You are on page 1of 2

8.

GOVERNOR

Adalah sebuah peralatan atau mekanisme yang bertugas mendeteksi sebuah parameter dan secara otomatis mengendalikan dan menjalankannya pada level tertentu yang diinginkan. Dalam hal generator AC, parameter yang dimaksud adalah kecepatan mesin, dan kegunaan governor pada generator AC adalah untuk menjaga agar kecepatan mesin konstan pada semua kondisi beban. Governor melakukan hal ini dengan mengendalikan kosumsi bahan bakar, sehingga kenaikan atau bertambahnya kecepatan diatur dengan menurunkan pemasokan bahan bakar dan penurunan kecepatan diatur dengan menaikkan pemasokan bahan bakar.

Setip governor harus terdiri dari setidaknya dua komponen, pertama untuk mengukur atau mendeteksi kecepatan, yang kedua untuk menerjemahkan pengukuran ini ke dalam bentuk gerakan pada bagian output governor untuk mengontrol peralatan yang mengatur banyaknya bahan bakar yang diinjeksikan ke dalam silinder mesin.

9. SPEED DROP

Suatu diesel generator jika dibebani, maka frekuensi outputnya akan turun. Hal ini disebabkan karena putaran diesel juga menurun. Penurunan tersebut dapat diatasi dengan pengaturan governor, dengan cara speed drop.

Speed drop adalah perubahan persentase dalam penyesuaian kecepatan pada pergerakan penuh katup output governor ( dari kecepatan penuhnya sampai posisi kecepatan zeronya ). Hal ini adalah karakteristik dari operasi governor untuk mencapai kestabilan dan yang penting pada saat dua atau lebih mesin yang terhubung dengan governor speed sensing bekerja dalam suatu kerja paralel, untuk membagi beban secara proporsional.

Jika diesel generator menanggung beban penuh, frekuensi output diesel generator akan turun. Penurunan frekuensi output dibatasi oleh speed drop sebesar sekitar2% - 4% dari frekuensi output pada waktu tidak berbeban. Sebuah regulasi khusus untuk jenis speed drop adalah 3%. Misalkan bila kecepatan dan frekuensi pada beban penuh adalah 1500 rpm dan 50 Hz, maka

beban kosong adalah 1545 rpm dan 51,5 Hz. Bila beban ditambah atau dikurangi, kecepatan dan frekuensi akan berubah sesaat antara satu sampai tiga detik, governor akan menyebabkan mesin berpindah pada kecepatan tertentu pada beban baru. Adapun hubungan antara frekuensi dan speed drop dapat dituliskan sebagai berikut:

Speed drop = { (Fnl -Ffl): Ffl} x 100%

Pada saat diesel generator dibebani lebih kecil dari beban penuh, maka frekuensi outputnya dapat dicari dengan rumus sebagai berikut: Sp =P fl : (F nl - F fl)

Px = Sp x (F nl -Fx)

Dimana : F fl = Frekuensi beban penuh

F nl = Frekuensi beban kosong

Fx = Frekuensi beban tertentu

s p = Sloop

P fl = Daya beban penuh

Px = Daya beban tertentu