You are on page 1of 4

Laboratorium Bahan Galian sie.

Petrologi

Gabro
Batuan Gabbro berwarna gelap, mempunyai bentuk ukuran butir serabut dari proses intrusive dan merupakan batuan beku akibat proses plutonic seperti granit, hanya saja batuan gabbro mempunyai kandungan silica yang lebih rendah dan tidak mengandung mineral kuarsa, alkali feldspar dan hanya mengandung mineral plagioklas yang sering dijumpai berwarna gelap dengan kandungan kalsium yang tinggi. Mineral mineral gelap lainnya yang sering terdapat pada batuan ini adalah amphibole, pyroxene dan kadang kadang juga biotite, olivine, magnetite, ilmenite dan apatite. Proses erupsi yang dialami gabbro sama seperti dengan yang dialami batuan Basalt. Mineral mineral utama pembentuk batuan Gabbro adalah hornblende, magnetite dan mineral mineral terang dari plagioklas. Gabbro adalah nama sebuah kota di Tuscany, Italia.

Gabro adalah batuan beku dalam, umumnya berwarna hitam, mineralnya berbutir kasar hingga sedang, berat jenisnya 2,9 -3,21. Komposisi dan persentase mineral pembentuknya adalah Plagioklas ( labradorit atau bitownit) 70 45 %, mineral mafis 25 50 %.

Nama : Peridotit Boy S. Torry NIM : 111.110.093 Plug : 4

Laboratorium Bahan Galian sie. Petrologi

Deskripsi :
1. Jenis Batuan 2. Warna 3. Struktur 4. Tekstur

: batuan beku basa hypabasial : Hitam : Masif : : Hipokristalin

Derajat Kristalisasi

Derajat Granularitas : Fanerik Kasar ( 5mm 30mm ) Kemas : - B. Kristal - Relasi : Anhedral : Equigranular Allotiomorfik

5. Komposisi Mineral

: Kuarsa 10% K. Feldspar 10 % Plagioklas 45 % Pyroxin 35 %

6. Nama Batuan 7. PetroGenesa

: Gabro : Batuan beku ini terbentuk langsung dari pembekuan magma. Warnanya yang gelap mengindikasikan bahwa batuan ini terbentuk dari magma yang bersifat basa. Batuan ini membeku pada ke dalaman dangkal atau merupakan intrusi dangkal sehingga termasuk pada batuan beku hypabisal, biasanya dalam bentuk tubuh batuan beku dyke atau sill. Batuan ini pejal atau massif karena tidak mengalami gaya endogen yang

mengakibatkan adanya retakan.


8. Kegunaan

: Kegunaan basalt sebagai bahan baku industri poles (tegel, ornamen, dll), bahan bangunan /pondasi bangunan (gedung, jalan, jembatan, dll) dan Sebagai agregat.

Nama : Peridotit Boy S. Torry NIM : 111.110.093 Plug : 4

Laboratorium Bahan Galian sie. Petrologi

Basalt

Basalt adalah batuan beku yang ekstrusif, terbentuk dari solidifikasi magma yang terjadi di permukaan bumi. Biasanya basalt berwarna abu-abu atau hitam, karena pembekuannya cepat di permukaan bumi. Basalt juga terbentuk di Bulan, Mars, Venus, dan bahkan di asteroid Vesta. Basalt merupakan salah satu batuan paling umum di Bumi

Deskripsi

1. Jenis Batuan 2. Warna 3. Struktur 4. Tekstur

: batuan beku basa vulkanik : Hitam : Masif : : Hipokristalin

Derajat Kristalisasi

Derajat Granularitas : afanitik

Nama : Peridotit Boy S. Torry NIM : 111.110.093 Plug : 4

Laboratorium Bahan Galian sie. Petrologi

5. Komposisi Mineral

Plagioklas (labradorit) 40-60 % mineral mafis (klinopiroksen, olivin) 55-35 % 6. Nama Batuan 7. PetroGenesa : Basalt : Basalt adalah batuan beku vulkanik, yang terjadi dari hasil pembekuan magma berkomposisi basa di permukaan atau dekat permukaan bumi 8. Kegunaan : Kegunaan basalt sebagai bahan baku industri poles (tegel, ornamen, dll), bahan bangunan / pondasi bangunan (gedung, jalan, jembatan, dll) dan Sebagai agregat.

KESIMPULAN
Perbedaan Gabro dan Basalt yang pertama adalah dari tempat pembentukannya , Gabro merupakan batuan beku basa Hypabisal, yaitu batuan beku yang terbentuk tidak jauh dari permukaan bumi. Batuan ini membeku pada ke dalaman dangkal atau merupakan intrusi dangkal, biasanya dalam bentuk tubuh batuan beku dyke atau sill. Basalt adalah batuan beku vulkanik, yang terjadi dari hasil pembekuan magma berkomposisi basa di permukaan atau dekat permukaan bumi. Perbedaan yang kedua, Gabro memiliki ukuran butir yang Kasar dengan ukuran diameter kristal 5mm 30mm, yang dikelompokkan menjadi kelompok fanerik kasar. Sedangkan Basalt dikelompokkan menjadi kelompok afanitik yang memiliki ukuran butir individu kristal yang sangat halus, sehingga tidak dapat dibedakan dengan mata telanjang.

Nama : Peridotit Boy S. Torry NIM : 111.110.093 Plug : 4