You are on page 1of 49

KARTU SOAL PILIHAN GANDA.

SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN KURIKULUM JENIS ULANGAN ALOKASI WAKTU BENTUK SOAL JUMLAH SOAL : SMK : PKS : KBK : BERSAMA : 90 MENIT : PILIHAN GANDA : 15

Standart Soal Kompetensi: Undang-Undang Ketenaga Kerjaan Bahan kelas/ Nomor Soal : 1 semester: III/ Ganjil 1. Organisasi yang dibentuk dari , oleh , dan untuk pekerja/ buruh baik diperusahaan maupun diluar perusahaan yang bersifat bebas, terbuka, mandiri, demokrasi dan bertanggungjawab guna memperjuangkan, membela serta melindungi hak dan kepentingan pekerja buruh serta meningkatkan kesejahteraan pekerja /buruh serta meningkatkan kesejahteraan pekerja/ buruh dan keluarganya adalah.. a. Badan pekerja. b. Organisasi buruh. c. Serikat pekerja. d. Koperasi buruh. e. Unit pelaksana pekerja Kompetensi Dasar: Nomor soal : 2 Memahami Kondisi 2. Menurut Undang-Undang Nomor 13 tahun Tenaga Kerja pada 2003, perlindungan pekerja ditujukan era Global kepada.. a. Wanita tua. INDIKATOR: b.Korban mesin produksi. Memahami c. Penyandang cacat Undang-Undang d. Buruh yang sakit. tenaga kerja yang e. Serikat kerja berlaku Nomor soal : 3 3. Perjanjian kerja adalah perjanjian antara pekerja/ buruh dengan pengusaha atau pemberi kerja dengan memuat syarat-syarat kerja,hak dan kewajiban para pihak. Penyataan tentang perjanjian kerja tersebut terdapat dalam .. a. Pasal 1 ayat 13 UU No 13 th 2003. b. Pasal 1 ayat 14 UU No 13 th 2003. c. Pasal 1 ayat 15 UU No 13 th 2003. d. Pasal 1 ayat 16 UU No 13 th 2003. e. Pasal 1 ayat 17 UU No 13 th 2003.

Kunci Jawaban

Bobot Nilai

C.

Standart Kompetensi: Undang-Undang Ketenaga Kerjaan

Soal

Kunci Jawaban

Bobot Nilai

Nomor soal : 4 4. Dibawah ini merupakan dasar dibuatnya perjanjian kerja, kecuali a. Kesepakatan kedua belah pihak. b. Adanya perjanjian. c. Pekerjaan tidak bertentangan dengan kepentingan umum. d. Tingkat kecerdasan. e. Kemampuan dan kecakapan melakukan perbuatan hukum. Nomor soal : 5 5. Menurut Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003, perlindungan pekerja ditujukan kepada.. a. Wanita tua. b. Korban mesin produksi. c. Penyandang cacat. d. Buruh yang sakit. e. Serikat kerja. Nomor soal : 6 6. Pengusaha dilarang melakukan pemutusan hubungan kerja dengan alasan sebagai berikut kecuali a. Menjalankan ibadah yang diperintahkan agamanya. b. Pekerja / buruh mengalami sakit menurut keterangan dokter. c. Pekerja/ buruh menjalankan kewajiban terhadap Negara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undngan. d. Pekerja / buruh menikah. e. Pekerja / buruh mencuti. Nomor soal : 7 7. Dalam hal terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK), perusahan wajib memberikan uang pesangon. Besarnya uang pesangon bagi pekerja yang memiliki masa kerja 1 (satu) sampai 2 (dua) tahun adalah a. 1 bulan upah. b. 2 bulan upah. c.3 bulan upah. d. 4 bulan upah. e. 5 bulan upah. Nomor soal : 8 8. Bagi pekerja/ buruh yang bekerja selama 12 bulan secara terus menerus berhak mendapat cuti selama a. 10 hari. b. 11 hari. c. 12 hari. d. 13 hari. e. 14 hari.

Standart Kompetensi: Undang-Undang Ketenaga Kerjaan

Soal

Kunci Jawaban

Bobot Nilai

Standart Kompetensi: Pasar Kerja di Era Global INDIKATOR: Memperkirakan perubahan dan peluang pasar kerja pada era global

Nomor soal : 9 9. Pengusaha wajib menyediakan angkutan antar jemput bagipekerja/ buruh perempuan yang berangkat dan pulang kerja antara pukul a. 22.00 s/d 05.00. b. 23.00 s/d 05,00. c. 00.00 s/d 05.00. d. 21.00 s/d 04.00. e. 21.00 s/d 05.00 Nomor soal : 10 10. Bangsa Indonesia mengembangkan sikap saling menghormati dan bekerjasama dengan bangsa bangsa lain di dunia karena bangsa Indonesia. a. SDM Bangsa Indonesia belum memadai. b. Merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia di dunia. c. Merasa tanah airnya masih belum makmur. d. Sudah mempunyai kemampuan untuk membantu bangsa lain. e. Belum mampu menguasai teknologi yang canggih. Nomor soal : 11 11. Dampak positif dari kemajuan di era global dalam bidang teknologi modern adalah memberikan kemudahan dalam megadakan hubungan antar daerah atau wilayah bahkan antar Negara, hal ini sesuai dengan.. a. Penggunaan listrik. b. Teknologi komunikasi. c. Telekomunikasi. d. Mesin-mesin industri. e. Teknologi modern. Nomor soal : 12 12. Bangsa Indonesia ikut tampil dalam persaingan global di abad 21 ini, jika mampu menghilangkan factor-faktor penghambat berikut ini, kecuali.. a. Sikap mengandalkan orang lain. b. Menutup diri dari pergaulan glonal. c. Jumlah penduduk yang besar dan religius. d. Budaya ketergantungan kepada pemerintah. e. Sikap potong kompas dan menggampangkan persoalan. Nomor soal : 13 13. Dampak negative era globalisasi yang merusak tatanan kehidupan masyarakat Indonesia yang religius dan kekeluargaan adalah .. a. Sekularisme dan individualisme. b. Materialisme dan hedonisme. c. Demokrasi yang anarkhis. d. Nasionalisme dan sekularisme. e. Individualisme dan elitisme.

Standart Kompetensi: Pasar Kerja di Era Global

Soal

Kunci Jawaban

Bobot Nilai

Nomor soal : 14 14. Di era global ini hendaknya bangsa Indonesia berpegang kepada dalam menyerap teknologi budaya luar. a. Nilai-nilai budaya tradisional. b. Kemauan dan kepentingan pribadi. c. Nilai- nilai Pancasila. d. Kebiasaan hokum internasional. e. Adapt istiadat kedaerahan. Nomor soal : 15 15. Di bawah ini yang bukan merupakan dampak positif globalisasi bagi bangsa Indonesia adalah .. a. Indonesia mudah mendapatkan barang, jasa, maupun informasi dengan mudah. b. Indonesia mudah melakukan kerjasama dengan Negara lain. c. Berkembangnya demokrasi di Indonesia. d. Menyebarnya budaya-budaya ke seluruh pelosok nusantara. e. Indonesia mudah berhubungan dengan Negara lain.

KARTU SOAL ESSAY


SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN KURIKULUM JENIS ULANGAN ALOKASI WAKTU BENTUK SOAL JUMLAH SOAL : SMK : PKS : KBK : BERSAMA : 60 MENIT : ESSAY :5

Standart Kompetensi: Undang-Undang Ketenaga Kerjaan Kompetensi Dasar: Memahami Kondisi Tenaga Kerja pada era Global INDIKATOR: Memahami UndangUndang tenaga kerja yang berlaku

Soal NOMOR SOAL : 1 Jelaskan , apa yang dimaksud dengan ketenagakerjaan? Dan Mengapa masalah ketenaga kerjaan harus diatur dalam peraturan perundangundangan?

Kunci Jawaban

Bobot Nilai

Ketenagakerjaan adalah segala hal yang 10 berhubungan dengan tenaga kerja pada waktu sebelum, selama dan sesuda masa kerja. Dan diatur dalam perundang-undangan untuk menjamin hak dan kewajiban pekerja.

Nomor Soal : 2 Bagaimanakah penetapan upah minimum? Dan terdiri dari apa sajakah upah minimum itu ? jelaskan!

Nomor Soal : 3 Sebutkan siapa saja yang wajib dilindungi oleh perusahaan! Serta sebutkan 3 hak yang dimiliki oleh pekerja/ buruh.!

Penetapan upah minimum berdasarkan kebutuhan hidup yang layak dan dengan memperhatikan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi . Dalam UU no 13 tahun 2003 pasal 89 ayat 1 menyatakan bahwa upah minimum terdiri atas: a. Upah minimum berdasarkan wilayah provinsi atau kabipaten/ kota. b. Upah minimum berdasarkan sector pada wilayah propinsi atau kabupaten/ kota. c. Upah minimum tersebut ditetapkan oleh Gubernur dengan memperhatikan rekomendasi dari Dewan Pengupahan Provinsi dan atau Bupati/ Walikota. Setiap pekerja dan penyandang cacat, anak dan perempuan. 3 hak yang dimiliki oleh pekerja/ buruh adalah : Keselamatan dan kesehatan kerja Moral dan kesusilaan Perlakuan yang sesuai dengan harkat dan martabat manusia serta nilai nilai agama.

15

10

Standart Kompetensi: Pasar Kerja di Era Global

Nomor Soal: 4 Sebutkan factor faktor yang mendorong terjadinya globalisasi dan bagaimana tantangan dari peluang kerja di era global ? jelaskan!

INDIKATOR: Memperkirakan perubahan dan peluang pasar kerja pada era global

Nomor Soal : 5 Jelaskan beberapa dampak positif dan negative globalisasi bagi pekerja Indonesia.!

Faktor faktor yang mendorong terjadinya globalisasi -Perkembangan politik dunia. -Peningkatan praktik perdagangan bebas. -Peranan perusahaan Multinasional. -Perkembangan Investasi Portofolio di Pasar Luar negeri. -Kemajuan Teknologi Bidang Informasi dan pengangkutan. -Tantangan dan peluang Kerja di Era Globalisasi. Tantangan dan peluang Kerja di Era Globalisasi sangat dipengaruhi oleh keadaan ekonomi global, dibidang otonomi, akan menyebabkan terjadinya mobilitas yang sangat tinggi baik itu berupa barang, jasa dan investasi. Barang-barang dari Negara maju termasuk tenaga kerja yang berkualitas akan masuk kenegara lain. Faktor kunci yang sangat menentukan adalah informasi, mereka yang memenangkan persaingan.Perdagangan akan sangat ditentukan oleh kemampuan nyata dalam menghasilkan dan mendistribusikan serta memasarkan berbagai produk yang dapat diterima oleh konsumen. Dampak positif dan negative globalisasi adalah sebagai berikut: -Indonesia menjadi lebih mudah untuk mendapatkan barang, jasa, maupun informasi yang dipelukan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri -Indonesia dengan jumlah penduduk lebin kurang 200 juta menjadi pasar empuk bagi Negara lain , entah itu berupa barang buatan luar negeri, tenaga kerja asing yang mengisi berbagai jenis keahliab, jabatan, maupuin banjir informasi yang belum tentu sesuai dengan nilai-nilai yang ada si Indonesia. -Globalisasi akan menjadi media yang praktis bagi menyebarnya budayabudaya asing.

20

15

Mata Ujian : PKN Kelas : III Program Keahlian : Semua program Pd

Hari / tanggal : Waktu : 60 Menit Guru : Dra . Endang purwati, M

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan memberikan tanda silang (x) pada jawaban a, b, c, d atau e. 1. Organisasi yang dibentuk dari , oleh , dan untuk pekerja/ buruh baik diperusahaan maupun diluar perusahaan yang bersifat bebas, terbuka, mandiri, demokrasi dan bertanggungjawab guna memperjuangkan, membela serta melindungi hak dan kepentingan pekerja buruh serta meningkatkan kesejahteraan pekerja /buruh serta meningkatkan kesejahteraan pekerja/ buruh dan keluarganya adalah.. a. Badan pekerja. b. Organisasi buruh. c. Serikat pekerja. d. Koperasi buruh. e. Unit pelaksana pekerja. 2.Menurut Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003, perlindungan pekerja ditujukan kepada.. a.Wanita tua. b. Korban mesin produksi. c.Penyandang cacat. d. Buruh yang sakit. e.Serikat kerja 3.Perjanjian kerja adalah perjanjian antara pekerja/ buruh dengan pengusaha atau pemberi kerja dengan memuat syarat-syarat kerja,hak dan kewajiban para pihak. Penyataan tentang perjanjian kerja tersebut terdapat dalam .. a. Pasal 1 ayat 13 UU No 13 th 2003. b. Pasal 1 ayat 14 UU No 13 th 2003. c.Pasal 1 ayat 15 UU No 13 th 2003. d. Pasal 1 ayat 16 UU No 13 th 2003. e.Pasal 1 ayat 17 UU No 13 th 2003. 4Dibawah ini merupakan dasar dibuatnya perjanjian kerja, kecuali a.Kesepakatan kedua belah pihak. b.Adanya perjanjian. c.Pekerjaan tidak bertentangan dengan kepentingan umum. d.Tingkat kecerdasan. e.Kemampuan dan kecakapan melakukan perbuatan hukum. 5. Dalam perlindungan pekerja, diberikan adanya waktu istirahat dan cuti, Waktu istirahat dan cuti bagi perempuan yang melahirkan yaitu.. a. 1 bulan sebelum saatnya melahirkan dan 1 bulan sesudah melahirkan. b. 1,5 bulan sebelum saatnya melahirkan dan 1 bulan sesudah melahirkan.

c. melahirkan. d. melahirkan. e. melahirkan.

1,5 bulan sebelum saatnya melahirkan dan 1.5 bulan sesudah 1 bulan sebelum saatnya melahirkan dan 1,5 bulan sesudah 2 bulan sebelum saatnya melahirkan dan 1,5 bulan sesudah

6. Pengusaha dilarang melakukan pemutusan hubungan kerja dengan alasan sebagai berikut kecuali a. Menjalankan ibadah yang diperintahkan agamanya. b. Pekerja / buruh mengalami sakit menurut keterangan dokter. c. Pekerja/ buruh menjalankan kewajiban terhadap Negara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undngan. d. Pekerja / buruh menikah. e. Pekerja / buruh mencuti. 7. Dalam hal terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK), perusahan wajib memberikan uang pesangon. Besarnya uang pesangon bagi pekerja yang memiliki masa kerja 1 (satu ) sampai 2 ( dua ) tahun adalah a. 1 bulan upah. b. 2 bulan upah. c.3 bulan upah. d. 4 bulan upah. e. 5 bulan upah. 8. Bagi pekerja/ buruh yang bekerja selama 12 bulan secara terus menerus berhak mendapat cuti selama a. 10 hari. b. 11 hari. c. 12 hari. d. 13 hari. e. 14 hari. 9. Pengusaha wajib menyediakan angkutan antar jemput bagipekerja/ buruh perempuan yang berangkat dan pulang kerja antara pukul a. 22.00 s/d 05.00. b. 23.00 s/d 05,00. c. 00.00 s/d 05.00. d. 21.00 s/d 04.00. e. 21.00 s/d 05.00 10. Bangsa Indonesia mengembangkan sikap saling menghormati dan bekerjasama dengan bangsa bangsa lain di dunia karena bangsa Indonesia. a. SDM Bangsa Indonesia belum memadai. b. Merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia di dunia. c. Merasa tanah airnya masih belum makmur. d. Sudah mempunyai kemampuan untuk membantu bangsa lain. e. Belum mampu menguasai teknologi yang canggih. 11. Dampak positif dari kemajuan di era global dalam bidang teknologi modern adalah memberikan kemudahan dalam megadakan hubungan antar daerah atau wilayah bahkan antar Negara, hal ini sesuai dengan.. a. Penggunaan listrik. b. Teknologi komunikasi. c. Telekomunikasi. d. Mesin-mesin industri. e. Teknologi modern. 12. Bangsa Indonesia ikut tampil dalam persaingan global di abad 21 ini, jika mampu menghilangkan factor-faktor penghambat berikut ini, kecuali.. a. Sikap mengandalkan orang lain. b. Menutup diri dari pergaulan glonal. c. Jumlah penduduk yang besar dan religius. d. Budaya ketergantungan kepada pemerintah. e. Sikap potong kompas dan menggampangkan persoalan. 13. Dampak negative era globalisasi yang merusak tatanan kehidupan masyarakat Indonesia yang religius dan kekeluargaan adalah .. a. Sekularisme dan individualisme. b. Materialisme dan hedonisme. c. Demokrasi yang anarkhis. d. Nasionalisme dan sekularisme. e. Individualisme dan elitisme.

14. Di era global ini hendaknya bangsa Indonesia berpegang kepada dalam menyerap teknologi budaya luar. a. Nilai-nilai budaya tradisional. b. Kemauan dan kepentingan pribadi. c. Nilai- nilai Pancasila. d. Kebiasaan hokum internasional. e. Adapt istiadat kedaerahan. 15. Di bawah ini yang bukan merupakan dampak positif globalisasi bagi bangsa Indonesia adalah .. a. Indonesia mudah mendapatkan barang, jasa, maupun informasi dengan mudah. b. Indonesia mudah melakukan kerjasama dengan Negara lain. c. Berkembangnya demokrasi di Indonesia. d. menyebarnya budaya-budaya ke seluruh pelosok nusantara. e. Indonesia mudah berhubungan dengan Negara lain. II. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jelas dan benar. 1. Jelaskan , apa yang dimaksud dengan ketenagakerjaan? Dan Mengapa masalah ketenaga kerjaan harus diatur dalam peraturan perundang undangan? 2.Bagaimanakah penetapan upah minimum? Dan terdiri dari apa sajakah upah minimum itu ? jelaskan! 3.Sebutkan siapa saja yang wajib dilindungi oleh perusahaan! Serta sebutkan 3 hak yang dimiliki oleh pekerja/ buruh. 4.Sebutkan factor faktor yang mendorong terjadinya globalisasi dan bagaimana tantangan dari peluang kerja di era global ? jelaskan ! 5.Jelaskan beberapa dampak positif dan negative globalisasi bagi pekerja Indonesia.!

Jawaban : I 1. 2. 3. 4. 5. C. C A E A 6. 7. 8. 9. 10. C A C E B 11. B 12. C 13. B 14. C 15. A

1. Ketenagakerjaan adalah segala hal yang berhubungan dengan tenaga kerja pada waktu sebelum, selama dan sesuda masa kerja. Dan diatur dalam perundang- undangan untuk menjamin hak dan kewajiban pekerja. 2. Penetapan upah minimum berdasarkan kebutuhan hidup yang layak dan dengan memerhatikan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi . Dalam UU no 13 tahun 2003 pasal 89 ayat 1 menyatakan bahwa upah minimum terdiri atas: a. Upah minimum berdasarkan wilayah provinsi atau kabipaten/ kota. b. Upah minimum berdasarkan sector pada wilayah propinsi atau kabupaten/kota. c. Upah minimum tersebut ditetapkan oleh Gubernur dengan memperhatikan rekomendasi dari Dewan Pengupahan Provinsi dan atau Bupati/ Walikota. 3. Setiap pekerja dan penyandang cacat , anak dan perempuan. 3 hak yang dimiliki oleh pekerja/ buruh adalah : Keselamatan dan kesehatan kerja Moral dan kesusilaan Perlakuan yang sesuai dengan harkat dan martabat manusia serta nilai nilai agama. 4. Faktor faktor yang mendorong terjadinya globalisasi Perkembangan politik dunia. Peningkatan praktik perdagangan bebas. Peranan perusahaan Multinasional. Perkembangan Investasi Portofolio di Pasar Luar negeri. Kemajuan Teknologi Bidang Informasi dan pengangkutan. Tantangan dan peluang Kerja di Era Globalisasi. Tantangan dan peluang Kerja di Era Globalisasi: Tantangan dan peluang Kerja di Era Globalisasi sangat dipengaruhioleh keadaan ekonomi global, dibidang otonomi, akan menyebabkan terjadinya mobilitasyang sangat tinggi baik itu berupa barang, jasa dan investasi. Barang-barang dari Negara maju termasuk tenaga kerja yang berkualitas akan masik kenegara lain. Faktor kunci yang sangat menentukan adalah informasi, mereka yang memenangkan persaingan.Perdagangan akan sangat ditentukan oleh kemampuan nyta dalam menghasilkan dan mendistribusikan serta memesarkan berbagai produk yang data diterima oleh konsumen. 5. Dampak positif dan negative globalisasi adalah sebagai berikut: Indonesia menjadi lebih mudah untuk mendapatkan barang, jasa, maupun informasi yang dipelukan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri Indonesia dengan jumlah penduduk lebin kurang 200 juta menjadi pasar empuk bagi Negara lain , entah itu berupa bang buatan luar negeri, teaga kerja asing yang mengisi berbagai jenis keahliab, jabatan, maupuin banjir informasi yang belum tentu sesuai dengan nilai-nilai yang ada si Indonesia. Globalisasi akan menjadi mediayangpraktis nagimenyebarnya budaya-budaya asing.

KARTU SOAL ESSAY


SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN KURIKULUM JENIS ULANGAN ALOKASI WAKTU BENTUK SOAL JUMLAH SOAL : SMK : PKN : KTSP : BERSAMA : 60 MENIT : ESSAY :5

KELAS : XII Standart N0 Kompet ensi:


Mengan alisis sistem pemerint ahan di berbagai negara

Soal

Kunci Jawaban

Bobot Nilai 10

1.

Sebutkan alasan mengapa Indonesia memakai sistem pemerintahan presidensiil!

Sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia sejak awal kemerdekaan mengacu pada isi UUD 1945, sistem pemerintahan Indonesia bersifat presidensial, yaitu para menteri tidak bertanggung jawab kepada badan legislatif. Para menteri hanya bertindak sebagai pembantu presiden. Beberapa ciri sistem pemerintahan parlementer 15 adalah sebagai berikut.: (1) Kabinet yang dipimpin oleh perdana menteri dibentuk oleh kekuatan yang menguasai parlemen. (2) Kabinet dan perdana menteri bertanggung jawab kepada parlemen. Apabila kabinet atau anggotanya mendapat mosi tidak percaya dari parlemen, maka kabinet atau orang yang bersangkutan harus mengundurkan diri. (3) Sebagai imbangan, apabila kabinet dijatuhkan, kepala negara (presiden/raja atau ratu) melalui saran atau nasihat dari perdana menteri dapat membubarkan parlemen. Kelebihannya adalah: Adanya pernyataan 15 bahwa Indonesia adalah Negara berdasar atas hukum dan sistem konstitusional. Hal ini telah memberikan kepastian hukum dan supermasi hukum dalam penyelenggaraan pemerintahan Negara. Kelemahannya adalah Produk hukum belum banyak memihak kepentingan rakyat, demikian juga aparat penegak hukum (polisi, jaksa, dan hakim) yang masih belum bekerja (beberapa

Sebutkan ciri-ciri sistem pemerintahan parlementer !

Sebutkan kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan di Indonesia

oknum) secara professional sehingga dapat diajak berkolusi. 4 Sebutkan perbedaan antara sistem pemerintahan Indonesia dengan negara Inggris! Sebutkan kelebihan dari sistem pemerintahan presidensiil Sistim pemerintahan Indonesia adalah sistem presidensiil smentara Inggris mempergunakan sistem pemerintahan Monarcki /parlementer 10

). Pada sistem pemerintahan presidensil, ciri yang paling menonjol antara lain di kepalai oleh seorang presiden dan presiden tidak bertanggungjawab kepada DPR.

10

Pungging , 15 OKTOBER2010 Guru mata pelajaran PKN

Dra. Endang Purwati, MPd NIP: 19571120 199103 2 001

KARTU SOAL PILIHAN GANDA.


SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN KURIKULUM JENIS ULANGAN ALOKASI WAKTU BENTUK SOAL JUMLAH SOAL Standart Kompetensi: Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara : SMK : PKN : KTSP : BERSAMA : 90 MENIT : PILIHAN GANDA : 20

N O
1

Soal
1. Didalam sistem pemerintahan parlementer pemerintah dijalankan oleh..... a. Presiden dan wakil presiden b. Perdana menteri dan wakil menteri c. Raja dan para menteri d. Presiden dan perdana menteri e. Raja dan perdana menteri Salah satu ciri negara yang yang menganut sistem pemerintahan parlementer adalah... a. Sering terjadi pergantian kabinet b. Pemerintahan yang relatif stabil c. Kedudukan eksekutif lebih tinggi dibanding legislatif d. Pemerintah dapat membubarkan DPR (parlemen) e.Presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan Selain Indonesia yang menganut sistem pemerintahan presidensiil adalah..... a. USA dan Filipina b. Inggris dan Jepang c. Jepang dan India d. USA dan India e. Inggris dan Filipina . Kelebihan dari sistem pemerintahan presidensiil adalah..... a. Tak mendapat dukungan DPR b. Mendapat tekanan dari rakyat c. Melanggar konstitusi d. Terjadi perselisihan dengan MPR e. Melanggar sumpah/janji Lembaga tinggi negara yang berfungsi mengawasi jalannya peradilan di seluruh Indonesia yaitu.... a. MA

Kunci Jawaba n d

Bobot Nilai

Bahan kelas/ semester: XII / Ganjil

Membandingk an pelaksanaan

sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan negara lain

b. BPK c.DPR d.MPR e.Presiden

b 6 . Di indonesia Undang-undang dibuat oleh..... a. Presiden bersama para menteri b. Presiden bersama DPR c. MPR d. MA e. Mahkamah Konstitusi Suatu pemerintahan yang menempatkan rakyat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi disebut..... a. Demokrasi b.Monarkhi c.Oligarkhi d. .Aristokrasi e. Mobokarasi Salah satu aspek yang membedakan antara pemerintahan presidensiil dengan perlementer adalah....... a. Kepala negara d. Kabinet b. Kepala Pemerintahan e. Perdana menteri c. Hal legislatif dan eksekutif Kelemahan terbesar pelaksanaan sistem pemerintahan pada masa orde baru yaitu ...... a. Tumbuh suburnya praktek KKN b. Ditinggalkanya pembangunan fisik c. Para pejabat kurang profesional d. Bahan kebutuhan pokok sulit didapat e. iklim usaha tidak didukung keamanan Di Indonesia masa jabatan presiden dan wakilnya 5 tahun dan selanjutnya dapat dipilih lagi dalam jabatan yang sama satu kali lagi.Hal ini telah diatur dalam UUD 1945 pasal....... a. 6 d. 9 b.7 e. 10 c. 8 Sistem pemerintahan dimana kekuasaan legislative lebih kuat daripada kekuasaan eksekutif adalah. a. presidensiil b. parlementer c. konstitusional d. referendum e. republic absolut Pencetus ajaran trias Politica adalah. a. John locke b. Montesquieu c. Thomas Hobbes d. George Jellinek e. Roger H Soltou Menurut UUD 1945 hasil amandemen, kekuasaan presiden sebagai kepala pemerintahan, antara lain seperti ini kecuali a.mengangkat dan memberhentikan menterimenterinya. b. membuat rancangan undang-undang c. mengesahkan rancangan undang-undang d.membuat peraturan pemerintah e. mengangkat dan memberhentikan Gubernur b a

10

11

12

13

Menurut UUD 1945 pasal 17 ayat (2)yang berhak membentuk cabinet adalah. a. MPR b. DPR c. Presiden dan DPR d. Presiden e. DPR dan MPR 15 Landasan Idiil pelaksanaan system pemerintahan Indonesia adalah.. a. Pancasila b. UUD 1945 c. Undang- undang d. Tap MPR e. Peraturan pemerintah 16 Salah satu cirri pemerintahan menurut konstitusi RIS adalah a.Kabinet bertanggungjawab kepada parlemen b.presiden tidak bertanggungjawab kepada parlemen c. presiden bertanggungjawab kepda parlemen d. mentri-mentri bertanggungjawab kepada presiden e.masa jabatan cabinet ditetapkan dalam waktu tertentu. 17 Demokrasi liberal yang pernah berlaku di Indonesia (1949-1959) ternyata tidak sesuai dengan nilai nilai luhur Pancasila , karena a. banyak bermunculan partai politik b. DPR dan MPR hasil pemilu tidak terbentuk c. Banyak terjadi pemberontakan. d. Persatuan terancam karena partai-partai hanya memikirkan golongan e. Tat kehidupan liberalistic berkembang. 18 Pemerintah dalam arti sempit adalah.. a. Eksekutif b. Legislatif c. Yudikatif d. kekuasaan e. birokrasi 19 Presiden memegang kekuasaan pemerintahan Negara diatur dalam UUD 1945. a. pasal 4 ayat (1) b.pasal 4 ayat (2) c. . pasal 5 ayat (1) d. pasal 5 ayat (2) e. . pasal 6 ayat (1) 20 Berdasarkan UUD 1945, bentuk pemerintahan Indonesia adalah Republik dengan system cabinet presidensiil.Sedangkan berdasarkan Konstitusi RIS1949 adalah. a. kesatuan berbentuk Republik b. republic dengan system cabinet parlementer c. republic berbentuk federasi d. kesatuan dengan system demokrasi terpimpin e. serikat dengan system konstitusional. Pungging , 5 Desember 2009 Guru mata pelajaran PKN

14

Dra. Endang Purwati, MPd NIP: 132 096 677

SOAL : PKN KELAS ;XII Pilih satu jawaban yang tepat! 1. Didalam sistem pemerintahan parlementer pemerintah dijalankan oleh..... a. Presiden dan wakil presiden b. Perdana menteri dan wakil menteri c. Raja dan para menteri d. Presiden dan perdana menteri e. Raja dan perdana menteri 2. Salah satu ciri negara yang yang menganut sistem pemerintahan parlementer adalah... a. Sering terjadi pergantian kabinet b. Pemerintahan yang relatif stabil c. Kedudukan eksekutif lebih tinggi dibanding legislatif d. Pemerintah dapat membubarkan DPR (parlemen) e.Presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan 3. Selain Indonesia yang menganut sistem pemerintahan presidensiil adalah..... a. USA dan Filipina b. Inggris dan Jepang c. Jepang dan India d. USA dan India e. Inggris dan Filipina 4. . Kelebihan dari sistem pemerintahan presidensiil adalah..... a. Tak mendapat dukungan DPR b. Mendapat tekanan dari rakyat c. Melanggar konstitusi d. Terjadi perselisihan dengan MPR e. Melanggar sumpah/janji 5. Lembaga tinggi negara yang berfungsi mengawasi jalannya peradilan di seluruh Indonesia yaitu.... a. MA b. BPK c.DPR d.MPR e.Presiden 6. . Di indonesia Undang-undang dibuat oleh..... a. Presiden bersama para menteri b. Presiden bersama DPR c. MPR d. MA e. Mahkamah Konstitusi 7. Suatu pemerintahan yang menempatkan rakyat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi disebut..... a. Demokrasi b.Monarkhi c.Oligarkhi d. .Aristokrasi e. Mobokarasi 8. Salah satu aspek yang membedakan antara pemerintahan presidensiil dengan perlementer adalah....... a. Kepala negara d. Kabinet b. Kepala Pemerintahan e. Perdana menteri c. Hal legislatif dan eksekutif

9. Kelemahan terbesar pelaksanaan sistem pemerintahan pada masa orde baru yaitu a. Tumbuh suburnya praktek KKN b. Ditinggalkanya pembangunan fisik c. Para pejabat kurang profesional d. Bahan kebutuhan pokok sulit didapat e. iklim usaha tidak didukung keamanan

10. Di Indonesia masa jabatan presiden dan wakilnya 5 tahun dan selanjutnya dapat dipilih lagi dalam jabatan yang sama satu kali lagi.Hal ini telah diatur dalam UUD 1945 pasal....... a. 6 d. 9 b.7 e. 10 c. 8 11. Sistem pemerintahan dimana kekuasaan legislative lebih kuat daripada kekuasaan eksekutif adalah. a. Presidensiil b. Parlementer c. Ronstitusional d. Referendum e. Republic absolut 12. Pencetus ajaran trias Politica adalah. a. John locke b. Montesquieu c. Thomas Hobbes d. George Jellinek e. Roger H Soltou 13. Menurut UUD 1945 hasil amandemen, kekuasaan presiden sebagai kepala pemerintahan, antara lain seperti ini kecuali a.Mengangkat dan memberhentikan menteri-menterinya. b. Membuat rancangan undang-undang c. Mengesahkan rancangan undang-undang d.Membuat peraturan pemerintah e. Mengangkat dan memberhentikan Gubernur 14. Menurut UUD 1945 pasal 17 ayat (2) yang berhak membentuk cabinet adalah. a. MPR b. DPR c. Presiden dan DPR d. Presiden e. DPR dan MPR 15. Landasan Idiil pelaksanaan system pemerintahan Indonesia adalah.. a. Pancasila b. UUD 1945 c. Undang- undang d. Tap MPR e. Peraturan pemerintah 16. Salah satu cirri pemerintahan menurut konstitusi RIS adalah a.Kabinet bertanggungjawab kepada parlemen b.Presiden tidak bertanggungjawab kepada parlemen c. Presiden bertanggungjawab kepda parlemen d. Mentri-mentri bertanggungjawab kepada presiden e.Masa jabatan cabinet ditetapkan dalam waktu tertentu. 17. Demokrasi liberal yang pernah berlaku di Indonesia (1949-1959) ternyata tidak sesuai dengan nilai nilai luhur Pancasila , karena a.Banyak bermunculan partai politik b.DPR dan MPR hasil pemilu tidak terbentuk c.Banyak terjadi pemberontakan. d.Persatuan terancam karena partai-partai hanya memikirkan golongan e.Tata kehidupan liberalistic berkembang. 18. Pemerintah dalam arti sempit adalah.. a. Eksekutif b. Legislatif c. Yudikatif d. Kekuasaan e. Birokrasi 19. Presiden memegang kekuasaan pemerintahan Negara diatur dalam UUD 1945. a. Pasal 4 ayat (1) b.Pasal 4 ayat (2) c. Pasal 5 ayat (1) d. Pasal 5 ayat (2) e. .Pasal 6 ayat (1)

20. Berdasarkan UUD 1945, bentuk pemerintahan Indonesia adalah Republik dengan system cabinet presidensiil.Sedangkan berdasarkan Konstitusi RIS1949 adalah. a.Kesatuan berbentuk Republik b.Republic dengan system cabinet parlementer c Republic berbentuk federasi d.Kesatuan dengan system demokrasi terpimpin e. Serikat dengan system konstitusional.

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat! 1.Sebutkan alasan mengapa Indonesia memakai sistem pemerintahan presidensiil! 2. Sebutkan ciri-ciri sistem pemerintahan parlementer 3. Sebutkan kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan di Indonesia 4. Sebutkan perbedaan antara sistem pemerintahan Indonesia dengan negaraInggris! 5. Sebutkan kelebihan dari sistem pemerintahan presidensiil

Pungging , 5 Desember 2009 Guru mata pelajaran PKN

Dra. Endang Purwati, MPd NIP: 132 096 677

KARTU SOAL ESSAY


SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN KURIKULUM JENIS ULANGAN ALOKASI WAKTU BENTUK SOAL JUMLAH SOAL Standart Kompetensi: : SMK PAHLAWAN MOJOSARI : SENI BUDAYA : KTSP : BERSAMA : 60 MENIT : ESSAY : 10.

No

Soal Jawaban Dalam penyajian teater modern, setiap aspek memerlukan perhitungan yang cermat, jelaskan setiap aspek tersebut!

Mengapresiasikan karya seni 1 teater/ mengidentifikasi makna dan perananpertunjukan teater manca Negara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat. 2

Selain aspek teater , penyajian teater modern masih memerlukan unsur artistik pendukung, jelaskan unsur artistik pendukung tersebut!

Jelaskan fungsi teater modern dalam kehidupan masyarakat Indonesia!

Pementasan teater sebenarnya adalah peristiwa terjadinya tiga proses, Jelaskan ketiga proses transfer dalam pertunjukan teater tsb!

Menunjukan sikap apresiasif terhadap unsure estetis teater mancanegara berdasarkan pengamatan pertunjukan.

Sebutkan beberapa syarat kritik yang baik!

Jelaskan apa yang bisa dikritik dari pementasan teater produksi!

*aspek tema: *. aspek alur berdasarka *aspek tokoh *aspek karak cerita. *aspek settin *Ilustrasi yai menguatka *Dekorasi ad peristiwa se *Lighting ad visual. *.Costum ada menguatkan * Fungsi hibu dengan ceri *Fungsi psik Penonton da sebagai dasa *Fungsi pend sebagai tem penonton ta *Fungsi ekon bertujuan m *Fungsi polit rakyat kepa 1.Transfer of seniman te 2. Transfer o sutradara k d. Transfer of sutradara *Obyektif ya sesungguhn * Proporsion menjelekk *Kontruktif y tertentu. *Melihat lata cocok * Melihat un muka, blocki

7 8 9 10 Jumlah

Jelaskan kegiatan apa yang bisa dilakukan dalam workshop acting! Jelaskan apa yang bisa dikritik dari pementasan teater produksi! Jelaskan pesan moral apa yang disampaikan dalam pementasan film Ayat Ayat cinta Pesan moral apa saja yang bisa terangkum dalam tema cerita hubungan manusia dengan Tuhan! Jelaskan kegiatan apa yang bisa dilakukan dalam workshop penyutradaraan.! 10

* Melihat un tata rias dan *Melihat uns marah, tersen Membahas te suara, olah tu

Taat pada atu

Kasih sayang Tuhan Membahas p penghitungan dilakukan ole

SOAL : SENI BUDAYA KELAS / SEMESTER : XII/5 Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar! 1. Dalam penyajian teater modern, setiap aspek memerlukan perhitungan yang cermat, jelaskan setiap aspek tersebut! 2. Selain aspek teater , penyajian teater modern masih memerlukan unsur artistik pendukung, jelaskan unsur artistik pendukung tersebut! 3. Jelaskan fungsi teater modern dalam kehidupan masyarakat Indonesia! 4. Pementasan teater sebenarnya adalah peristiwa terjadinya tiga proses, Jelaskan ketiga proses transfer dalam pertunjukan teater tsb! 5. Sebutkan beberapa syarat kritik yang baik! 6. Jelaskan apa yang bisa dikritik dari pementasan teater produksi! 7. Jelaskan kegiatan apa yang bisa dilakukan dalam workshop acting! Jelaskan apa yang bisa dikritik dari pementasan teater produksi!

8. Jelaskan pesan moral apa yang disampaikan dalam pementasan film Ayat Ayat cinta 9. Pesan moral apa saja yang bisa terangkum dalam tema cerita hubungan manusia dengan Tuhan! 10. Jelaskan kegiatan apa yang bisa dilakukan dalam workshop penyutradaraan.!

Standar Kompetensi

No 1

Soal Selain sebagai media informasi, pers juga mempunyai peranan umum sebagai.. a. alat propagandan bagi kepentingan partai politik, golongan elite pemerintah b. alat untuk menyebarkan informasi penting dari pemerintah kepada rakyat c. sumber penghasilan wartawan d. sarana penyampaian berita dan komunikasi yang menghibur e. sarana komunikasi di antara warga negara yang pemukimannya berjauhan. Pasal 6 UU Pers No 40 Th 1999 tentang peranan Pers, Jelaskan peranan Pers tsb!

Kunci Jawaban

Bobot

a.Memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui b. Menegakkan nilai nilai demokrasi, mendorong penegakan supremasi hukum dan HAM, menghargai pluralisme/ kebhinekaan c.mengembangkan pendapat umumberdasarkan informasi yang tepat, akurat dan benar d. melakukan pengawasan kritis, koreksi dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengankepentingan umum e. memperjuangkan keadilan dan kebenaran

Berikut ini yang bukan penerbitan pers adalah.. a. memelihara kesalahan umum

b. kejujuran c. tidak menimbulkan kesesatan d. tendensius e. mengutamakan fakta. 1.Pers memiliki banyak fungsiyang positif dalam mewujudkan pemerintahan yang demokratis.uraikan hal hal yang dapat dilakukanoleh pes yang memiliki kebebasan dalam menjalankanf ungsi kontrol di suatu negara! 2.Bandingkan kebebasan pers di Indonesia pada jaman Orde Baru dengan kebebasan pers di era reformasi seperti sekarang ini! 3.Meskipun pers memiliki fungsi sebagai hiburan dan pendidikan bagi masyarakat, namun terkadang masihada pers yang menyuguhkan tayangan yang tidak mendidik(menumpulkan rasionalitas)mengekspos sesualitas tubuh perempuandan juga kekerasan. Jelaskan bagaimana pendapatmu terhadap pers ini! Uraikan maksud pers sebagai jalannya demokrasi! Bagimana cara menilai etis tidaknya pemberitaan suatu tayangan media televisi? Jelaskan! Jelaskan pengaruh Globalisasi di Bidang lingkungan hidup! Jelaskan ciri-ciri perkembangan Globalisasi Kebudayaan!

a. Berkembangnya pertukaran kebudayaan internasional b. Penyebaran prinsip multi kebudayaan c. Berkembangnya pariwisata d. Berkembangnya mode yang bersekla global,pakaian film e. Bertambah banyaknya event berskla global.

MATA PELAJARAN KURIKULUM JENIS ULANGAN ALOKASI WAKTU BENTUK SOAL JUMLAH SOAL KELAS Standart Kompetensi Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat madani No 1

KARTU SOAL ESSAY : PKN : KTSP : BERSAMA : 60 MENIT : ESSAY :5 : XII semua jurusan Soal Pasal 6 UU Pers No 40 Th 1999 tentang peranan Pers, Jelaskan peranan Pers tsb! Kunci Jawaban a.Memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui b. Menegakkan nilai nilai demokrasi, mendorong penegakan supremasi hukum dan HAM, menghargai pluralisme/ kebhinekaan c.mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat dan benar d. melakukan pengawasan kritis, koreksi dan saran terhadap halhal yang berkaitan dengan kepentingan umum e.memperjuangkan keadilan dan kebenaran Dengan fungsi kontrol ini pers berusaha melakukan bimbingan dan pengawasan terhadap masyarakat tentang tingkah laku yang benar atau tingkah laku yang tidak dikehendaki oleh khalayak. Pers yang demikian adalah pers yang menyalahi kode etik pers maka perlu dituntut dan diberi sanksi pemberedelan dan tidak boleh terbit. Bobot 15

Mengevaluasi dampak globalisasi

.Pers memiliki banyak fungsi yang positif dalam mewujudkan pemerintahan yang demokratis.Uraikan hal hal yang dapat dilakukan oleh pes yang memiliki kebebasan dalam menjalankan fungsi kontrol di suatu negara! .Meskipun pers memiliki fungsi sebagai hiburan dan pendidikan bagi masyarakat, namun terkadang masih ada pers yang menyuguhkan tayangan yang tidak mendidik(menumpulkan rasionalitas)mengekspos sexualitas tubuh perempuan dan juga kekerasan. Jelaskan bagaimana pendapatmu terhadap pers ini! Jelaskan ciri-ciri perkembangan Globalisasi Kebudayaan

Ada beberapa tren globalisasi, salah satunya adalah Hiperkompetisi, jelaskan hal tersebut diatas!

a.Berkembangnya pertukaran kebudayaan internasional b.Penyebaran prinsip multi kebudayaan c.Berkembangnya pariwisata d.Berkembangnya mode yang bersekla global,pakaian film e.Bertambah banyaknya event berskla global Hiperkompetisi adalah segala daya upayayang dilakukanbaik dari dunia usaha , dunia industri, maupun pemerintah yang selalu berkompetisi untuk memperolehsimpati dan segmen pasar yang sebanyak banyaknya dan pemanfaatan media komunikasi dan

15

10

informasi sangat gencar dalam publikasi untuk menawarkan produk unggulan yang berkwalitas dengan segala kelebihannya sesuai dengantren yang ada dalam masyarakat.

KARTU SOAL MULTIPLE CHOICE MATA PELAJARAN KURIKULUM JENIS ULANGAN ALOKASI WAKTU BENTUK SOAL JUMLAH SOAL KELAS Standart Kompetensi Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat madani No 1 : PKN : KTSP : BERSAMA : 60 MENIT : ESSAY :5 : XII semua jurusan Soal Berikut katagori pengertian pers sesuai dengan kamus umum bahasa Indonesia, kecuali a. alat cetak untuk mencetak buku atau surat kabar b. merupakan nama seluruh penerbitan atau surat kabar c. alat untuk menjepitatau memadatkan d. surat kabar dan majalah yang berisi berita e. orang yang bekerja di bidang persurat kabaran Perkembangan pers pada jaman Belanda banyak mengalami hambatan, karena pers dianggap sebagai.. a. momok yang harus diperangi b. media yang sering menghasut c. mitra komunikasi yang jujur d. sarana komunikasi yang ampuh e. lembaga yang harus diwaspadai Pada awal revolusi, sesuai dengan fungsinya pers harus menjadi penjaga kepentingan publik atau disebut. a. public of security b. public watchdog c. public of prosperity d. public of opinion e. public of interst Pada masa orde lama, peranan pers lebih banyak merupakan.. a. alat bagi kepentingan rakyat b. penampung aspirasi rakyat c. sosial kontrol rakyat d. alat bagi penguasa e. penyambung lidah rakyat Salah satu alasan pemerintahan orde baru yang kemudian membatasi kebebasan pers pada masa itu adalah. a.Demontrasi insan pers yang anakhis. b. pemogokan penerbitan pers c. munculnya pers asing yang komunis d. terjadinya peristiwa MALARI 1974 e. Pers disusupi kepentingan barat Berikut ini adalah yang termasuk dalam sifat sifat pers yang antara satu negara dengan negara lain berbeda, kecuali. a. pers demokrasi liberal b. pers reformis c. pers komunis d. pers pembangunan e. pers otoriter Jawaban A Bobot 2,5

2,5

2,5

2,5

2,5

2,5

Salah satu misi pers yamg harus ditegakkan di Indonesia adalah. a. melakukan peliputan dengan baik b. selalu berdiri di atas kebenaran c. ikut mencerdaskan masyarakat d. memoerjuangkan rasa keadilan e. mendorong clean governance Jika pers melakukan pengawasan kepada masyarakat tentang tingkah laku yang tidak kehendaki khalayak, maka pers tersebut melaksanakan fungsi.. a. kontrol b. opini publik c. penghubung d. sesnsasi publik e. pendidik

2,5

2,5

10

11

12

13

14

15

16

Sesuai dengan Undang-undang no 40 tahun 1999 tentang PERS, salah satu peranan pers nasional adalah.. a. memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui b. selalu berupaya menggerakkan prakarsa masyarakat c. selalu menjadi penengah dalam mengatasi konflik d. mendorong terwujudnya negara hukum Indonesia e. menyebarluaskan informasi yang terbaru Dalam upaya pers menempatkan kepentingan nasional diatas kepentingan pribadi atau golongan, maka harus dihindari penyebaran secara terbuka atau terselubung ajaran ajaran yang mengarah pada.. a. kapitalisme dan liberalisma b. sosialisme dan ajaran ajarannya c. liberlisme dan ajaran-ajarannya d. komunisme dan ajaran ajarannya e. marxisme dan ajaran-ajarannya. Agar bangsa Indonesia tidak ketinggalan di era globalisasi hal hal yang dapat dilakukan antara lain.. a. menutup diri dari bangsa lain b. membuka seluas-luasnya c. penguasaan berbagai iptek d. menyesuaikan diri dengan keadaan e. memberikan ruang gerak Era Globalisasi membuat batas-batas antara negara menjadi seakan kabur dalam bentuk yang disebut. a. nasionalisasi b. internasionalisasi c. imperalisme d. kepentingan global e. neo imperalisme Bangsa Indonesia harus siap dalam menghadapi era globalisasi abad 21 yang memiliki karakteristik sebagai berikut, kecuali a. perubahan akseleratif b. hiperkompetisi c. lompatan teknologi d. ekonomi pengetahuan e. global dan kompleks Lunturnya nilai-nilai dan semangat kekeluargaan, serta musyawarah mufakat di lembaga DPR, merupakan salah satu indikasi dampak negatif globalisasi dalam bidang.. a. politk b. hukum c. ekonomi d. hankam e. sosial budaya Tokoh yang berpendapat bahwa globalisasi merupakan pertumbuhan yang sangat cepat dan saling ketergantungan adalah.. a. Malcom Waters b. Thomas l Friedman c. Emmanuel Rtcher d. Princeton N Lyman e. Leonor Briones Berikut ini adalah yang termasuk dalam tantangan yang dihadapi dalam era globlalisasi,kecuali

2,5

2,5

2,5

2,5

2,5

`2,5

2,5

2,5

17

a. sikap individu b. diversifikasi masyarakat c. apresiasi generasi muda d. keterbukaan yang lebih tinggi e. demoralisasi nilai-nilai Pengaruh globalisasi pada bidang politik yang paling menonjol antara lain.. a. anggota parlemen yang heterogen b. partisipasi politik rakyat c. pemerintah yang semakin longgar d. demokratisasi dan HAM e. suburnya praktek KKN Hak asasi manusia dan lingkungan, dalam wawasan global merupakan.. a. budaya global b. politik global c. konsep global d. kehidupan global e. isuglobal Jika dewasa ini dapat kita lihat banyaknya tenaga asingyang bekerja disuatu negara atau sebaliknya, hal ini merupakan salah satu indikator aspek globalisasi. a. teknologi b. sosial dan budaya c. industri dan jasa d. lingkungan e. perdagangan Salah satu aspek negatif globalisasi yang memunculkan fanatisme terhadap rasial, etnis dan agama tertentu, disebut sebagai a. fanatisme sempit b. sekterianisme c. chauvanisme d. the global paradox e. primordialisme

2,5

18

2,5

19

2,5

20

2,5

Pungging, 20 Maret 2010 Guru Bidang Studi PKN

Dra. Endang Purwati, M Pd

MATA PELAJARAN KURIKULUM JENIS ULANGAN ALOKASI WAKTU BENTUK SOAL JUMLAH SOAL KELAS

: PKN : KTSP : BERSAMA : 60 MENIT : Multiple Choice/ESSAY : 20/5 : XII semua jurusan

a. b. c. d. e.

a. b. c. d. e.

Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberitanda silang! 1. Berikut katagori pengertian pers sesuai dengan kamus umum bahasa Indonesia, kecuali a. alat cetak untuk mencetak buku atau surat kabar b. merupakan nama seluruh penerbitan atau surat kabar c. alat untuk menjepitatau memadatkan d. surat kabar dan majalah yang berisi berita e. orang yang bekerja di bidang persurat kabaran 2. Perkembangan pers pada jaman Belanda banyak mengalami hambatan, karena pers dianggap sebagai.. momok yang harus diperangi media yang sering menghasut mitra komunikasi yang jujur sarana komunikasi yang ampuh lembaga yang harus diwaspadai 3. Pada awal revolusi, sesuai dengan fungsinya pers harus menjadi penjaga kepentingan publik atau disebut. a. public of security b. public watchdog c. public of prosperity d. public of opinion e. public of interest 4. Pada masa orde lama, peranan pers lebih banyak merupakan.. a. alat bagi kepentingan rakyat b. penampung aspirasi rakyat c. sosial kontrol rakyat d. alat bagi penguasa e. penyambung lidah rakyat 5. Salah satu alasan pemerintahan orde baru yang kemudian membatasi kebebasan pers pada masa itu adalah. .Demontrasi insan pers yang anarkhis. pemogokan penerbitan pers munculnya pers asing yang komunis . terjadinya peristiwa MALARI 1974 Pers disusupi kepentingan barat 6. Berikut ini adalah yang termasuk dalam sifat sifat pers yang antara satu negara dengan negara lain berbeda, a. kecuali. a. pers demokrasi liberal b. pers reformis c. pers komunis d. pers pembangunan e. pers otoriter 7. Salah satu misi pers yamg harus ditegakkan di Indonesia adalah. a. melakukan peliputan dengan baik b. selalu berdiri di atas kebenaran c. ikut mencerdaskan masyarakat d. memperjuangkan rasa keadilan e. mendorong clean governance

8.Jika pers melakukan pengawasan kepada masyarakat tentang tingkah laku yang tidak kehendaki khalayak, maka pers tersebut melaksanakan fungsi.. a. kontrol b. opini publik c. penghubung d. sesnsasi public e. pendidik 9. Sesuai dengan Undang-undang no 40 tahun 1999 tentang PERS, salah satu peranan pers nasional adalah.. a. memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui b. selalu berupaya menggerakkan prakarsa masyarakat c. selalu menjadi penengah dalam mengatasi konflik d. mendorong terwujudnya negara hukum Indonesia e. menyebarluaskan informasi yang terbaru 10. Dalam upaya pers menempatkan kepentingan nasional diatas kepentingan pribadi atau golongan, maka harus dihindari penyebaran secara terbuka atau terselubung ajaran ajaran yang mengarah pada.. a. kapitalisme dan liberalisma b. sosialisme dan ajaran ajarannya c. liberlisme dan ajaran-ajarannya d. komunisme dan ajaran ajarannya e. marxisme dan ajaran-ajarannya.

11. Agar bangsa Indonesia tidak ketinggalan di era globalisasi hal hal yang dapat dilakukan antara lain.. a. menutup diri dari bangsa lain b. membuka seluas-luasnya c. penguasaan berbagai iptek d. menyesuaikan diri dengan keadaan 12.Era Globalisasi membuat batas-batas antara negara menjadi seakan kabur dalam bentuk yang disebut. a. nasionalisasi b. internasionalisasi c. imperalisme d. kepentingan global e. neo imperalisme memberikan ruang gerak 13. Bangsa Indonesia harus siap dalam menghadapi era globalisasi abad 21 yang memiliki karakteristik sebagai berikut, kecuali a. perubahan akseleratif b. hiperkompetisi c. lompatan teknologi d. ekonomi pengetahuan 14.Lunturnya nilai-nilai dan semangat kekeluargaan, serta musyawarah mufakat di lembaga DPR, merupakan salah satu indikasi dampak negatif globalisasi dalam bidang.. a. politk b. hukum c. ekonomi d. hankam e. sosial budayaglobal dan kompleks 15. Tokoh yang berpendapat bahwa globalisasi merupakan pertumbuhan yang sangat cepat dan saling ketergantungan adalah.. a. Malcom Waters b. Thomas l Friedman c. Emmanuel Rtcher d. Princeton N Lyman e. Leonor Briones 16. Berikut ini adalah yang termasuk dalam tantangan yang dihadapi dalam era globlalisasi,kecuali a. sikap individu b. diversifikasi masyarakat c. apresiasi generasi muda d. keterbukaan yang lebih tinggi e. demoralisasi nilai-nilai 17. Pengaruh globalisasi pada bidang politik yang paling menonjol antara lain.. a. anggota parlemen yang heterogen b. partisipasi politik rakyat c. pemerintah yang semakin longgar d. demokratisasi dan HAM e. suburnya praktek KKN 18. Hak asasi manusia dan lingkungan, dalam wawasan global merupakan..

a. budaya global b. politik global c. konsep global d. kehidupan global e. isu global 19. Jika dewasa ini dapat kita lihat banyaknya tenaga asing yang bekerja disuatu negara atau sebaliknya, hal ini merupakan salah satu indikator aspek globalisasi. a. teknologi b. sosial dan budaya c. industri dan jasa d. lingkungan e. perdagangan 20. Salah satu aspek negatif globalisasi yang memunculkan fanatisme terhadap rasial, etnis dan agama tertentu, disebut sebagai a. fanatisme sempit b. sekterianisme c. chauvanisme d. the global paradox e. primordialisme Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jelas dan benar! 1. Pasal 6 UU Pers No 40 Th 1999 tentang peranan Pers, Jelaskan peranan Pers tsb! 2. .Pers memiliki banyak fungsi yang positif dalam mewujudkan pemerintahan yang demokratis.Uraikan hal hal yang dapat dilakukan oleh pes yang memiliki kebebasan dalam menjalankan fungsi kontrol di suatu negara! 3 Meskipun pers memiliki fungsi sebagai hiburan dan pendidikan bagi masyarakat, namun terkadang masih ada pers yang menyuguhkan tayangan yang tidak mendidik(menumpulkan rasionalitas)mengekspos sexualitas tubuh perempuan dan juga kekerasan. Jelaskan bagaimana pendapatmu terhadap pers ini! 4. Jelaskan ciri-ciri perkembangan Globalisasi Kebudayaan! 5. Ada beberapa tren globalisasi, salah satunya adalah Hiperkompetisi, jelaskan apa yang dimaksud Hiperkompetisi Tsb!

A.PILIH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT DENGAN MEMILIH SATU HURUP a.b.c.d.atau e.

1. Pengakuan persamaan derajat, hak dan kewajiban antara sesama manusia merupakan salah satu
penjabaran nilai sila. a. Ketuhanan Yang Maha Esa b. Kemanusiaan yang adil dan beradab c. Persatuan Indonesia d. Kerakyatan yang dipimpin oleh oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan /perwakilan e. Keadilan social bagi seluruh trakyat Indonesia Tujuan Negara Indonesia yang bersifat internasional sebagai tertuang dalam pembukaan UUD 1945yaitu a. Menciptakan lapangan kerja seluas luaasnya dengan mengirim TKI ke luar negeri b. Menciptakan stabilitas keamanan yang mantap c. Memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa d. Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan social e. Mewujudkan kemerdekaan Negara Indonesia dari cengkeraman penjajah demi kehormatan bangsa dan Negara. Prinsip keadilan sosial dalam batang tubuh UUD 1945 antara lain tercermin dalam pasal 34 yang mengatur a. Perlunya asas legalitas b. Pemeliharan falir miskin dan anak terlantar c. Persamaan hukum dan pemerintahan d. Pentingnya kesejahteraan social e. Perlindungan terhadap kepentingan semua warga Nilai dasar yang terkandung dalam UUD 1945 ialah menjunjung tinggi hak asasi manusia dengan berpangkal atas a. Ketetapan MPR b. Pengakuan warga Negara sebagai makhluk pribadi dan makhluk social

2.

3.

4.

c. Keseimbangan antara individu dan masyarakat d. Hak hak kodrat seorang manusia e. Pengakuan dan jaminan hak hak asasi manusia. 5. Nama Pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia pertama kali dikukuhkan oleh a. Ir soekarno b. Mr. ahkmad soeharjo c. Drs Moh Hatta d. H Agus Salim e. Mr Moh Yamin 6. Dasar Negara yang dimiliki suatu bangsa biasanya bersumber dari ciri-ciri khas bangsa bersangkutan . hal itu sering disebut. a. Pandangan hidup bangsa b. Pedoman hidup bangsa c. Kepribadian bangsa d. Falsafah bangsa e. Ideology bangsa 7. Konstitusi merupakan dokumen hukum dan mengandung cita-cita social bangsa , rumusan fiosofis Negara, system ekonomi, dan system politik yang ngin dikembangkan oleh bangsa bersangkutan .Pernyataan tersebut menunjukkan kategori konstitusi sebagai konstitusi.. a. Ideology b. Politik c. Ekonomi d. Social e. Budaya 8. Dilihat dari bentuknya Undang-undang Dasar adalah. a. Hukum dasar b. Undang-undang c. Konvensi d. Kontitusi e. Yuresprodensi 9. Secara yuridis konstitusional, kedudukan Pancasila sebagai dasar Negara tercantum dalam pembukaanUUD 1945 pada a. Alenia I b. Alenia II c. Alenia III d. Alenia IV e. Alenia I dan III 10. Pancasila ditetapkan menjadidasar falsafah atau ideology Republik Indonesia pada. a. 18 Agustus 1945 b. 16 Agustus 1945 c. 17 Agustus 1945 d. 19 Agustus 1945 e. 15 Agustus 1945 18Pancasila disyah kan sebagai dasar Negara oleh a. PPKI b. BPUPKI c. Presiden Soekarno d. Moh Hatta e. Moh Yamin 11. Kata atau istilah Pancasila berasal dari bahasa sanksekerta yaitu Panca dan sila yang berarti a. Satu dasar b. Dua dasar c. Lima dasar d. Empat dasar e. Tiga dasar 12. Pancasila berfungsi sebagai pengatur hidup kemasyarakatan pada umumnya. Hal ini merupakan fungsi .pancasila a. Fungsi yuridis b. Fungsietis c. Fungsi sosiologis d. Fungsi filosofis e. Fungsi geografis 13. Ideologi terbuka mempunyai cirri-cirikhas yaitu.. a. Nilai-nilai dan cita-citanya tidak dipaksakan dari luar, melainkan digali dan diambil dari harta kekayaan rohani, moral, dan budaya masyarakat itu sendiri b. Cita-cita yang dipaksakan dari luar c. Besarnya perbedaan antara tuntutan berbagai ideology yang memungkinkan hidup dalam masyarakat d. Berkembang seiring dengan kemampuan masyarakat e. Nilai-nilai dan cita-citanya berasal dari dalam 14. Hakekat kedudukan Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional mengandung konsekwensi bahwa.. a. Pancasila merupakan tujuan pembangunan nasional b. Segala aspek pembangunan harus didasasrkan pada nilai nilai pancasila

c.

d.
e. e. paaarlemen 66.

Dalam pelaksanaan pembangunan tidak perlu memperhatikan nilai pancasila Pembangunan tidak ada hubungannya dengan pancasila Pancasila tidak menghendaki perubahan

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Ideologi tertutup dan ideologi

terbuka, serta ciri-cirinya! 2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Pancasila sebagai dasar Negara! 3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Pancasila sebagai pandangan hidup Bangsa! 4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Pancasila sebagai Ideologi bangsa! 5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Pancasila sebagai Jati diri Bangsa! 2.5. Kunci jawaban . 1. Yang dimaksud dengan Ideologi tertutup: merupakan suatu sistem pemikiran tertutup.Ciri-cirinya adalah: a). Merupakan cita-cita sekelompok orang untuk mengubah dan memperbarui masyarakat. b). Pengorbanan-pengorbanan yang dibebankan kepada masyarkat dibenarkan atas nama ideologi. c). Tidak hanya berisi nilai-nilai dan cita-cita tertentu melainkan juga tuntutan tuntutan keras yang konkret dan operasional, sarat diajukan secara mutlak. Yang dimaksud dengan ideologi terbuka, merupakan suatu pemikiran terbuka.Ciri-cirinya adalah: Nilai-nilai dan cita-cita tidak dapat dipaksakan dari luar, melainkan diambil dan digali dari moral dan budaya masyarakat itu sendiri. 2. Yang dimaksud dengan Pancasila sebagai dasar Negara adalah Pancasila menjadi sumber hukum yang berlaku di Indonesia. Dengan demikian, segala peraturan perundang-undangan harus merupakan penjabaran dari prinsipprinsip yang terkandung dalam Pancasila.Segala peraturan perundangundangan yang tidak kompatibel/mengacu pada Pancasila dapat dinyatakan batal demi hukum. Pancasila sebagai dasar negara ditansformasikan menjadi norma hukum yang bersifat memaksa, mengikat, dan mengandung sanksi. 3. Yang dimaksud dengan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa adalah Karena nilai yang terkandung didalam Pancasila tidak lain adalah kristalisasi dari nilai-nilai yang terdapat dalam berbagai pandangan hidup masyarakat, maka sesungguhnya Pancasila itu sendiri mencerminkan pandangan bangsa Indonesia.

4. Yang dimaksud dengan Pancasila sebagai Ideologi bangsa adalah Pancasila adalah falsafah hidup yang berkembang dalam sosio-budaya Indonesia. Nilai

Pancasila yang telah terkristalisasi dianggap sebagai dasar dan puncak (sarisari) budaya bangsa. 5. Yang dimaksud dengan Pancasila sebagai Jati diri Bangsa adalah pandangan hidup yang berkembang didalam masyarakat yang menjadi kesepakatan bersama, berisi konsep, prinsip, dan nilai dasar yang diangkat menjadi dasar negara sebagai landasan statis, ideology nasional, dan sebagai landasan dinamis bagi bangsa yang bersangkutan dalam menghadapi segala permasalahan menuju cita-cita. formatif 2 1. Jelaskan yang dimaksud dengan pengertian nilai! 2. Jelaskan mengapa Pancasila disebut sebagai sumber nilai! 3. Jelaskan nilai obyektif dan nilai subyektif Pancasila! 4. Sebutkan Pancasila sebagai sumber nilai kehidupan berbangsa 5. Sebutkan Pancasila sebagai sumber nilai kehidupan bernegara .5. Kunci Jawaban 1. Pengertian nilai adalah sesuatu yang abstrak dan tidak dapat disentuh oleh panca indera. Yang dapat ditangkap adalah barang atau laku perbuatan yang mengandung nilai itu. Nilai merupakan suatu penghargaan atau kualitas suatu hal yang dapat menjadi dasar penentu tingkah laku manusia 2. Pancasila disebut sebagai sumber nilai karena nilai nilai dasar dari sila pancasila bersumber dari adat dan kebiasaan , atau budaya bangsa Indonesia sendiri 3.Nilai obyektif dan nilai subyektif dari Pancasila: a) Nilai Obyektif merupakan suatu hal yang objektif dan membentuk semacam dunia nilai, yang menjadi ukuran tertinggi dari perilaku manusia (menurut filsuf Max Scheller dan Nocolia Hartman). b).Menurut Nietzche, nilai yang dimaksudkan adalah tingkat atau derajat yang diinginkan oleh manusia. Nilai, yang merupakan tujuan dari kehendak manusia yang benar, sering ditata menurut susunan tingkatannya yang dimulai dari bawah, yaitu nilai hedonis (kenikmatan), nilai utilitaris (kegunaan), nilai biologis (kemuliaan), nilai diri estetis (keindahan, kecantikan), nilai nilai pribadi (sosial, baik), dan yang paling atas adalah nilai religius (kesucian). 4. Pancasila sebagai sumber nilai kehidupan berbangsa Sumber nilai kehidupan bangsa Indonesia adalah sila Ketuhanan Yang Maha Esa. Sila ini juga merupakan norma dasar yang mengatur hubungan manusia sebagai individu dan anggota kelompok dengan sesamanya, Negara, pemerintah, serta bangsa lain di dunia. Ketuhanan Yang Maha Esa menjiwai, mendasari, dan memimpin perwujudan 5. Pancasila sebagai sumber nilai kehidupan bernegara: Di dalam tata nilai kehidupan bernegara, ada yang disebut sebagai nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praktis. Nilai dasar adalah asas-asas yang diterima sebagai

dalil yang kurang lebih mutlak. Nilai dasar berasal dari nilai-nilai kultural atau budaya yang berasal dari budaya bangsa Indonesia itu sendiri. 1. Deskripsaikan Pancasila sebagai paradigma Pembangunan! 2. Uraikan makna dan hakikat pembangunan! 3. Deskripsikan visi pembangunan nasional! 4. Jelaskan bagimana sikap positif terhadap Pancasila sebagai pengalaman obyektif! 5.Jelaskan bagaimana sikap positif terhadap Pancasila sebagai pengalaman 4.5.Kunci Jawaban 1.Pancasila sebagai paradigma Pembangunan adalah Dalam pembangunan nasional, Pancasila adalah paradigma karena dijadikan landasan, acuan, metode, nilai, dan tujuan yang ingin dicapai setiap program pembangunan Negara Republik Indonesia. 2.Makna dan hakikat pembangunan Pembangunan nasional merupakan rangkaian upaya pembangunan yang berkesinambungan dan meliputi seluruh kehidupan masyarakat, bangsa dan negara untuk mewujudkan tujuan nasional yang termaktub dalam Pembukaan UUD 1945. Tujuan yang dimaksud adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum. Mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Hakikat pembangunan nasional adalah pembangunan Indonesia seutuhnya dengan Pancasila sebagai pedomannya. 3. Visi pembangunan nasional adalah: (1) Pengalaman Pancasila secara konsisten dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. (2) Penegakan kedaulatan rakyat dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. (3) Peningkatan pengalaman ajaran agama dalam kehidupan sehari hari untuk mewujudkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan persaudaraan umat beragama yang berakhlak mulia, toleran, rukun, dan damai. 4. Pengalaman secara objektif yaitu melaksanakan dan menaati peraturan perundang undangan sesuai norma hukum Negara yang berlandaskan Pancasila Sikap positif terhadap Pancasila sebagai pengalaman obyektif adalah

5. Sikap positif terhadap Pancasila sebagai pengalaman

subyektif adalah

Pengalaman secara subjektif adalah menjalankan nilai nilai Pancasila yang berwujud norma etik secara pribadi atau kelompok sebagai pedoman bersikap dan bertingkah laku dalam kehidupan berbangsa dan bernegaRA 1. Jelaskan pengertian sistem pemerintahan ! 2. Uraikan jenis jenis sistem pemerintahan! 3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem pemerintahan presidensil! 4. Jelaskan apa yang di maksud dengan sistem pemerintahan Parlementer! 5. Sebutkan ciri-ciri sistem pemerintahan parlementer.! 2.5.Kunci jawaban tes formatif 1 1. Pengertian sistem pemerintahan adalah suatu kebulatan atau keseluruhan yang kompleks dan terorganisasi, suatu himpunan atau perpaduan hal hal atau bagian bagian yang membentuk suatu kebulatan atau keseluruhan yang kompleks atau utuh. Di dalam suatu sistem terdapat komponen komponen yang merupakan suatu sub sistem tersendiri. Komponen komponen tersebut mempunyai fungsi masing masing, saling berhubungan satu sama lain menurut pola, tata, atau norma tertentu dalam rangka mencapai tujuan. 2. Jenis jenis sistem pemerintahan yaitu: a. Demokrasi yang Representatif dengan Sistem Parlementer Sistem ini berlaku di Eropa Barat dengan Inggris sebagai pelopornya. Penganut sistem ini berpendapat bahwa yang dikehendaki oleh Montesquie adalah hubungan timbal balik antara suatu organ pemerintahan dengan organ lainnya. b. Demokrasi yang representatif dengan sistem pemisahan kekuasaan Para perumus konstitusi Amerika Serikat menafsirkan ajaran Trias Politica Montesquieu sebagai pemisahan kekuasaan secara mutlak. Penafsiran ini melahirkan suatu sistem pemerintahan presidensial. c. Demokrasi yang representatif dengan sistem referendum Sistem seperti ini diterapkan di Swiss Menurut penafsiran penganut sistem ini, badan eksekutif hanyalah merupakan badan pelaksana apa yang telah diputuskan oleh badan legislatif. Sistem seperti ini disebut sistem referendum atau sistem badan pekerja. 3.Yang dimaksud dengan sistem pemerintahan presidensil adalah dalam sistem ini pemerintahan presidensial, pada dasarnya kekuasaan Negara berpusat pada presiden. Namun, dalam pelaksanaan tugas kenegaraan, pertimbangan lembagalembaga pemerintah lainnya tetap menjadi penyeimbang. yang disebut sistem eksekutif

4. Yang di maksud dengan sistem pemerintahan Parlementer adalah sistem pemerintahan parelementer merupakan sistem pemerintahan yang dipimpin oleh seorang perdana menteri. Sistem pemerintahan parlementer ditandai oleh adanya suatu hubungan yang erat antara eksekutif dan parlemen. 5. Beberapa ciri sistem pemerintahan parlementer adalah sebagai berikut. (4) Kabinet yang dipimpin oleh perdana menteri dibentuk oleh kekuatan yang menguasai parlemen. (5) Kabinet dan perdana menteri bertanggung jawab kepada parlemen. Apabila kabinet atau anggotanya mendapat mosi tidak percaya dari parlemen, maka kabinet atau orang yang bersangkutan harus mengundurkan diri. (6) Sebagai imbangan, apabila kabinet dijatuhkan, kepala negara (presiden/raja atau ratu) melalui saran atau nasihat dari perdana menteri dapat membubarkan parlemen. 1. Jelaskan mengenai sistem Pemerintahan Indonesia pada awal kemerdekaan.! 2. Jelaskan upaya pemerintah dalam menangani beberapa kali pergantian kabinet.! 3.Sebutkan faktor penyebab tindakan pemerintah yang berupaya mengatasi keadaan darurat di dalam negeri.! 4. Jelaskan sistem pemerintahan setelah adanya perubahan UUD 1945!. 5. Jelaskan kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintah Negara RI.! .5. Kunci jawaban 1. Sistem Pemerintahan Indonesia pada awal kemerdekaan.yaitu: Sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia sejak awal kemerdekaan mengacu pada isi UUD 1945, sistem pemerintahan Indonesia bersifat presidensial, yaitu para menteri tidak bertanggung jawab kepada badan legislatif. Para menteri hanya bertindak sebagai pembantu presiden. 2. kabinet.adalah sistem pemerintahan Indonesia pernah mengalami perubahan, menjadi parlementer. Sejak November 1945, berdasarakan Maklumat Wakil Presiden No. X tanggal 16 Oktober 1945. Pengumuman Badan Pekerja tanggal 14 November 1945, dan Maklumat Pemerintah tanggal 14 November 1945, tanggung jawab politik terletak di tangan para menteri. Sejak berlakunya sistem Kabinet Parlementer (14 November 1945) sampai dengan keluarnya Dekrit Presiden (5 Juli 1945), 3.Faktor penyebab tindakan pemerintah yang berupaya mengatasi keadaan darurat di dalam negeri.yaitu: a). Keluarnya Maklumat Presiden untuk mengambil alih kekuasaan sejak 28 Upaya pemerintah dalam menangani beberapa kali pergantian

Juni sampai 2 Oktober 1946, karena adanya penculikan terhadap beberapa anggota kabinet oleh Persatuan Perjuangan. b).Maklumat Presiden untuk mengambil alih kekuasaan sejak 27 Juni sampai 3 Juli 1947, karena keadaan darurat yang timbul paska penandatanganan Pesetujuan Linggarjati. c).Pemberian kekuasaan penuh pada presiden untuk mengatasi pemberontakan PKI Madiun. Hal tersebut terjadi dengan keluarnya undang-undang badan legislatif (yaitu Badan Pekerja yang bertindak atas nama Komite Nasional). 4. Sistem pemerintahan setelah adanya perubahan UUD 1945 adalah UUD 1945 telah mengalami empat kali perubahan, yaitu Perubahan Pertama tahun 1999, Perubahan Kedua tahun 2000, Perubahan Ketiga tahun 2001, dan Perubahan Keempat tahun 2002. Dalam empat kali perubahan itu, UUD 1945 yang asli telah mengalami perubahan materi yang sangat mendasar. 5. Kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintah Negara RI. Kelebihan Kekurangan 1. Adanya pernyataan bahwa Indonesia 1. Produk hukum belum banyak memihak adalah Negara berdasar atas hukum dan sistem konstitusional. Hal ini telah memberikan kepastian hukum dan supermasi hukum dalam penyelenggaraan pemerintahan kepentingan rakyat, demikian juga aparat penegak hukum (polisi, jaksa, dan hakim) yang masih belum bekerja (beberapa oknum) secara professional sehingga dapat diajak berkolusi.

Negara. 2. Majelis Permusyawaratan Rakyat, 2. Majelis Permusyawaratan Rakyat yang yang terdiri dari anggota DPR, Utusan Daerah, dan Utusan Golongan (sekarang DPR dan DPD), berwenang mengubah UUD dan memberhentikan menurut UUD. Presiden/Wakil Hal ini pernah Presiden dalam masa jabatannya dilakukan karena Presiden dinilai telah melanggar haluan negara atau UUD 1945. Contoh: Presiden B.J. Soekarno (1967), Presiden anggota-anggotanya terdiri atas anggota DPR, Utusan Daerah dan Utusan Golongan (sekarang DPR dan DPD), merupakan lembaga Negara yang sarat dengan keputusan muatan politis sehingga ketetapanmaupun

ketetapannya sangat bergantung kepada konstelasi politik rezim yang berkuasa pada saat itu. Contoh, pada masa Orde Baru, wewenang MPR untuk mengubah UUD tidak pernah dilakukan, meskipun banyak suara-suara rakyat yang menghendaki Ketetapan amandemen. No. Keputusan

Habibie (1999), dan Presiden K.H. Abdurahman Wahid (2002).

politik masa itu ialah dikeluarkannya MPR IV/MPR/1983 tentang Referendum bila ingin mengubah

UUD 1945.

PEMERINTAH KABUPATEN MOJOKERTO DINAS PENDIDIKAN


UNIT PELAKSANA TEKNIS SATUAN PENDIDIKAN

SMK NEGERI 1 PUNGGING


Jl. Raya Trawas Pungging Mojokerto Tlp./Fax. 0321-593257 Kode Pos 61384 Email: smkn1pungging_mjk@yahoo.co.id

http//www.smkn1pungging.sch.id
Cert. No. : 7599341548

Mata Ujian Kelas Program Keahlian

: PKN : XII : SEMUA JURUSAN

Hari / Tanggal Waktu Guru

: Selasa, 14 Desember 2010 : 60 Menit : Dra. Endang Purwati, M.Pd

PAKET : A
A. Choose for one the most answer duly selectively one a's font,b,c,d, or e 1. Point already becomes subconscious or one personality push. its arises action without thinking length again be savvy of........ a. Dominant point d. Appreciative spirituality. b. Ingrained point. e. vital's point. c. Point significant. 2. Indonesian man is part of the world citizen that believes to mark sense degree equation principle and man dignity constitute stemmed statement of appreciative..... a. Mighty divinity One b. Fair and genteel humanitarianism. c. Indonesian association. d. Headed by populist wisdom blessing. e. Social justice for all Indonesia people. 3. National development performing shall base Pancasila because development which we do aim........ a. To render man and Indonesia society that completely. b. Competitive product production at international market. c. Of directness of generation goes to responsible generation. d. Resulting man and forward society that gets Indonesia personality. e. Rendering civic society that have superior personality. 4. Pancasila's performing as Paradigm Of development amongst those with building Indonesian man completely It contains that mean....... a. Full responsible society to national development. b. Forming man who can live independent. c. Development is accentuated on economic area and cultural. d. Man indonesianing to have essential role in development. e. Development covers materiil spirituil's area to all people... 5.Keselamatan bangsa dan Negara diatas kepentingan pribadi atau golongan merupakan Perwujudan sila a. Ketuhanan YangMaha Esa b.Kemanusiaan yang adil dan beradap c.Persatuan Indomesia d.Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kerbijaksanan dalam permusyawatan /perwakila e.Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia 6.Pancasila merupakan sumber kaidah hukum yang secara konstantional mengatur Negara Republik Indonesia beserta unsur- unsurnya. Yang termasuk unsur Negara adalah. a. Rakyat, TNI/POLRI, pemerintah negara b. Rakyat, pemerintahan Negara, partai politik c. Rakyat, wilayah, pemerintahan Negara d. Wilayah, TNI/POLRI, pemerintah Negara e. Wilayah , rakyat, partai politik 7. Salah satu bentuk pengamalan sila kemanusiaan yang adil dan beradap ialah Menghargai hasil karya orang lain Menghormati hak orang lain Menolong orangl ain agar mampu berdikari Rela berkorban demi kepentingan bangsa Berani membela kebenaran dan keadilan.

a. b. c. d. e.

8.

9.

Bangsa Indonesia telah memiliki Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa. Hal ini berarti bahwa bangsa Indonesia. a. Bebas menentukan sikap terhadap bangsa lain didunia b. Mempunyai pegangan dan pedoman dalam memecahkan masalah bangsa c. Tidak perlu tahu ideology bangsa lain yang berasal dari luar d. Telah menunjukkan kepada dunia akan keberhasilannya dalam berjuang melawan penjajah e. Tidak perlu menjalin kerjasama dengan bangsa yang pernah menjajah Indonesia. Pancasila sebagai landasan penyelenggaraan pemerintahan dan kenegaraan merupakan fungsiPancasila sebagai. a. Dasar Negara b. Pandangan hidup bangsa c. Perjanjian luhur bangsaIndonesia d. Tujuan bangsa Indonesia e. Jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia

10. Suatu pemerintahan yang hanya melaksanakan tugas eksekutif saja disebut pemerintahan
a. Fungsi b. Luas c.Sempit d.Organ e. Klasik 11. Suatu faham yang bertujuan memperluas fungsi Negara dan menuntut penguasaan bersama dari alat-alat produksi disebut teori. a. Sosialisme b. Sindikalisme c. Kominisme d.Anarkhisme e. Fasicsme 12. Sindikalisme merupakan suatu gerakan politik yang dimulai sekitar tahun 1890 di .. a. Perancis b.Inggris c. Amerika d. Jerman e. Uni soviet 13. Paham yang berusaha mengutamakan kesejahteraan kolektif dengan menyediakan jasa-jasa yang tidak diberikan oleh usaha usaha swasta adalah. a. Sosialisme b.Sindikalisme c. Komunisme d.Kolektivitas empiris e. Fasicsme 14.Sistem pemerintahan dimana badan eksekutif sebagai pelaksanan kekuasaan eksekutif mendapat pengawasan langsung dari badan legislative disebut dengan.. a. Presidensiil b. Republic c. Kerajaan d. Parlementer e. Kanselir 15. Contoh Negara yang menganut sIstem pemErintahan presidensill. a. Malaysia b. Inggris c.Perancis d.Jepang e Amerika Serikat 16. Kabinet yang disusun anggotanya terdiri dari seluruh partai yang mewakili dalam parlemen disebut a. Partai b. Persatuan c. Koalisi d. Nasional e. Gotongroyong. 17. Demokrasi dengan sistem referendum masih diterapkan di Negara a. Inggris d. Swiss b. Perancis e. Jerman c. RRC 18. Salah satu cirri pemerintahan yang demokratis, yaitu. a. Terjaminnya hak-hak warga negara b. Terlaksananya pembengunan nasional c. Adanya pembegian kekuasaan d. Terwujudnya keadilan social e. Adanya kekuasaan kehakiman yang mandiri 19. Hak warga Negara untuk ikut serta dalam pemerintahan diatur dalam UUD Negara RI 1945, khususnya pasal. a. Pasal 27 b. Pasal 31

c. Pasal 29 d. Pasal 28 e. Pasal 30 20. Berikut ini merupakan ciri dari pemerintahan Konstitusi adalah a. Indonesia adalah Negara berdasarkan atas hokum (rechtsstaat) b. Kekuasaan Negara yang tertinggi di tangan MPR c.Jaminan atas hak asasi manusia dan hak- hak warga Negara d. Presiden tidak bertanggungjawab kepara DPR e. Kekuasaan kepala Negara tidak tak terbatas B. Answer this following question correctly 1.Word what do intended with Pancasila base State! 2.Jelaskan yang dimaksud dengan pengertian nilai! 3 Sebutkan Pancasila sebagai sumber nilai kehidupan berbangsa 4.Uraikan jenis jenis sistem pemerintahan! 5.Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem pemerintahan presidensil!

PEMERINTAH KABUPATEN MOJOKERTO DINAS PENDIDIKAN

UNIT PELAKSANA TEKNIS SATUAN PENDIDIKAN

SMK NEGERI 1 PUNGGING


Jl. Raya Trawas Pungging Mojokerto Tlp./Fax. 0321-593257 Kode Pos 61384 Email: smkn1pungging_mjk@yahoo.co.id

http//www.smkn1pungging.sch.id
Cert. No. : 7599341548

Mata Ujian Kelas Program Keahlian

: PKN : XII : SEMUA JURUSAN

Hari / Tanggal Waktu Guru

: Selasa, 14 Desember 2010 : 60 Menit : Dra. Endang Purwati, M.Pd

PAKET : B
A. choose for one the most answer duly selectively one a's font,b,c,d, or e

1. Pancasila's point top if as compared to other ideologies are........ a. Liabilities to environmentally been felt greater. b. can unity nation potency eminently. c. Are not effected absolutely by world outer. d. Pointing out indonesian success in development. e. Consistent with free abroad performing active. 2. Attitude that doesn't back up to assess association and indonesian nation unity is..... a. Pride gets Indonesia nationality b. Placing nation safety at personal behalf bag and faction c. Instituting serikat's state because Indonesia gets composite character d. Stuck with national ideology e. Pride utilizes home affairs production 3. This following constitute senate special power is . a. Refusing clerk appointment that was chosen by by to president responsible position is of important b. Add financially state passes through law c. Advancing impeaghment d. Choosing president e. Stopping is president 4. This following not such pressiden Suharto's governance weakness at its economic area a. Its gum is cultural feudalism b. Indigent resident by and large still concentrated at rural isa c. Tall propertied zoom just enjoyed by a is person tetentu's group d. Development' s fund less socialization e. Its happening is economic crisis and continuous trust. 5.Kekuatan (daya tahan) suatau ideologi antara lain sangat bergantung pada dimensi idealisme yang terkandung didalamya yaitu ideologi tersebut.......... a.Memiliki keluwesan yang memungkinkan pengembangan pemikiran baru. b.Membei harapan tentang masa depan yang lebih baik. c.Berakar dan hidup dalam masyarakat atau bangsa. d.Bersumber dari budaya dan pengalaman sejarahnya. e.Tidak kehilangan jati dirinya karena munculnnya gagasan baru. 6.Pancasila secara yuridis konstitusional tercantum didalam pembukaan UUD 1945.

Hal ini menunjukkan kedudukan Pancasila sebagai......... a.Pandangan hidup bangsa. b.Ideologi terbuka. c.Jiwa dan kepribadian bangsa. d.Penangkal budaya asing. e.Dasar Negara. 7.Yang dimaksud dengan nilai instrumental adalah..... a.Nilai-nilai yang relatif tetap b.Nilai-nilai yang sesungguhnya dilaksanakan c.Nilai-nilai yang dijabarkan dalam bentuk peraturan perundang-undangan d.Operasionalisasi nilai-nilai yang dijabarkan dalam bentuk sikap dan perbuatan e.Nilai-nilai yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 8. Pancasila sebagai ideologi nasional telah dikukuhkan secara konstitusional pada tanggal...... a.29 Mei 1945. d. 18 Agustus 1945. b.I Juni 1945. e. 27 Agustus 1945. c.17 Agustus 1945. 9. Pancasila merupakan ideologi terbuka maksudnya adalah....... a.Dapat menerima semua pengaruh dari luar. b.Membuka didri dalam pergaulan antar bangsa. c.Tidak membatasi diri dalam segala aspek kehidupan. d.Menerima semua saran dan kritik dari manapun. e.Dapat berinteraksi dengan perkembangan jaman. 10 Fungsi Pancasila dalam hubunganya dengan pengaruh budaya asing dan IPTEK adalah....... a.Pandangan hidup. b.Penyaring. c.Jiwa dan kepribadian bangsa. d.Dasar Negara. e.Perjanjian luhur bangsa Indonesia. 11.Dengan Pancasila kita memiliki ciri khas yang tidak dimiliki bangsa lain.Hal ini berhubungan dengan fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai......... a.Dasar Negara. d. Perjanjian luhur bangsa Indonesia. b.Pandangan hidup. e. Tujuan yang hendak dicapai. c.Jiwa dan kepribadian bangsa. 12. Pancasila merupakan sumber dari segala hukum, hal ini mengandung konsekuensi bahwa............ a.Semua peraturan harus mengandung nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila. b.Semua peraturan yang ada sebelum UUD 1945 tidak berlaku. c.Semua warga negara harus tunduk dan patuh terhadap Pancasila. d.Segala produl perundang-undangan tidak boleh bertentangan dengan Pancasila. e.Undang-undang harus mengandung unsur Pancasila. 13. Paham yang beranggapan bahwa fungsi Negara seharusnya diselenggarakan oleh perhimpunan yang dibuat secara sukarela tanpa alat pemaksa adalah faham. a. Sosialime b. Komiunisme c. Kolektivisme d. Anarkhisme e. Fascism. 14. Setelah dekrit Presiden 5 juli 1959 sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia, yaitu.. a. Demokrasi parlementer b. Demikrasi presidensiil c. Demokrasi quasi parlementer d. Demokrasi extra parlementer e. Demokrasi quasi presidensill 15. Menurut konstitusi Amerika Serikat, presiden memegang jabatan selama . a. 5tahun b. 4 tahun c.3 tahun d. 7 tahun

e. 6 tahun 16.Salah satu contoh hak prerogratif prewiden menurut UUD Negara RI 1945 ialah.. a. Menyetujui undang-undang b. Menetapkan APBN c. Mengangkat anggota MPR d. Membuat undang-undang 17.Satu ciri sistem pemerintahan parlementer, yaitu. a. Menteri bertanggungjawab kepada presiden b. Menteri diangkat dan diberhentikan oleh pressiden c. Mentri bertanggungjawab kepada parlemen d. Tidak ada pemisahan kekuasaan pemerintah e.Tidak ada pemilihan umum. 18.Berikut ini merupakan kelebihan dari sistem pemerintahan presidensiil. Kecuali. a. Badan eksekutif lebih stabil kedudukannya karena tidak tergantung pada parlemen b. Masa jabatan badan eksdekutif lebih jelas dengan jangka waktu tertenu c. Adanya pengawasan yang kuat dari perlemen terhadap kabinet sehingga kabinet menjadi berhati hati dalam menjalankan pemerintahan. d.Penyusun program kerja cabinet mudah disesuaikan dengan jangka waktu masa jabatannya e. Legislative bukan tempat kaderisasi untuk jabatan-jabatan eksekutif karena dapat diisi oleh orang luar termasuk anggota parlemen sendiri 19. Berikut ini yang merupakan kekurangan dari sistem pemerintaha presidensil ialah. a. Kedudukan badan eksekutif /kabinet sangat tergantng pada mayoritas dukungan b. kedudukan badan eksekutif atau Kabinet tidak bisa ditentukan berakhir sesuai dengan masa jabatannya karena sewaktu-waktu kabunet bubar c.Kabinet dapat mengendalikan parlemen d. Parlemen menjadi tempat kaderisasi bagi jabatan-jabatn eksekutif e. Kekuasaan eksekutif diluar pengawasan langsung legislative sehingga dapat menciptakan kekuasaan mutlak. 20. Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri peerintahan sistem parlementer, ialah.. a. Parlemen memiliki kekuasaan besar sebagai badan perwakilan dan lembaga legislatif b. Presiden tidak berada dibawah pengawasan langsung c. Partai politik yang menang dalam pemilihan umum memiliki peluang besar menjadi mayoritas dan memiliki kekuasaan besar di parlemen a. Pemerintah atau kabinet terdiri dari atas para menteri dan perdana menteri sebagai pemimpin kabinet b. Perdana menteri dipilih oleh parlemen untuk melasanakan kekuasaan kesekutif. B. Answer this following question correctly 1. Word what do intended with Pancasila as Ideology Of nation!. 2. Jelaskan nilai obyektif dan nilai subyektif Pancasila! 3. Jelaskan Pancasila sebagai sumber nilai! 4. Jelaskan apa yang di maksud dengan sistem pemerintahan Parlementer! 5. Sebutkan ciri-ciri sistem pemerintahan parlementer

PEMERINTAH KABUPATEN MOJOKERTO DINAS PENDIDIKAN


UNIT PELAKSANA TEKNIS SATUAN PENDIDIKAN

SMK NEGERI 1 PUNGGING


Jl. Raya Trawas Pungging Mojokerto Tlp./Fax. 0321-593257 Kode Pos 61384 Email: smkn1pungging_mjk@yahoo.co.id

http//www.smkn1pungging.sch.id
Cert. No. : 7599341548

Mata Ujian Kelas Program Keahlian

: PKN : XII : SEMUA JURUSAN

Hari / Tanggal Waktu Guru

: Selasa, 14 Desember 2010 : 60 Menit : Dra. Endang Purwati, M.Pd

PAKET : C
A. Choose for one the most answer duly selectively one a's font,b,c,d, or e 1. Incoming strange points to Indonesian have we selections by........ a. Refuse all strange culture. b. Don't allow to demonstrate art of other state. c. Shut up semia TV's network abroad. d. Stuck with national ideology. e. Imitating like-minded strange culture dngan our nation. 2. Strange culture that we can apply because its positive character among those...... a. Discipline and tall job ethos. b. absolute freedom. c. At liberty gets religion and also irreligious. d. Arrange changing politics radically. e. More accentuates materiil instead of spiritual. 3.Indonesian governance system terminologicals UUD 1945 follows system 's governances a. Presidensil b. Parliamentary c.Communism d.Anarkhisme e.Monarchy 4. Senator chose by .. a. president b. DPR c. people d. legislative's body e. parliament 5.Reformasi memiliki beberapa tujuan sebagai berikut,kecuali. a. Memantapkan posisi ststus quo b. Membentukpemerintahan yasng bersih dan berwibawa c. Mewujudkan masyarakat yang demokratis d. Menjamin hak asasi manusia e. Menata kembali kehidupan berbangs adan bernegara 6.Suatu ideologi harus mampu mencerminkan realitas yang hidup dan berkembang dalam masyarakat, merupakan dimensi structural Pancasila sebagai ideologiterbuka yang disebut dimensi a. Materiali

b. Realistis c. Normative d. Naturalis e. Idealis 7.Aktualisasi Pancasila pada setiap individu, terutama dalam aspek moral yang berkaitan dengan hidup Negara dan masyarakat disebut dengan aktuasi yang. a. Obyektif b. Subyektif c. Distributive d. Prerogratif e. Komutaatif 8.Berikut ini yang bukan merupakan pengamalan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara adalah.. a. Mewujudkan kehidupan beriman dan bertaqwa b. Suka bermusyawarah c. Bekerja keras d. Kurang adanya rasa tenggang rasa dalam kehidupan bermasyarakat e. Rela berkorban dalam kehidupan bermasyarakt. 9.Suatu hubungan keadilan antara warga yang satu dengan warga yang lainnya secara timbal balik merupakan keadilan .. a. Distributive b. Komunitif c. Komutatif d. Kompetitif e. Legal 10.Negara Indonesia yang didirikan ialah sebagai pengejawentahan tujuan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Hal ini merupakan nilai yang terkandung dalam Pancasila a. Sila Ketuhanan Yang Maha esa b. Sila Kemnusiaan yang adil dan beradap c. Sila Persatuan Indonesia d. Sila Kerakyatan yang dipimpin oleh hikkkmat kebijaksanaan dalam permuyawaratan perwakilan e. Sila Keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia. 11.Salah satu alasan pelaksanaan amandemen UUD 1945 adalah a. Karena bangsa Indonesia sudah bosan dengan UUD 1945 b. Pasal pasal dalam uUD 1945 memiliki sifat multiinterpretabel c. Karena MPR diberi wewenang untuk mengubanh UUD d. Untuk melampiaskan kebencian terhadap pemeerintah orde baru e. Karena UUD 1945 isinya terlalu simple 12. Suatu asumsi dasaar dan asumsi teoritis umum yang merupakan suatu sumber hukum metode, serta penerapan dalam ilmu pengetahuan sehingga sangat menentukan sifat, ciri dan karakter ilmu pengetahuan itu sendiri disebutdengan a. Konstitusi b. Reformasi c. Paradigm d. Norma e. Platform 13.Pancasila sebagai paradigma reformasi mengandung makna bahwa.. a. Reformasi harus memiliki platform dan sumber nilai sesuai Pancasila b. Pancasila sudah tidak sesuai dengan kenyataan jaman c. Reformasi hanya menguntungkan politisi d. Pelaksanaan penataran tentang pancasila sudah tidak perlu lagi e. Pancasila harus diubah sesuai kehendak kita. 14.Menurut UUD Negara RI 1945, lembaga yang memegang kekuasaan pemerintahan Negara ialah.. a. MPR b. Presiden c. DPR d. Wakil Presiden e. Manteri-menteri 15.Budaya asing yang dapat kita terapkan karena sifatnya yang positif

diantaranya...... a. Disiplin dan etos kerja tinggi. b. Kebebasan yang mutlak. c. Bebas beragama maupun tidak beragama. d. Mengadakan perubahan politik secara radikal. e. Lebih mementingkan materiil dari pada spiritual. 16. Berikut ini merupakan cirri dari pemerintahan Konstitusi adalah a. Indonesia adalah Negara berdasarkan atas hokum (rechtsstaat) b. kekuasaan Negara yang tertinggi di tangan MPR c.Jaminan atas hak asasi manusia dan hak- hak warga Negara d. presiden tidak bertanggungjawab kepara DPR e. kekuasaan kepala Negara tidak tak terbatas/ 17. Anggota kabinet di Inggris adalah. a. Menteri menerti b. Rakyat c. Senator d.Anggota kerajaan e. Parlemen 18. Ajaran trias polica yang diterapkan di Indonesia ditafsirkan sebagai. a. Pemusatan kekuasaan pada satu badan b.Tiga kekuasaan yangterpisah satu sama lain c.Pembagian kekuasaan dalam pemerintahan d. Tigas lembaga Negara yang memiliki kemandirian e. Tiga lembaga Negara yang dapat saling mengawasi. 19. Yang disebut sebagai Mother of Parlements (induk parlemen) adalah Negara.. a. Malaysia b.Inggris c. Amerika Serikat d. Jepang e. Perancis. 20. Menurut UUD1945 kekuasaan tertinggi pemerintah berada di tangan.. a. Presiden b. MPR c. DPR d. MA e.DPR dna MPR B. Answer this following question correctly 1. Word what do intended with Pancasila as Spirit Of Nation! 2. Deskripsaikan Pancasila sebagai paradigma Pembangunan! 3.Uraikan makna dan hakikat pembangunan! 4.Jelaskan upaya pemerintah dalam menangani beberapa kali pergantian kabinet.! 5.Sebutkan faktor penyebab tindakan pemerintah yang berupaya mengatasi keadaan darurat di dalam negeri.!

PEMERINTAH KABUPATEN MOJOKERTO DINAS PENDIDIKAN


UNIT PELAKSANA TEKNIS SATUAN PENDIDIKAN

SMK NEGERI 1 PUNGGING


Jl. Raya Trawas Pungging Mojokerto Tlp./Fax. 0321-593257 Kode Pos 61384 Email: smkn1pungging_mjk@yahoo.co.id

http//www.smkn1pungging.sch.id
Cert. No. : 7599341548

Mata Ujian Kelas Program Keahlian

: PKN : XII : SEMUA JURUSAN

Hari / Tanggal Waktu Guru

: Selasa, 14 Desember 2010 : 60 Menit : Dra. Endang Purwati, M.Pd

PAKET : D
A. Choose for one the most answer duly selectively one a's font,b,c,d, or e

1. System's dicta Indonesian State governance bases UUD 1945 before amended most decants deep UUD1945'S explanations about subject key sevenses system that State governance as follows but a. Indonesia is by virtue of State law (rechsstaat) b. System konstitusional c. Supreme forceps State power put hand out by MPR d.President power is not circumscribed e Form Unity State with regions autonomous principle which extend. 2.Pancasila is brought together in UUD'S Uncovering 1945, seen from its happening process constitutes . a. Ideology is State b. State basic c. Base jurisdictional source State d. Living view e. On the levels agreement indonesian nation 3.Pancasila becomes is guidance to manage gets state that bases legislation regulation's life. That statement constitute pancasila' s function 's usas a. State basic b. Nations living view c. Indonesians nation glorious agreement d.Indonesian nation' s personality e.Ideology is State 4. Attitude that doesn't back up to assess association and Indonesian nation unity is..... a. Pride gets Indonesia nationality b. Placing nation safety at personal behalf bag and faction c. Instituting serikat's state because Indonesia gets composite character d. Stuck with national ideology e. Pride utilizes home affairs production 5. Suatu ideologi yang dipaksakan sering dilaksanakan dengan cara otoriter atau totaliter. Hal ini biasanya terdapat dalam negara yang menerapkan ideologi........ c. Liberal. d. Komunis. d. Islam. e. Pancasila. e. Sosialis. 6. Bangsa kita tidak menutup diri dari pengaruh budaya luar, dalam kaitanya dengan Pancasila merupakan ideologi terbuka maka sebaiknya sikap kita ............

a. Memilih kebudayaan yang baik dan tidak baik. b. Menyerap kebudayaan luar yang sesuai dengan kepribadian bangsa. c. Menerima kebudayaan luar yang sangat kita butuhkan. d. Menolak semua nilai asing demi kelestarian budaya bangsa. e. Menerima semua budaya dari luar untuk mengejar ketertinggalan. 7. Nilai yang telah menjadi kepribadian bawah sadar atau yang mendorong. timbulnya tindakan tanpa berpikir panjang lagi adalah pengertian dari........ a. Nilai dominan d. Nilai kerohanian. b. Nilai yang mendarah daging. e. Nilai vital. c. Nilai material. 8. Manusia Indonesia adalah bagian dari warga dunia yang meyakini adanya prinsip persamaan harkat dan martabat manusia merupakan pernyataan yang bersumber dari nilai..... a. Ketuhanan Yang Maha Esa. b. Kemanusiaan yang adil dan beradab. c. Persatuan Indonesia. d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan. e. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 9. Pelaksanaan pembangunan nasional harus berlandaskan Pancasila karena pembangunan yang kita lakukan bertujuan ........ a. Untuk mewujudkan manusia dan masyarakat indonesia yang seutuhnya. b. Penghasilan produk-produk yang kompetitif di pasar internasional. c. Dari kelangsungan dari generasi ke generasi yang bertanggung jawab. d. Menghasilkan manusia dan masyarakat maju yang berkepribadian Indonesia. e. Mewujudkan masyarakat madani yang memiliki kepribadian unggul. 10. Pelaksanaan Pancasila sebagai Paradigma pembangunan diantaranya dengan membangun manusia Indonesia seutuhnya Hal ini mengandung arti bahwa....... a. Masyarakat bertanggung jawab penuh terhadap pembangunan nasional. b. Membentuk manusia yang mampu hidupmandiri. c. Pembangunan diprioritaskan pada bidang ekonomi dan budaya. d. Manusia indonesia mempunyai peran penting dalam pembangunan. e. Pembanguan meliputi bidang materiil spirituil untuk seluruh rakyat. 11. Keunggulan nilai-nilai Pancasila apabila dibandingkan dengan ideologi lain adalah........ a. Kewajiban terhadap lingkungan dirasakan lebih besar. b. Dapat menghimpun potensi bangsa dengan lebih baik. c. Tidak terpengaruh sama sekali moleh dunia luar. d. Menunjukkan kebehasilan indonesia dalam pembangunan. e. Konsekuen dengan pelaksanaan luar negeri yang bebas aktif. 12. Nilai-nilai asing yang masuk ke Indonesia harus kita seleksi dengan cara........ a. Menolak semua budaya asing. b. Tidak mengijinkan pertunjukkan seni dari negara lain. c. Menutup semia jaringan TV luar negeri. d. Setia kepada ideologi nasional. e. Meniru budaya asing yang sepaham dngan bangsa kita. 13. Paham yang beranggapan bahwa fungsi Negara seharusnya diselenggarakan oleh perhimpunan yang dibuat secara sukarela tanpa alat pemaksa adalah faham. a. Sosialime b. Komiunisme c. Kolektivisme d. Anarkhisme e. Fascism. 14.Salah satu contoh hak prerogratif prewiden menurut UUD Negara RI 1945 ialah.. a. Menyetujui undang-undang b. Menetapkan APBN c. Mengangkat anggota MPR d. Membuat undang-undang e. Memberi grasi 15. Salah satu cirisistem pemerintaha parlementer , yaitu. a. Menteri bertanggungjawab kepada presiden b. Menteri diangkat dan diberhentikan oleh pressiden c. Mentri bertanggungjawab kepada parlemen

d. Tidak ada pemisahan kekuasaan pemerintah e. tidak ada pemilihan umum. 16.Pokok pokok sistem pemrintahan Negara Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum diamandemen tertuang dalam penjelasan UUD1945 tentang tujuh kunci pokok sistem pemerintahan Negara tersebut sebagai berukut kecuali a. Indonesia adalah Negara yang berdasarkan atas hokum(rechsstaat) b. Sistem konstitusional c. Kekuasaan Negara tang tertinggi ditangan MPR d.Kekuasaan kepala negara tidak tak terbatas e.Bentuk Negara kesatuan dengan prinsip otonomi daerah yang luas. 17. Senator dipih oleh.. a. presiden b. DPR c. rakyat d. badan legislative e. parlemen . 18. Kabinet di inggris di pimpin oleh.. a. Raja /ratu b. Perdana menteri c. Presiden d.Kanselir e.Parlemen 19. Anggota kabinet di inggris adalah. a. Menteri menerti b. Rakyat c. Senator d.Anggota kerajaan e. Parlemen 20. Menteri menteri diangkat dan diberhentikan oleh presiden. Pernyatan tersebut tercantum pada ..UUD1945 a. Pasal 4 ayat 1 b. Pasal 16 ayat 2 c. Pasal 5 ayat 1 d. Pasal 17 ayat 2 e. Pasal 17 ayat 2 B. Answer this following question correctly 1.Word pancasila's meaning as source of rule of law 2.Jelaskan bagimana sikap positif terhadap Pancasila sebagai pengalaman obyektif! 3.Jelaskan bagaimana sikap positif terhadap Pancasila sebagai pengalaman subyektif 4. Jelaskan sistem pemerintahan setelah adanya perubahan UUD 1945!. 5. Jelaskan kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintah Negara RI.!