Вы находитесь на странице: 1из 4

PENGELOLAAN PASCA ANESTESIA & SEDASI DI RUANG PULIH No. Dokumen No.

Revisi Halaman

Dengan ridho Allah, SWT kesehatan Anda tujuan kami


Jl. Raya By Pass, KM. 15, Aie Pacah, Padang Telp: 0751-46 05!" 0#116666001 s$d 0#116666005" %a&: 075146 5 1

Tanggal terbit Standar Prosedur Operasional

Ditetapkan Direktur

'(. A) Ri*+i, ,p An, K-., KM/


Suatu proses penatalaksanaan pemulihan pasien dari tindakan anestesi

Pengertian

meliputi serah terima pasien, pemantauan tanda vital, penanganan komplikasi pasca anestesia, menentukan kriteria discharge , instruksi dan pencatatan rekam medis selama di ruang pemulihan.

Tujuan

1. Mencegah komplikasi yang dapat terjadi selama proses pemulihan pasca anestesia dan sedasi 2. Mendeteksi secara dini dan mengatasi komplikasi yang terjadi secara cepat 3. Meningkatkan keselamatan sampai pasien dapat di transpor ke ruang rawat biasa atau pulang S! Siti ahmah "adang #omor$ ...%...%...%...%2&'1 tentang 1. Semua pasien pasca anestesia% pasca sedasi harus menjalani tatalaksana pasca anestesia yang tepat sesuai kondisi pasien 2. Komplikasi yang terjadi di ruang pulih harus segera ditangani oleh D")", residen anestesi dan perawat ruang pulih, dan bila memerlukan tindakan lebih lanjut

Kebijakan

SK Direktur

"engelolaan "asca (nestesia di S! Siti ahmah "adang

dilakukan oleh dokter bedah yang bersangkutan. '. "asien diharapkan tidak lebih dari * jam berada di ruang pulih, pada kondisi tertentu, pasien dapat dipindahkan ke unit khusus yang dapat memberikan layanan pasca anestesia% pasca sedasi sesuai kondisi pasien +. "enentuan kondisi dan kriteria layak discharge ke ruang rawat biasa atau pulang untuk rawat jalan dilakukan oleh D")"%residen anestesi yang bertugas *. Semua hasil pemantauan tanda vital, pemberian obat, cairan, tindakan, maupun jenis komplikasi yang terjadi beserta penanganannya selama pasien berada di ruang pulih harus ditulis secara lengkap di rekam medis pasien oleh D")"%residen anestesi%perawat ruang pulih yang bertugas. 7. !nstruksi pasca bedah oleh dokter bedah dan instruksi pasca anestesia harus ditulis secara lengkap sebelum pasien keluar dari ruang ruang pulih . ,roley emergency dan alat airway management harus tersedia di ruang ruang pulih, dicek secara rutin, harus selalu dalam kondisi siap pakai dan dapat diakses secara cepat di ruang pulih a.

Prosedur

1. Dilakukan serah terima oleh D")" atau peserta didik -""DS% "rogram "endidikan Dokter Spesialis. (nestesiologi yang bertugas dengan sta/ medis yang bertanggung jawab di ruang pulih, meliputi diagnosa, permasalahan pra dan intra bedah, jenis anestesia, dan instruksi khusus pasca anestesia. 2. Saat pasien tiba diruang pulih, dilakukan pemasangan monitor serta evaluasi kembali tanda vital pasien oleh D")"% peserta didik -""DS. (nestesiologi, meliputi$ a. Kesadaran

Kriteria skala nyeri yang digunakan adalah 0(S dengan target selama '& menit setelah di ruang pulih, nilai 0(S 1 2
+. 3ila terjadi komplikasi pasca anestesia seperti "4#0, nyeri

atau kedaruratan jalan na/as, repirasi, hemodinamik harus segera diatasi oleh D")"%residen anestesi lebih dahulu dibantu perawat ruang pulih, dan bila memerlukan tindakan lebih lanjut harus dilakukan oleh dokter bedah yang bersangkutan. 3ila diperlukan sesuai indikasi dapat diberikan obat penawar, seperti penawar pelumpuh otot, penawar ben5odia5epin, penawar narkotik antidotum golongan opiat. !. 6asil pemantauan tanda vital, pemberian obat, cairan, tindakan, maupun jenis komplikasi yang terjadi beserta penanganannya selama pasien berada di ruang pulih harus ditulis secara lengkap di rekam medis pasien oleh D")"% peserta didik anestesiologi%perawat "(78, di tandatangani oleh D")" atau peserta didik anestesiologi yang bertugas di ruang pulih. 7. Kriteria discharge pasien yang dipakai adalah score (ldrette 9 : -terlampir detail dalam !nstruksi Kerja perhitungan skala (ldrette. diisi dan ditandatangani oleh D")" dan peserta didik (nestesiologi yang bertugas di ruang pulih . Sebelum pasien dipindahkan dari ruang pulih atau pulang, semua instruksi pasca operasi dan pembiusan harus sudah ditulis lengkap dan ditangani oleh D")" % residen yang bersangkutan. ;. "ada saat akan dipindahkan, dilakukan serah terima dengan sta/ medis% petugas yang akan menjemput pasien -terlampir cek list serah terima.

"nit Terkait

#nstalasi Ra$at #ntensive "nit Radiologi #nstalasi %a$at Darurat #nstalasi ra$at inap