You are on page 1of 3

Al-Qur'an dan Bumi yang Bergerak - Sebagai Lahan Dzikir dan Beramal Oleh: Ir. Agus Hendratno, MT.

Bumi semakin tua dan kehidupan di dunia semakin kompleks Akibat: hilangnya keamanan dan ketentraman, menipisnya rasa percaya pada diri sendiri dan orang lain ada sesuatu yang hilang dalam diri Sehingga ada kecenderungan utk menemukan kembali apa-apa yg hilang itu Upaya: mempelajari agama utk mendapatkan petunjuk utk menghadapi dunia yang sema kin kompleks Banyak pakar dan peneliti yang menekuni bidang keagamaan secara sungguh-sungguh. Al-Qur'an: rujukan awal bagi ilmu keislaman sumber bagi ilmu-ilmu modern petunjuk dan pegangan bagi umat Islam Al-Qur'an: bayinati minal huda (penjelasan bagi petunjuk-petunjuk itu) furqon (pembeda mana yang benar dan salah) Al-Qur'an: diturunkan pada Lailatur Qadar (QS 97:4), bulan Ramadhan (QS 2:185) secara berangsur-angsur agar dapat dibaca dan diturunkan bagian demi bagian (QS 17:106) tersusun rapi, dijelaskan terperinci, diturunkan oleh Allah Yang Maha Bijaksana lagi Maha Tahu (QS 11:1) Fungsi Al-Qur'an: menjadi bukti keberadaan Allah, para Malaikat, Nabi dan Rasul Dikemukakan: adanya seruan yg sifatnya bertahap 1. Menyeru yang meragukannya utk membuat semacam Al-Qur'an secara menyeluruh.(QS 52:34) 2. Menentang --> 10 surat semacam Al-Qur'an (QS 11:13) 3. Menentang --> 1 surat semacam Al-Qur'an (QS 10:38) 4. Menentang --> lebih kurang sama dengan satu surat semacam Al-Qur'an (QS 2:2) 3 hal lain yg dikemukakan: 1. Keseimbangan antara jumlah bilangan kata dan antonim 2. Pemberitaan-pemberitaan gaib 3. Isyarat ilmiah OBSERVASI TERHADAP BUMI YANG BERGERAK (QS 30:9) Jelajahilah bumi yang terhampar luas, hingga tergerak hati dan otakmu untuk berfikir dan tergerak telingamu untuk mendengar Copernicus : planet mengelilingi matahari dan bukan sebaliknya Kepler : bumi itu lonjong, bukan bulat Galileo : sistem alam semesta berada dalam orbit karena pengaruh gravitasi Newton : benda yg bergerak akan tetap bergerak dalam kecepatan yang sama kecual i ada gaya yang bekerja padanya Akal --> mengetahui hal-hal yang haq maupun bathil Efek: menjadikan Islam dan Al-Qur'an sbg rahmatan lil 'alami. Quran memberikan konsep makro tentang kejadian di bumi karena wahyu yang diberik an pada saat itu masih belum terjamah peradaban dan pengetahuan modern masih bel um diketahui secara meluas. Tugas manusia : memakmurkan bumi

Intinya: 1. Al Intifa' : mengambil manfaat dan mendayagunakan anugerah-nya 2. Al I'tibar : mengambil pelajaran, memikirkan, mensyukuri, dan menggali rahasi a-rahasia di balik alam ciptaan Allah 3. Al Ishlah : memelihara dan menjaga kelestarian alam utk kemakmuran manusia d an terjaganya keharmonisan alam. Konsep Al-Qur'an --> bersifat umum dan universal --> membutuhkan analisis Manusia: menerjemahkan dan mengambil hikmah di balik ayat-ayat Al-Qur'an. (QS Al-Ankabut 29:20) "Katakanlah (Muhammad), berjalanlah di atas muka bumi dan lihatlah bagaimana Allah memulai penciptaan" Makna: manusia harus melakukan observasi, penyelidikan, penelitian, analisis, da n memahami proses yang berlangsung di muka bumi Benua-benua bergerak seperti kapal layar yg sedang bergerak di lantai samudra li at pijar Penyebab: adanya gerakan2 horizontal dan panas radioaktif dari dalam bumi Efek: menghasilkan energi utk menggerakkan benua2 tersebut. Pergerakan lempeng tektonik --> teori Tektonik Global --> memperkirakan letak en dapan2 bahan galian industri, mineral logam, dan cekungan2 minyak dan gas, SEBAGIAN MASALAH KEBUMIAN DAN PROSES2 KEBUMIAN DI DALAMNYA. "Ketika Allah mencitapak bumi ini, bumi mulai bergoyang dan menyentak, lalu Alla h menstabilkannya dengan gunung" Makna: bumi itu bergerak, tidak diam, tapi tidak terasa, agak stabil, maka Allah memancangkan gunung-gunung. (QS 2:22) "Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebaga i atap" Makna: 1. Litosfer --> suatu hamparan --> relatif tidak tebal 2. Bagian yang terhampar --> relatif lebih tipis daripada bagian dalam bumi 3. Hamparan --> melindungi manusia dari bahaya yang ada dari dalam bumi (QS 16:15) "Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak gonc ang bersama kamu (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu m endapat petunjuk" Isyarat: 1. Benua di bumi --> diciptakan di zaman purba 2. Gerakan terus menerus di antara benua-benua --> pembentukan gunung-gunung 3. Gunung --> efek menurun (sucking effect) --> distabilkan dengan turun ke atmo sfir. Akibat tektonik sejagat --> pertumbuhan gunung --> menimbulkan rasa takut --> b encana Gunung Merapi (Kerajaan Mataram) dan Gunung Kelud (Kerajaan Majapahit) Gunung: 1. Tiang pasak yang menahan bumi ke bawah sebagai pengkokohan 2. Besar dan berat, tidak diam, namun mengikuti gerak bumi. Allah: memberikan banyak hal yg tidak terbatas pada manusia --> suatu nikmat. Manusia: mengambil pelajaran dari segala sesuatu --> agar dapat bertahan hidup d ari apa yg telah diberikan Allah.

Proses pergerakan bumi --> oleh tenaga dalam bumi --> arus konveksi --> timbulny a konvergen dan divergen pada lempeng benua dan lempeng samudra --> membentuk d eretan gunung api / jalur sumber gempa di wilayah batas2 lempeng. Ilustrasi Terusan Panama dan Terusan Suez Ilustrasi tongkat Nabi Musa a.s membelah lautan --> proses glasiasi global --> pencairan laut --> kaum Fir'aun tenggelam Isyarat tentang ilmu kebumian tidak bisa langsung begitu saja ditafsirkan sesuai denga topik-topik tertentu dalam geologi. "Teori Lempeng Tektonik" --> bumi terdiri dari enam lempeng tektonik, yaitu: 1. Lempeng Afrika 2. Lempeng Amerika 3. Lempeng Antartika 4. Lempeng Eurasia 5. Lempeng India Nascis Philipina 6. Lempeng Turki Tebal mencapai 65 km, dan didorong oleh tenaga endogen SEBAGIAN MASALAH AIR Hidrogeologi --> ilmu yang mempelajari tentang air (QS Al-Anbiya 30) "Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwa langit-langit dan bumi itu dahulunya bertautan, lalu kami membelah keduanya dan kami jadiakn setiap sesuatu yang hidup berasal dari Air. Mengapa mereka tidak percaya? Makna: air sebagai komponen penting di dalam kehidupan --> eksploitasi harus dia tur dengan baik. Konsep siklus hidrologi --> oleh Bernard Palisy 1. Air dari bawah tanah berasal dari infiltrasi air hujan. 2. Air berjumlah relatif konstan, namun terus bersirkulasi. Evaporasi --> Kondensasi --> Infiltrasi Keterdapatan sumber air terbagi 2: 1. Air permukaan 2. Air tanah. Al-Qur'an : air setelah sampai tanah akan bergerak. Sains modern : air akan mengalir dari daerah yang mempunyai muka air tanah tingg i menuju daerah denga muka air tanah yagn rendah.