You are on page 1of 4

Perencanaan Sistem Informasi Tempat Parkir Kendaraan Bermotor di Kampus Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB)

Dibuat oleh : Hendrik Sejati NPM : 09112010 Teknik Informatika STTB

Kampus STTB yang berlokasi di jalan Pungkur No 40 Bandung Jawa Barat Indonesia, memiliki tempat parkir kendaraan bermotor bagi seluruh civitas akademis, dengan ukuran luas 20 X 5 . Adapun jenis dan jumlah kendaraan bermotornya adala h sebagai berikut : 1. Mobil sebanyak 3 unit milik kampus STTB. 2. Sepeda motor sebanyak kurang lebih 50 unit, pada saat kelas reguler (kuliah pagi) antara lain milik mahasiswa, dosen dan staff STTB. 3. Sepeda motor sebanyak kurang lebih 100 unit, pada saat kelas karyawan (kelas malam) antara lain milik mahasiswa, dosen dan staff STTB.

Permasalahan 1. Semakin banyaknya jumlah mahasiswa STTB yang memiliki dan membawa kendaraan bermotor, sedangkan area parkir kampus memiliki ukuran luas yang terbatas. 2. Kedaraan bermotor belum tertata dengan rapi. 3. Sulitnya pihak security kampus dalam memantau, mengawasi dan menjaga kendaraan bermotor. 4. Pengaturan, pengawasan dan penjagaan masih dikerjakan oleh pihak security kampus, sehingga menambah beban tugas pihak security kampus. 5. Belum adanya sistem yang dapat menyajikan informasi secara cepat mengenai jumlah kendaraan yang masuk dan keluar area parkir kampus.

Tujuan Perencanaan Tujuan perencanaan dari perancangan sistem informasi tempat parkir di kampus STTB adalah sebagai berikut : 1. Agar tempat parkir kampus menjadi tertata lebih rapi, antara jumlah kendaraan bermotor bisa disesuaikan dan diatur dengan luas parkir yang tersedia. Area parkir bisa dikelompokkan berdasarkan jenis kendaraan, dalam hal ini semua mobil parkir di area parkir khusus untuk mobil, sedangkan motor parkir di area parkir khusus untuk motor.

2. Agar kendaraan bermotor lebih terjamin keamanannya, mengingat semakin tingginya tingkat pencurian kendaraan bermotor akhir-akhir ini. 3. Memudahkan pihak security kampus untuk memantau, mengawasi dan menjaga kendaraan bermotor yang parkir di area parkir kampus, sehingga dapat dibuat laporan kerja untuk diserahkan ke bagian manajemen kampus. 4. Adanya petugas parkir yang memanage tempat parkir kampus. Dengan adanya pembagian tugas antara petugas parkir dan security kampus keamanan dapat lebih ditingkatkan lagi. 5. Data yang diperoleh dapat disajikan kedalam bentuk laporan statistik yang berkenaan dengan kendaraan masuk dan keluar dalam selang waktu tertentu. 6. Meningkatkan citra kampus STTB sebagai kampus yang ber-akreditasi dan berbasis teknologi informasi.

Sasaran Perencanaan Sasaran dari perencanaan sistem informasi parkir kampus di STTB adalah sebagai berikut : 1. Untuk mahasiswa yang memiliki dan membawa kendaraan bermotor. 2. Untuk pihak security yang bertugas memantau, menjaga dan mengawasi kendaraan bermotor yang parkir di area kampus. 3. Untuk pihak manajemen kampus dalam pengambilan keputusan dalam meningkatkan kualitas dan kinerja kampus.

Tahapan Kegiatan Dengan adanya sistem informasi yang me-manage tempat parkir kampus, diharapkan dapat mengatasi permasalahan seperti yang telah diuraikan diatas. Adapun tahapan kegiatannya adalah sebagai berikut : 1. Akan dibangun sebuah pos didepan pintu gerbang masuk kampus, dengan dilengkapi palang pintu automatis, sehingga kendaraan yang hendak masuk atau keluar area parkir kampus tidak dapat sembarangan karena akan didata terlebih dahulu. 2. Setiap kendaraan baik milik mahasiswa, dosen, tamu dan staf SSTB yang hendak memasuki area parkir kampus atau keluar area parkir kampus, akan didata mulai dari jenis kendaraannya dan nomor kendaraannya oleh petugas parkir kampus. 3. Data yang diperoleh akan dicocokkan antara jenis kendaraan, nomor kendaraan dan kartu member parkir dengan data yang telah disimpan dalam database. 4. Setiap mahasiswa mendapat kartu member parkir khusus mahasiswa. 5. Setiap dosen mendapat kartu member parkir khusus dosen. 6. Staf dan managemen kampus mendapat kartu member khusus staf dan management. 7. Setiap tamu yang masuk akan didata dan mendapat kartu parkir tamu, kartu parkir tidak berjenis member. 8. Data yang diperoleh akan di input ke komputer. 9. Program akan merekam data kapan kendaraan masuk dan kapan kendaraan keluar.

10. Data yang diperoleh akan disimpan kedalam database program. 11. Data yang diperoleh dapat ditinjau langsung oleh pihak managemen kampus melalui komputer yang tersambung ke jaringan komputer (menerapkan sistem data yang terdistribusi). Flow Chart (Alur Sistem Informasi Tempat Parkir Kampus STTB)

Rektor STTB

Mengetahui

Management Administrasi (Tata Usaha) STTB

Mengawasi

Member

Petugas Parkir Kampus STTB

Non Member

Mahasiswa, Dosen, Staf & Managemen

Tamu

y y y

Kendaraan mahasiswa, dosen, staf dan managemen STTB adalah sebagai member parkir kampus, dari sinilah data akan diperoleh sebagai data masukkan (input). Kendaraan tamu yang datang akan dijadikan data masukkan sebagai non member. Data akan diolah oleh petugas parkir kampus kedalam komputer dan dijadikan laporan untuk diserahkan ke bagian managemen (tata usaha) kampus.

Managemen (tata usaha) kampus akan mengawasi jalannya sistem informasi dan memperoleh data masukkan dari petugas parkir kampus untuk dijadikan laporan lebih lanjut ke bagian rektor kampus. Rektor kampus menerima laporan akhir dari managemen (tata usaha) kampus sebagai informasi final.

Kebutuhan Hardware 1. Satu unit komputer sebagai client untuk menginput data kendaraan yang masuk dan keluar area parkir kampus, speksifikasi minimum Intel Pentium IV 3.0GHz, memory 1 Gb, Hard Disk 160 Gb, VGA card on board, Mo nitor LCD 15 inchi. Ditambah sebuah unit barcode scaner untuk menscan kartu member parkir, sebagai alat input data ke komputer. Satu unit printer untuk mencetak laporan. 2. Satu unit komputer server untuk penyimpanan data dan akses database. Spesifikasi minimum Intel Core 2 Duo 3.0 GHz, memory 2 Gb, Hard Disk 500 Gb, VGA card 1 Gb, Monitor LCD 17 inchi. 3. Satu perangkat wireless LAN (WLAN) sebagai sistem yang akan menghubungkan komputer clien (yang dioperasikan oleh petugas parkir kampus) dengan komputer server (yang dioperasikan oleh pihak managemen/administrator kampus).

Kebutuhan Software 1. Software akan di desain dengan menggunakan visual basic .net 2010 dengan database engine menggunakan mysql appache. 2. Sistem operasi yang akan digunakan adalah microsoft windows xp profesional sp 3.

Rincian Biaya 1. Untuk kebutuhan hardware = Rp 10.000.000, 2. Untuk kebutuhan software = Rp 20.000.000,3. Untuk pembangunan pos dan palang pintu parkir = Rp 20.000.000, +
TOTAL BIAYA = Rp 50.000.000,-