Вы находитесь на странице: 1из 4

Page:of 5

Automatic Zoom

PERCAKAPAN KONSELING ANTARA BIDAN DENGAN PASIEN


TENTANG KB
Action 1
Rina : Assalamualaikum wr wb.
Masy. : walaikum salam wr wb.
Rina : bapak ibu bagaimana kabarnya hari ini? Terima kasih sudah meluangkan waktu
untuk
menghadiri acara penyuluhan KB di balai desa Pakelonan ini. Disini saya ditemani ol
eh bu
Puspa salah satu dari tim penyuluh KB kecamatan Pakelonan. Saya persilahkan ibu Pus
pa
untuk memberikan penyuluhan tentang KB.
Action 2
Puspa : Assalamualaikum wr wb.
Masy. : walaikum salam wr wb.
Puspa : Selamat Pagi bapak ibu. Terima kasih kepada ibu Rina yang telah memberikan
kesempatan kepada saya untuk memberikan penyuluhan KB. Langsung saja saya akan
menjelaskan satu persatu alat kontrasepsi. Yang pertama Kondom ya Bu. Ibu ibu pasti
sudah
tahu apa itu kondom, ada yang sudah pernah menggunakan kondom?
Risti : oh, tentunya sudah dong bu...! (semangat)
Nusroh : saya mah tiap malem bu.
Puspa : oh, begitu. Ya sudah saya akan menjelaskannya dengan singkat. Kondom itu
sarung
karet tipis penutup penis yang menampung cairan sperma pada saat ejakulasi. Memang
untuk
mendapatkannya sangat mudah bisa dibeli di warung atau di supermarket, tetapi ibu harus
mengingat beberapa hal antara lain yang pertama, ibu harus menggunakan kondom baru
setiap bersenggama.
Farisa : ooh, berarti kalo udah dipakai gak bisa di cuci lagi bu?
Rina : Gak bu Farisa, kondom itu sekali pakai jadi ibu harus mempunyai persedian kondom
yang cukup dan hati hati jika kondom robek.
Seperti ini buk contoh kondomnya (sambil menunjukkan kondom)
Puspa : iya bu, dan tolong jauhkan dari jangkauan anak anak dan buang kondom di tempat
sampah yang tertutup.
Action 3
Puspa : yang kedua KB suntik ya bu. KB suntik adalah obat KB yang disuntikkan 1 bulan
sekali atau 3 bulan sekali. Untuk yang 1 bulan sekali berisi estrogen dan progesteron.
Rina : seperti ini bu (sambil menunjukkan contoh) untuk KB suntik 1 bulan namanya gestin.
Puspa : yang 3 bulan sekali berisi progesteron saja.
Rina: kalo yang 3 bulan ini bu contohnya obatnya namanya hipoprogestin.
Puspa : untuk wanita yang menyusui sebaiknya tidak menggunakan yang 1 bulan karena
mempengaruhi produksi ASI. Keuntungannya kalau pake KB suntik itu tingkat
keberhasilannya 99 % dan tidak membatasi umur.
Action 4
Rina : kemudian yang ketiga KB pil ya bu, ini obat kontrasepsi yang diminum setiap hari
selama 21 atau 28 hari. Pil KB ada 2 macam (sambil menunjukkan pil KB)ini Pil KB yang
hanya mengandung hormon golongan progesteron. (menunjukkan pil KB kedua). Kalau
yang
ini Pil kombinasi yang mengandung hormon golongan estrogen dan progesteron. Yang
perlu
diingat apabila menggunakan pil KB diawali hari 1 sama 5 masa haid, pil KB kombinasi
dilarang diberikan pada ibu usia diatas 35 tahun dan perokok berat.
Action 5
Rina : yang keempat susuk KB atau implan yaitu alat kontrasepsi yang berbentuk bata
ng
terbuat dari silastik yang berisi hormon golongan progesteron yang dimasukkan dibawah
kulit lengan kiri atas bagian dalamterdapat 2 jenis susuk KB yaitu terdiri dari satu bat
ang dan
dua batang (sambil memperlihatkan contoh KB susuk). Masing masing dapat mencegah
kehamilan selama 3 tahun. Tidak diperbolehkan menggunakan susuk KB jika Hamil atau
diduga hamil, penderita jantung, stroke, liver, darah tinggi dan kencing manis, perdarahan
vaginal tanpa sebab.
Action 6
Puspa : Nah kalo yang ini namanya IUD/ AKDR yaitu alat kontrasepsi yang dimas
ukkan
kedalam rongga rahim (sambil memperagakan), terbuat dari plastik fleksibel, beberapa
jenis
IUD dililit tembaga atau tembaga yang bercampur perak bahkan ada yang disisipi horm
on
golongan progesteron, IUD bertembaga dapat digunakan selama 10 tahun. Tidak boleh
dipergunakan padaibu hamil atau diduga hamil, gangguan perdarahan dan peradangan alat
kelamin,kecurigaan kanker kelamin dan tumor jinak serta radang pinggul.
Kemudian saya akan menjelaskan vasektomi, vasektomi adalah pengikatan dan
pemotongan
saluran benih agar sperma tidak keluar dari buah zakar, cara ini dipakai untuk kontrasepsi
mantap pria. Yang harus diingat untuk laki laki usia subur sudah punya anak cukup (dua
anak), dan istri beresiko tinggi boleh bersenggama setelah 2 atau 3 hari pasca operasi
dengan
menggunakan kondom, penggunaan kondom dilanjutkan sampai 20 kali ejakulasi atau 3
bulan pasca operasi.
Action 7
Rina : dan kemudian Tubektomi, tubektomi yaitu pengikatan dan pemotongan saluran telur
agar sel telur tidak dapat dibuahi oleh sperma. Tidak boleh melakukan tubektomi apabil
a
menderita tekanan darah tinggi, stroke, kencing manis, atau diabetes, penyakit jantung dan
paru paru. Sedikit tambahan ya bu, tubektomi dilakukan untuk wanita usia subur berumur
diatas 30 tahun, sudah punya anak cukup atau 2 anak, anak terkecil harus berusia minimal
5
tahun.
Puspa : demikian bu sedikit informasi tentang KB dari kami. Silahkan ibu atau bapak untuk
berkonsultasi mengenai pilihan KB yang tepat bagi bapak atau ibu, mumpung disini ada bu
bidan dan gratis lo yah.
Action 8
Risti : (memperkenalkan diri) saya ibu Risti, umur saya 24 tahun, saya baru mempunyai s
atu
anak dan baru lahir. Yang saya tanyakan KB yang cocok untuk saya apa ya bu??
Rina : karena ibu masih muda umurnya 24 tahun, saya menyarankan ibu menggunakan KB
suntik yang 3 bulan sekali yang mengandung progesteron saja bu, karena tidak
mempengaruhi produksi ASI dan cocok untuk ibu menyusui.
Risti : oh, begitu ya bu, apakah ada efek sampingnya?
Rina : efek sampingnya kalau di bulan pertama pemakaian terjadi mual, perdarahan berupa
bercak di antara masa haid, sakit kepala dan nyeri payudara. Juga tidak melindungi IMS
dan
HIV AIDS.
Action 9
Sausan : Bu bu, kalo saya kadang kombinasi bu, kondom sama KB suntik, baik gak bu?
Yang
sesuai dengan pekerjaan saya yang selalu menemani lelaki hidung belang kalo gak tua tua
keladi?
Puspa : oh kalo ibu lebih baik pakai kondom saja, kalo suntik kan sudah saya jelaskan tadi
kalau KB suntik tidak bisa melindungi dari Infeksi menular seksual dan HIV AIDS.
Nusroh : berarti saya juga pakai kondom aja bu?kan saya anak buahnya bu?
Puspa : iya begitu juga tidak apa apa bu, dan sebaiknya dilakukan pemeriksaan genetalia
ata
u
alat kelamin satu bulan sekali untuk memastikan kesehatan alat kelamin ibu.
Action 10
Mega : bu, saya mau tanya.....
KB yang cocok untuk saya apa dengan saya yang berumur 33 tahun. Dan saya sudah
merasa
cukup dengan mempunyai 2 orang anak.
Puspa : ada tiga pilihan untuk ibu, yang pertama yaitu IUD (bertembaga dapat dipakai
selama
10 tahun), yang kedua yaitu tubektomi (jadi sel telur tidak dapat dibuahi oleh sperma dan
bentuknya permanen dan efektif), dan yang terakhir yaitu fasektomi pada suami ibu, nantiny
a
saluran benih sperma pada suami ibu dipotong agar tidak keluar dari buah zakar. Untuk
tubektomi dan fasektomi bentuknya permanen, tetapi dilakukan dengan operasi. tenang
saja
bu,, ibu masih bisa berhubungan dengan suami kok.
Action 11
Farisa : bu, saya ingin menunda kehamilan. Alat kontrasepsi apakah yang cocok untuk
saya?
Rina : umur ibu berapa?
Farisa : umur saya 19 tahun
Rina : dilihat dari usia ibu yang masih muda, saya sarankan agar ibu menggunakan pil KB.
Karena pil KB dapat mencegah lepasnya sel telur dari indung telur, mengentalkan lend
ir
mulut rahim sehingga sperma tidak dapat masuk, dan efektifitasnya 98,5% sampai lebih
dari
99%.
Action 12
Oktavia : saya masih bingung bu, bagai mana cara pemakaian kondom yang benar. Saya
takutnya nanti bocor dan tidak kencang.
Puspa : (ibu puspa menjelaskan bagaimana cara pemakaian kondom yang benar)
Oktavia : oo.... iya bu, terimakasih atas penjelasannya.
Action 13
Rina : bagaimana bapak ibu???semoga apa yang telah kami jelaskan mengenai KB ini
dapa
t
bermanfaat dan semoga KB yang bapak atau ibu lakukan dapat sukses...
Puspa : Kami juga meminta maaf apabila bapak ibu belum puas atas jawaban kami.Lebih
lanjutnya bapak ibu bisa datang ke BPS Ibu Rina atau menghubungi
saya.Wassalamualaiku
m
Wr. Wb.
Masy. : Walaikumsalam Wr.Wb.