Вы находитесь на странице: 1из 6

PALUNG-PALUNG DI DUNIA

1. Palung Peru-Chili
Peru-Chili Trench (Palung Peru-Cili), juga dikenal sebagai Palung Atacama, adalah sebuah palung laut di bagian timur Samudera Pasifik , sekitar 160 kilometer (100 mil) di lepas pantai Peru dan Chile. Mencapai kedalaman maksimum 8.065 meter (26.460 kaki) di bawah permukaan laut di Richards Deep dan adalah sekitar 5.900 kilometer (3.666 mil) panjang; lebar rata-rata adalah 64 kilometer (40 mil) dan mencakup beberapa bentangan 590.000 kilometer persegi ( 228.000 mi ). Palung ini merupakan hasil dari tepi timur Lempeng Nazca yang subduksi di bawah Lempeng Amerika Selatan. Palung ini subducts dua pegunungan gunung bawah laut , yaitu Ridge Nazca dan Juan Fernndez Ridge.

2. Palung Amerika Tengah


Palung Amerika Tengah adalah besar zona subduksi , sebuah palung laut di bagian timur Samudera Pasifik di lepas pantai barat daya Amerika Tengah , yang membentang dari pusat Meksiko ke Costa Rica. Palung ini adalah 1.700 mil (2.750 km) panjang dan 21.880 kaki (6.669 m) pada titik terdalam. Palung ini merupakan batas antara Pasifik , Rivera , Cocos , dan Nazca piring, dan Amerika Utara dan piring Karibia. Saat ini merupakan palung terdalam ke 18 di dunia. Banyak gempa besar terjadi di wilayah Palung Amerika Tengah.

3. Palung Aleutian
Palung Aleutian (atau Aleutian Trough) adalah zona subduksi dan parit samudra yang berjalan di sepanjang pantai selatan Alaska dan perairan berdekatan timur laut Siberia di lepas pantai Semenanjung Kamchatka. Hal ini diklasifikasikan sebagai "parit marjinal" di bagian timur karena dijalankan sepanjang margin benua, dan sebagai busur pulau di mana ia berjalan melalui laut terbuka. Palung ini memanjang untuk 3.400 km dari persimpangan tiga di sebelah barat dengan Patahan Ulakhan dan ujung utara -Kamchatka Palung Kuril , sebuah persimpangan dengan ujung utara Ratu Charlotte Fault sistem di timur. Aleutian Trench merupakan bagian dari batas antara dua lempeng tektonik. Di sini, Lempeng Pasifik sedang subduksi di bawah Lempeng Amerika Utara pada sudut hampir 45 derajat. Bagian terdalam dari parit Aleutian telah diukur pada 7.679 meter (25.194 kaki). Di utara palung, serangkaian gunung berapi dan pulau-pulau yang terkait telah terbentuk dimana pencairan dari kerak telah disebabkan oleh lempeng turun di bawah mereka.

4. Palung KurilKamchatka
Palung KurilKamchatka atau Palung Kuril ( Bahasa Russia : ) adalah palung laut dengan kedalaman maksimum 10.542 meter (34.587 ft). Palung ini memanjang dari tiga persimpangan dengan Patahan Ulakhan dan Palung Aleutian ke utara, ke Palung Jepang ke selatan. Palung terbentuk sebagai akibat dari zona subduksi , yang terbentuk pada akhir Zaman Kapur, yang menciptakan Kepulauan Kuril busur kepulauan serta busur vulkanik Kamchatka. Lempeng Pasifik sedang subduksi di bawah Lempeng Okhotsk di sepanjang parit, sehingga intens vulkanisme.

5. Palung Jepang
Palung Jepang adalah sebuah palung laut yang merupakan bagian dari Cincin Api Pasifik, di lantai utara Samudera Pasifik dari timur laut Jepang . Palung ini memanjang dari Kepulauan Kuril ke Kepulauan Bonin dan terletak di sebelah timur Pulau Honshu. Dengan kedalaman maksimal 9.000 m (30.000 ft). Palung ini adalah perpanjangan dari Palung Kuril-Kamchatka di sebelah utara dan Palung Izu-Ogasawara ke selatan. Palung ini terbentuk ketika lempeng samudera Pasifik subducts di bawah lempeng Eurasia. Proses subduksi, bersama-sama dengan gesekan membuat lempeng ke bawah, menyebabkan palung laut terbentuk. Palung Jepang adalah salah satu penyebab tsunami dan gempa bumi di Jepang. Pada tanggal 11 Agustus 1989 yang menggunakan Kapal Selam Shinkai 6500 tiga orang submersible turun hingga kedalaman 6.526 m (21.411 ft) sambil menjelajahi Palung Jepang. Pada bulan Oktober 2008, tim Inggris-Jepang menemukan kawanan ikan, amblystomopsis Pseudoliparis pada kedalaman 7,7 km (4.8 mil) dalam palung itu, ikan ini diyakini ikan yang mampu hidup di laut yang terdalam yang pernah tercatat.

6. Palung Ryukyu
Palung Ryukyu adalah palung sepanjang 2.250 kilometer (1.398 mil) sepanjang tepi tenggara Jepang di Kepulauan Ryukyu di Laut Filipina di Samudera Pasifik . Palung ini terletak antara timur laut Taiwan dan Jepang selatan. Palung ini memiliki kedalaman maksimum 5.212 meter (17.100 kaki). Palung ini juga disebut Palung Nanseishoto, setelah nama alternatif Jepang untuk Kepulauan Ryukyu.

7. Palung Izu

Palung Izu-Ogasawara ( Izu-Ogasawara Kaik), juga dikenal sebagai Palung Izu-Bonin yaitu sebuah palung laut di barat Samudera Pasifik. Palung ini membentang dari Jepang ke bagian utara Palung Mariana. Palung IzuOgasawara merupakan kelanjutan dari Palung Jepang. Di sini, Lempeng Pasifik sedang subduksi di bawah Lempeng Laut Filipina , menciptakan Kepulauan Izu dan Kepulauan Bonin pad asistem Izu-Bonin-Mariana Arc. Bagian palung tang terdalam yaitu 9.780 m.

8. Palung Mariana
Palung Mariana atau Palung Marianas adalah palung yang paling dalam yang diketahui, dan lokasi terdalamnya berada di kerak Bumi. Dia terletak di dasar barat laut Samudra Pasifik, sebelah timur Kepualauan Mariana di 11 21 Utara latitude dan 142 12 Timur longitude, dekat juga dengan Jepang. Palung ini merupakan batasan di mana dua lempeng tektonik bertemu, zona subduksi di mana Lempeng Pasifik disubduksi di bawah Lempeng Filipina. Dasar dari palung ini jauh di bawah permukaan laut lebih jauh dari ketinggian Gunung Everest di atas permukaan laut. Palung ini memiliki kedalaman maksimum 10.911 meter (35.798 kaki) di bawah permukaan laut. Pertama kali diteliti pada 1951 oleh kapal Angkatan Laut Britania, Challenger II, yang memberikan nama titik terdalam dari palung tersebut Kedalaman Challenger. Menggunakan gema suara, Challenger II mengukur kedalam 5.960 fathom (10.900 m) pada 11 19 U, 142 15 T. Penyuaraan ini diulang berkali-kali menggunakan earphone untuk mendengar sinyal yang kembali ketika stylus melewati skala kedalaman graduated.

9. Palung Tonga

Palung Tonga terletak di Selatan Samudra Pasifik, Selandia Baru dengan kedalaman 10.882 meter (35.702 kaki). Titik terdalamnya dikenal sebagai Deep Horizon. Palung ini terletak di ujung utara zona subduksi Kermadec-Tonga. Zona subduksi ini yang paling aktif di mana Lempeng Pasifik bersubduksi di bawah Lempeng Tonga dan Lempeng Indo-Australia. Palung Tonga memanjang di utara-timur laut dari Kepulauan Kermadec utara dari Pulau Utara Selandia Baru. Palung ini merupakan tempat peristirahatan terakhir dari generator radioisotop termoelektrik dari misi Apollo 13 yang dibatalkan.

10. Palung Filipina


Palung Filipina (Mindanao Deep) terletak di sebelah timur Filipina. Memiliki panjang sekitar 1.320 km dan lebar sekitar 30 km dari pusat pulau Luzon Filipina membentang hingga ke tenggara pulau Halmahera, Maluku utara di Indonesia. Titik terdalamnya Galathea, memiliki kedalaman 10.540 meter. Palung Filipina adalah hasil dari tabrakan lempeng tektonik Philippine Sea Plate yang bersubduksi di bawah Sabuk Mobile Filipina dengan laju sekitar 16 cm per tahunnya.