You are on page 1of 4

Bayam

Nama latin: Amarantus Spec div Nama daerah: Arum; Baya; Hayum; Jagur; Tarnak; Nadu Deskripsi tanaman: Semak, berbatang tegak, bentuk bulat, warna hijau kekuningan. Daun tunggal, berseling, bentuk lanset, tepi rata, ujung runcing, pangkal tumpul, warna hijau muda sampai hijau kekuningan. Perbungaan bentuk malai, melekat di ketiak daun, kelopak berbagi lima, mahkota bunga berwarna hijau keunguan. Buah batu, biji bulat, mengkilat, warna coklat kehitaman Habitat: Tumbuh liar dan sebagai tanaman budidaya, sebagai sayuran pada tanah lembab pada dataran rendah hingga 900 m dpl

Penggolongan Tumbuhan

sTRUKTUR ORGAN TUMBUHAN

Organ adalah kumpulan beberapa jaringan yang secara bersama-sama melakukan tugas tertentu.Salah satunya adalah akar Akar adalah organ tumbuhan yang masuk ke dalam tanah. Fungsi akar:1.Menyerap air dan garam mineral dari tanah 2.Memperkuat berdirinya tumbuhan 3.Tempat penyimpanan cadangan makanan 4Sebagai alat pernapasan Akar berkembang dari meristem di ujung akar yang tertutup oleh tudung akar (kaliptra) Tudung akar berasal dari bagian meristem apikal yang disebut kaliptrogen dan tersusun dari sel-sel parenki Pembelahan meristem apikal akan membentuk zona pembelahan sel, zona pemanjangan, dan zona pendewasaan. Pada zona pemanjangan, sel-sel akar beberapa sel permanen, yaitu xilem, floem, parenkim, dan sklerenkim. Calon akar pada embrio atau lembaga biji akan tumbuh menjadi akar primer. Akar primer yang tumbuh akibat aktifitas kambium akan membentuk akar sekunder.

Sawi adalah sekelompok tumbuhan dari marga Brassica yang dimanfaatkan daun atau bunganya sebagai bahan pangan (sayuran), baik segar maupun diolah. Sawi mencakup beberapa spesies Brassica yang kadang-kadang mirip satu sama lain. Di Indonesia penyebutan sawi biasanya mengacu pada sawi hijau (Brassica rapa kelompok parachinensis, yang disebut juga sawi bakso, caisim, atau caisin). Selain itu, terdapat pula sawi putih (Brassica rapa kelompok pekinensis, disebut juga petsai) yang biasa dibuat sup atau diolah menjadi asinan. Jenis lain yang kadang-kadang disebut sebagai sawi hijau adalah sesawi sayur (untuk membedakannya dengan caisim). Kailan (Brassica oleracea kelompok alboglabra) adalah sejenis sayuran daun lain yang agak berbeda, karena daunnya lebih tebal dan lebih cocok menjadi bahan campuran mi goreng. Sawi sendok (pakcoy atau bok choy) merupakan jenis sayuran daun kerabat sawi yang mulai dikenal pula dalam dunia boga Indonesia.

Berdasarkan Jenis Akarnya Amatilah akar tumbuhan yang ada di lingkungan sekitarmu. Akar bagi tumbuhan sangat penting karena berfungsi untuk menyerap air dan makanan dari dalam tanah. Pada beberapa tumbuhan, seperti wortel dan ketela pohon, akar berfungsi sebagai penyimpan cadangan makanan. Ada dua jenis akar, yaitu akar serabut dan akar tunggang. Akar serabut tidak memiliki akar utama dan setiap bagian akar besarnya sama. Akar tunggang adalah akar utama yang berukuran besar dan memiliki akar cabang. Tumbuhan yang memiliki akar serabut, misalnya tumbuhan padi, jagung, rumput, dan tebu. Tumbuhan yang memiliki akar tunggang, misalnya pohon mangga, jambu, dan durian. Akar memiliki fungsi yang sangat penting. Fungsi akar sebagai penyerap air dari dalam tanah. Hal itu membuat lingkungan terhindar dari banjir karena air yang jatuh ke bumi diserap dengan baik. Akar tumbuhan juga membuat keadaan tanah menjadi subur. Jika tidak ada tumbuhan, air sulit diserap oleh tanah sehingga bencana banjir tidak dapat dihindarkan dan masyarakat akan mengalami kerugian.