You are on page 1of 3

Komentar Umum Bab 5

Sudah bagus sekali Mbak Retno, tetapi untuk lebih memudahkan analisis dan juga pembaca mengerti permasalahan lebih baik jika dirubah sistematikannya dan analisisny sehingga lebih runut. Berikut adalah komentar detail, saya tidak banyak berkomentar di dalam: a. Untuk komentar internal tolong dibatasi hanya yang terkait dengan problem internal TVRI b. Susunan Judul seperti tertera di bawah ini 5.1. Kendala Operasional 5.1.1. Belum Ada Tolok Ukur Kinerja Yyang Baku 5.1.2. Problem Motivasi dan Mentalitas Yyang Tidak Mendukung 5.2. TVRI dan Kepentingan Publik 5.3. Lemahnya Komitmen Pendanaan Uuntuk Lembaga Penyiaran Publik 5.4. Konflik Internal TVRI 5.5. Refleksi Pemikiran 5.1. Pemahaman Menterjemahkan Kepentingan Publik Dapat mengambil dari sub bab yang ada, namun perlu penjelasan sejarah dan latar belakarng TVRI. Konfllik internal dalam memahami kepentingan publik karena masih ada dua kubu, ingin tetap menjadi bagian pemerintah dan benar-benar menjadi TV publik. Dampak pemahaman internal yang berbeda ini kemudian tercermin dalam arah pengelolaan organisasi yang berbeda, tayangan TVRI yang tanpa filter dan cenderung memihak 5.2. Kendala Operasional 5.2.1. Sistem dan Mekanisme Kerja Jelakan sistem kerja TVRI yang menyulitkan semua kegiatan berjalan dengan baik, tidak ada SOP yang ditaati. Pekerjaan berjalan tanpa acuan yang jelas. Pelaksanaan kegiatan mengikuti anggaran tetapi realiasasi di lapangan berbeda. 5.2.1. Kualitas SDM Gunakan data bagaimana kualitas SDM yang ada, jumlah SDM, SDM yang bekerja, jumlah gaji untuk membayar. Kualitas baik dari sisi teknis maupun mentalitas 5.2.3. Lemahnya Manajemen dan Governance Tidak ada perencanaan kerja yang baik, yang sebenarnya dapat dilahirkan oleh direksi yang visioner, Namun TVRI tidak pernah memiliki pempimpin visioner yang memiliki kemampuan profesional yang baik sehingga dapat meneggakkan manajemen yang profesional dan governance. Jika memiliki direksi yang visoner, pihak luar dan karyawan mendemo.

5.3. Budaya kerja 5.3.1. Mentalitas karyawan Jelaskan dampak budaya birokrasi, mentalitas karyawan yang tidak profesional. Kecenderungan untuk mempolitisasi setiap keputusan LPP, konflik antar kelompok 5.3.2. Motivasi Karyawan Motivasi kerja karena mentalitas yang rusak 5.3.3. Kepemimpinan Tidak ada pemimpin yang dengan tegas dan visioner memimpin TVRI, jika ada tidak bertahan lama. Tidak ada keteladanan karena setiap orang hampir memiliki interest/kepentingan dan pernah melakukan dosa masa lalu, sehingga cenderung permisive terhadap kesalahan dan tidak ada semangat untuk memperbaiki sistem 5.4. Konflik Internal TVRI 5.4.1. Konflik antar karyawan Dapat dijelaskan konflik yang memicu munculnya serikat pekerja yang tidak pernah pro kepentingan TVRI dan ditunggangi kepentingan 5.4.2. Konflik antar karyawan dengan Direksi Penjelasan kronologis bagaimana direksi sering diganti dan konflik antar direksi, dan direksi dengan karyawan 5.4.1. Konflik antar Direksi dan Dewan Pengawas Penjelasan kronologis bagaimana konflik dewas dengan direksi. Tuduhan Dewan melakukan pengawasan operasional dll. lebih baik dibuat kronologis atau per tema 5.5. Refleksi Pemikiran

c. Jadi saran saya dilakukan reklasifikasi dari masalah yang sudah diuraikan dengan tema di atas. Mohon untuk menjelaskan lebih proporsional sehingga lebih obyektif, karena ini karya ilmiah. Lebih baik jika mendapatkan informasi dari berbagai pihak yang berseberangan seperti IMAS (yang dianggap pro untuk kembali menjadi bagian pemerintah), serikat pekerja, dll.