You are on page 1of 16

VINCENZA E-MAGAZINE

Edisi I / Februari 2015

...Bapak guru yang akrab dipanggil dengan


sebutan pak Ono atau Mr.Ono ini Tegas-nya
engga ada duanya deh..

Ausi Syazana adalah salah satu murid berprestasi yang bersekolah di SMP Negeri 6
Batam

Pramuka di SMP Negeri 6 Batam adalah salah


satu organisasi pramuka terbaik se kota Batam

...Edisi majalah kali ini akan membahas tentang


perjalanan PRAMUKA SMPN 6 BATAM di pulau penyengat..

DAFTAR ISI
GURU BERPRESTASI

MURID BERPRESTASI

KEGIATAN ACARA SMPN 6




PRAMUKA

STUDY TOUR

... . . . 10

CERBUNG

KAMU AKU SATU 13

CERPEN

AKU PASTI BISA ...

14

PENUTUP

Junior High School 6 E- Magazine

LOMBA RANGKING 1 ?

iapa tak kenal guru-guru tegas di masing-masing sekolah? Justru guru tegas
tersebutlah yang banyak dikenal oleh
murid-muridnya meskipun salah diartikan.
Bukankah begitu? Bapak Sarwono contohnya.
Bapak guru yang akrab dipanggil dengan sebutan Pak Ono atau Mr.Ono ini tegas-nya engga
ada duanya deh dan terlebih lagi sangat teramat memperhatikan kedisiplinan muridnya.

Waaah tanpa persiapan bisa mengalahkan


guru-guru lain? Guru yang mengajar dibidang
matematika ini patut diacungkan jempol
deeeh.

Guys demikianlah hasil perbincangan


team kami bersama Pak Sarwono. Beliau sudah membuktikan bahwa beliau tidak hanya
menguasai bidang matematika saja,bukan?
Eitssss tunggu dulu! Sekarang kita tidak akan Biologi, Fisika, PPKN, dan pelajaran lainnmembahas hal-hal diatas loh guys. Tapi kita ya-pun dibablaaas habis oleh beliau saat lomakan membahas tentang kemenangan beli- ba tersebut. Selamat atas kemenangannya Pak.
au pada lomba rangking satu dalam rangka
HUT PGRI 2014 yang diselenggarakan di untuk anak-anak yang mensupport, ini
SMP tercinta kita tentunya, SMPN6 Batam. memberikan bapak semangat dan membuat
suasana lebih mencekam. Dan untuk yang
Sebenarnya saya merasa terkejut telah berpartisipasi bapak berterima kasih.
dan khawatir saat menjawab soal, naBpk. Sarwono
mun saya yakin dan merasa kaget ketika mendapat peringkat di Ranking 1.
Begitu ujar beliau saat ditanyai bagaimana
perasaannya saat mendapat juara di lomba
tersebut. Waaaah,ternyata guru juga khawatir ya saat menjawab soal kaya kita-kita waktu ngerjain ujian hehe. Lantas bagaimana
menurut Pak Ono tentang penyelenggaraan
kegiatan tersebut ya? Setelah diajukan pertanyaan tersebut beliau dengan senang menjawab.
Bagus sekali. Mendukung pengetahuan
dan harus ditingkatkan. Dan terutama untuk
OSIS, ini kegiatan yang sangat menarik dan
sinkron dengan apa yang dipelajari.
Beliau juga mengatakan bahwa soal-soal yang
diajukan juga luar biasa! Hingga membuat
para guru berpikir kritis. Sebagai pemenang
Mr.Ono mengaku bahwa ia tidak mempersiapkan apapun untuk perlombaan tersebut.

Junior High School 6 E- Magazine

Oleh : Sadira

MURID BERPRESTASI
I. AUSI SYAZANA MANURUNG

Profil :
Nama

: Ausi Syazana

Tgl Lahir

: 31 Januari 2000

Hobi

: Bermain Piano

Cita-cita

: Guru / Dokter gigi

Ausi Syazana adalah salah satu murid berprestasi yang bersekolah di


SMP Negeri 6 Batam. Ausi telah mengikuti beberapa event event atau
olimpiade serta cerdas cermat seperti EESP Batam pada tahun 2013 di
wilayah Sumatera dan mendapat juara II. Tidak hanya itu prestasinya,
Ia juga sering masuk kedalam ranking 3 besar di sekolah nya. Bahkan
ranking terendah yang pernah ia dapatkan masih masuk kedalam 3 besar.
Menurutnya untuk menjadi murid yang berprestasi tidaklah mudah, harus belajar dengan giat, tekun, dan juga harus bisa mengatur
waktu untuk belajar, hari libur pun Ia juga meluangkan waktu sekitar 30 menit sampai 1 jam untuk belajar, karena dengan cara demikian Ia dapat membiasakan diri untuk belajar. Ia pun juga berkata bahwa cara belajar seseorang tidaklah sama, ada yang belajar dengan cara
berbicara, mendengarkan guru, dan ada juga yang dengan melihat video video pembelajaran. Ia mengatakan agar menjadi murid berprestasi, luangkan waktu beberapa menit untuk membaca buku pelajaran.

Junior High School 6 E- Magazine

II. Hillary Sekarningrum Ompusunggu


Profil :
Nama

: Hillary Sekarningrum Ompusunggu

Tgl Lahir

: 13 Mei 2000

Hobi

Cita-cita

: Membaca buku dan Membuat


kerajinan tangan
: Arsitektur/Designer

Hillary yang lahir pada tanggal 31 Mei tahun 2000 adalah salah satu siswa SMP N 6 Batam
yang berprestasi. Ia mengikuti Kuis Kihajar tingkat Provinsi Kepulauan Riau pada tahun 2013
dan mendapat juara I , Ia juga menjuarai OSN IPS tahun 2014 tingkat Kota Batam. Tidak hanya
diluar saja, Ia juga menjadi Juara II umum SMPN 6 tahun ajaran 2013/2014.
Sebelum belajar Ia selalu berdoa agar ilmu yang dipelajari tidak sia-sia. Hillary belajar dengan
metode santai,tidak ditekankan untuk terlalu serius, dan Ia juga senang membaca buku apapun, baik itu buku pengetahuan maupun buku-buku yang lain.
Ia mempunyai tips tips yang ampuh untuk menjadi murid berprestasi, diantaranya sebelum
belajar selalu berdoa, biasakan membaca buku, dan jangan mengandalkan teman.

III. DEVINA JUMARA


Profil :
Nama

: Devina Jumara

Tgl Lahir

: 17 Desember 1999

Hobi

: Membaca buku

Cita-cita

: Dokter

Devina Jumara adalah seorang pelajar yang berprestasi, Ia bersekolah di SMPN 6 Batam. Pelajar yang lahir pada tanggal 17 Desember 1999 ini pernah menjadi Duta Rumah Belajar tahun
2013 di tingkat Nasional. Ia juga mengikuti lomba MGMP Matematika tahun 2014 dan mendapat
juara harapan ke II. Bahkan Ia sudah beberapa kali menjadi juara umum di SMP Negeri 6 Batam.
Devina mengatakan, bahwa Ia medapatkan prestasi itu dengan usaha usaha yang tidak mudah, sebelum belajar Ia selalu berdoa, belajar dengan santai tetapi tetap fokus,
dan Ia juga mencatat rangkuman rangkuman pelajarannya dengan kemauan nya sendiri.
Ia juga mempunyai tips tips untuk kita agar menjadi seperti dia, diantaranya banyak berdoa, membaca buku pengetahuan diwaktu luang, mencatat hal hal yang penting dalam belajar/membuat
rangkuman sendiri, dan selama belajar usahakan tetap fokus.

Junior High School 6 E- Magazine

IV. Fatahillah Aslam

Profil :
Nama

: Fatahillah Aslam

Tgl Lahir

: 24 Juni 2000

Hobi : Renang
Cita-cita

: TNI AL

Fatahillah Aslam atau yang sering dipanggil Fafa, adalah seorang atlet renang yang bersekolah di SMP Negeri 6 Batam. Fafa mulai berenang saat
berumur 3 tahun dikarenakan Ia mempunyai penyakit asma dan sekaligus ia suka bermain air sewaktu kecil. Karena terbiasa melakukan renang saat masih kecil, Ia pun sekarang menjadi perenang yang handal.
Fafa mempunyai idola renang, yaitu Michael Phelps yang berasal dari
Amerika, Ia mengidolakan sosok Michael karena bukan hanya stamina
yang kuat dan badan yang bagus, Michael juga pemecah rekor waktu renang
tercepat. Fafa menguasai gaya dada dan gaya kupu kupu dalam renang. Ia
juga telah menjuarai berbagai event renang, diantaranya menjadi juara 1
renang tingkat Kota Batam dan juara 2 tingkat Provinsi Kepulauan Riau.
Sebagai perenang Fafa selalu menjaga kesehatan nya, Ia juga mengurangi
makanan yang berminyak dan bersambal. Biasanya Fafa berlatih renang 4
kali seminggu sampai 5 kali seminggu.
Ia mengatakan kesan nya selama menjadi perenang yang diikut sertakan
dalam beberapa event renang. Dapat bertemu dengan banyak perenang
yang memiliki berbagai keahlian ujar Fafa.

Junior High School 6 E- Magazine

IV. DEWAN PENGGALANG PRAMUKA 2013-2014


Pramuka di SMP Negeri 6 Batam adalah salah satu organisasi pramuka terbaik se
kota Batam, hal ini sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Pratama dan Pratami
Pramuka SMP Negeri 6 Batam. Berikut keterangannya.

Pratama

M. Arif Hidayatullah

Pratami

Nadhyla Laily Israin

Arif dan Nadhyla adalah pratama dan pratami Pramuka di SMP Negeri 6 Batam.
Menurut mereka Pramuka itu adalah kegiatan seru seruan dan untuk menggali kedisiplinan serta melatih kemandirian. Pramuka juga bisa diterapkan dalam
kehidupan sehari hari.
Pramuka SMP Negeri 6 Batam merupakan salah satu Pramuka terbaik di kota
Batam ujar Arif.
Dan tidak hanya itu saja, Pramuka SMP Negeri 6 Batam telah mengirimkan anggota nya ketingkat nasional bahkan ada yang ketingkat internasional. Prestasi
yang didapatkan pun juga gemilang, juara I dan II pada ajang HUT Gudep SMK
1 Batam, dan saat Kemah Akbar tahun 2014 Pramuka SMPN 6 mendapat juara
I P3K Putra-Putri, Juara I Yel-Yel Putra, Juara III pioneering Putri, dan Juara III
Pembacaan UUD 1945 Kategori Putri.
Arif dan Nadhyla mempunyai pesan untuk Pratama dan Pratami selanjutnya,
yaitu dalam mendidik adik adik harus lebih santai tetapi tetap tegas, lebih sering
mengadakan kegiatan dan jadwal kegiatan harus lah jelas, dan yang terakhir dalam rapat, harus mementingkan kepentingan orang banyak, agar tidak ada terbentuk kubu-kubu.
Oleh : Hafizh & Rifaldo

Junior High School 6 E- Magazine

KEGIATAN SMPN 6
EKSPEDISI PULAU PENYEGAT
SALAM PRAMUKA !!!
Hi guysssss ... apa kabar???? Edisi majalah kali ini akan membahas tentang perjalanan PRAMUKA SMPN 6 BATAM di pulau penyengat. Sebelumnya mari kita ketahui dulu struktur
Dewan Penggalang di SMPN 6 BATAM.Ekspedisi di pulau penyengat ini di laksanakan pada
tanggal 18 Desember 2014. Agenda kegiatan ini adalah serah terima jabatan dewan penggalang baru masa bakti 2014 2015 dan tapak tilas ke tempat-tempat bersejarah yang berada
di pulau penyengat.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari kelas 7, 8,dan 9. Perjalanan di mulai dari
pelabuhan telaga punggur menuju ke Tanjung Pinang, perjalanan ini ditempuh dengan waktu sekitar 45 menit menggunakan kapal fery.

Sesampainya di Tanjung Pinang, perjalanan dilanjutkan dengan menaiki boat pancung


menuju Pulau Penyengat.

Junior High School 6 E- Magazine

Setelah sampai di pulau penyengat kegiatan yang dilakukan di pulau penyengat diawali dengan sholat Dzuhur bersama, di Mesjid Raya Sultan Riau dan dilanjutkan dengan mengunjungi tempat dan makam bersejarah di pulau tersebut. setelah kami mengunjungi tempat
bersejarah yang ada di pulau ini,kami melanjutkan perjalanan ke salah satu rumah warga yang
telah di sediakan untuk tempat beristirahat dan makan siang bersama. Setelah Puas makan
dan beristirahat bersama,kamipun melanjutkan perjalanan ekspedisi kami ke bukit kursi.

Di bukit kursi ini kami bermain, bernyanyi, berfoto-foto seperti layaknya seorang pramuka
dengan wajah yang begitu berseri seri bahagia.

Setelah kami bermain,bernyanyi,dan berfoto foto, kami melanjutkan dengan Upacara Serah
Terima Jabatan ( SERTIJAB ) dari Dewan Penggalang Massa Bakti 2013-2014 kepada Dewan
Penggalang Masa Bakti 2014-2015 di salah satu tempat yang masih berada di bukit kursi.
Setelah melaksanakan upacara Sertijab,kami kembali ke masjid Raja Ali Haji untuk melaksanakan sholat ashar bersama, setelah sholat ashar kami kembali ke pelabuhan penyebrangan
untuk menyebrang ke tg pinang,sesampainya di tg pinang kami segera menaiki kapal ferry
untuk kembali pulang ke batam.. SAYONARA!!!!

Oleh : Saddam & Sahrul

Junior High School 6 E- Magazine

BANDUNG TOUR

Study Tour , kegiatan pada akhir semester kali ini. Bandung yang menjadi kota tujuan sudah membuat
siswa SMPN6 tak sabar untuk berangkat dan menikmati keindahan kota kembang tersebut. 14 Desember 2014
menjadi hari keberangkatan para anggota tour. Bagaimana keseruan mereka? Kita akan membahasnya kali ini
guys

Pagi-pagi, kami sudah berkumpul di Bandara Hang Nadim. Lalu kami check-in dan menuju ruang
tunggu. Pesawat mulai take off jam 8.30 pagi dengan menggunakan pesawat Citilink. Setelah menempuh perjalanan dengan waktu sekitar setengah jam akhirnya kami sampai di bandara Soekarno Hatta. Mengambil
barang-barang kami bawa dan segera kebus yang akan membawa kami menikmati perjalanan tour.

Eitss kami memiliki tour guide juga loh.. Kak Rinto namanya. Tour guide-nya para anggota Tour Putri
hehe.. Setelah berkenalan dan mendapat pengarahan dari kak Rinto,kami pun berangkat menuju restoran
untuk memanjakan lidah serta perut kami dengan kuliner-kuliner di Jakarta. Dan kami juga tak lupa melaksanakan ibadah sholat setelahnya
Tour Sebenarnya DIMULAI!!!

Day 1
Kebun Raya Bogor
Di dalam perjalanan, Tour Guide
kami menceritakan tentang kota
Jakarta, lalu kami sampai di area
Kebun Raya Bogor. Sebelum masuk ke Kebun Raya Bogor, kami
melewati istana bogor yang megah
dan luas. Dari luar, terlihat gedung
berwarna putih yang terlihat elegan dan klasik.

mai jenisnya. Tumbuh tumbuhan dan syal. Lalu kami pun memulai
disana ada banyak sekali. Disana, perjalanan menuju Kebun teh
Ada Tugu Peringatan Reinwardt di
depan kolam, di seberangnya ter- Kebun Teh
dapat Istana Bogor.

Puncak

Sesampainya disana, hawa sejuk


pun dapat dirasakan. Pohon yang
tinggi dan pepohonan teh yang
pendek disana menambah kealamiannya. Nama Perkebunan teh
tersebut adalah Perkebunan Teh
Gunung Mas.

Setelah dari Kebun Raya Bogor,


sekitar jam 6 kami pun menuju
puncak. Jam 6? Ya,kami harus cepat karena jalan menuju puncak
ditutup sampai jam 6 ketika weekend. Karena, banyak pengunjung Disana, terdapat Tea Gallery. Di
dan orang dari Jakarta yang mau dalamnya, ada Tour Guide dari
Tamannya yang luas ditumbuhi
pulang dari puncak saat minggu.
kebun teh ini untuk menjelaskan
pohon pohon tua, yang terlihat
tentang bagaimana tentang kedari batang pohonnya yang besar
Makanya, jalan dijadikan jalan ke- bun teh ini, prosesnya, dan masih
dan ditinggali oleh banyak rusa
luar dari puncak. Daerah Puncak banyak lagi.
yang sedang memakan rumput di
yang tinggi, membuat hawa disataman tersebut.
na dingin. Di kamar hotel saja ti- Tour guidenya menjelaskan kalau
dak ada AC loh.. karena memang teh yang diambil hanya daun
Awalnya, rusa itu hanya dibawa
udaranya sudah dingin. Kami pun muda / pucuk saja loh.. Seperti
sepasang. Sekarang sudah beranak
bermalam disana.
iklan yang pucuk! Pucuk! oleh
pinak disana. Sesampainya disaulat itu eeittss tapi disini tidak
na, kami membeli tiket dan masuk
ada ulat yang berbicara ya guys..
menuju kebun raya bogor. Saat sukenapa yang di ambil pucuknya
dah di dalam, terlihat peta wilayah
saja? karena,di dalam pucuk terKebun Raya Bogor di depan kami.
Pagi
pagi,
jam
5,
sudah
ada
dapat kandungan protein itu lebih
Kami pun foto bersama sebentar
morning
call
nya.
Agar
semuanya
banyak.
lalu dilanjutkan dengan berjalan
bangun
dan
bersiap
siap.
Lalu,
mengitari Kebun Raya Bogor.
jam 6 sudah mulai sarapan. Di
Jadi ada ketentuan tersendiri yang
depan
hotel,
ada
beberapa
pedaharus kita lihat. Ada ketentuan
Di sana, kalian dapat melihat tumgang
yang
menjual
tas,
topi,
kaos,
tersendiri oleh si pemetik.
buh tumbuhan yang telah dina

Day 2

Junior High School 6 E- Magazine

10

Ia tidak boleh mengambil pucuk


tua. Jikapun diolah, pucuknya tidak akan menjadi teh. Malah menjadi sampah. Tapi kalau dari daun
muda, 4 3 daun muda itu bisa
dijadikan teh dengan kualitas terbaik.
Dengan kandungan anti oksidan
dan kandungan polyphenolnya
yang masih tinggi. Kalau daun
muda itu ditinggalkan, nanti akan
menjadi daun indung. Dia menjadi
motherleaf. Jadi dia sebagai daun
tua, dia meresap makanan dari
akar.
Setelah dia kenyang, dia salurkan
ke pucuk. Lalu dia akan gugur.
Jatuh dan menjadi pupuk organik
nya sendiri. Jadi setelah daun induk atau motherleaf nya terpenuhi
makanannya, ia akan memberikan
pasokan makanan ke pucuk terbaru kemudian setelah pucuk terbaru terpenuhi, yang motherleaf nya
akan gugur.
Maksimal tanaman teh untuk produktifitas tinggi terbaik itu 50 tahun. Setelah itu dicabut. Tapi ada
tumbuhan yang 70 tahun 80 tahun masih produktifitasnya tinggi, masih dipertahankan. Karena
kalau sekarang pembibitan itu dengan stek daun. Daun indung itu
di stek ke dalam polybag, 9 bulan
akan tumbuh tunas baru.
Kalo dulu, Zaman Belanda, mereka menggunakan biji. Karena tanaman teh itu berbuah. Sebenarnya,
antara daun dengan buah, lebih
bagusan buah. Buah itu lebih kuat
dan lebih rentan dengan serangan
penyakit , produktifitasnya lebih
tinggi. Cuman dari waktu pemeliharaannya yang lama. Memakan
waktu sekitar 2 tahun.
Kalau dengan daun itu 9 bulan sudah siap ditanam. Dengan daun
itu menggunakan kultur jaringan.

11

Kalau dengan biji, kultur jaringannya itu dengan klon, atau seeding.
Disana juga ada persemaian. Kalau
ada rencana tahun depan new replanting, tahun ini maka sudah harus siap siap menyemaikan.
Sariwangi produk teh nya dari
sini. Jadi mereka membeli per sack
nya. Ada juga 80% yang di ekspor
ke Sariwangi , ke Lipton yang merupakan pembeli terbesar, terus
ada Pickwick untuk Belanda, Teh
Goapara, Sedap Sari, itu mereka tidak punya perkebunan. Dia membeli bahan aja. Nanti mereka akan
kemas sendiri.

dari luar, Taman safari yang ini,


kita yang masuk ke dalam tempat
area hewan hewan tersebut dengan pembatas yang tidak begitu
kentara. Jadi kita tinggal masuk de
ngan menggunakan mobil, ataupun bus.
Beberapa hewan pun dibiarkan
berkeliaran di jalanan. Seperti Sapi
Gunung, Zebra, Illama, dan masih
ada yang lainnya. Selama di rute itu,
kita boleh memberinya makanan
seperti wortel, yang telah dibeli
sendiri, kepada hewan hewan yang
diperbolehkan untuk diberi makan
seperti zebra, Illama, sapi gunung,
dan masih banyak lagi.

Pengeksporan terbesar itu ke UK,


United Kingdom atau Inggris, Ero- Ada juga tempat khusus hewan liar
seperti Harimau. Disana terdapat
pa dan timur tengah.
berbagai macam hewan. Seperti
Sekarang produktifitas PTPN 8 Rusa, Tapir, Hariau, Orang Utan, Ilmemang menurun. Tetapi perke- lama, Zebra, Badak, Banteng, Kuda
bunan teh di dunia itu bukan han- Nil, Jerapah, Kambing Gunung,
ya di Indonesia. Kita juga bersaing Buaya, Harimau Putih, Beruang,
dengan Sri Lanka, dan India. Un- Unta, Sapi Gunung, Gajah, Unta
tuk memperebutkan pasar dunia. Putih Punuk Dua, Burung Merak,
Tapi tetap untuk kapasitas PTPN Sitatunga, Burung Hantu, Linsang,
VIII, kita mengekspor 80% . Den- Anoa, Bison Eropa, Babi Rusa,
gan pembeli pembeli yang sudah Singa, Jaguar, Harimau Sumatra,
biasa. Yaitu dari Sariwangi, Lipton. Kanguru, Ular, Burung Unta, dan
Makanya Lipton membeli bahan masih banyak lagi.
baku dari kita jelas Tour guide
Setelah melewati Rute Kebun Bitersebut (5. 18)
natang tersebut, kami pun menuju
Baby Zoo. Disana, ada anak Orang
Taman Safari
utan, harimau, ular, dan unta.
Setelah dari Kebun Teh Gunung Kita bisa berfoto bareng dengan
Mas, perjalanan dilanjutkan menu- salah satu hewan tersebut dengan
ju Taman Safari. Sebelum mema- membayar tiket lalu berfoto de
suki area Taman Safari, banyak pe ngan mereka. Lalu disana juga ada
dagang yang menjual wortel wortel berbagai jenis wahana disana yang
disana. Ketika sampai disana, Tour dapat dinaiki secara gratis.
Guide membeli tiket masuk.
Setelah perjalanan dari Taman SaLalu memberikan kami semacam fari, perjalanan dilanjutkan menukertas yang akan di taruh di perge- ju restaurant untuk makan siang
langan tangan seperti gelang dan lalu perjalanan dilanjutkan menusebuah map. Lalu, kami pun ma- ju Bandung melewati jalan tol Passuk ke dalam kebun binatang. Jika teur. Perjalanan ini memakan wakbiasanya hewan yang terkurung tu 4 jam.
di dalam kandang lalu diamati

Junior High School 6 E- Magazine

Sesampainya disana, kami pun


berhenti untuk makan malam.
Setelah itu kami pun menuju hotel
Cihampelas 3 untuk beristirahat

Day 3
Tangkuban Perahu
Pada hari ketiga ini, kami pun
bangun, bersiap siap lalu sarapan. Kemudian berangkat menuju Tangkuban perahu. Sesampai
nya disana, kami pun turun lalu
Tour Guide membeli tiket untuk
berangkat menuju bagian atas
Tangkuban Perahu. Disana, ada
stasiun tempat untuk bus bus pariwisata dan tempat pemberhentian
mobil umum. Mobil-mobil itu
cukup untuk menampung sekitar
10 orang. Orang tinggal membeli
tiket itu dan dapat naik ke dalam
mobil untuk pergi ke bagian atas
tangkuban perahu.
Sesampainya disana, kami pun
berfoto bersama sebentar, lalu
diperbolehkan berkeliling di sekitar sana, Dari sana, terlihatlah
kawah Ratu yang besar di bawah
sana. Bau belerang pun tercium.

Pembuatan Tahu
Setelah dari tangkuban perahu,
perjalanan dilanjutkan menuju
tempat pembuatan tahu. Namanya tahu susu. Maksudnya, artinya
bukan tahu rasa susu ataupun susu
rasa tahu. Tetapi karena tahunya
yang lembut seperti susu.
Sesampainya disana, kami pun
turun dan langsung menuju tempatnya. Di bagian depan toko Tahu
Susu, ada beberapa pohon besar
yang meneduhkan depannya. Di
bagian dahan dahan pohon yang
berada di depan toko itu, terdapat
topi - topi petani warna warni yang
didalamnya ada lampu.
Ketika sudah di dalamnya,nuansa

rumah zaman dulu dengan warna coklat kayu pun tertangkap


mata. Disana dijual tahu goreng,
susu kedelai, yogurt dan kami pun
membeli tahu tersebut. Ternyata,
memang benar kalau tahu susu ini
sangat lembut.

Di sana banyak area permainan


yang menyenangkan, mulai vertigo, hysteria dll. Saat pukul 3 , ada
parade disana, menakjubkan sekali. Setelah dari sana kami kembali
ke hotel untuk beristirahat dan
dinner disana . di malam terakhir
kami ini , ada acara karaoke saat
Cibaduyut
dinner, banyak yang menyumSetelah dari Tahu Susu, perjalanan bangkan suara emasnya. Kami
dilanjutkan ke Cibaduyut. Kami menikmati sekali acara malam ini,
pergi ke bagian pasarnya. Disana, setelah acara selesai , kami balik ke
banyak barang barang dengan har- kamar dan tidur.
ga yang murah dan masih bisa ditawar.

Day 5

Day 4

Hari terakhir ini , morning call


membangunkan kami pukul 6 dan
langsung kami bersiap dan breakITB
fast , setelah breakfast kami pun
bersiap untuk pergi ke bandara
Selama perjalanan menuju kesana,
Soekarno Hatta untuk pulang ke
kami melewati Universitas PajajaBatam, lalu kami check out dan
ran. Sesampainya disana, kami pun
masuk ke bis .
masuk ke dalam area ITB. Disana,
suasananya rindang karena pohon
Perjalanan ke Jakarta memakan
pohon tua yang tinggi meneduhwaktu 4 jam, pertengahan jalan
kan jalan. Di kiri kanannya, ada
kami berhenti sejenak di rest area
jalan khusus untuk pejalan kaki. Di
Tol Cikampek untuk buang air
tumbuhan merambat pun meramkecil dan disana kami menemubati di atas atas jalan tersebut.
kan Toko Kue Amanda, disanalah
terakhir kami membeli oleh-oleh
Kami pun pergi ke bagian lapa
, setelah selesai kami melanjutkan
ngannya. Di seberangnya, terdapat
perjalanan ke Jakarta tepatnya
lapangan basket dan beberapa matanggerang dan langsung menuhasiswa sedang bermain disana.
ju Bandara Soekarno Hatta, kami
Lalu, kami pun balik menuju bus
menunggu di ruang tunggu dan
untuk melanjutkan perjalanan.
pukul 16.30 kami boarding menuju
pesawat dan pukul 16.45 langsung
Primarasa
cus menuju Batam, sekitar pukul
17.30 kami mendarat dengan seSetelah dari ITB, perjalanan dilan- lamat di bandara Hang Nadim
jutkan menuju Toko Kue Primara- Batam, kami mengambil barang,
sa. Kue kuenya terkenal karena berkumpul untuk berdoa dan di
kelezatannya. Disana, kita bisa jemput oleh masing-masing orang
membeli kue untuk dijadikan oleh tua, dan perjalanan tur selesai.
oleh, ataupun untuk di makan di
rumah. Kue yang paling terkenal Nah guys, seru kan tur kami ke
disana adalah kue brownies kukus- berbagai kota . sampai jumpa di
nya yang lembut dan coklatnya berbagai tur lainnyaaa
terasa di lidah.

Trans Studio

Oleh : Hana , Sadira , Audrey


Junior High School 6 E- Magazine

12

KAMU dan AKU SATU


Karya : Thania Wahyudi (7.9)
Disuatu pagi yang cerah,seorang gadis berparas cantik sedang duduk manis menunggu ayahnya mengantar
ia pergi ke sekolah.
Sinka.ayo kita pergi ke sekolah begitulah kata kata yang diucapkan ayahnya.
Baik ayah sahutnya.
Sinka Raisa,begitulah nama dari gadis berparas cantik itu. Selain cantik, Sinka adalah anak yang cerdas dan
juga penyabar. Kejadian 2 tahun lalu, membuat salah satu kakinya pincang dan hal itu membuat ia susah
untuk berjalan. Awalnya Sinka menjadi putus asa karena keterbatasan yang dimilikinya, namun ada satu hal
yang membuatnya menjadi termotivasi dan kembali bangkit menjadi gadis yang ceria dan tak putus asa.
Andryara, itulah orang yang membuatnya termotivasi. Sinka sering memanggil Andryara dengan sebutan
Yara, Yara adalah tetangga Sinka yang mengalami kebutaan sejak berusia 7 tahun. Mereka baru saja mengenal satu sama lain selama 1 tahun, namun mereka sudah seperti mengenal satu sama lain seperti sudah
lama sekali.
Sinka dan Yara biasanya bermain bersama di tamaan saat sore hari. Saat mereka bermain bersama, terkadang
mereka bercerita mengenai kehidupan mereka masing-masing yang membuat mereka lupa akan waktu yang
semakin lama semakin senja.

***

Sore ini, Sinka pulang terlambat karena mengikuti kegiatan ekstrakulikuler karya tulis di sekolahnya. Ia
duduk di depan pagar sambil menunggu ayahnya datang menjemputnya. Zidan, Yanda, dan Daffa yang
sedang berada di dekatnya berniat mengusili Sinka, namun niat mereka terhenti dengan kedatangan Jessica,
sahabat Sinka di sekolah. Apa lagi yang mau kalian lakuin ke Sinka? Sinka gak pernah ganggu kalian tapi
kalian selalu aja ganggu Sinka. Itulah ucapan Jessica kepada Zidan dan kawan-kawannya.
Kami yang gangguin Sinka, kok anda pula yang sibuk! ujar Zidan.
Zidan, Yanda, dan Daffa memang terkenal akibat kelakuan mereka yang menjengkelkan dan mereka kerap
kali dipanggil oleh guru ke kantor akibat kelakuan mereka sendiri. Sebenarnya Daffa adalah anak yang baik
dan pintar, diapun sebenarnya kasihan melihat Sinka terus-menerus digangguin oleh kelakuan Zidan dan
Yanda. Namun ia tidak mampu berbuat apa-apa, karena tanpa mereka berdua Ia hanyalah anak yang culun.
Belum selesai Zidan dan Jessica bertengkar, Sinka sudah dijemput dukuan oleh ayahnya.
Awas aja kamu Jess, habis kamu besok! kata Zidan sambil berteriak kepada Jessica. Jessica tidak menghiraukannya dan jalan menuju rumahnya.
Saat pulang, Sinka segera membersihkan dirinya lalu belajar. Sore harinya, Ia bermain di taman seperi biasanya bersama Yara. Lalu Yara berkata, Sinka,andaikan diriku besok meninggal, apa yang akan kamu lakukan? Pertanyaan itu membuat Sinka terkejut dan menangis(bersambung)

13

Junior High School 6 E- Magazine

AKU PASTI BISA


Karya : Nur Hidayah (8.2)

Pada suatu hari ada seorang anak yang penyakitan ia bernama Raya ,dia adalah siswi kelas 6
SD ,Raya sudah 1 tahun terkena penyakit leukemia dan asma akut , setiap 1 minggu ia bisa
2-4 hari tidak masuk sekolah padahal sudah mau ujian nasional,dia sangat lemah dalam pelajaran karena sakit dan mimisan terus menerus , akhirnya orang tuanya memutuskan untuk
les tambahan dirumahnya.

Setelah saat-saat menjelang ujian nasional kesehatannya semakin baik, ia semakin giat belajar
setiap harinya ditambah dengan bantuan khusus dari gurunya. Raya sangat ingin masuk SMP
unggul dikotanya , apalagi SMP itu sangat dekat dengan rumahnya , setelah selesai ujian dia
sangat cemas apakah nilaiku cukup ya untuk masuk SMP itu? Bagaimana jika nilai ku tidak
cukup? setiap harinya ia selalu memikirkan hal itu ,setelah menerima pengumuman kelulusan 100% ia sangat senang dan bersujud syukur atas hal itu ,tetapi masih cemas akan hasil
nilainya. Setelah itu ia mengetahui nilainya ,ia terkejut melihat nilai matematika 9,5 bahasa
Indonesia 9,5 dan IPA yang hanya 7,25 walaupun kata orang sudah memuaskan tetapi masih
ada nilai IPA yang kurang baginya untuk masuk SMP itu.

Raya sangat bersedih dengan nialinya yang tidak mencukupi persyaratan, ia berkata pada
orang tuanya dengan nada bersedih mama, papa nilai Raya tidak mencukupi untuk masuk
ke SMP itu ,bagaimana jika Raya masuk pesantren di Jawa? orang tua nya pun bertanya
balik apakah tidak ada sekolah lain yang kamu pilih selain pesantren? Raya pun hanya
menggelengkan kepalanya , ia sangat bersedih sampai menangis dan tidak mau makan . dan
akhirnya penyakitnya kambuh lagi , orangtuanya sangat cemas dengan keadaannya sehingga
meminta bantuan kemana saja untuk memasukan Raya ke SMP tersebut. Akhirnya, papanya
berhasil memasukan Raya kesekolah tersebut lewat belakang , raya pun heran melihat hal ini
dan ia pun berterimakasih kepada papanya .

Kondisi Raya semakin memburuk setiap harinya . saat di sekolah Raya mempunyai banyak teman yang sangat pintar dan sehat fisiknya,sehingga ia merasa paling lemah diantara
teman-temannya . saat ia di bawa konsultasi pada dokternya Raya berkata saya memang
terlahir sebagai anak yang lemah,saya yang hanya membebankan orangtua saya ,saya yang
hanya bisa membuat orang disekitaran saya merasa kasihan , benarkan pak dokter?sampai
kapan penyakit ini ada di tubuh saya ? mengapa pak dokter tidak bisa menyembuhkan penyakit saya? dari dulu pak dokter hanya berkata pada pasiennya saya akan berusaha untuk mengobati penyakit kamu, tetapi jika penyakit itu tidak bisa di obati dan pasien meninggal duni
pak dokter hanya mengatakan maaf ibu dan bapak pasien tidak bisa diselamatkan ,kami pun
sudah berusaha semaksimal mungkin?saya capek pak dokter dengatn penyakit ini semua
yang ingin diungkapkan telah diungkapkan Raya kepada pak dokternya

Pak dokterpun membalas senyuman kepada Raya dan berkata Kamu jangan berputus asa
,masa depanmu pun masih panjang,masih bnyak hari hari bahagia yang kamu bisa lakukan
nak,kejarlah cita-citamu dan janganlah menyerah,jadilah kamu anak yang kuat
Junior High School 6 E- Magazine

14

Keesokan harinya Raya bermimpi bahwa ia sudah sembuh dan ia berprestasi disekolah unggulannya, saat bangun tidur ia berfikir apa maksud dari mimpi tersebut apa makna dari
mimpi tadi malam ya?apakah benar dengan kenyataan ?tetapi mengapa saya masih lemas?mungkin mimpi tadi malam hanya sebuh mimpi yang tak akan menjadi kenyataan?apakah
saya harus berusaha dan bersemangat dengan maksimal seperti kata pak dokter? dan akhirnya Raya memilih untuk berusaha dan bersemangat untuk menuju kesembuhan & meraih
impiannya menjadi juara di sekolah unggulan dia beranggapan jika belum dicoba belum tau
hasilnya

Dengan perlahan kondisinya semakin membaik dan menjadi sembuh ,ia pun semakin giat
dan tak pernah berhenti belajar untuk menjadi juara dan membanggakan orang tuanya aku
pasti bisa ,setelah beberapa bulan kemudian Raya mengikuti ujian semester dan ia menjadi juara di sekolahnya,Raya sangat bersyukur atas karunia Tuhan Yang Maha Esa dia dapat
melewati penyakit yang sangat berbahaya, melewati cobaan-cobaan hidupnya ,dan dan menjadikan ia sebagai anak yang berprestasi. Dan tak lupa Raya berterimakasih kepada pak dokter atas saran dan nasehatnya ,karena saran dan nasehatnya lah ia menjadi sukses melewati
semua hal,

Dalam cerpen ini kita dapat mengambil hikmah bahwa hidup kita jangan terbebani dengan
sikap psimis ,tapi jalani dengan optimis pasti bisa ,semua yang kita lakukan dengan usaha
yang tulus pasti akan menimbulkan hasil yang terbaik, kehidupan dan kematian hanya bergantung kepada Tuhan , tak satupun yang mengetahuinya. Belum mencoba pasti belum tau
hasilnya, semangat!

15

Junior High School 6 E- Magazine

INFO
Buat teman teman yang memiliki bakat yang mau dipublikasikan di
E-MAGAZINE ini bisa menghubungi tim redaksi kami, karena di edisi
selanjutnya ada rubrik Thousand good ways for TENAR yang isinya
bakat bakat generasi muda Indonesia yang belum dipublikasikan atau
bakat terpendam gituuu :D, kalau ada juga yang mau ngirim cerbung
atau cerpennya bisa menghubungi tim redaksi kami.
Jika ada teman teman yang ingin bergabung di TIM E-MAGAZINE
SMPN 6 bisa menghubungi ketos SMPN 6 Ausi Syazana atau tim redaksi
kami yaa, ada tim jurnalistik, editor, artistik, programmer dsb.
PENDESAIN:

Miftakhul Izah Mubarok

TIM REDAKSI:

o
o

Hannisa Tahta
Pin : 7D670D21
No Telp : 081273000227

Rena Ayu Salshabila


Pin : 527F5C31

Ausi Syazana
o Pin :7E9E4AA8
o No Telp :082169979655
Demikian akhir dari E-MAGAZINE SMPN 6 BATAM edisi Februari
sampai bertemu di redaksi selanjutnya ya !!!

Junior High School 6 E- Magazine

16