You are on page 1of 2

1.

Peran SIA penjualan kredit guna terciptanya pengendalian intern yang efektif adalah sesuai dengan unsur-unsur nya, diantaranya adalah: a. Organisasi Harus diadakan beberapa pemisahan tugas, yaitu: Fungsi penjualan harus terpisah dari fungsi kredit. Fungsi akuntansi harus terpisah dari fungsi kredit. Fungsi akuntansi harus terpisah dari fungsi kas. Transaksi dilaksanakan oleh lebih dari satu orang atau lebih.

b. Harus ada pengotorisasian terhadap beberapa dokumen yang terkait. c. Praktik yang sehat, dilakukan dengan cara penggunaan formulir berurut tercetak, melakukan rekonsiliasi kartu piutang. 2. Data yang diperlukan oleh manajemen yang terkait dengan prosedur sistem penjualan kredit diantaranya adalah: Data perkembangan harga atas barang-barang berikut perkembangan pemasaran. Data perencanaan penjualan dan saluran pemasarannya. Laporan atas kontrak-kontrak penjualan berikut pengiriman barangnya. Laporan atas order penjualan.

3. Di dalam faktur penjualan terdapat satu dokumen yang dinamakan tembusan wiraniaga yang digunakan untuk : a. Memberitahu bahwa barang telah sampai kepada pelanggan. b. Memberitahu bahwa wiraniaga telah memenuhi target penjualan sehingga dapat mengakumulasi perhitungan komisi dari wiraniaga. c. Menghitung komisi yang diperoleh atas penjualan.