You are on page 1of 13

Install ClearOs Enterprise 5.

2 Server
Label: ClearOs

ClearOs ini bagus di jadikan router ,proxy squid karena clearos ini simple dan mudah digunakan,ok sekarang saya post Cara Install ClearOs Enterprise 5.2 Server Download dulu ClearOs Enterprise 5.2 Server ((DISINI)) Kemudian di burning --Halaman utama instalasiTekan ENTER seperti gambar di bawah ini:

--Pilih English untuk bahasa kemudian ,seperti gambar di bawah ini:

--Pilih us untuk tupe keyboard,seperti gambar di bawah ini:

--Pilih Local CDROM ,seperti gambar di bawah ini:

--Pilih Install ,seperti gambar di bawah ini:

--Ketik ClearOS untuk install,seperti gambar di bawah ini:

--Untuk Install secara offline pilih Standalone Mode ,seperti gambar di bawah ini:

--Pilih Manual Configuration seperti gambar di bawah ini:

--Masukkan ip address,gateway,name server(DNS) yang mengarah ke internet,seperti gambar di bawah ini:

--Masukkan password untuk login root,seperti gambar di bawah ini:

--Untuk partisi gunakan saja Use Default ,seperti gambar di bawah ini:

--Untuk aplikasi aplikasi centang saja semua dengan menggunakn SPACE di keyboard,seperti gambar di bawah ini:

--Pilih Done seperti gambar di bawah ini:

--Proses,seperti gambar di bawah ini:

--Instalasi sudah selesai pilih Reboot untuk restart seperti gambar di bawah ini:

--Masukkan login:root dan password:password_yang_anda_buat seperti gambar di bawah ini:

--Pilih bahasa English kemudian Next seperti gambar di bawah ini:

--Periksa ip address interface external yang mengarah ke internetapakah udah benar atau belum kalu udah benar silahkan colokan lan ke modem,seperti gambar di bawah ini:

--Periksa ip address untuk local LAN (untuk client) ,seperti gambar di bawah ini:

--Jika sudah pasti konek ke internet lan nya silahkan pilih Gateway Mode jika secara offline pilih Standalone Mode nanti jika udah konek diganti lagi ke Gateway Mode,seperti gambar di bawah ini:

--Pilih Zona waktu untuk WIB Asia/Jakarta,seperti gambar di bawah,jika WIT ata WITA,silahkan sesuaikan:

--Isi domain seperti gambar di bawah,jikan tidak punya domain,isi saja sembarangan:

--Isi table Organizations seperti gambar di bawah:

--Selesai--

Amankan Warnet dengan ClearOS (3) Administrator / Monday, 04 April 2011 14:29 Pada bahasan kali ini, kita akan lebih mendalami mengenai Memblokir host, memblokir situs dan ekstensi web, Filtering Protokol dan DHCP Server

Memblokir Host
Ada kalanya beberapa host tidak diperbolehkan mengakses internet. Jadi, Anda hanya melakukan beberapa langkah untuk memblokirnya. Klik menu Network pada halaman utama dan pilih Incoming. Pada bagian paling bawah, yaitu Blocked External Host, ketikkan nama nickname host yang akan diblokir kemudian isikan alamat IP Address. Klik Add. Jika sudah, Anda akan melihat hasil input host yang akan diblokir dan saat ini, host tersebut tidak akan bisa mengakses internet sama sekali.

Blokir Situs dan Ekstensi Web


Internet yang sehat adalah internet yang bebas dari unsur kekerasan, pornografi, dan tentunya malware. Untuk mewujudkannya, ikuti langkah berikut ini. Pada halaman utama, klik menu Gateway. Pada bagian Proxy dan Filtering, pilih Content Filter. Saat ini, service content filter masih belum berjalan. Klik tombol Stop pada bagian status. Selanjutnya, aktifkan secara otomatis layanan ini ketika booting. Klik tombol Manual pada bagian On boot. Pada bagian Configuration Global Filter Options, ubah nilai Off menjadi On pada Reverse Address Lookups dan klik Update. Saatnya untuk memblokir ekstensi yang akan di download oleh klien. Klik tombol Edit pada Extension/MIME. Pada halaman berikutnya akan muncul list ekstensi yang dapat Anda pilih untuk diblokir. Dalam kasus ini, ekstensi yang dipilih adalah .exe dan jika host mendownload, ekstensi .exe akan langsung diblok. Klik Update. Klik Back untuk kembali ke halaman sebelumnya. Jika ingin blokir situs yang akan diakses secara rinci, klik Edit pada menu Site List. Ketikkan alamat URL situs yang akan diblokir pada kolom IP Address/Hostname, misalnya playboy.com, pada bagian Banned Site List. Klik Add. Alamat URL situs yang diblokir akan langsung tampak di bagian Banned Site List. Klik Back. Lebih rinci lagi, blokir situs jika ada yang menuliskan frasa terlarang. Klik Edit pada bagian Phrase Lists. Sekarang, Anda melihat banyak frasa. Berikan tanda centang pada frasa yang menurut Anda berbahaya bagi klien kemudian klik Update. Seperti biasa, klik tombol Back untuk kembali ke halaman sebelumnya. Terakhir, Anda akan memberikan nilai blacklist pada kata atau kalimat. Klik Edit.

Anda akan melihat banyak kata yang dapat di blacklist, misalnya violance. Pilih kata dam klik Update kemudian klik tombol Back. Semua konfigurasi di atas harus diaktifkan dengan melakukan klik pada tombol Update. Langkah berikutnya, klik menu Gateway pada halaman utama kemudian pilih Web Proxy. Aktifkan Content Filter pada bagian Web Proxy Mode. Ubah nilai Disabled menjadi Enabled. Klik tombol Update. Cobalah akses dari klien kata-kata, frasa, ataupun situs yang sudah Anda tetapkan untuk diblokir sebelumnya. Hasilnya ada warning the content filter has blocked. oleh ClearOS.

Filtering Protokol
Apabila Anda tidak menginginkan adanya komunikasi antara host dengan website lainnya, Anda dapat memblokirnya dengan langkah berikut ini. Klik menu Gateway pada menu utama dan pilih Protocol Filter Configuration pada bagian Protocol Filter. Berikutnya, Anda pilih protokol yang tidak Anda inginkan berkomunikasi pada host Anda dengan mengeklik tombol Block. Dalam hal ini, misalnya jabber sebagai protocol untuk chatting melalui account gmail. Apabila pilihannya terlalu banyak, Anda bisa melihatnya per kategori dari menu drop down Filter by Group. Kemudian, aktifkan status protokol filter dengan klik tombol Stop dan ubah menjadi Start. Cobalah untuk mengaktifkan chat gmail dan pastinya Anda tidak dapat terkoneksi. Apabila ada situs khusus yang akan diset, tetapi tidak terkena larangan protokol, klik menu Bypass Rules dan isikan informasi website dengan mengisikan nickname dan alamat IP atau dominan dari web tersebut.

DHCP Server
Apabila host atau klien ingin secara otomatis menerima alamat IP tanpa harus mengonfigurasi lagi, Anda harus membuat DHCP server melalui tahapan berikut ini. Pada menu halaman utama, pilih Network dan pada bagian Settings, klik DHCP Server Pertama-tama, Anda harus mengaktifkan layanan DHCP dengan melakukan klik tombol Start pada bagian Status. Dalam hal ini, yang digunakan untuk berkomunikasi dengan jaringan lokal adalah Eth1. Maka, pada bagian Edit Subnet, klik tombol Edit pada eth1. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan informasi alamat IP gateway, yaitu 192.168.1.1 Berikutnya adalah menentukan IP Range (low) yang merupakan alamat IP terendah yang akan didapatkan oleh klien. Dalam hal ini adalah 192.168.1.10. Isikan juga IP Range (high) untuk alamat IP host yang tertinggi. Dalam hal ini adalah 192.168.1.50. Untuk pengisian nomor DNS Server #1 dan #2, isikan dengan nomor IP DNS ISP atau yang ada pada modem Anda. Setelah selesai, klik Update untuk segera mengaktifkan konfigurasi DHCP Anda dan dapat diterima oleh klien.

Terakhir, konfigurasikan penerimaan alamat IP secara DHCP pada komputer klien Anda. Biasanya, apabila di Linux, biarkan pada mode automatic (DHCP) dan jika klien Windows, pada pilihan obtain an IP address automatically. Jika berhasil, tiap klien akan mendapatkan alamat IP-nya masing-masing dengan batas alamat IP 192.168.1.10 hingga 192.168.1.50. Jika belum, ulangi tahapannya dari awal.