You are on page 1of 7

TOSHIBHA

Tugas

Nama

:Kevin Antonius

Npm

: 140210009

TOSHIBA

   

Soal 1. Sejarah pascal

Sejarah Perkembangan Pascal

Pascal berkembang dari pencarian suatu bahasa pemrograman yang bersifat lengkap, namun sederhana untuk dipelajari dan mudah diimplementasikan pada komputer. Sifat-sifat Pascal mencerminkan aspirasi-aspirasi tersebut. Dalam peninjauan kembali sejarah bahasa pemrograman, kita dapatkan bahwa salah satu bahasa terdini yang didefinisikan adalah FORTRAN (FORmula TRANslator). FORTRAN merupakan salah satu bahasa yang paling sering dipakai di beberapa perhitungan ilmiah pada masa itu. Karena merupakan bahasa pemrograman dini, FORTRAN telah dianggap menjadi sekumpulan “kemudahan” yang bermanfaat namun rumit untuk dipelajari atau digunakan pada komputer.

Suatu usaha telah dilakukan untuk mendefinisikan bahasa sederhana yang secara langsung diilhami oleh FORTRAN, yang mudah dipelajari namun juga mudah dilaksanakan secara interaktif. Hasilnya adalah BASIC (Beginner’s All-Purpose Symbolic Instruction Code). Bahasa BASIC mudah diimplementasikan pada komputer dan membutuhkan sedikit memori. Karena kedua keunggulan ini (mudah dipelajari dan diimplementasikan), BASIC telah menjadi bahasa mikrokomputer yang terluas pemakaiannya. Namun demikian, banyak keterbatasan akibat aturan penggunaan atau sintaks-nya dan seringkali tidak memadai untuk menuliskan program yang kompleks.

Bahasa lainnya, ALGOL (ALGOrithmic Language) yang dihasilkan dari usaha untuk mendefinisikan bahasa komputer yang lain dan FORTRAN, yang bersifat taat asas serta sangat sesuai dengan algoritma yang kompleks. ALGOL memperoleh popularitas di kalangan pendidikan namun tidak pernah dipakai secara luas di kalangan industri. Meskipun bahasa ALGOL menyediakan alat unggul untuk menggambarkan algoritma, ia agak rumit dipelajari dan sukar diimplementasikan pada komputer.

Pascal diilhami oleh ALGOL dan PL/I, dan merepresentasikan usaha pendefinisian bahasa pemrograman yang sederhana dipelajarinya namun sangat sesuai untuk pencirian algoritma serta pendefinisian struktur datanya. Pascal diciptakan oleh Professor Niklaus Wirth dari ETH Technical Institute of Zurich (Switzerland) pada 1970-1971 (sekembalinya dari Stanford University). Nama Pascal diambil sebagai penghargaan terhadap Blaise Pascal, seorang matematikawan Perancis yang pada usia 18 tahun (1690) menemukan mesin hitung mekanik pertama.

Niklaus Wirth memperkenalkan kompiler bahasa Pascal pertama kali untuk komputer CDC 6000 (Cntrol Data Corporation) yang dipublikasikan pada tahun 1971 dengan tujuan untuk membantu mengajar program komputer secara sistematis, khususnya untuk memperkenalkan pemrograman yang terstruktur (structured programming). Jadi Pascal adalah bahasa yang ditujukan untuk membuat program terstruktur.

Dalam waktu singkat, Pascal telah menjadi bahasa yang populer di kalangan pelajar universitas dan merupakan bahasa yang diajarkan di beberapa perguruan tinggi. Beberapa profesional komputer juga mulai beralih ke bahasa Pascal. Kenyataannya, Pascal merupakan bahasa yang paling cepat populer dibandingkan dengan bahasa- bahasa komputer tingkat tinggi yang lainnya.

Standar Pascal adalah bahaa Pascal yang didefinisikan oleh K. Jensen dan Niklaus Wirth. Penerapan nyata dari standar Pascal banyak yang berbeda seperti apa yang telah didefinisikan oleh K. Jensen dan Nikolas Wirth. Standar Pascal di Eropa didefinisikan oleh ISO (International Standards Organization) dan di Amerika oleh kerjasama antara ANSI (American National Standard Institute) dengan IEEE (Institute of Electrical and Electronic Engineers).

Beberapa versi dari Pascal telah beredar di pasaran, diantaranya UCSD Pascal (University of California at San Diego Pascal), MS-Pascal (Microsoft Pascal), Apple Pascal, Turbo Pascal dan lain sebagainya. Sampai saat ini untuk komputer mikro dan personal, Turbo Pascal merupakan versi bahasa Pascal yang paling populer dan

banyak digunakan. Kompiler Turbo Pascal banyak digemari, karena selain bahasanya relatif sederhana dan logis pertaliannya, Pascal juga bersifat interaktif seperti layaknya interpreter (penerjemah) saja.

Selain itu Turbo Pascal juga mengikuti definisi dari standar Pascal seperti yang didefinisikan oleh K. Jansen dan Niklaus Wirth di Pascal User Manual dan Report. Turbo Pascal adalah copyright oleh BORLAND International Inc. dan dapat digunakan pada berbagai sistem operasi yang ada saat ini

Soal 2. Sebutkan dan jelaskan secara rinci dekralasi dekralasi dalam pascal

variabel atau peubah adalah suatu alamat memori yang digunakan untuk menampung data atau jika ibaratkan variabel itu seperti halnya dengan tempat/wadah, contoh gelas. gelas adalah variabelnya dan air adalah datanya dengan jenis data zat cair. Nah…untuk pemberian nama peubah itu adalah bebas tetapi harus sesuai dengan ketentuan pemberian nama identifier (pada postingan sebelumnya). pengenalan variabel dalam bahasa pemrograman pascal diletakkan pada awal program, adapun ketentuan cara pengenalannya adalah sebagai berikut :

Bagian deklarasi perubah diawali dengan kata baku Var yang berarti variable atau perubah. Bentuk umum deklarasi perubah adalah :

Var daftar_pengenal : tipe data;

Contoh

:

Untuk mendefinisikan perubah A,B,C dan D sebagai perubah dengan tipe data real; X,Y dan Z dengan tipe data integer; dan P dan Q dengan tipe data Boolean dapat ditulis sebagai berikut :

Var A,B,C,D : real; X,Y,Z : integer; P,Q :Boolean; Yang perlu kita ingat dalam deklarasi variable adalah :

  • 1. Var harus muncul dalam bagian deklarasi.

  • 2. Var harus dituliskan setelah definisi type ( jika ada) dan sebelum deklarasi procedure atau function (jika ada).

Deklarasi Konstanta

Konstanta merupakan variabel yang mempunyai nilai yang tetap meskipun telah dilibatkan dalam beberapa kali operasi aritmatika ataupun logika. Untuk mendeklarasikan sebuah konstantan, kata baku yang kita gunakan adalah const. Dalam pemrograman turbo pascal, dikenal dua macam konstanta yaitu :

  • 1. Konstanta Tak Bertipe

Konstanta tak be1rtipe adalah suatu konstanta yang nilainya tertentu dan tipenya tidak secara jelas disebutkan. Sebagai contoh dalam perhitungan luas lingkaran kita mengenal bilangan 3.14 dan jika bilangan ini beberapa kali muncul dalam suatu perhitungan rumus kita dapat memberikan sebuah nama untuk memanggilnya, missal Phi Maka program akan lebih mudah untuk dipahami. Definisi konstanta phi dapat ditulis sebagai :

Const phi =3.14;

Deklarasi konstanta tak bertipe mempunyai bentuk umum :

Const nama_pengenal=nilai;2 Contoh deklarasi konstanta :

Const

FaktorKerjaLembur

=1.1;

Maxkerja

=60;

Maxgaji =35000;

Konstantan bertipe adalah suatu konstanta yang selain ditunjukkan nilainya juga dinyatakan tipe datanya. Bentuk umum deklarasi konstantan bertipe adalah :

Const pengenal : tipe data=konstanta; Contoh penggunaan konstantan bertipe :

Const cacah : integer =100; Factor : real = 0.1; Tunda : char = #3;

Konstanta bertipe sesungguhnya adalah perubah dengan nilai yang tetap, maka tidak bisa saling dipertukarkan dengan konstanta biasa (konstantan tak bertipe). Perhatikan contoh berikut :

Const awal : integer = 1; Akhir : integer = 100; Type vector =array[awal

.

.akhir] of real;

Dalam contoh di atas, deklarasi vector adalah salah karena awal dan akhir adalah konstanta bertipe (yang sesungguhnya perubah).

Soal 3. Cara mengcompile program free pascal

  • 1. Buka kode program yang dibuat buat dengan turbo pascal (saya harap kamu udah punya, sebagai contoh di sini program Penghitungan Bangun Ruang). Kalau masih ada error, berarti masih ada yang salah dalam kode program, silahkan cek kembali dan compile lagi (Alt+F9) dan Run (Ctrl+F9). Jika program berhasil di compile dan run, berarti tidak ada kesalahan dalam penulisan kode program, namun tidak termasuk kesalahan logika pemrograman kamu. Cara ini terus dilakukan sampe error bener-bener gak ada).

  • 2. Jika program berhasil dicompile, jangan lupa simpan di tempat dimana kamu suka. (asal jangan di folder Windows, apalagi System32). Lihat gambar!

Konstantan bertipe adalah suatu konstanta yang selain ditunjukkan nilainya juga dinyatakan tipe datanya. Bentuk umum deklarasi
  • 3. tutup

Setelah

itu

dulu

Turbo

Pascal

kamu.

(Alt

+

X)

  • 4. kanan

Silahkan

klik

pada

file

hasil

simpanan

tadi

(Penghitungan

Bangun

Datar.pas)

  • 5. Pilih “Open With” (Lihat gambar di bawah ini), jika daftar aplikasi sudah banyak, maka pilih “Choose

Program”

Maka akan muncul kotak dialog berikut : 6. Silahkan klik “Browse ... ” 7. Setelah kamu

Maka akan muncul kotak dialog berikut :

Maka akan muncul kotak dialog berikut : 6. Silahkan klik “Browse ... ” 7. Setelah kamu
  • 6. Silahkan

 

klik

“Browse

...

  • 7. Setelah

kamu

klik

browse

maka

akan

muncul

common

dialog

open

with

  • 8. nah, setelah itu cari program yang bernama “TPX.EXE”.

Maka akan muncul kotak dialog berikut : 6. Silahkan klik “Browse ... ” 7. Setelah kamu

8. ingat, TPX.EXE ! .. (file ini terletak di direktory : C:\Program Files\TP\BIN\TPX.EXE) (pada commond dialog klik My Computer di sisi kiri, pilih drive C:\, >> Program Files >> TP >> BIN >> TPX.EXE), kalau file tersebut tidak ada, maka kamu harus re-install turbo pascal kamu. Lihat gambar!

8. ingat, TPX.EXE ! .. (file ini terletak di direktory : C:\Program Files\TP\BIN\TPX.EXE) (pada commond dialog

9.

Setelah itu klik “Open” setelah itu klik “OK”, maka akan muncul editor seperti layaknya

Turbo

Pascal

biasa.

Jangan

bingung.

10.

Segera Compile program, dengan cara tekan tombol Alt+F9 di keyboard kamu. Atau klik menu

Compile

>>

Compile

di

editor

Turbo

pascal.

9. Setelah itu klik “ Open” setelah itu klik “OK”, maka akan muncul editor seperti layaknya
 

Jika proses compile berhasil, maka akan muncul pesan “Compile Successful”, jika masih error, berarti masih ada kesalahan pada kode program (tidak termasuk logika kamu gan). Pada gambar di atas, jangan lupa sob, tulisan yang dilingkari tersebut adalah nama dari file exe kamu nantinya.

11.

Eitss, belum selesai,, Silahkan kamu tutup kembali editor Turbo pascal kamu. Nah, pada tahap ini sebenarnya file Exe sudah terbentuk, namun dimana letaknya file tersebut?? Hehe,, jangan bingung sob,,,

 

12.

Klik windows explorer. (klik kanan Start terus pilih Explorer All Users)

 

13.

nah, file tersebut sekarang berada di C:\Program Files\TP. lihat gambar!

14. Nah, seperti yang kamu lihat, file exe tersebut diberi nama “PENGHI~1.EXE”. Kenapa nama file-nya aneh
  • 14. Nah, seperti yang kamu lihat, file exe tersebut diberi nama “PENGHI~1.EXE”. Kenapa nama file-nya aneh gitu? Hehe, secara default Turbo Pascal mempersingkat nama file yang panjang. Kamu boleh kok merubahnya nama file-nya, asal jangan merubah ekstensi file-nya. (exe)

  • 15. Nah, karena file .exe udah jadi

...

kamu boleh coba jalankan file tersebut dengan cara double klik pada icon-

nya. Saya jamin 1000 % pasti langsung terbuka deh program tanpa harus buka Turbo Pascal lagi.

Lihat gambar di bawah!

14. Nah, seperti yang kamu lihat, file exe tersebut diberi nama “PENGHI~1.EXE”. Kenapa nama file-nya aneh