You are on page 1of 3

(BENAR/SALAH) 1. Titrasi Konduktometri tidak dapat digunakan untuk titrasi yang berwarna. 2.

Suhu sangat berpengaruh terhadap titrasi konduktometri 3. Titrasi konduktometri tidak menggunakan indikator. 4. Titrasi konduktometri yang dilakukan dengan menggunakan arus rendah ( maksimal 100 Hz ) disebut titrasi frekuensi rendah. 5. Titik akhir adalah titik titrasi pada saat indikator berubah warna.

ESSAY : 1. Sebutkan kekurangan dari titrasi konduktometri ? 2. Apa yang di maksud dengan titik ekivalen ?

JAWABANNYA : 1. SALAH 2. SALAH 3. BENAR 4. SALAH 5. BENAR

ESSAY : 1. Kekurangan titrasi konduktometer : Hanya dapat diterapkan pada larutan elektrolit saja Sangat dipengaruhi waktu Peralatan cukup mahal Jika tidak hati-hati maka akan cepat rusak Tidak bisa digunakan pada larutan yang sangat asam atau basah karena akan meleleh Dapat ditunjukkan dengan tidak langsung

2. Titik Ekivalen adalah titik dimana volum dari peniter yang di tambahkan dengan mol tertentu sama dengan nilai dari mol larutan yang di peniter.

PERCOBAAN KE-2

1. Daya hantar suatu larutan yang mengandung 1 gram ekivalen, suatu zat elektrolit yang terlarut antara dua elektroda yang ukurannya tertentu dan berjarak 1 cm, adalah .. a. Kondutivitas b. Titrasi konduktometri c. Daya hantar ekivalen d. Elektrolit e. Titik ekivalen 2. Berikut ini yang termasuk kekurangan dari titrasi komduktometri adalah a. Tidak menggunakan indicator b. Dapat digunakan untuk titrasi yang berwarna c. Lebih praktis d. Sangat dipengaruhi temperature e. Persen kesalahannya kecil 3. Yang dapat mempengaruhi jalannya titrasi adalah . . . a. Temperatur dan konsentrasi b. Tekanan c. Temperature dan volum d. Tekanan dan jenis indicator e. Tekanan dan konsentrasi 4. Konduktivitas akan menurun, jika larutannya . . . . a. Pekat b. Encer c. Berwarna d. Volum penitrannya lebih banyak dari yang dititer e. Salah semua 5. Merupakan metode untuk menganalisa larutan berdasarkan kemampuan ion dalam mengantarkan muatan listrik di antara dua elektroda a. Konduktometri b. Potensinometer

c. Kompleksinometri d. Argentometri e. Amperometri

ESSAY 1. Tuliskan kekurangan dari titrasi konduktometer ! 2. Jelaskan yang dimaksud titrasi frekuensi rendah dan titrasi frekuensi tinngi !