You are on page 1of 2

Teori Akuntansi (Minggu II) Teori seperti suatu bentuk fenomena dimana bisa menjelaskan hal yang memiliki

dasar, dapat diterima secara akal sehat, bisa dibuktikan, dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari dan dapat sebagai acuan untuk kehidupan sehari. Di dalam buku scooder, dia mengutip dari Webster bahwa teori itu adalah systematically organized knowledge, applicable in a relatively wide variety of procedure to analyze, predict or otherwise e plain the nature of behavior of a specified set of phenomena. ! Teori adalah ilmu yang teroganisir secara sistematis, dapat diterapkan didalam lingkungan yang luas, bisa berupa asumsi-asumsi, atau berbentuk prinsip-prinsip "yang tidak butuh untuk dibuktikan# bahkan bisa berupa ketentuan dari suatu prosedur yang berguna sebagai analisa, dan bisa juga untuk memprediksi dan menjelaskan sesuatu yang terjadi.$ "Scooder_TRANS#

Dua jenis teori % &. teori 'ormatif 'ilai, dimana seseorang membutuhkan penjelasan terhadap teori tersebut. (al ini berasal dari kata norma.

). teory positive teori ini tidak timbul dari norma, tapi dari realitas yang sebenarnya "yang ada langsung dilapangan dan faktanya#. *enyebab memerlukan teori akuntansi % untuk memiliki prosedur atau panduan.

(ubungan akuntansi dengan akuntansi riset adalah teori itu berasal dari akuntansi riset. Tetapi saat ini antara praktisi dengan akademik selalu memiliki perbedaan. Didalam buku scooder menjelaskan bagaimana perkembangan akuntansi dan sejarah akuntansi. (HARAP DIBACA)

Dalam buku wells, +.,., -evolusi accounting thought. .ang memiliki arti %

*emikiran ketika tahun &/01, dasarnya menjelaskan bahwa akuntansi itu sebuah profesi, yang didalam profesi akuntansi itu dimana orang-orang professional akuntasi melakukan praktek akuntansi berdasarkan teori, dimana hal-hal tersebut saling berkaitan tetapi sebenarnya orang-orang tersebut sering anomaly or tidak sesuai dengan teori tersebut. Disaat itu terdapat 2 aliran yang dipercaya dalam revolusi akuntansi yang disebutkan didalam buku tersebut % &. *ercaya dengan accounting purchasing power. 3 % bahwa akuntansi itu dilaporkan dalam accounting purchasing power. ). -eplacement cost accounting. (al ini menjelaskan apakah barang dapat ditukar dan berharga lebih murah atau lebih dengan barang yang sama. 4. Deprefeal value accounting 2. 'et realizable value accounting (al ini menjelaskan berapa nilai realisasi biaya yang dikeluakan. Didalam artikel tersebut juga ditanyakan apakah ini merupakan !REVOLUSI AKU TA SI$.