You are on page 1of 7

Bahan materi yang perlu lo pelajari ada banyak (banget) TAPI waktu yang tersisa udah

mepet (banget)"

Oke, terus gimana dong? Solusi paling praktis untuk menjawab sempet/nggak sempet itu
adalah bagaimana cara yang efektif untuk bisa mengalokasikan waktu, energi, serta
fokus kita untuk mempelajari semua (atau sebagian besar) materi SBMPTN?

Nah, dalam artikel kali ini gua akan memandu lo untuk menentukan skala prioritas dalam
belajar SBMPTN. Darimana skala prioritas itu diperhitungkan? Dalam pembahasan kali ini,
gua mengambil pendekatan berdasarkan distribusi persebaran topik untuk tiap soal SBMPTN
sampai dengan 6 tahun terakhir (tahun 2012-2017). Jadi nanti di bawah ini, gua akan share
satu per satu chart/grafik yang menggambarkan topik-topik mana aja yang paling sering
keluar di SBMPTN untuk setiap mata pelajaran.

Oke, sebelum gue tunjukin satu per satu chart per mata pelajaran, gua perlu menekankan dulu
bahwa proses pembuatan chart ini didasarkan pada beberapa asumsi berbeda. Maksudnya,
pada mata pelajaran tertentu (seperti TPA, Sejarah, dll) para tutor bisa dengan mudah
mengklasifikasikan bahwa 1 soal merepresentasikan 1 topik. Tapi pada beberapa pelajaran,
(contohnya Matematika, Ekonomi, dll) terkadang 1 soal tidak hanya merepresentasikan 1
topik, melainkan beberapa topik.

Jadi pada intinya, lo juga perlu memikirkan dasar asumsi yang digunakan para tutor, sebelum
akhirnya memutuskan skala prioritas lo dalam mengalokasikan waktu dan energi pada topik-
topik tertentu. Oke deh, kita langsung aja mulai ke subjek yang pertama yaitu TPA:

TKPA : TPA / Tes Potensi Akademik


Oke berikut di bawah ini adalah persebaran soal SBMPTN TPA dari 2012-2017. Perlu lo
ketahui bahwa jumlah soal TPA memang gak selalu sama dari tahun-ke tahun. Sewaktu nama
tes masuk PTN masih bernama "SNMPTN" jumlah soal TPA itu bisa mencapai 60-75 soal.
Sementara sejak nama tes masuk PTN jadi "SBMPTN" pada tahun 2013 hingga 2017
sekarang ini, jumlah soal TPA selalu konsisten di angka 45 soal. Untuk lebih jelasnya, lo bisa
lihat tabel dan grafik di bawah ini:

SNMPTN SBMPTN SBMPTN SBMPTN SBMPTN SBMPTN


Topik / Materi TOTAL
2012 2013 2014 2015 2016 2017
VERBAL 15 15 15 5 0 3 53
LOGIKA
12 7 0 5 5 5 34
PROPOSISI
LOGIKA
11 11 4 5 5 5 41
ANALITIK
ARITMETIKA
26 15 10 8 5 5 69
DASAR
ARITMETIKA
0 11 0 0 0 0 11
GEOMETRI
ARITMETIKA
0 0 0 0 5 5 10
TABEL
SNMPTN SBMPTN SBMPTN SBMPTN SBMPTN SBMPTN
Topik / Materi TOTAL
2012 2013 2014 2015 2016 2017
POLA
11 11 5 7 5 5 44
BARISAN
POLA
0 0 4 15 15 15 49
GAMBAR
SEBAB-
0 0 0 0 5 2 7
AKIBAT
DIAGRAM
0 0 7 0 0 0 7
VENN

Nah, bisa lo lihat di atas urutan topik yang paling sering keluar, dari mulai aritmetika. verbal,
pola barisan, dst. Sekilas mungkin lo berpikir untuk mengalokasikan waktu lebih banyak
untuk belajar aritmetika saja, tapi tunggu dulu. Coba lo lihat lebih seksama pada tabel
distribusi persebaran soal di atasnya, bisa dilihat pada SBMPTN tahun 2015 yang lalu, topik
yang paling banyak keluar justru adalah pola gambar! Nah lho, sementara pada SBMPTN
2014 topik "pola gambar" malah cuma keluar 4 soal, bahkan di SBMPTN tahun 2013 gak
keluar sama sekali. Bingung kan lo?
Okay, emang khusus untuk TPA ini, persebaran topik yang keluar TIDAK KONSISTEN.
Pada tahun 2013-2014 bisa jadi topik yang banyak keluar adalah "Verbal", sementara tahun
berikutnya (2015) topik "Pola gambar" lebih banyak keluar. Jadi mau gak mau, suka nggak
suka... khusus untuk pelajaran TPA ini, emang lo sebaiknya menguasai semua topik
secara merata dan seimbang! Oke deh untuk lebih mendalami lagi topik-topik pada subjek
TPA ini, lo bisa nonton video zenius.net di link berikut ini:

 Pembahasan materi TPA Aritmetika SBMPTN


 Pembahasan materi TPA Verbal SBMPTN
 Pembahasan materi TPA Pola Barisan SBMPTN
 Pembahasan materi TPA Analitik SBMPTN
 Pembahasan materi TPA Logika Proposisi SBMPTN
 Pembahasan materi TPA Pola Gambar SBMPTN
 Pembahasan materi TPA Matematika Dasar SBMPTN
 Pembahasan materi TPA Diagram Venn SBMPTN

TKPA : Matematika Dasar


Oke, untuk subjek Matdas ini gua minta tolong Wisnu untuk bikinin chart persebaran soal per
topik yang keluar di SBMPTN sejak tahun 2012-2017, berikut adalah grafiknya:

SNMPTN SBMPTN SBMPTN SBMPTN SBMPTN SBMPTN


Topik / Materi TOTAL
2012 2013 2014 2015 2016 2017
Persamaan
2 4 5 1 7 0 19
Kuadrat
Fungsi Kuadrat 1 3 2 1 3 1 11
Baris dan Deret 2 3 1 1 1 2 10
Pertidaksamaan 1 1 3 1 1 2 9
Statistika 2 1 1 2 0 2 8
Eksponen
1 1 2 1 1 0 6
(akar/pangkat)
TPA 1 3 0 1 0 1 6
Fungsi
Komposisi dan 1 1 1 2 0 1 6
Invers
Sistem
Persamaan
1 0 1 2 2 0 6
Linear dan
Kuadrat
Trigonometri 0 0 1 0 4 0 5
Logaritma 1 1 2 1 0 0 5
Peluang 0 1 1 1 1 1 5
Sukubanyak 0 0 0 1 4 0 5
Matriks 1 1 1 1 0 1 5
Turunan 0 0 2 0 2 0 4
SNMPTN SBMPTN SBMPTN SBMPTN SBMPTN SBMPTN
Topik / Materi TOTAL
2012 2013 2014 2015 2016 2017
Transformasi
0 0 0 0 2 1 3
Geometri
Program Linear 1 0 1 0 0 1 3
Persamaan Garis 0 0 1 0 2 0 3
Integral 0 0 0 0 2 1 3
Persamaan
0 0 0 0 2 0 2
Lingkaran
Dimensi Tiga 0 0 0 0 1 1 2
Limit 0 0 0 0 1 1 2
Himpunan 1 0 0 0 0 0 1
Logika 0 0 0 0 0 0 0
Vektor 0 0 0 0 0 0 0

Khusus untuk subjek matematika (baik matdas maupun math saintek) perlu lo catat bahwa
chart ini dibuat dengan asumsi bahwa "1 soal SBMPTN bisa mencakup beberapa topik",
karena memang 1 soal dalam matematika kadang tidak hanya merepresentasikan 1 topik
seperti dalam pelajaran lain. Bisa jadi 1 soal dalam matematika itu mencakup
pertidaksamaan, persamaan kuadrat, dan eksponen. Jadi untuk bisa menjawab 1 soal,
diperlukan penguasaan 3 konsep matematika.

Jadi kalo lo perhatikan materi "persamaan kuadrat" yang menjadi topik paling banyak keluar,
sebetulnya lebih tepat diterjemahkan sebagai sebuah materi yang sangat fundamental &
penting untuk dikuasai karena dibutuhkan untuk menjawab berbagai macam soal dalam
topik-topik lain, seperti (katakanlah) fungsi kuadrat, persamaan linear, pertidaksamaan, dll.

Catatan kedua untuk chart matdas ini adalah adanya topik "TPA". Mungkin ada beberapa di
antara lo yang heran kenapa ada TPA di chart di atas. Perlu lo ketahui bahwa sebelum nama
tes masuk PTN jadi "SBMPTN" di tahun 2013, subjek TPA dan Matematika Dasar seringkali
dicampur dan digabungkan dalam 1 sesi tes (dalam chart di atas berarti berlaku untuk
SNMPTN 2012). Jadi, simpelnya bisa dibilang lo abaikan aja topik TPA dalam chart di
atas karena sebetulnya udah gua alokasikan pada chart sebelumnya. Oke deh, berikut adalah
link video pembahasan untuk beberapa materi yang paling sering keluar di matdas:

 Persamaan Kuadrat
 Baris dan Deret
 Fungsi Kuadrat
 Statistika
 Pertidaksamaan

TKPA : Bahasa Indonesia & Inggris.


Nah, untuk Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, gua nggak bisa menampilkan topik materi
yang paling sering keluar. Karena memang ya tipe soal yang keluar di SBMPTN dari dulu
selalu sama untuk kedua pelajaran ini, yaitu PERTANYAAN DARI BACAAN. Jadi ya mau
gak mau, memang lo harus belajar kemampuan Bahasa Indonesia & Bahasa Inggris yang
benar, agar bisa menjawab pertanyaan dari bacaan dengan tepat dan cepat. Oke, berikut ini
adalah tips dari tutor Bahasa Inggris dalam menghadapi tipe soal pertanyaan dalam bacaan di
SBMPTN & juga link pembahasan soal SBMPTN Bahasa Indonesia:

 Tips Jago Ngerjain Reading Comprehension di SBMPTN Bahasa Inggris


 Pembahasan soal SBMPTN Bahasa Indonesia tahun 2008-2015

SAINTEK : Matematika IPA


Untuk matematika saintek, perlu dicatat kembali bahwa chart persebaran topik di bawah ini
adalah hasil perhitungan berdasarkan asumsi bahwa "satu soal bisa merepresentasikan
beberapa topik", berikut adalah chartnya:

SNMPTN SBMPTN SBMPTN SBMPTN SBMPTN SBMPTN


Topik / Materi TOTAL
2012 2013 2014 2015 2016 2017
Persamaan
4 4 4 3 7 0 22
Kuadrat
Trigonometri 5 4 1 4 4 1 19
Fungsi Kuadrat 1 3 3 1 3 0 11
SNMPTN SBMPTN SBMPTN SBMPTN SBMPTN SBMPTN
Topik / Materi TOTAL
2012 2013 2014 2015 2016 2017
Integral 2 3 2 1 2 1 11
Sukubanyak 1 1 2 2 4 1 11
Turunan 1 2 2 2 2 2 11
Peluang 3 3 1 2 1 1 11
Pertidaksamaan 4 2 0 1 1 1 9
Persamaan
2 1 1 1 2 0 7
Lingkaran
Limit 1 1 1 1 1 2 7
Persamaan Garis 0 2 1 2 2 0 7
Vektor 2 1 1 1 0 1 6
Transformasi
1 1 0 1 2 0 5
Geometri
Dimensi Tiga 1 1 1 1 1 0 5
Baris dan Deret 0 0 2 2 1 0 5
Sistem
Persamaan
0 0 1 0 2 1 4
Linear dan
Kuadrat
Eksponen &
0 0 1 2 1 0 4
Logaritma
Bunga,
Pertumbuhan, 0 0 0 0 0 1 1
dan Peluruhan
Irisan Kerucut 0 0 0 0 0 1 1
Irisan Dua
0 0 0 0 0 1 1
Lingkaran
Fungsi Rasional 0 0 0 0 0 1 1
Fungsi
Komposisi dan 0 1 0 0 0 0 1
Invers
Matriks 0 0 1 0 0 0 1
Oke, lagi-lagi kita bisa lihat bahwa persamaan kuadrat adalah topik yang sangat fundamental
untuk dipahami karena konsep dasarnya dibutuhkan untuk menjawab banyak soal di topik
lain, diikuti trigonometri, peluang, turunan, integral, sukubanyak. Khusus untuk Matematika
IPA SBMPTN 2017, ada empat topik baru yang belum pernah muncul di tahun-tahun
sebelumnya, yaitu: Bunga, Pertumbuhan, dan Peluruhan, Irisan Kerucut, Irisan Dua
Lingkaran, dan Fungsi Rasional. Pada grafik di atas, keempat materi baru tersebut berasal
dari materi K13 dan K13 Revisi, dan gua tandain dengan warna hijau. Berikut adalah link
pembahasan materi dari topik-topik tersebut:

 Persamaan Kuadrat
 Trigonometri
 Peluang
 Turunan