You are on page 1of 3

1. Sebutkan hukum pemantulan bunyi ! Jawab.

- Bunyi datang, garis normal dan bunyi pantul terletak pada satu bidang datar dan ketiganya berpotongan pada suatu titik. - besar sudut datang sama dengan sudut pantul. 2. Apa yang dimaksud dengan gaung dan gema ? Jawab. 1) GAUNG, bunyi pantul yang mengganggu bunyi asli sehingga bunyi asli tidak jelas kedengaran. 2) GEMA, bunyi pantul yang terdengar sama dengan bunyi asli setelah bunyi asli telah setelah bunyi asli telah terucapkan. 3. Sebuah lilin setinggi 70cm diletakkan di depan cermin cembung dengan jari-jari kelengkungan 60cm. Apabila jarak benda ke cermin 20cm, tentukan : a) Jarak bayangan. b) Perbedaan bayangan. c) Tinggi bayangan. Jawab.

a) Karena + =

cm) = -30cm dan S=20cm, maka

=  S = b) c)


 

 

   






   

 

4. Apakah yang dimaksud dengan resonansi ? Jawab. Resonansi adalah turut bergetarnya suatu benda karena pengaruh getaran benda lain yang ada di dekatnya. 5. Seorang yang bermassa 60 kg naik ke lantai 2 suatu bangunan yang tinggi 20 m selama 2 menit. Jika percepatan gravitasi bumi 10 m / s2 . Berapakah : a) Besarnya usaha. b) Daya. Jawab.

a)
    

b)

 

 

2 menit =

 

6. Apa perbedaan molekul unsure dan molekul senyawa ? Jawab : y Molekul unsur : molekul yang terdiri dari atom sejenis. y Molekul senyawa : molekul yang terdiri dari 2 atau lebih atom yang berbeda. 7. Sebuah benda berpindah sejauh 10 m oleh gaya sebesar 25 N. Berapa besar usaha yang dilakukan gaya tersebut ? Jawab.  

 

8. Terangkan terjadinya ion postif dan ion negative ! Jawab. Jika suatu unsur melepaskan elektron maka akan bermuatan positif sebaliknya, bila menerima elektron akan bermuatan negatif.

9. Sebutkan sifat-sifat bayangan dari cermin datar ! Jawab. 1) 2) 3) 4) Bayangan sama besar dengan benda. Posisi tegak bayangan sama dengan posisi tegak benda. Bayangan bersifat maya atau semu. Jarak bayangan sama besar dengan jarak benda.

10. Apakah perbedaan frekuensi dengan periodik ? Jawab. Frekuensi : jumlah getaran yang terjadi dalam 1 detik sedangkan Periodik : waktu yang diperlukan untuk melakukan 1 getaran penuh. 11. Sebuah benda bermassa 50kg bergerak dengan kecepatan 10 m/s, berapakah besar energy kinetic benda ? Jawab.         
2

12. Seorang anak ,emdorong gerobak dengan gaya 200 N sehingga gerobak tersebut berpindah sejauh 15 cm selama 10 sekon. Hitunglah : A) Besarnya usaha. B) Daya. Jawab.
A)

B)