You are on page 1of 3

Nama : Oktaviani Indah Puspita Kelas : X-1 / 27 Perkembangan Software

I. Evolusi Software

Software adalah kunpulan instruksi yang berfungsi untuk menjalankan suatu perintah, seperti memberikan informasi tentang hardware, menentukan fungsi hardware, dan menjalankan sistem. Software Komputer ini berangsur-angsur mengalami peningkatan atau perubahan dari tahun ke tahun dalam perkembangannya. Software mulai berkembang dari tahun 1950 dengan bukti munculnya evolusi perangkat lunak tahap pertama atau era pioneer. Berdasarkan perkembangannya, sejarah perkembangan software dibagi dalam beberapa era yaitu Era Pioneer, Stabil, Mikro, dan Modern. Berikut adalah sejarah perkembangan software komputer :

A. Era Pioner (1950 - 1960) Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer. Cara lain dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris
Wanita sedang menggunakan komputer ENIAC

instruksi yang secara berurutan di proses. Pengembangan perangkat lunak pada tahap ini

mempunyai ciri-ciri berorientasi batch, distribusi software terbatas untuk kalangan tertentu sehingga apabila ada perusahaan yang ingin dibuatkan software khusus harus memesan terlebih dahulu.

B. Era Stabil (1970 1980) Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk. Baris-baris perintah perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang di lakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat dan langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal sistem database, yang memisahkan antara program pemroses dengan data yang di proses. C. Era Mikro (1980 1990) Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Era ini juga ditandai dengan penggunaan mikroprosesor. Pengembangan perangkat lunak sudah maju sedemikian pesat. Perangkat lunak sudah menggunakan sistem terdistribusi, sehingga penyampaian informasi dari komputer sumber ke komputer tujuan akan terasa sangat cepat. Dalam era ini, perangkat keras dari suatu komputer harganya sangat murah sehingga banyaknya software yang dikembangkan, software ini memberi dampak yang besar terhadap masyarakat. D. Era Modern (1990 2000) Pada tahap ini, perangkat lunak sudah mendominasi dari pengembangan perangkat keras, sehingga perangkat keras dalam hal ini komputer sangat dikendalikan oleh suatu sistem operasi. Tingkat kecerdasan dari perangkat lunak semakin ditingkatkan sehingga perangkat lunak atau software dilatih mempunyai kecerdasan seperti yang dimilik manusia. Terbukti dengan adanya penemuan kecerdasan buatan, jaringan syaraf tiruan, sistem pakar dan logika fuzzy. Jaringan komputer, pemrosesan komputer paralel sangat mendominasi pada era ini. Dan pada masa ini pula pemrograman sudah berorientasi obyek (OOP). II. Kronologis Penemuan Software 1956: Jhon Bachus dan tim IBMnya menciptakan fortran dengan bahasa pemprograman tingkat tinggi. 1960: LISP meluncurkan model bahasa komputer untuk menulis program tiruan. 1965: Orientasi bahasa benda dengan perakitan tambahan dengan simulasi, ditulis oleh Kristen Nygaard dan Ole John Dahl. 1969: Bill Gates & Paul Allen menyebutnya dengan lake side programming group menyetujui komputer dengan badan hukum pusat untuk mematenkan pdp-iq software.

1975: Paul Allen di dalam suratnya, Bill Gates menggunakan nama micro-soft menyerahkan kepada rekan kerjanya untuk cepat-cepat menuliskan tentang referensinya. 1976: Untuk pertama kalinya microsoft di kembangkan, mereka menyebutnya dengan the legend of micro-kid 1977: Pemerintahan US mengadopsi data standar IBM, untuk membuka kode kunci pesan dan ntuk melindungi rahasia agensi mereka, 1978: Microsoft mengumumkan produk ketiganya, MICROSOTF COBOL-80 dijual seharga 1 juta dolar US. 1979: Micosoft mengumumkan, MICROSOFT BASIC untuk 8086 16 bit micropocessors. 1981: IBM memperkenalkan personal computer dengan penggunaan Microsoft 19 bit operting system,MS DOS 1.0,plus Microsoft BASIC,COBOL,PASCAL,dan produk Microsoft lainnya. 1983: Microsoft memperkenalkan word processing program, Microsoft word for MS DOS 1.00 . 1989:Maxis memproduksi video game, dengan kelas baru untuk pendidikan dan hiburan. 1995: Muncul Windows 95 ships. 1997: Deep blue defeats world chess champion. 1998: Muncul Windows 98 2000: Muncul Windows 2000 2001: Muncul Windows XP 2006: Muncul Windows Vista Penjelasan kata-kata sulit : Batch Orientation Suatu orientasi di mana proses dilakukan setelah data dikumpulkan dalam satuan waktu tertentu, atau proses dilakukan setelah data terkumpul, lawan dari batch adalah ONLINE atau Interactive Process. Keuntungan dari Interactive adalah mendapatkan data yang selalu up to date. Multi user Suatu sistem di mana satu komputer digunakan oleh beberapa user pada saat yang sama. Real Time Suatu sistem yang dapat mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasikan data dari berbagai sumber, mengontrol proses dan menghasilkan output dalam mili second. Database kumpulan informasi yang disimpan di dalam kompuetr secara sistematik untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut Parallel Architecture (komputer paralel) Arsitektur komputer yang memungkinkan proses kerja LAN paralel, yang dimungkinkan adanya prosesor berbeda dalam satu komputer.