Вы находитесь на странице: 1из 2

TUGAS INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION

Iklan yang kreatif


Bpk. Gancar Candra Premananto

Oleh : Wahyu Ediningtias (041143048)

MM Angkatan 37 - Kelas Akhir Pekan

PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS AIRLANGGA 2012

IKLAN SHERA CEILING BOARD (PLAFON) Review Iklan Pada awal cerita, mengisahkan tentang sepasang cicak yang saling mencintai, namun ketika cicak tersebut sedang berada di langit langit, tiba tiba plafonnya retak, sehingga salah satu cicak terjatuh. Cicak yang lain sudah berusaha menyelamatkan tapi tidak berhasil. Karena tidak berhasil menyelamatkan kekasihnya, cicak tersebut ikut menjatuhkan diri, sehingga akhirnya sepasang cicak tersebut mati. Kedua cicak itu jatuh di depan beberapa orang yang sedang bermain catur. Salah satu orang marah pada pemilik rumah karena tidak menggunakan produk Shera, sehingga menyebabkan atap retak dan cicak itu mati.

Pembahasan Iklan ini merupakan iklan yang kreatif klarena memanfaatkan binatang sebagai pemain utama. Iklan tersebut hendak menggambarkan contoh plafon yang tidak kuat/tidak berkualitas. Dalam hal ini, menggunakan cicak, hewan yang merayap di dinding/langit- langit. Sangat cocok dengan produknya, yaitu plafon.

Penggunaan cicak ini agar iklan tersebut melekat dalam benak penonton, awalnya iklan ini begitu dramatis dengan scoring (iringan music) berjudul Love Story, yang mengisahkan tentang kisah cinta sepasang cicak yang berakhir tragis, namun ternyata endingnya lucu, sehingga penonton tidak mengira bahwa produk dari iklan tersebut adalah plafon. Pesan dari iklan tersebut tetap sampai pada penonton, karena gara- gara plafon yang gampang retak, kedua cicak tersebut harus terpisah oleh maut. Pesan tersebut disampaikan dengan cara yang menarik.