pengasuh Anda dapat menginstruksikan Anda untuk mempersiapkan dan melampirkan obat untuk pompa untuk perawatan. Siram port Anda dengan saline antara perawatan untuk menghindari kateter diblokir dan untuk mencegah obat dari pencampuran satu sama lain dalam pipa.

Setiap berapa lama periode waktu cuci darah dilakukan?


Untuk gagal ginjal akut, biasanya dilakukan cuci darah sambil menunggu perbaikan fungsi ginjalnya, sedangkan untuk gagal ginjal kronik, harus dilakukan terus menerus, biasanya 3 kali seminggu dan setiap kaliproses berlangsung sekitar 3-5 jam.
Cuci darah harus dilakukan secara teratur untuk menghindari efek yang tidak diinginkan akibat penumpukan sisa metabolime maupun cairan dalam tubuh. Karena hanya bersifat menggantikan fungsi ginjal, bukan menyembuhkannya, tindakan dialisis harus dilakukan selama seumur hidup, kecuali pasien melakukan transplantasi ginjal. Pasien juga perlu mengatur pola makan dan minumnya untuk keberhasilan terapi dialisis. Dengan berpikir positif dan menjalankan terapi dengan sungguh-sungguh serta mengikuti segala petunjuk dokter, bukan tidak mungkin pasien gagal ginjal tetap dapat menjalani hidup secara normal.

13

Apakah ada solusi lain cara mengatasi penderita gagal ginjal?

Transplantasi ginjal
Transplantasi ginjal merupakan pilihan yang lebih baik daripada dialisis bagi pasien yang tidak memiliki kondisi lain selain dari gagal ginjal. Meski begitu, calon transplantasi ginjal harus menjalani cuci darah sampai mereka menerima ginjal baru. Pendonor ginjal dan penerima harus memiliki golongan darah, protein permukaan sel yang sama dan antibodi, untuk meminimalkan risiko penolakan ginjal baru . Saudara atau kerabat sangat dekat biasanya jenis terbaik dari donor. Jika donor hidup tidak mungkin, pencarian akan dimulai untuk donor cadaver (orang mati). Remaja lebih mungkin mengalami kegagalan transplantasi ginjal - remaja, terutama mereka yang berusia antara 14 dan 16 yang memiliki transplantasi ginjal pertama mereka memiliki risiko yang lebih tinggi kegagalan transplantasi, peneliti dari University of Florida, Gainesville, dilaporkan dalam JAMA Internal Medicine .

Prinsip pengobatan stem cell


Stem cell adalah sel induk yang berada dalam tubuh kita sendiri yang memiliki kemampuan memperbaharui dan memulihkan. Dalam kondisi seperti ini, ia dapat dikelompokkan sebagai sel multifungsi. Prinsip metode stem cell terhadappenyakit gagal ginjal : Stem cell melalui injeksi pada pembuluh atau metode intervensi lainnya dimasukkan ke ginjal, dapat membantu regenerasi sel pada ginjal yang rusak, menghambat proses kerusakan ginjal, hingga memulihkan fungsi ginjal tersebut.

14