You are on page 1of 21

USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA JUDUL PROGRAM

KAIN FLANEL CIKAL BAKAL WIRAUSAHA MAHASISWA

BIDANG KEGIATAN : PKM-K Diusulkan oleh : Yudistira Taufan A. 7407040019 - 2007 Putri Setiajeng Sesulih 7407040012 - 2007 Rosita Vebriesti R. 7407040026 - 2007 Ayu Nawang R. 7407040029 - 2007 Afif Yasid Arbiansyah 7408030006 - 2008 POLITEKNIK ELEKTRONIKA NEGERI SURABAYA INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA 2010

HALAMAN PENGESAHAN

1. 2. 3. 4.

Judul Kegiatan Bidang Kegiatan Bidang Ilmu

: Kain Flanel Cikal Bakal Wirausaha Mahasiswa : PKM-K : Teknologi dan Rekayasa

5. 6.

7. 8.

Ketua Pelaksana Kegiatan a. Nama Lengkap : Yudhistira Taufan Adinagara b. NRP : 7407040019 c. Jurusan : Teknik Informatika d. Politeknik : Politeknik Elektronika Negeri Surabaya ITS e. Alamat Rumah & HP : Puri Aloha AA-2,Sukodono,Sidoarjo - 085745959111 f. Alamat email : bangyoss@student.eepis-its.edu Anggota Pelaksana Kegiatan : 4 orang Dosen Pendamping a. Nama Lengkap & Gelar : Dwi Kurnia Basuki, M.Kom b. NIP : 197404102008011014 c. HP : 081330979997 Biaya Kegiatan Total a. Dikti : Rp 6,975,000.00 Jangka Waktu Pelaksanaan : 6 bulan Menyetujui Ketua Jurusan Ketua Pelaksana Kegiatan

(Arna Fariza, S.Kom, M.Kom) NIP. 196506221991032003

(Yudhistira Taufan A.) NRP. 7407040019

Asisten Direktur III PENS

Dosen Pendamping

(Drs. Miftahul Huda, MT) NIP. 196310121993031002

(Dwi Kurnia Basuki, M. Kom.) NIP. 197404102008011014

I.

JUDUL KAIN FLANEL CIKAL BAKAL WIRAUSAHA MAHASISWA

II.

LATAR BELAKANG Saat ini banyak sekali usaha yang bergerak dalam berbagai macam bidang, mulai dari bisnis rumahan atau home industry, menengah hingga usaha makro. Jenis barang yang digunakan untuk usaha juga bermacam-macam, mulai dari makanan, pakaian hingga barang-barang rumah tangga, dengan harga yang murah hingga ratusan juta rupiah. Tetapi bagi mahasiswa yang ingin membangun peluang usaha dengan keterbatasan modal, usaha yang memanfaatkan kreativitas merupakan usaha yang cocok untuk dikembangkan. Salah satu bentuk usaha yang dapat dirintis adalah usaha handmade atau usaha buatan tangan. Dengan usaha handmade, kita dapat memaksimalkan imaginasi yang kita miliki, yang nantinya dituangkan dalam sebuah barang mulai dari asesoris, hiasan, bahkan untuk hiasan sepatu. Peluang usaha pembuatan hiasan maupun asesoris juga masih memiliki pangsa pasar yang tidak sedikit. Hal ini didasarkan pada pengalaman pribadi, maupun banyaknya teman di lingkungan sekitar yang sangat antusias jika membeli barang-barang hiasan. Hal ini dikarenakan hiasan merupakan suatu yang dapat mempercantik barang yang lain. Artinya ada keterkaitan antara benda yang satu dengan benda yang lain. Misalnya tas akan terlihat lebih menarik jika kita memberikan hiasan seperti gantungan kunci pada resletingnya. Telepon genggam yang akan terlihat lebih cantik jika diberi pembungkus dengan berbagai hiasan yang dapat melindungi telepon genggam itu sendiri, dan masih banyak lagi. Dengan kreativitas yang kita miliki, dapat menjadikan hiasan maupun aksesoris lebih unik dan terlihat lebih indah. Pada usaha yang akan kita bangun, kami memanfaatkan kain flannel untuk membuat berbagai macam hiasan dan aksesoris. Mulai dari gantungan kunci, souvenir pernikahan, hingga hiasan untuk sepatu. Selain menyediakan barang dan aksesoris yang siap pakai, kami juga memproduksi barang setengah jadi yang telah siap untuk dikombinasikan dengan barang lain. Sehingga para pembeli juga dapat menghias barang-barang yang telah mereka miliki dengan aksesoris setengah jadi. Pemilihan kain flannel sebagai bahan usaha kami didasarkan dengan minimnya pemanfaatan kain flannel untuk kebutuhan sehari-hari sehingga

harga kain flannel itu sendiri relative murah. Berdasarkan permasalahan diatas, maka pemanfaatan kain flannel sebagai bahan pembuatan asesoris maupun hiasan buatan tangan merupakan peluang usaha yang memiliki prospek menjanjikan. Dalam perencanaan kegiatan ini, lokasi pemasaran produk akan di pusatkan di kota Surabaya dan Lamongan. Hal ini dikarenakan belum dikenalnya kain flannel sebagai kain yang bermanfaat di daerah-daerah tersebut. Dan juga belum banyak aksesoris dan sepatu yang memiliki hiasan kain flannel yang diproduksi dan dipasarkan di daerah tersebut. Selain itu, aksesoris dan hiasan sepatu yang diproduksi secara handmade juga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat di daerah tersebut karena keunikannya. Dengan demikian diharapkan hasil penjualan barang yang kami produksi mendapatkan profit yang maksimal.

III. PERUMUSAN MASALAH Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan beberapa permasalahan sebagai berikut : 1. Bagaimana memanfaatkan kain flannel sebagai bahan pembuatan asesoris dan hiasan. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Apa saja hiasan atau asesoris yang dapat dibuat dengan bahan kain flannel. Bagaimana desain hiasan sepatu dan asesoris yang ingin diproduksi. Berapa kain flannel yang dibutuhkan untuk membuat hiasan atau asesoris. Kemana produk kain flannel akan dipasarkan. Siapa sasaran penjualan produk handmade dari kain flannel. Berapa keuntungan yang diperoleh dengan memanfaatkan kain flannel sebagai bahan pembuatan produk handmade.

IV.

TUJUAN Tujuan utama dari usaha yang dirintis adalah sebagai berikut : 1. Menjadikan mahasiswa bukan hanya sebagai job seeker, melainkan juga sebagai job creator. 2. Memanfaatkan kain flannel yang selama ini belum banyak digunakan dan diproduksi oleh masyarakat.

3. Memperoleh profit yang maksimal mengingat harga dari kain flannel yang relatif murah. 4. Membuka lapangan kerja baru jika nantinya usaha ini dapat berkembang, karena usaha ini merupakan usaha buatan tangan dan tidak memerlukan mesin. 5. Memasarkan produk yang murni buatan tangan dan dapat mengolah kain flannel seunik mungkin.

V.

LUARAN YANG DIHARAPKAN Dalam usaha yang akan dirintis, ada beberapa hasil produk yang kita harapkan, diantaranya : 1. Menghias sepatu polos berbagai macam warna dengan berbagai pola menggunakan kain flannel. 2. Membuat gantungan kunci dengan bahan kain flannel. 3. Membuat dan memasarkan berbagai macam bentuk souvenir dengan bahan dasar kain flannel. 4. Membuat hiasan untuk mempercantik berbagai macam barang, misalnya tempat tisu, hiasan telepon genggam, dan sebagainya. 5. Produk yang dihasilkan semuanya merupakan hasil dari proses handmade. 6. Menghasilkan produk setengah jadi yang siap dikombinasikan dan dikreasikan dengan barang lain oleh konsumen.

VI.

KEGUNAAN Kegunaan usaha ini bagai mahasiswa sendiri adalah : a. Meningkatkan kreatifitas dari mahasiswa. b. Belajar menjadi wirausaha yang baik. c. Melatih mahasiswa sebagai job creator sehingga dapat menyerap tenaga kerja. Sedangkan kepada masyarakat pada umumnya antara lain: a. Harga jual dari aksesoris bahan kain flannel lebih murah dibandingkan dengan aksesoris yang lain tetapi tidak kalah dari segi kualitasnya.

b. Menyediakan lapangan kerja baru bagi masyarakat, karena produksi barang diproses secara handmade. c. Membantu konsumen untuk mengembangkan kreasi dengan barang setengah jadi yang kita produksi.

VII. GAMBARAN UMUM USAHA 7.1 Gambaran Tentang Produk Dewasa ini, minded yang dimiliki masyarakat lebih mementingkan kepada suatu hal yang berbeda dan orisinal dibandingkan dengan orang kebanyakan, terutama pada bidang fashion. Hal ini dapat dicontohkan dengan banyaknya suatu tren ala Jepang, dimana istilahnya adalah Harajuku. Kita dapat mengekspresikan diri kita dengan berbagai macam gaya. Untuk mendukung hal tersebut, tak jarang orang-orang menggunakan suatu aksesoris untuk menambah kesan agar terlihat lebih modis. Melihat hal tersebut, kami bermaksud untuk mengambil kesempatan untuk memulai suatu usaha di bidang aksesoris. Belum banyak orang mengetahui suatu produk yang diproduksi menggunakan suatu bahan seperti kain flannel. Apabila kain flannel dikreasikan dengan baik, maka hasil yang didapatkan akan tampak menarik. Berikut beberapa contoh produk berbahan flannel.

Gambar 1. Sepatu berbahan Flannel

Gambar 2. Boneka dan Gantungan Kunci Berbahan Flannel

7.2 Analisa Pasar Pada umumnya, beberapa produk yang ada di pasaran berbahan plastik, kulit, mika, dll. Sebagian besar masyarakat kurang mengetahui mengenai suatu produk aksesoris yang berbahan flannel. Akibat dari kurang familiarnya para pembeli dengan suatu produk berbahan flannel ini adalah mereka akan memandang sebelah mata produk tersebut. Namun, hal ini merupakan suatu tantangan bagi kami. Kami berusaha untuk menawarkan produk yang berbahan flannel ini kepada masyarakat. Dimana produk ini tentunya tidak kalah dengan produk-produk yang sudah ada di pasaran. Tentunya dengan berbagai macam kreasi yang dapat kami kembangkan seiring dengan berjalannya waktu. Penjualan produksi handmade berbahan flannel menjadi keuntungan tersendiri bagi kami karena bahan flannel ini mudah untuk didapatkan dan harganya yg relative murah. Selain itu, belum banyak persaingan dalam bisnis penjualan handmade berbahan flannel ini. Akan tetapi, jumlah produksi yang dihasilkan cukup terbatas.

Dikarenakan proses pembuatan produk ini menggunakan proses handmade. Selain itu, tingkat kerumitan dan kurangnya waktu pengerjaan juga menjadi kendala dalam pembuatan aksesoris. Ditambah dengan ide kreatif yang harus selalu inovatif merupakan hambatan yang akan menjadi tantangan bagi kami. Dalam memasarkan produk ini, kami memiliki beberapa kemudahan. Di antaranya adalah masih banyaknya relasi di lingkungan kami yang mempermudah proses penjualan. Selain itu, pada daerah Lamongan yang menjadi salah satu tempat pemasaran kami, belum adanya suatu produk yang

berbahan flannel ini. Hal ini akan menjadi peluang yang cukup baik bagi kami untuk lebih mengenalkan produk produk kami.

7.3 Segmentasi Pasar Sasaran dari pemasaran produk kami adalah seluruh kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Kami berani merambah seluruh kalangan karena produk yang kami hasilkan sangat beragam dan dapat menjangkau seluruh kalangan. Dengan demikian, produk ini memiliki peluang yang sangat bagus karena masih sedikit yang memproduksi aksesoris berbahan flannel ini. Sebagai produk baru, handmade kain flanel perlu memikirkan segmentasi pasar agar mempercepat laju penjualan produk ini sendiri. Di dalam sebuah usaha, segmentasi pasar juga memiliki peran penting untuk memajukan usaha. Salah satu alasan dari melakukan segmentasi pasar adalah untuk meningkatkan efektivitas strategi pemasaran yang telah disusun. Jika dirinci maka segmentasi pasar usaha kami adalah sebagai berikut : a. Segmentasi geografis Untuk memaksimalkan pemasaran, kami akan memasarkan produk kami ke seluruh daerah, baik di dalam kota, maupun diluar kota. Untuk pemasaran di dalam kota kami akan menangani langsung calon konsumen, sedangkan untuk di luar kota akan digunakan media internet untuk menjual produk kami secara online. b. Segmentasi demografi Untuk segmentasi demografi, usaha kami merambah ke berbagai kalangan, yaitu mulai dari anak-anak hingga dewasa. Sedangkan berdasarkan jenis kelamin, kami lebih cenderung pada wanita, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa pria juga dapat menggunakan produk kami. c. Segmentasi psikografi Sedangkan untuk segmentasi secara psikografi, produk kami lebih ditujukan pada masyarakat menengah kebawah. Karena produk kami relative murah dan dapat digunakan sebagai pilihan alternatif untuk

membeli aksesoris. Khusus untuk produksi sepatu, kami lebih mengarah pada para remaja perempuan khususnya siswi SMA dan mahasiswi. VIII. METODE PENGERJAAN Dalam menjalankan usaha pembuatan produk berbahan dasar kain flannel, ada beberapa metode untuk melaksanakan usaha ini. Berikut ini akan dipaparkan beberapa metode pengerjaannya.

8.1 Uzlyfleneldesign, Berkreasi dengan kain flanel Kain Flanel dapat digunakan untuk membuat aneka kreasi menarik seperti gantungan kunci, hiasan pensil boneka, hisan sandal, gantungan HP dan sebagainya. Membuat kreasi dari kain flanel merupakan kegiatan yang menyenangkan dan hasil kreasi juga dapat berkembang menjadi bisnis yang menguntungkan. Buat Anda yang ingin mencoba kreasi dari kain flanel, berikut kami berikan petunjuk dasar dan beberapa contoh pola kreasi dari kain flanel. Tahap pertama adalah persiapan, siapkan bahan dan alat-alat untuk membuat kreasi flanel seperti: kain flanel berbagai macam warna, jarum jahit, benang sulam atau bisa juga dengan benang jahit dengan berbagai macam warna sesuai dengan kebutuhan, gunting, lem serbaguna, kertas karton, pensil atau kapur jahit untuk membuat pola, manik-manik untuk mata, serta perlengkapan sesuai kreasi yang diinginkan seperti gantungan kunci, gantungan HP, pensil, resleting untuk dompet, dll. Tahap selanjutnya adalah pembuatan pola dengan kertas karton sesuai dengan keinginan, letakkan pola diatas kain flanel, lalu garis kain flanel sesuai dengan pola dengan pensil atau kapur jahit, gunting mengikuti garis yang telah dibuat. Setelah kain sudah dipotong jahit menggunakan benang yang warnanya sesuai dengan warna kain flanel. tusuk kedua kain fanel dengan menggunkan tusuk Feston, untuk menggabungkan pinggiran dua kain flanel. 8.2 Petunjuk dasar berkreasi dengan kain flannel Kain Flanel atau kain felt dapat digunakan untuk membuat aneka kreasi menarik seperti dompet, gantungan kunci, boneka mungil dan sebagainya.

Selain merupakan kegiatan yang menyenangkan, hasil kreasi juga dapat berkembang menjadi bisnis yang menguntungkan. Buat Anda yang ingin mencoba kreasi dari kain flanel, berikut kami berikan petunjuk dasar.

Persiapkanlah bahan dan alat yang digunakan seperti: kain flanel aneka warna, benang sulam & benang jahit, jarum, gunting, manik-manik hitam, resleting, tali, dan lem serbaguna.

Buatlah pola kreasi yang diinginkan pada kertas karton, gunting lalu pindahkanlah pola tersebut pada kain flanel dengan menggunakan pensil/pulpen gel (untuk kain flanel berwarna cerah) atau kapur jahit (untuk kain flanel berwarna gelap).

Gunakanlah kain flanel yang bersih dan tidak memiliki bekas lipatan. Untuk merapikan kain flanel yang memiliki bekas lipatan, seterikalah dengan hati-hati dan suhu seterika jangan terlalu panas.

Untuk memudahkan menjahit resleting, jelujurlah terlebih dahulu atau berilah sedikit lem.

Gunakanlah benang sulam untuk menjahit kain flanel, warnanya disesuaikan dengan warna kain flanel.

Ada beberapa jenis teknik tusuk jahit dan tusuk hias, diantaranya tusuk feston, tikam jejak, jeruji dan tusuk pipih. Yang paling sering digunakan adalah tusuk feston karena selain memperindah bentuk kreasi yang dihasilkan, tusuk feston ini berguna untuk merapikan pinggiran kain flanel, menggabungkan 2 lembar kain yang memiliki bentuk dan ukuran yang sama, serta untuk menjahit ritsleting pada kain.

Setelah kreasi selesai, rapikanlah serat-serat flanel pada pinggir jahitan dengan menggunakan gunting.

8.3 Kreasi kain flannel Kain Flanel ( Felt ) yang bertekstur lembut dan kaya akan warna, bisa menjadi alternatif sebagai bahan pembuatan mainan anak. Selain bahan dasar kain Flanel, tentu juga membutuhkan bahan tambahan seperti :

1. Gunting 2. Jarum 3. Benang Sulam/ Jahit 4. Lem 5. Aneka Pita 6. Pernak-pernik hiasan 7. Pensil Dalam proses pembuatan kreasi flanel juga dikenal banyak teknis menjahit, seperti contoh : tekhnik feston, tekhnik tumpuk dll. Tidak diperlukan kemampuan khusus dalam membuat permainan berbahan dasar kain Flanel. Sedikit imajinasi dan kesabaran akan dapat menghasilkan permainan yang menarik. Tantangan tersendiri adalah keberanian memadu padankan warna tentu akan sangat menambah kekayaan mutu kreasi yang dibikin. Dengan permainan anak dari kain flanel ini sebagai contoh bisa menghasilkan permainan anak berupa "BONEKA JARI" Anak bisa mengenal banyak warna dan merangsang kemampuan verbalnya dengan menyimak cerita dari permainan ini. Sangat mudah, praktis, murah dan bermanfaat. Selain itu, pada tingkat mahir, akan dapat menghasilkan kreasi-kreasi yang bernilai jual akan dapat membantu menambah pemasukan keuangan. Menciptakan karakter kreasi flanel lucu dan menarik akan memancing minat orang untuk membeli adalah nilai PLUS tersendiri. Kreasi souvenir Flanel ( Felt ) bisa dibuat menjadi : 1. Boneka Jari 2. Souvenir Pernikahan/ Ultah 3. Pigura Foto 4. Buku Lipat ( Soft Book ) 5. Hiasan Pensil 6. Gantungan Kunci 7. Pin 8. Magnet Kulkas dll Selain kemampuan mengembangkan imajinasi serta ketrampilan, melihat tren yang sedang in, hal ini bisa dilirik untuk menambah peluang hasil karya

dari souvenir flanel ini mampu memiliki nilai jual. Sebagai contoh, musim hari besar (lebaran) bisa kita membuat pernak-pernik kerajinan flanel bertema hari besar tersebut.

IX. No

JADWAL KEGIATAN Kegiatan I II III Bulan keIV V VI

1. 2 3

Studi Literatur dan pangsa pasar Pembelian alat dan bahan Percobaan pembuatan hiasan sepatu dan asesoris Produksi asesoris dan hiasan Pengujian pangsa pasar Pembuatan dan pemasaran produksi Pembuatan laporan akhir

4 5 5

X.

RANCANGAN BIAYA X.1. Permodalan untuk Estimasi Selama 6 Bulan


No Nama barang 1 Sepatu Bludru Kain flannel 2 (Ukuran 1m x 96cm) 3 Jarum jahit 4 Benang sulam 5 Benang jahit 6 Gunting jahit 7 Lem tembak 8 Kertas karton 9 Pensil 10 Kapur jahit 11 Manik-manik Jumlah 120 buah 50 lembar 5 pack 10 gulung 5 pack 3 buah 5 buah 20 buah 6 buah 10 buah 10 plastik Harga satuan Rp 30,000.00 Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp 20,000.00 10,000.00 2,000.00 10,000.00 150,000.00 70,000.00 3,000.00 2,500.00 3,000.00 1,500.00 Harga total Rp 3,600,000.00 Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp 1.000,000.00 50,000.00 20,000.00 50,000.00 450,000.00 350,000.00 60,000.00 15,000.00 30,000.00 15,000.00

12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 17

Resleting Tali Aneka Pita Meteran Jahit Gunting Benang Pendedel Benang Busa utk boneka Refill Lem tembak Peniti Brosur , pamflet Spanduk Pembuatan Laporan Total Dana

20 buah 10 meter 15 bundel 6 buah 5 buah 5 buah 1,5 kg 20 buah 100 biji 300 lembar 1 buah

Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp

5,000.00 5,000.00 5,000.00 5,000.00 30,000.00 10,000.00 100,000.00 2,000.00 250.00 1,500.00 150,000.00 200,000.00

Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp

100,000.00 50,000.00 75,000.00 30,000.00 150,000.00 50,000.00 150,000.00 40,000.00 25,000.00 450,000.00 150,000.00 200,000.00 6,975,000.00

X.2. Perkiraan Pendapatan per Bulan selama 6 Bulan Harga Pokok (Rp) 32,000 1,500 4,000 1,000 1,000 2,500 1,500 25,000 20,000 Harga Jual (Rp) 50,000 4,000 8,000 3,000 3,000 6,000 3,000 40,000 30,000 Total Penjualan (Rp) 1,000,000 100,000 120,000 60,000 60,000 150,000 45,000 600,000 450,000 Total Produksi (Rp) 640,000 37,500 60,000 20,000 20,000 62,500 22,500 375,000 300,000

No 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Jenis Produk Sepatu Gantungan Kunci Tempat Pensil Pembatas Buku Tatakan Gelas Kantong HP Gantungan HP Tempat Tissue Toples Cake

QTY 20 25 15 20 20 25 15 15 15

Profit (Rp) 360,000 62,500 60,000 40,000 40,000 87,500 22,500 225,000 150,000

X.3. Pengeluaran Usaha No. 1 Jenis Pengeluaran Internet Harga Satuan 1 bulan 100000 QTY Total 100000

X.4. Break Event Point Rincian Perbulan: Pemasukan : Sepatu Gantungan Kunci Tempat Pensil Pembatas Buku Tatakan Gelas Kantong HP Gantungan HP Tempat Tissue Toples Cake Total = 1,000,000 = = = = = = 100,000 120,000 60,000 60,000 150,000 45,000

= 600,000 = 450,000 = 2,585,000

Pengeluaran : Sepatu Gantungan Kunci Tempat Pensil Pembatas Buku Tatakan Gelas Kantong HP Gantungan HP Tempat Tissue Toples Cake Internet Total = 640,000 = 37,500 = 60,000 = 20,000 = 20,000 = 62,500 = 22,500 = 375,000 = 300,000 = 100.000 = 1,637,500

Saldo di dapat

= Pemasukan Pengeluaran = 2,585,000 1,637,500 = 947,500

BEP

= Biaya Modal / Biaya Saldo Perbulan = 6.975.000 / 947,500 = 7,36 Bulan

Lampiran 1 BIODATA KETUA KELOMPOK

1. 2. 3. 4. 5.

Nama Lengkap : Yudhistira Taufan Adinagara NRP : 7407040019 Kelas : 4 D4 A Teknik Informatika Jurusan/Prodi : Teknik Informatika Riwayat Pendidikan : No Jenjang Nama Sekolah Tempat (Kab) 1 SDN Tunas SD Bandung Harapan 2 SLTP SMPN 1 Bandung 3 SLTA SMAN 6 Bandung 4 PT PENS-ITS Surabaya

Jurusan IPA Teknik Informatika

Tahun Lulus 2001 2004 2007 -

6. Prestasi yang Pernah Diraih a. Juara 3 Lomba Cerdas Cermat SD 99 b. Finalis Kejuaraan Tapak Suci 97 7. Pengalaman Kegiatan Ektrakulikuler a. OSIS SMAN 6 Bandung b. PKS SMPN 1 Bandung (Patroli Kemanan Sekolah) c. PRAMUKA SD AL-FALAH Surabaya 8. Pengalaman Kegiatan a. Pelatihan OSC, ORACLE, Perakitan Komputer pada tahun 2007 b. Panitia pelatihan OSC, ORACLE, Perakitan Komputer pada tahun 2008 & 2009 c. Ketua panitia pelatihan .Net 09 d. PRA TD IT 07 e. LDKS OSIS SMAN 6 Bandung 05 f. Contributor majalah game ZIGMA OMEGA Maret-April 2009

Surabaya, 20 Oktober 2010 Mahasiswa,

Yudhistira Taufan A. NRP. 7407040019

BIODATA ANGGOTA KELOMPOK

1. 2. 3. 4. 5.

Nama Lengkap : Putri Setiajeng Sesulih NRP : 7407040012 Kelas : 4 D4 A Teknik Informatika Jurusan/Prodi : Teknik Informatika Riwayat Pendidikan : No Jenjang Nama Sekolah Tempat (Kab) 1 SD SDN Unggulan Lamongan Jetis III 2 SLTP SMPN 1 Lamongan 3 SLTA SMAN 2 Lamongan 4 PT PENS-ITS Surabaya

Jurusan IPA Teknik Informatika

Tahun Lulus 2001 2004 2007 -

6. Prestasi yang Pernah Diraih 1. Yak Yuk Lamongan 05 2. Siswa Berprestasi SMAN 2 Lamongan 06 3. Finalis GEMASTIK 3 2010 7. Pengalaman Kegiatan Ektrakulikuler 1. Basket 2. Teaterikal 3. PMR 8. Pengalaman Kegiatan 1. Panitia kegiatan Maba PENS 2. Pelatihan OSC, ORACLE, Perakitan Komputer 3. PRA TD IT 07 4. TD PENS 07 5. SC OMB 08 6. Surveyor DetEksi Jawa POS 2009-2010

Surabaya, 20 Oktober 2010 Mahasiswa,

Putri Setiajeng Sesulih NRP. 7407040012

BIODATA ANGGOTA KELOMPOK

1. Nama Lengkap 2. NRP 3. Kelas 4. Jurusan/Prodi

: Rosita Vebriesti Ratri : 7407040026 : 4 D4 A Teknik Informatika : Teknik Informatika

5. Riwayat Pendidikan : No. 1 2 3 4 Jenjang SD SLTP SLTA PT Nama Sekolah SD Al Hikmah SD Al Hikmah MAN 3 PENS - ITS Tempat (Kab) Surabaya Surabaya Malang Jurusan IPA Tahun Lulus 2001 2004 2007 -

6. Prestasi yang Pernah Diraih a. Juara 2 English Quiz tingkat se Jawa Timur b. Juara 2 Lomba Karya Ilmiah se Jawa Timur 7. Pengalaman Kegiatan Wirausaha a. Pengelola Warnet b. Jual beli pulsa 8. Pengalaman Kegiatan Ektrakulikuler a. Juara I Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (PMR) b. Bendahara I PMR MAN 3 Malang 9. Pengalaman Kegiatan a. Menjadi Bendahara 1 dalam acara LMM di PENS ITS b. Menjadi Bendahara 1 dalam acara Welcome Party di PENS ITS c. Pelatihan OSC, ORACLE, Perakitan Komputer pada tahun 2007

Surabaya, 20 Oktober 2010 Mahasiswa,

Rosita Vebriesti R. NRP 7407040026

BIODATA ANGGOTA KELOMPOK 1. Nama Lengkap 2. NRP 3. Kelas 4. Jurusan/Prodi : Ayu Nawang Retno Ning Tyas : 7407040029 : 3 D4 IT A : Teknik Informatika

5. Riwayat Pendidikan : No. 1 2 3 4 Jenjang SD SLTP SLTA PT Nama Sekolah SDN Sidomlangean SMP N 1 Kedungpring SMA N 1 Kedungpring PENS - ITS Tempat (Kab) Lamongan Lamongan Lamongan Surabaya Jurusan IPA Tek.informatika Tahun Lulus 2001 2004 2007 2011

6. Prestasi yang Pernah Diraih a. Juara 2 Lomba Cerdas Cermat tingkat Kabupaten b. Juara 1 Menulis Puisi tingkat Kabupaten 7. Pengalaman Kegiatan Wirausaha a. Counter Hp , dimana saya sebagai pengelolah. b. Mendirikan stand bazar setiap tahun pada acara agustusan 8. Pengalaman Kegiatan Ektrakulikuler a. Bendahara 1 , saat kegiatan kepramukaan di tingkat kabupaten dengan masa jabatan 3 tahun. b. Juara 3 Bela diri tingkat Nasional 9. Pengalaman Kegiatan a. Menjadi Bendahara 1 dalam acara Gebzar Bazar dan seni di SMA b. Menjadi Bendahara 1 dalam acara Pra TD di PENS ITS Surabaya, 20 Oktober 2010 Mahasiswa,

Ayu Nawang R. NRP 7407040029

BIODATA ANGGOTA KELOMPOK

1. 2. 3. 4. 5.

Nama Lengkap NRP Kelas Jurusan/Prodi Riwayat Pendidikan Jenjang SD SLTP SLTA PT

No 1 2 3 4

: Afif Yasid Arbiansyah : 7408030006 : 3 D3 A Teknik Informatika : Teknik Informatika : Tempat Nama Sekolah Jurusan (Kab) SDN Kedurus I Surabaya 428 SMPN 24 Surabaya SMA Trimurti Surabaya IPA Teknik PENS-ITS Surabaya Informatika

Tahun Lulus 2002 2005 2008 -

6. Prestasi yang Pernah Diraih 1. Juara 3 ITS CHOIR 7. Pengalaman Kegiatan Ektrakulikuler 1. Ju-jitsu 2. Paduan Suara 3. Karawitan 8. Pengalaman Kegiatan 1. Panitia kegiatan ASP.NET, Lomba Cipta Game Komputer(LCGK) 2. Pelatihan ORACLE 3. PRA TD IT 08

Surabaya, 20 Oktober 2010 Mahasiswa,

Afif Yasid Arbiansyah NRP. 7408030006

Lampiran 2

BIODATA DOSEN PENDAMPING 1. Nama Lengkap 2. NIP 3. Pangkat/Golongan 4. Jabatan 5. Jurusan/Prodi : Dwi Kurnia Basuki, M. Kom. : 197404102008011014 : Penata Muda Tk. 1 (IIIB) : Dosen : Teknik Komputer

6. Riwayat Pendidikan : No 1 2 3 4 5 Jenjang SD SLTP SLTA PT PT Nama Sekolah SD Hangtuah VIII SMP Negeri 24 SMAN 18 ITS ITS Tempat (Kab) Surabaya Surabaya Surabaya Surabaya Surabaya Matematika T. Informatika Jurusan Tahun Lulus 1987 1990 1993 1998 2003

7. Prestasi yang Pernah Diraih a. Menjadi pembimbing PKM b. Penelitian hibah bersaing

Surabaya, 20 Oktober 2010 Pembimbing,

Dwi Kurnia Basuki, M. Kom.

NIP. 197404102008011014