Вы находитесь на странице: 1из 3

APPENDIX 9C PROSEDUR SERAH TERIMA AKHIR PEKERJAAN ( FHO )

1 Tujuan Untuk memperolleh hasil pekerjaan yang sesuai dengan ketentuan dan secara teknis dapat dipertanggungjawabkan setelah melalui proses Waranty Period (masa pemeliharaan) dari kontraktor. Prosedur ini memuat proses penyerahan / serah terima akhir pekerjaan dimulai dengan permohonan kontraktor, pemeriksaan lapangan sampai dengan diterbitkannya Berita Acara Serah Terima Akhir Pekerjaan. Serah Terima Akhir Pekerjaan (Final Hand Over) adalah peristiwa penyerahan hasil pekerjaan kontraktor secara menyeluruh sesuai kontrak berikut amendemannya kepada Pemilik/Direksi Pekerjaan, setelah selesainya masa pemeliharaan sesuai ketentuan yang diatur dalam kontrak. 1. Keppres RI Nomor : 80 tahun 2003 2. Kepmen PU nomor 67/KPTS/1998 3. Dokumen Lelang 5 Ketentuan Umum 1. Serah Terima Akhir Pekerjaan ( Final Hand Over) dapat diajukan oleh Kontraktor secara tertulis kepada Direksi paling lambat 21 (dua puluh satu) hari sebelum berakhirnya masa pemeliharaan (Waranty Period) atau sesuai yang diatur dalam kontrak. 2. Panitia/Tim FHO yang dibentuk oleh PPK akan memeriksa kelapangan. Apabila Panitia menilai masih terdapat kerusakan / cacat baru yang muncul dalam masa Waranty Period sehingga belum dapat menerima pekerjaan, maka kontraktor harus diberitahu secara tertulis dengan menyebutkan sebab-sebabnya dan perbaikan apa saja yang harus dikerjakan serta kontraktor wajib memperbaiki sebagaimana mestinya sesuai permintaan Panitia. 3. Rekomendasi Panitia kepada KPA/PPK akan dikeluarkan apabila kontraktor dinilai telah menyelesaikan semua kewajibannya selama Waranty Period dengan baik yang dituangkan dalam Berita Acara Pemeriksaan Akhir Pekerjaan. Tanggal keabsahan berlakunya serah terima pekerjaan akhir (FHO) tersebut diatas adalah pada saat tercapainya kesepakatan dapat diterimanya serah terima pekerjaan dilapangan (berdasarkan hasil opname lapangan), walaupun belum semua anggota panitia menandatangani, oleh karena suatu hal dan sehingga berhalangan hadir. Serah Terima Pekerjaan Akhir (FHO) harus dituangkan dalam Berita Acara yang ditandangani oleh Pinpro/Pinbagpro dan Kontraktor, berdasarkan rekomendasi dari Panitia. Berdasarkan Berita Acara Serah Terima Akhir, Retention of Money bisa dibayarkan atau Jaminan Pemeliharaan dikembalikan kepada Kontraktor.

Ruang Lingkup

Definisi

Acuan

4.

5.

6.

Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Wilayah VI Nias

Hal

1/3

Prosedur dan Tanggungjawab Pelaku Penanggungjawab Kontraktor

No 1

Kegiatan 1. Mengajukan Surat Permohonan Serah Terima Akhir Pekerjan kepada PPK.

Rekaman Surat Permohonan FHO

PPK

1. Melaporkan rencana pelaksanaan FHO terhadap paket tertentu kepada KPA. 2. Membentuk Panitia Serah Terima Akhir Pekerjaan / FHO (jika belum dibentuk)

Srt Keputusan Pembentukan Panitia/Tim FHO

KPA

1. Melaporkan rencana pelaksanaan FHO paketpaket Pekerjaan kepada BRR Distrik dan Wilayah VI Nia 1. Meminta Panitia untuk melaksanakan FHO 1. Mengadakan rapat pleno penugasan Panitia FHO dan mengatur

6 7

PPK Panitia/TIM FHO

2. Mengadakan pemeriksaan lapangan ( fisik ) dan pemenuhan kewajiban pemeliharaan dan perbaikan yang disyaratkan sebelumnya(bila ada) dan membuat Risalah Hasil Kunjungan Lapangan yang selanjutnya disampaikan kepada Pinbagpro 3.

Bila masih ada yang belum terselesaikan atau masih terdapat kerusakan dan cacat mutu, Kontraktor diperintahkan melakukan perbaikan sebagaimana mestinya.
Formulir BA Pemeriksaan Akhir Pekerjaan

4. Bila semuanya kewajiban telah terpenuhi dan perbaikan kerusakan-kerusakan sudah diselesaikan, Panitia membuat rekomendasi yang dituangkan dalam Berita Acara Pemeriksaan Pekerjaan Akhir yang ditanda tangani oleh Panitia, Kontraktor dan diketahui oleh Pinbagpro. 5. 8 9 PPK Kontraktor Menentukan tanggal definitif Serah Terima Akhir (FHO).

1. Membuat dan menandatangani Berita Acara FHO dengan Kontraktor 1. Berdasarkan Berita Acara FHO, Kontraktor dapat mengajukan surat permintaan pembayaran retensi atau pengembalian jaminan pemeliharaan.

Berita Acara FHO

Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Wilayah VI Nias

Hal

2/3

10

PPK

1. Memberikan rekomendasi pengembalian jaminan pemeliharaan kepada Kontraktor. 2. Melaporkan penyelesaian pelaksanaan FHO kepada KPA untuk diteruskan kepada BRR Distrik dan Wilayah VI Nias.

7 8

Pengecualian Lampiran

Tidak ada 1. Contoh Surat Permohonan Serah Terima Akhir Pekerjaan. 2. Contoh SK. Pembentukan Panitia FHO 3. Contoh Berita Acara Pemeriksaan Akhir Pekerjaan. 4. Contoh Berita Acara FHO

Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Wilayah VI Nias

Hal

3/3