You are on page 1of 10

MYOB Accounting

MYOB ACCOUNTING
Sekilas tentang MYOB Accounting
MYOB (Mine Your Own Bisnisses) Accounting adalah sebuah software akuntansi yang diperuntukkan bagi usaha kecil menengah (UKM) yang dibuat secara terpadu (integrated software). Beberapa alasan yang menjadi pertimbangan untuk mempertimbangkan software ini sebagai tool yang membantu proses pekerjaan akuntansi anda supaya menjadi lebih cepat dan tepat adalah sebagai berikut: 1. Mudah digunakan. Dengan tampilan menu dan aliran transaksi yang sederhana dan mudah di ingat, MYOB mudah dimengerti oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan mendalam tentang komputer dan akuntansi. 2. Tingkat keamanan yang cukup valid untuk setiap pemakai (user) 3. Kemampuan explorasi semua laporan ke program excel tanpa melalui proses ekspor / impor file yang merepotkan. 4. Dapat di aplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan 5. Menampilkan laporan keuangan komparasi (perbandingan) serta menampilkan analisis laporan dalam bentuk grafik.

Fitur (modul) yang disediakan MYOB


MYOB dibuat sebagai gabungan beberapa modul yang disajikan dalam satu paket. Beberapa modul (fitur) gabungan yang disediakan oleh MYOB Accounting yang kemudian digabung salah satu form yang disebut dengan Command Centre, adalah sebagai berikut : Nama menu Account (Buku besar) Nama sub menu Kegunaan menu Account list Digunakan untuk fasilitas mencatat nama perkiraan pada buku besar

Record Journal Entry

Banking (Jurnal khusus penerimaan dan pengeluaran kas)

Transaction Journal Spend Money

Receive Money

Prepare Bank Deposit Bank Register Reconcile Account Print Cheque

Digunakan untuk mencatat transaksi jurnal umum, seperti transaksi : 1. Jurnal penyesuaian pemakaian perlengkapan 2. Jurnal penyesuaian pembayaran dimuka 3. Jurnal penyesuaian biaya yang harus dibayar. 4. pencatatan dan taksiran penyisihan piutang tak tertagih. 5. Pengkreditan PPN masukan (pembelian) ke PPN keluaran (penjualan). 6. Pencatatan dan perhitungan gaji (upah) ke personalia dan PPh pasal 21. 7. Pengambilan dan penyetoran simpanan uang di bank kecuali dari transaksi Banking. Digunakan untuk melihat hasil transaksi jurnal umum. Digunakan untuk mencatat transaksi mengeluarkan uang dari bank guna keperluan usaha selain untuk transaksi hutang dagang, seperti transaksi : 1. Membeli perlengkapan alat tulis kantor (ATK) 2. Membayar biaya (beban) usaha. 3. Menyetorkan uang tunai ke bank atau mengeluarkan cek dari bank untuk keperluan intern maupun untuk keperluan ekstern. Digunakan untuk mencatat transaksi menerima uang selain dari pelanggan, seperti transaksi : 1. Penerimaan pinjaman uang 2. Pendapatan bunga dari bank. 3. Pengembalian pinjaman dari pelanggan. 4. Penjualan aktiva selain persediaan barang dagang Digunakan untuk mencatat proses pencairan cek/giro yang diterima dari pelanggan atau card lainnya. Digunakan untuk melihat mutasi setiap kas di bank dan dapat menambahkan transaksi perbankan Digunakan untuk melakukan rekonsilisasi bank secara manual, seperti : rekonsiliasi kas/bank, piutang dagang, dan hutang dagang. Digunakan untuk mencetak cek yang telah dibuat.

MYOB Accounting Transaction Journal Sales Register Digunakan untuk melihat transaksi yang dibuat melalui banking. Digunakan melihat transaksi yang telah dibuat dengan status seperti Qoute (permohonan), Order (pesanan), Open Invoice (saldo awal), Retur &Debits ( retur penjualan), dan sebagainya. Digunakan untuk mencatat transaksi penjualan, dengan formulir faktur yang disediakan sebagai berikut:

Sales (Jurnal khusus Penjualan)

Enter sales

Quote, digunakan untuk mencatat transaksi yang bersifat permohonan dan belum dicatat dalam jurnal transaksi. Order, digunakan untuk mencatat transaksi yang bersifat pesanan penjualan dan belum dicatat dalam jurnal penjualan.

Invoice, digunakan untuk mencatat transaksi penjualan secara kredit maupun tunai dan dicatat dalam jurnal penjualan. Dalam mencatat transaksi penjualan MYOB Accounting menyediakan tampilan (Lay Out) pada faktur penjualan, sebagai berikut :


Received Payment Transaction Journal Print Invoice

Service, digunakan untuk menampilkan transaksi penjualan jasa dengan keterangan yang panjang. Item, digunakan untuk menampilkan transaksi penjualan barang dagang. Profesional, digunakan untuk menampilkan beberapa transaksi jenis jasa yang disertai beberapa tanggal.

Miscellaneous, digunakan untuk menampilkan transaksi penjualan lainlain. Digunakan untuk mencatat penerimaan uang dari pelanggan sehubungan dengan transaksi penjualan barang dagang. Digunakan untuk melihat transaksi penjualan yang telah dibuat. Digunakan untuk mencetak faktur penjualan yang telah dibuat.

Print Statement Time billing (Penjualan Jasa) Activities List Enter Activity Slip Prepare Time Billing Invoice Activity Log

Purchase (Jurnal khusus pembelian)

Purchase Register

Enter Purchase

Digunakan untuk mecetak pernyataan (ketrangan) sehubungan dengan transaksi penjualan. Digunakan untuk mencatat daftar jasa/service yang dijual pada Customer atau akan dipakai dalam perusahaan itu sendiri. Digunakan untuk membuat slip transaksi atas penggunaan jasa / service tersebut. Digunakan untuk proses pengambilan data dari activity Slip, dipilih beberapa slip yang sudah selesai dikerjakan dan siap untuk dilkirimi tagihan (invoice) Merupakan form kumpulan dari Activity Slip yang menunjukkan suatu yang telah dilakukan dengan tampilan per Diary View atau detail view. Digunakan untuk melihat transaksi yang telah dibuat dengan status Quote (permohonan pembelian), Order (pesanan pembelian), Open Bills (saldo awal pemasok), Return & Debits (retur pembelian), dsb. Digunakan untuk mencatat transaksi pembelian, dengan formulir faktur sebagai berikut :

Quote, digunakan untuk mencatat transaksi pembelian yang bersifat permohonan dan belum dicatat dalam transaksi pembelian. Order, digunakan untuk mencatat transaksi pembelian yang bersifat pesanan pembelian dan belum dicatat dalam transaksi pembelian.

Pay bill

Print Cheque Order Print Cheque Prepare Electronic Payment Transaction Juornal Payroll Categories

Bill, digunakan untuk mencatat transaksi pembelian yang bersifat pembelian secara kredit maupun tunai dan dicatat dalam jurnal transaksi pembelian. Digunakan untuk mencatat transaksi pembayaran hutang pada pemasok sehubungan dengan transaksi pembelian barang dagang. Digunakan untuk mencetak pesanan pembelian. Digunakan untuk mencetak cek sehubungan dengan pembayaran hutang pada pemasok. Digunakan mencairkan cek/giro . Digunakan untuk melihat transaksi pembelian yang telah dicatat. Digunakan untuk membuat jenis-jenis pembayaran gaji (upah).

Payroll (Gaji / upah)

MYOB Accounting Pay Employess Prepare Electronic Payment Print Paycheque Journal transaction Item List Set Item list Count Inventory Inventory (Buku Pembantu persediaan barang dagang) Tranfer Inventory Digunakan untuk transaksi pembayaran gaji (upah) pada pegawai. Digunakan untuk pembayaran gaji (upah) melalui kartu. Digunakan untuk mencetak cek pembayaran gaji (upah) Digunakan untukmelihat jurnal transaksi yang telah dibuat. Digunakan untuk mencatat nama persediaan barang dagang dan harga jual barang dagang Digunakan untuk mencatat metode penilaian persediaan barang dagang LIFO (MTKP) atau Average (rata-rata). Digunakan untuk mencatat saldo awal persediaan barang dagang baik banyaknya (quantity) dan harga beli (cost price) Digunakan untuk memindahkan suatu barang dan menjadikannya barang baru dengan Quantitas dan harga baru. Biasanya untuk perusahaan perakitan (build). Digunakan untuk meyesuaikan barang yang ada digudang baik barang dagang, perlengkapan ATK. Digunakan mencatat menggabungkan beberapa barang menjadi satu sesuai dengan daftar item build. Digunakan untuk melihat transaksi persediaan barang dagang. Digunakan untuk mencatat nama pelanggan dan pemasok perusahaan. Digunakan untuk mencatat keterangan dialog kepada pelanggan, pemasok, pegawai. Digunakan untuk mencetak nama pelanggan dan pemasok, dan pegawai.

Adjust Inventory Auto Build Inventory Transaction Journal Card List Contact log Print Mailing Labels

Card file (Buku Pembantu pelanggan dan pemasok)

SOAL KASUS AKUNTANSI Soal kasus 1 Berikut ini disajikan mengenai kegiatan operasional Bengkel Maju Lancar selama bulan Juli 2006, adalah sebagai berikut : a. Neraca BENGKEL MAJU LANCAR NERACA SALDO PER 1 JULI 2006 NO. SALDO NAMA ACCOUNT TYPE ACCT AWAL 1-0000 AKTIVA Header 1-1000 AKTIVA LANCAR Header 1-1101 Kas Detail Cheque 35.350.500 1-1201 Piutang usaha Detail 9.500.500 1-1501 Perlengkapan bengkel Detail 12.500.000 1-1502 Perlengkapan kantor Detail 5.000.000 1-1301 Asuransi dibayar dimuka Detail 12.000.000 1-1302 Sewa dibayar dimuka Detail 1-2000 AKTIVA TETAP Header 1-2100 Kendaraan operasional Detail 102.500.000 1-2150 Akum. Peny. Kendaraan operasional Detail (52.500.000) 1-2200 Peralatan bengkel Detail 42.600.000 1-2250 Akum. Peny. Alat bengkel Detail (13.100.000) 2-0000 HUTANG Header 2-1000 HUTANG JANGKA PENDEK Header 2-1100 Hutang usaha Detail 32.500.000 2-1200 Hutang gaji Detail 4.825.000 2-1300 Hutang bunga Detail 3.675.000 2-1400 Pendapatan diterima dimuka Detail 2-2000 HUTANG JANGKA PANJANG Header 2-2100 Hutang bank Detail 24.500.000

MYOB Accounting 3-0000 3-1000 3-2000 4-0000 4-1001 4-1002 4-1003 4-1004 6-0000 6-1001 6-1002 6-1003 6-1004 6-1005 6-1006 6-1007 6-1008 6-1009 6-1010 6-1011 MODAL Modal Prive PENDAPATAN Pendapatan jasa umum Pendapatan jasa perbaikan badan Pendapatan jasa perbaikan besar Pendapatan jasa salon mobil BIAYA-BIAYA Beban gaji Beban sewa Beban rek. Listrik, air dan telepon Beban perlengkapan bengkel Beban perlengkapan kantor Beban peny. Kendaraan operasional Beban peny. Peralatan bengkel Beban asuransi Beban iklan Beban usaha lainnya Beban bunga Jumlah Header Detail Detail Header Detail Detail Detail Detail Header Detail Detail Detail Detail Detail Detail Detail Detail Detail Detail Detail

88.351.000

153.351.000

b.

Transaksi-transaksi yang dilakukan Bengkel Maju Lancar pada bulan Juli 2006 adalah sebagai berikut : 01 Juli Pemilik perusahaan menambah modal sebesar Rp 15.000.000 02 Juli Dua orang pelanggan bengkel (Pak Anton dan Pak Chandra) meninggalkan kendaraannya untuk di servis 02 Juli Menerima pembayaran piutang usaha sebesar Rp 4.565.000 03 Juli Membayar gaji terutang kepada karyawan sebesar Rp 4.825.000 03 Juli Mobil Pak Anton dan Pak Chandra yang di tinggal 01 Juli telah selesai. Pelanggan membayar seluruh biaya servis secara tunai. Pembayaran yang diterima meliputi jasa umum Rp 3.915.000, perbaikan badan Rp 2.805.000 dan salon mobil Rp 2.100.000 04 Juli Seorang pelanggan meninggalkan mobilnya dengan memberikan uang muka sebesar Rp 5.000.000 untuk menyelesaikan jasa umum 04 Juli PT. ABC meninggalkan kendaraannya untuk diperbaiki. 05 Juli Membeli peralatan bengkel Rp 16.850.000 dengan membayar tunai Rp 10.000.000 dan sisanya dibayar bulan depan. 05 Juli Menerima pendapatan tunai Rp 2.570.000 dari jasa salon mobil dan Rp 1.300.000 dari jasa umum. 07 Juli Membayar tagihan rek. Listrik, air, dan telpon untuk bulan juli Rp 6.810.000. 7

07 Juli Pak Mahmud meninggalkan kendaraanya untuk servis besar. Pelanggan tersebut membayar uang muka sebesar Rp 4.000.000 08 Juli Kendaraan PT. ABC telah selesai, perusahaan mengirimkan tagihannya kepada PT. ABC atas jasa umum sebesar Rp 3.630.000 08 Juli Menerima pendapatan tunai dari jasa umum Rp 815.000, perbaikan badan kendaraan Rp 1.033.000 dan salon mobil Rp 768.000 09 Juli Menyelesaikan pekerjaan yang dijanjikan pada transaksi tanggal 04 Juli. Pelanggan tersebut harus menambah uang sebesar Rp 750.000 untuk membayar biaya service kendaraannya. 10 Juli Menerima pembayaran atas tagihan yang dikirim pada tanggal 08 Juli. 11 Juli Membeli perlengkapan bengkel secara tunai Rp 1.500.000 11 Juli Menerima pendapatan tunai atas jasa salon Rp 3.770.000 dan jasa perbaikan badan kendaraan Rp 1.805.000 12 Juli Pemilik usaha mengambil uang kas untuk kepentingan pribadi sebesar Rp 2.000.000 12 Juli Mobil yang ditinggalkan tanggal 07 Juli telah diselesaikan. Rincian biaya servis kendaraan adalah sebagai berikut : Jasa perbaikan badan sebesar Rp 2.500.000, Jasa umum sebesar Rp 1.250.000 dan Jasa salon mobil Rp 175.000. perusahaan mengembalikan kelebihan uang muka yang telah dibayarkan. 14 Juli Membayar tunai Rp 2.850.000 untuk pelatihan karyawan 14 Juli Menerima pendapatan tunai Rp 2.215.000 atas jasa perbaikan badan kendaraan dan Rp 2.339.500 atas jasa salon mobil 14 Juli Membeli secara tunai perlengkapan bengkel seharga Rp 1.850.000 15 Juli Membayar biaya untuk pemsangan iklan di koran sebesar Rp 2.600.000 15 Juli Pak Yunus meninggalkan mobilnya untuk di servis, Pak Yunus memberikan uang muka sebesar Rp 1.000.000 16 Juli Membayar sebagian hutang usaha sebesar Rp 4.300.000 16 Juli Menerima pendapatan secara tunai dari jasa umum Rp 1.850.000 dan jasa perbaikan badan kendaraan Rp 2.825.000 17 Juli Membayar tunai Rp 3.875.000 untuk biaya perbaikan dan perawatan peralatan bengkel. 17 Juli Menerima pendapatan tunai dari jasa perbaikan badan kendaraan dan salon mobil masing-masing sebesar Rp 1.965.000 dan Rp 1.228.500 18 Juli Membayar Rp 1.300.000 untuk pemasangan iklan di sebuah tabloid otomotif. 18 Juli Menerima tunai Rp 743.000 dan Rp 1.815.000 atas jasa perbaikan badan kendaraan dan salon mobil. 18 Juli Mobil Pak Yunus sudah selesai, selesai, biaya total yang dikeluarkan sebesar Rp 1.250.000 untuk jasa umum. Namun karena Pak Yunus pelanggan Setia dan sahabat Pak Daniel, Pak Yunus Diberikan diskon sebesar Rp 50.000 sehingga Pak Daniel cukup membayar Rp 1.200.000. Perusahaan mencatat pendapatan sebesar jumlah uang yang diterima. 19 Juli Membeli perlengkapan kantor seharga Rp 2.153.000 tunai. 19 Juli Menerima pembayaran dari pelanggan atas jasa umum, perbaikan badan kendaraan, dan salon mobil masing-masing sebesar Rp 2.855.000, Rp 1.944.000 dan Rp 1.289.000 21 Juli Menerima pembayaran dimuka untuk jasa umum sebesar Rp 2.465.000 21 Juli Membayar Rp 1.200.000 untuk pemasangan iklan di majalah otomotif. 22 Juli PT. DNS mengirim mobilnya untuk di servis rutin. 23 Juli Menerima pendapatan tunai sebesar Rp 5.565.000 atas jasa umum yang telah di selesaikan.

MYOB Accounting 24 Juli Menyelesaikan pekerjaan yang telah dijanjikan pada tanggal 21 Juli. Perusahaan harus mengembalikan kelebihan uang muka sebesar Rp 165.000 25 Juli Menerima pendapatan tunai atas jasa perbaikan badan kendaraan Rp 2.621.000 dan salon mobil Rp 1.177.000 26 Juli Menerima pembayaran dimuka sebesar Rp 2.315.000 untuk melakukan pekerjaan jasa umum. 28 Juli Membayar uang sewa bangunan untuk bulan Juli s/d Oktober sebesar Rp 21.850.000 28 Juli PT. Abadi Transport mengirimkan dua mobil truknya untuk diservis dengan memberikan uang muka sebesar Rp 10.000.000 29 Juli Mengirimkan tagihan kepada PT. DNS atas jasa umum Rp 4.940.000 dan perbaikan badan kendaraan sebesar Rp 1.415.000 30 Juli Menerima pendapatan tunai dari jasa umum Rp 4.940.000 dan perbaikan badan kendaraan sebesar Rp 2.725.000. 30 Juli Membayar gaji karyawan bulan Juli sebesar Rp 29.000.000. 31 Juli Menerima pendapatan tunai dari jasa perbaikan badan kendaraan Rp 1.525.000 dan salon mobil Rp 1.220.500

c. Informasi yang diperlukan untuk membuat ayat jurnal penyesuaian pada tanggal 31 Juli 2006 adalah sebagai berikut : 1) Gaji yang masih harus dibayar adalah Rp 5.000.000 2) Perlengkapan bengkel dan perlengkapan kantor yang tersisa masingmasing sebesar Rp 9.000.000 dan Rp 2.000.000 3) Beban penyusutan kendaraan operasional untuk bulan Juli 2004 adalah Rp 2.000.000 sedangkan beban penyusutan peralatan bengkel adalah sebesar Rp 4.312.500 4) Premi asuransi sebesar Rp 18.000.000 dibayar tanggal 1 Maret 2006 untuk jangka waktu 1 tahun 5) Bengkel Maju Lancar telah menyelesaikan jasa perbaikan besar kepada PT. Abadi Transport senilai Rp 25.750.000 yang terdiri dari jasa umum sebesar Rp 8.500.000, jasa perbaikan badan kendaraan Rp 16.500.000 dan sisanya untuk jasa salon mobil . 6) Telah menyelesaikan 50% jasa atas uang muka yang diterima pada tanggal 26 Juli. 9

7) Hutang bank adalah hutang yang diperoleh perusahaan pada tanggal 2 Januari 2006 dan jatuh tempo pada 2 Januari 2009. Pokok hutang bank tesebut adalah Rp 24.500.000 bunga 30% dibayarkan setiap tanggal 2 Januari.

10