You are on page 1of 3

FAM (FIBROADENOMMA MAMMAE)

June 3, 2013 by Nefa S. Shofiani



FAM adalah suatu tumor yang terdapat pada payudara dengan konsistensi padat, kenyal, dapat
digerakkan dari jaringan sekitarnya, yang mempunyai bentuk bulat atau lonjong, dan berbatas
tegas ( Soelarto , 1!!" # 3"" $.
%ibroadenoma mammae (%&'$, berasal dari fibro ( jaringan ikat dan adonema ( jaringan
kelenjar. )isa tunggal, beberapa atau dalam bentuk kompleks. *mumnya menyerang para remaja
dan +anita dengan usia di ba+ah 30 tahun. &danya fibroadenoma atau yang biasa dikenal
dengan tumor payudara membuat kaum +anita selalu ,emas tentang keadaan pada dirinya.
-erkadang mereka beranggapan bah+a tumor ini adalah sama dengan kanker. .ang perlu
ditekankan adalah ke,il kemungkinan dari fibroadenoma ini untuk menjadi kanker yang ganas.
%ibroadenoma ini dapat kita gerakkan dengan mudah karena pada tumor ini terbentuk kapsul
sehingga dapat mobil, sehingga sering disebut sebagai breast mouse.
'engapa saya menulis tentang %&'/.00 1arena saya adalah salah satu +anita yang memiliki
%&' pada payudara dari sekian banyak +anita (remaja putri$, memang sebagai perempuan,
berbi,ara soal tumor atau kanker sangatlah menjadi momok yang menakutkan. &palagi hal
tersebut berkaitan dengan payudara. Saya menulis tentang ini hanya ingin sekedar berbagi
sekaligus sedikit men,eritakan pengalaman saya ketika dokter mendiagnosis kalau terdapat
tumor 2 benjolan pada payudara kiri saya. 'emang tidak seorang perempuan pun yang ingin
menderita tumor atau kanker payudara, tapi tidak ada salahnya jika kita sedikit membuka mata
dan telinga hanya sekedar mengetahui atau mendengar seperti apa itu 3tumor payudara4.
'engingat 5aman sekarang sudah banyak penyakit yang aneh6aneh. .uk disimak (hehe/$
7engalaman saya, a+al merasakan terdapat benjolan di payudara ketika sedang menstruasi kala
itu saya sedang tidur terlentang dan tiiba6tiba saya mendapat gerakan untuk S&8&9. &pa itu
S&8&9..00 S&8&9 adalah perikS& payu8&ra sendi9. -erkejut memang ketika saya periksa
adanya perbedaan antara payudara kiri dan payudara kanan, perbedaannya adalah sekitar :,m
diatas puting payudara kiri terdapat benjolan. Nah, itulah kenapa 7erempuan harus, kudu, +ajib
hukumnya buat S&8&9. 1arena kita harus selalu +aspada terhadap setiap perubahan atau
pertumbuhan tidak normal pada tubuh kita, dalam hal ini payudara. 'isalnya (amit6amit,,,$ pada
saat kita periksa, ada benjolan di payudara kita jangan panik, pada dasarnya setiap payudara itu
mempunyai benjolan, benjolan itu normal dan terjadi karena siklus hormon. ;leh karena itu
tidak semua benjolan di payudara itu termasuk %&' (tumor jinak$, yang menjadi ke+aspadaan
adalah ketika kita periksa (misalnya saat mens$ terdapat benjolan yang tidak normal atau
benjolan tersebut tidak hilang saat siklus mens berakhir, +aktu demi +aktu semakin membesar,
benjolan tersebut perlu di+aspadai dan tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter.
7ada bulan oktober lalu saya men,oba memberanikan diri periksa ke dokter (selain desakan sang
suami saya juga merasa takut karena sebelumnya memang benjolan tersebut semakin membesar
hari demi hari apalagi semakin dibiarkan semakin sering terasa sakit$. &+alnya saya pergi ke S
umum dan langsung ditujukan ke bagian bedah umum, (dokter perempuan$ lalu saya di periksa
dan dokter mendiagnosis saya menderita tumor dan disarankan untuk menjalani operasi.
-erkejut, kaget, takut, sedih itulah perasaan saya, apalagi saya bisa dibilang 3ne+ly+ed4 saya
takut berpengaruh terhadap kehamilan saya kelak. &palagi dokter belum memastikan tumor
tersebut jinak atau ganas.
8okter # benjolan yang terdapat dipayudara mbak itu tumor, tapi biasanya sih tumor
jinak. 9ni harus di operasi.
Saya # operasi dok0 &pa tidak ada obat lain misalnya selain opeasi0
8okter # jalan yang terbaik satu6satunya adalah operasi.
Saya # baiklah dok saya akan rundingan dulu dengan suami dan keluarga saya.
1emudian saya rundingan dengan suami dan keluarga mereka sepakat agar saya segera
dioperasi, saya diba+a ke S pilihan suami, saya sih nurut6nurut aja karena pada +aktu itu saya
merasa pasrah apa yang akan diilakukan dokter terhadap saya karena keinginnan sembuh yang
begitu besar. asa takut sebelum operasi itu +ajar, &palagi operasi payudara, karena payudara
merupakan salah satu organ yang penting untuk perempuan (menurut saya$.
;7<&S9
7ada tanggal 22 januari 2013 alhamdulillah saya menjalani operasi dengan lan,ar. Saya masuk
S hari senin untuk di *S= dan diambil darah lalu saya disuruh pulang untu kembali lagi hari
selasa (besoknya$ karena pada +aktu itu saya mengambil penanganan yang kilat. >ari selasa
mulai dari pukul 0".00 pagi saya puasa hingga pukul 12.00 siang, masuk ruang operasi pada
pukul 12.00, lalu saya diberikan obat ,u,i perut dan langsung diinfus. &pakah operasinya sakit 0
ja+abannya -98&1. 1arena saya dibius total, dan dibiusnya pun tidak terasa sakit karena obat
bius tersebut disuntikan ke selang infus. -iba6tiba saya tidak sadar (seperti tidur$ dan sadarkan
diri ketika sudah berada di ruang pemulihan, memang a+alnya sadar seluruh badan menggigil,
katanya sih efek dari obat biusnya belum hilang. 'asih terasa pusing sekali tapi kata dokter lebih
baik duduk supaya ,epat pulih, satu atau dua jam kemudian (kalo gak salah saya lupa$ infusan
di,abut, ternyata reaksi terhadap tubuh saya sangat lemah hingga pada saat di,abut semua bagian
tubuh saya kram dan sesak nafas, dokter memnyuntikan obat penenang dan saya kembali di
infus, di oksigen.(yyah gak jadi pulang deh/$ . tapi tidak usah takut apa yang saya alami tidak
semua mengalaminya juga (reaksi setelah operasi$ ada yang sudah operasi bisa langsung pulang
ada juga yang masih butuh pengobatan berlanjut, dan saya termasuk pasien setelah operasi butuh
pengobatan berlanjut karena saya sering muntah6muntah. &khirnya saya jadi ra+at inap sehari
semalam, hari rabu sorenya saya diperbolehkan pulang.
Apakah FAM dapat berubah menjadi Kanker Payudara ?
Ja+abannya -98&1. %&' tidak dapat berubah menjadi kanker payudara. -api kanker
payudara bisa mun,ul di tempat yang dulunya terdapat %&', hanya kebetulan saja tumbuh di
tempat yang sama.
Apakah operasi pengangkatan FAM operable ?
8alam kasus %&', operasi adalah suatu ,ara untuk menguatkan diagnosa. Sebelum operasi dan
dilakukan uji patology anatomi, diagnosa nya adalah suspek (,uriga$ %&', lalu setelah di operasi
dan di lakukan uji patology anatomi barulah diketahui benjolan tersebut adalah benar %&' atau
penyakit lain (amit6amit misalnya kanker payudara$. 1alau menurut saya operasi pengangkatan
tumor ini sangat operable. Jika setelah dilakukan uji patology anatomi ternyata hasilnya jinak
dan benar %&', maka kita patut bersyukur. -api bila hasilnya menandakan keganasan (amit6
amit$ kanker payudara setidaknya kita tahu lebih a+al dan bisa melakukan pengobatan
berikutnya. 1arena kanker payudara terkenal penyebarannya yang tergolong ,epat.
&khir dari saya, jangan takut memeriksakan diri ke dokter jika ada keanehan dalam tubuh kita
atau kelainan yang dirasakan dari biasanya, karena akan lebih baik jika tahu segala sesuatu itu
lebih a+al. Jangan takut melakukan operasi %&', jangan takut dengan bekas luka operasi,
karena di5aman yang ,anggih ini bekas luka operasi bisa tertangani. Semoga pengalaman saya
menjadi ,erminan bagi setiap +anita dan bermanfaat tentunya.