You are on page 1of 22

Top Ten Thing to Do, See and Eat in Bandung, Indonesia

There are three main areas for factory outlet stores, mainly Jalan Riau, Jalan Dago and Jalan Setiabudi, where the famous Rumah Mode is. Thats where you can buy your Tommy Hilfiger and Booberry. Locals flock to Pasar Baru for beautiful, cheap fabrics, and Jalan Cihampelas for denim, advised Budi. Favorite thing: hi, nice to meet you. i lived in bandung, maybe i can recomend best & cheapest spa in bandung. lot of people know about eveyday spa. the concept like balinese massage & spa. price very much cheap around USD 15 for 2 hours with full package massage & spa with scrub. Easy for heading to everyday spa. Location behind siliwangi soocer stadion in bandung. thanks have a nice trip

When my friends found out i was going to Bandung for holidays, most of them asked me why Bandung? or whats there to do in Bandung?. Bandung, nicknamed Kota Kembang, is a fantastic holiday destination, but isnt well known outside Indonesia. While researching for this trip, I also found out that info on the Net about Indonesias 4th largest city is pretty scant, so I decided that Id do a list like this after coming back, so here it is. Bear in mind this is based on my familys short experience there, there are definitely many more attractions there that we didnt have time to take in. The list is divided into 3 general sections: What to see (the natural attractions), what to do (shopping) and what to eat (the food, of course). Well start with the biggest attraction of them all: 1. Tangkuban Perahu Its visible from anywhere in Bandung, and takes an hours drive to get up there. Its cold like Camerons there, and you can look down on Kawah Ratu, the largest of the few volcano craters there. Even from a distance of about 200m, its breathtaking. You can also hike down to see the crater of the live volcano up close, but its a long way down and you have to pay for a guide. The downside is the touts constantly pestering you to buy their trinkets.

While here, you can also check the Sari Ater (or Ciater) hot springs, owned by a private resort. But not much to do other than touch the 35 degree water.

2. Kawah Putih This is another crater in a different location, but its atop an inactive volcano. Its also cooling due to the high altitude, and i have to say to sight of the turquoise sulfur lake surrounded by

grey rocks is something to behold. You can walk up close to the lake edge, but you cant touch the water. Downside Its a 2 hour drive here, and not much else to do.

(Thats mean pretending to throw my kid into the sulfur water) While here, you can also check out Situ Patenggang, a lake surrounded by tea plantations. You can go boating, but my wife said its just like Taiping lake.

3. Saung Angklung Udjo In the midst of the bustling narrow roads and cramped shops in the city center, there is a bamboo covered sanctuary built by the great angklung master Udjo Ngalagena to celebrate the craft and music of the humble bamboo musical instrument.

There is a theater here where you can watch a daily performance of Sundanese music, dance and culture. We only caught the rehearsal here, but the 5 year old performers are extremely talented.

And then we have the shopping, the biggest attraction of Bandung for most Malaysians. 4. Jalan Dago / Riau This is where most of the factory outlets sell the sisa ekspot garments. Make no mistake, its NOT like Malaysian warehouses, these are upmarket outlets beautifully decorated for you to shop in comfort. You name it, they have it clothes, jeans, leatherware, bags, shoes, toys, but mainly clothes. And UNBELIEVEABLY cheap.

5. Rumah Mode This is one of the outlets, but it deserves a special mention. It is the most beautiful outlet, and by far the most popular one. Rich Jakartans (and Malaysians) flock here every weekend to shop for the latest in trendy clothes and high fashion. If you only have time to go to one, I recommend this one. Downside, its in Jalan Setiabudi, far from the other outlets.

6. Jalan Cihampelas Another street packed with outlets, but here its more catered to teenagers and kids. You can find any and every kind of jeans and tee shirts. Another feature is the statues and decor they use to attract customers. Downside, some shops sell poorer quality stuff here.

Now we move on to the fine dining and local cuisine. Fine dining in Bandung is VERY cheap, you can eat in the classiest restaurants here and the price is only half of what youd pay for in Malaysia. 7. The Valley This is the Western spot best we tried. It located on the hilltop, the view is excellent especially at sunset. The food is great, but the ambience is better. Its in the same area as other restaurants such as The View (we also tried it), the Peak and the Stone Grill.

8. Kampung Daun This is another must-try for anyone going to Bandung. Its a kampung-style dining set in a cultural centre, and you get to eat in your own private hut surrounded by rockface and trees. Food is a combination of Sundanese, Western and Chinese cuisine. On the downside, its quite far from the city centre, plus Ive read some complaints about the service.

9. Atmosphere If youre looking for the most happening Western restaurant, its at Atmosphere. Here you can eat in a hut surrounded by a pond filled with koi and gigantic Amazonian arapaima. The food is not as good as the earlier two mentioned, but the ambience is one of its kind.

10. Local Cuisine Of course, you can also try the melting pot of local cuisine, Javanese, Sundanese and Chinese. We tried the Sundanese restaurant DapurKu, it was cheap and delicious.

They also sold puffs filled with chocolate or durian, also very tasty.

Or you can try one of the thousands of carts selling bakso and mie and other stuff, or the small nasi padang eateries at every street corner.

Another delicacy is the brownie kukus, which we didnt have the opportunity to try. Notable mentions: There were lots of other stuff we managed to cram in our 5 days there, but didnt make the list. There are many historical sites (like Gedung Merdeka) around the city, worth a look if you are into it. Also along Jalan Braga there are lots of art galleries, and teenagers gather on weekends with cars and play music. We had a great time in Bandung, so good were planning to return again, soon
Ciater Hot Springs
Located close to Bandung and approximately 9 km / 6 miles to the north-east of nearby Tangkuban Perahu crater, the attractions of Ciater reside within the very heart of a spreading clove and tea plantation. The Sari Ater Hot Spring Resort resides at the end of the main road and serves as the top draw card in the Ciater area, being amongst the best of its kind that the region has. There are a series of small sulphurous pools at the resort, which are fed by natural mineral springs, warmed by volcanic activity, and are reputed to offer medicinal qualities. Open: daily Admission: charge for pools

Kawah Putih
The mountains situated on the southerly outskirts of Bandung tend to offer less in the way of attractions and facilities than those in the north, although these resorts do have the distinct advantage that they are quieter and less developed. If you are in this area, then do keep an eye out for the volcanic crater that is better known as the Kawah Putih. This crater comes with a beautiful azure-blue lake and may be small, but is really quite stunning and very photogenic. The Kawah Putih is especially close to Gunung Patuha and Rancabali.

Lembang
Close to the Sari Ater Hot Spring Resort and around 15 km / 9 miles to the south of Bandung, Lembang is a small and often bustling market town, with areas boasting a strong Dutch colonial character. Day trippers visiting Lembang will find that the waterfalls at nearby Maribaya park are particularly enticing. The acclaimed Bosscha Observatory (Observatorium) is also located at Lembang, on the Jalan

Peneropongan Bintang, and is actually Indonesia's only observatory currently in existence.

Maribaya Hot Springs


Maribaya is to be found 5 km / 3 miles to the east of Lembang and therefore within easy reach of Bandung. The number one attraction here is without a shadow of a doubt the Maribaya Hot Springs, which comprise an extremely popular thermal spa and some rather beautifully landscaped flower gardens, as well as a dramatic waterfall and a neighbouring river gorge, complete with hiking track to Dago. Open: daily - 24 hours Admission: free

Tangkuban Prahu
Tangkuban Prahu is an active volcano and lies a mere 30 km / 19 miles from Bandung, being sited directly to the north. Very much a tourist attraction in its own right, Tangkuban Prahu attracts hordes of visitors each year, who come here to marvel at the sheer scale of the crater. It is possible to take a hike up to the top and peer into the crater itself, where you can view the hot springs and feel the heat. If you are feeling peckish, then you may like to buy one of the eggs that are cooked on the hot surface of the volcano.

Rancabali
Standing just over 40 km / 25 miles from Bandung, Rancabali has become a vast tea estate, with endless tea plantations and picture-postcard countryside scenery. Rancabali is located next to Situ Patengan, an attractive lake offering tea rooms and pleasure boats. The Malabar Tea Estate is one of the main attractions here and is around 5 km / 3 miles from Pengalengan, where guided tours of the productive plantation await visitors. Open: daily - 24 hours Admission: free, charge for guided tours

What to Eat
There are many sumptuous Indonesian delicacies served at restaurants and dining venues throughout Bandung, a number of which are specific to this part of Java and often available from street vendors. Look out for:

Bakso Tahu - steamed parcel of meat, served with soy sauce and peanut paste Laksa Bandung - chicken and coconut soup Lotek - mixed vegetables, with chillies and peanut paste Martabak - stuffed pancakes (can be either sweet or savoury) Mie Kocok - noodle soup Nasi Timbel - rice wrapped in a banana leaf and served with chicken, tofu and sliced raw vegetables (lalapan) Oncom Bandung - fermented soy bean cake Soto Bandung - beef and vegetable broth, with lemon grass and soy beans

Do note that the majority of restaurants and dining establishments in Bandung do not serve alcoholic drinks with their meals. Fruit juice and icy yoghurt drinks tend to be favoured instead, especially at lunchtimes.

Where to Shop
For some serious shoe shopping in Bandung, head along the Jalan Cibaduyut, on the south-western side of the city centre, and be sure to bring your plenty of spending money. If it's stylish denim jeans you are after, then the place to be is the Jalan Cihampelas (Jean's Street), where jeans really do come in all sizes and colours imaginable. One of the newest shopping centres in the city is the aptly named Bandung Supermal (Supermall - BSM) on the Jalan Gatot Subroto, which is home to the biggest Hero supermarket in the whole of Indonesia, as well as a small cinema complex, food court, tenpin bowling and of course, some 200+ shops. The Alun Alun area of central Bandung is a good place to find shopping centres, although most are a little on

the old side and run down. Other good city shopping malls include the Indah Plaza (BIP) on the Jalan Merdeka, the Bandung Trade Centre on the Jalan Terusan Pasteur, the Paris Van Java Mall on the Jalan Sukajadi, and the recently opened Plaza Cimahi on the Jalan Raya Cibabat. For everyday shopping and general food items, the stores around the Jalan Dalem Kaum are a good bet. Supermarkets are also available within the Ramayana department stores.

Seafood di Bandung

Bagi anda yang lagi searching makanan laut di Bandung atau seafood Bandung dengan harga Murah bersih dan enak.... Nah, disini nih kita punya sedikit info tentang itu yang mudah mudahan bermanfaat yah apalagi kita ngasih info nya Seafood Bandung Yang Murah hehe. Beberapa tempat Seafood di Bandung : Yang pertama DCost Seafood Restoran, yang ke dua Seafood Inti Laut dan yang terakhir MCCF Seafood. DCost Restoran Seafood yang berlokasi strategis berlokasi di Jl. Sukajadi No. 197 Bandung. Tempatnya yang mudah di akses dan mudah parkir juga membuat pengunjung ramai sekali berdatangan bahkan sampai restoran ini pernah tutup sebelum waktunya karena persediannya yang sudah habis. Di dukung dengan makanannya yang murah meriah dan fasilitas fasilitas gadget misalnya Ipad untuk memesan membuat resestoran ini semakin unik dan diserbu para pelanggan. Lalu promo promo unik juga membuat pengunjung terheran heran dan sangat menyukainya yaitu discount sesuai umur pengunjung yang paling tua. Misalnya Jika anda membawa nenek kalian yang berusia 90 tahun makanan menjadi discount 90 % menabjubkan sekali jika kita sebelumnya tidak mengetahui. Apalagi dengan motonya yang menarik mutu bintang 5 dengan harga kaki 5 . Walau Bandung adalah daerah pegunungan, namun anda masih bisa menikmati seafood, masakan khas pantai itu di tempat ini. Tempat ini menyediakan seafood yang masih segar dan enak di dekat Universitas, Yaitu Seafood Inti Laut. Anda bisa mencobanya dengan harga berkisar Rp 10.000 -

30.000. Tempatnya pun cukup nyaman. Tempat parkir sedang. Dapat memuat sekitar 20 mobil. Didaerah ini banyak juga yang menjual makanan lainnya juga, dapat ditempuh hanya dalam waktu 10 menit saja dengan menggunakan kendaraan bermotor. Dari pusat kota dapat ditempuh hanya dalam waktu 25 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Satu lagi nih tempat makan Seafood yang asik dan murah yaitu MCCF Seafood. Kalo kata orang kantong kering cari yang murah nah disini pas banget nih Lokasinya ada di Jl. Tubagus Ismail Raya No.2D, deket banget sama pasar simpang dago, jadi kalian bisa sekalian jajan jajan atau belanja di pasar simpang dago. Harga makanan disini terjangkau abis buat ukuran Seafood Bandung. Rasanya, jangan ditanya, nendang abiss! Kalo kamu kesini pas jam makan pastinya bakal rame banget sampe sampe harus ngantri tempat duduk atau bahkan kita malah kepaksa bawa pulang. So coba jangan lupa coba yah resto resto Seafood Bandung Murah ini di jamin ga akan nyesel deh yang pasti karna harganya yang murah bikin dompet aman deh.

Cibaduyut

Sepatu, tas dan dompet merupakan salah satu asesoris yang selalu digunakan dan dibawa baik bagi pria maupun wanita. Bandung merupakan salah satu sentral pembuatan asesoris tersebut. Tepatnya berada di Cibaduyut Bandung. Cibaduyut pun dikenal sebagai deretan toko terpanjang di Asia. Hasil produk sepatu cibayudut tidak kalah dengan merek luar negeri. Buktinya dengan banyaknya turis domestik yang datang ke sini. Cibaduyut Bandung berada di daerah selatan Bandung kira kira dari pusat kota sekitar 30 menit. Kawasan ini awalnya terkenal dengan sentral sepatu kulit. Untuk menuju ke Cibaduyut tidak sulit. Di tandai dengan patung sepatu yang besar di depan perempatan sebelum memasuki jalan Cibaduyut Bandung. Dengan adanya patung yang Sepatu memudahkan untuk para pengunjung untuk bisa sampai ke cibaduyut bandung, karena patung sepatu merupakan lambang atau ciri khas dari jalan cibaduyut dan patung sepatu satu-satunya yang ada di kota Bandung. Pantung sepatu cibaduyut merupakan akses pintu masuk menuju dari jalan Cibaduyut Bandung. Sepanjang Jalan Cibaduyut Bandung banyak berdiri toko toko yang menjual dan menerima pesanan sepatu. Semua ukuran sepatu dapat dibuatkan di sini. Daerah ini terkenal karena harga yang mereka tawarkan cukup murah, dan kwalitas yang cukup bagus. Kita bisa melihat toko-toko yang berjejer memajang dagangan yang didominasi oleh tas dan sepatu. Kalau kita masuk ke dalamnya, kita dapat menemukan lebih banyak lagi. Ada pakaian termasuk jaket kulit, tas kulit, tas gendong, dompet, ikat pinggang, boneka, sandal, bahan kulit untuk mebuat sepatu

atau sendal dan lain-lain. Keistimewaan dari cibaduyut adalah bagi anda yang ingin membeli sepatu dengan model yang anda inginkan anda bisa melakukan pemesanan. Harganya pun bervariasi, mulai dari beberapa puluh ribu saja sampai dengan ratusan ribu rupiah. Harganya pun bisa di tawar. Dengan kualitas yang bagus juga. Mangkanya deangan kualitas yang terjamin prodak dari cibaduyut sangat terkenal hingga ke Asia. Selain sepatu, dompet dan tas banyak juga di sini di jual makanan khas Bandung sebagai oleh oleh bandung. Jika datang ke cibaduyut Bandung anda tak hanya belanja sepatu atau makanan saja, namun dompet pun disini bisa dijadikan oleh oleh Bandung, karena harga, bentuk dan kwalitas yang bagus. Tidak jauh dari jalan cibaduyut bandung terdapat terminal bus leuwih panjang, yang bisa memudahkan para pengunjung yang menggunakan alat tranportasi untuk mengunjungi cibaduyut bandung. Untuk anda yang menggunakan kendaraan pribadi dari luar bandung anda bisa keluar dar Tol Kopo atau tol Moch. Toha, karna kedua Tol ini akses keluar dari tol yang sangat dekat. Berbagai oleh-oleh ciri khas kota bandung bisa anda dapatkan disini, seperti penyeum, dodol, opak, dan lainlain. Jika Cibaduyut terkenal akan sentral sepatu dan tas ada wilayah lain yang juga terkenal dengan produk Jeans, yaitu Cihampelas Bandung. Jangan lupa jika anda berlibur ke Bandung mintalah Cibaduyut Bandung dan Cihampelas Bandung masuk dalam Bandung tour package anda. Maka anda akan menemukan sensasi lain dari Kota Bandung.

Kebun Strawberry Bandung

Strawberry, hmm buah yang segar, juicy, rasanya yang gereget, manis agak asem asem seger dan juga bentuk dan warna yang cantik membuat banyak orang menyukai buah asal paman sam ini. Nah, di Bandung menyediakan ribuan strawberry yang dikemas dalam suatu perkebunan, ya Kebun Strawberry Bandung lahan luas yang dipenuhi tanaman strawberry yang ditanam didalam polibag yang buahnya berwarna cantik menggelayut menggoda setiap pengunjung untuk memetiknya, perkebunan tersebut berada di ketinggian sekitar 1000m dpl, sangat cocok untuk lahan perkebunan dengan diimbangi udara yang sejuk, di Bandung terdapat dua kawasan kebun strawberry yaitu di daerah Lembang dan Ciwidey.

Kebun Strawberry Bandung menghadirkan konsep yang akan memuaskan para pengunjung yaitu Strawberry Walk dimana pengunjung dapat memetik langsung strawberry yang diiginkan, selain adanya sistem strawberry walk di Kebun Strawberry Bandung juga biasanya menyediakan arena bermain untuk anak sehingga tempat agrowisata ini sangat tepat untuk berlibur bersama keluarga saat week-end. Kebun Strawberry Bandung yang dapat dikunjungi di sekitar Lembang ada di kawasan; Cihideung (Rumah Strawberry), Kayu Ambon, Disekitar jalan menuju objek wisata Maribaya Bandung, Disekitar jalan menuju objek wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung. Sedangkan di sekitar Ciwidey kebun strawberry nya lebih luas, terdapat di kawasan; Di sekitar Objek wisata Situ Patenggang Bandung, Jalan menuju Kawah Putih Bandung, Kebun Strawberry Rancabali, Kebun Strawberry Pasirjambu.

Di Kebun Strawberry Bandung pengunjung selain dapat memetik langsung buah dari pohonnya juga dapat membawa pulang kerumah. Buah Strawberry selain dapat dimakan langsung juga bisa diolah lagi menjadi Selai Strawberry, Ice Cream, Juice dan lain sebagainya. Di sekitaran perkebunan tersebut terdapat juga lho para penjual strawberry yang sudah dibungkus dan macam-macam makanan lain, Di kawasan Ciwidey para pengunjung dari atau diluar Bandung pasti tidak akan lengkap rasanya bila tidak berkunjung dulu ke kebun Strawberry karena strawberry sudah menjadi salah satu ciri khas daerah Ciwidey.

Pasar Baru Bandung

Pasar Baru Bandung atau kini disebut juga dengan Pasar Baru Trade Centre berlokasi di Jl.Otto Iskandar Dinata. Salah satu tempat shopping di Bandung ini termasuk ke dalam pasar baru modern yang menjual berbagai sandang dengan harga yang relatif terjangkau dengan kualitas baik. Banyak juga kios atau tempat penjualan di Pasar Baru Bandung yang bisa anda temukan juga di mall mall besar di Bandung, itu berarti Pasar Baru Bandung tentu tidak kalah pasarannya dengan mall mall lain. Di tahun 1935, Pasar Baru adalah pasar terbersih dan teratur se-Hindia Belanda. Lokasi Pasar Baru Bandung terletak di tengah kota Bandung, Tak Jauh dari Jl. Asia Afrika Bandung. Akses menuju lokasi ini sangat mudah dan amat dikenal oleh penduduk Bandung. Jenis barang yang diperjual belikan di Pasar Baru Bandung ini mulai dari aneka pakaian jadi, kain batik, Baju Batik, Bed Cover, Baju Muslim, Jilbab, Kebaya, Perlengkapan Muslim dan lain lain. Di Pasar Baru Bandung pakaian atau kain yang ditawarkan mulai dari kwalitas rendah sampai kwalitas bagus. Jika beruntung maka bisa berbelanja dengan harga miring namun kwalitas barang yang cukup bagus. Ada beberapa tips jika ingin berbelanja di Pasar Baru Bandung: - Pastikan kwalitas barang yang di beli, agar tak kecewa nantinya. - Jika barang tidak menggunakan lebel harga, berarti barang bisa ditawar - Simpan Tas atau dompet di bagian depan badan, bukannya menakuti tapi hanya menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan, karena Pasar Baru Bandung sangat ramai. Sedikit sejarah mengenai Pasar Baru Bandung yang dulunya merupakan Pasar Baroeweg. Pasar ini di bangun sekitar tahun 1884 sebagai pengganti pasar lama di kawasan Ciguriang (di daerah Jl.Kepatihan saat ini) dulu masih merupakan pasar biasa yang kemudian di adakan renovasi pada tahun 2001 menjadi Pasar Baru Bandung yang kita ketahui saat ini. Satu yang pernah membanggakan dari Pasar Baru Bandung ini yaitu pada tahun 1935, Pasar Baru Bandung mendapatkan predikat sebagai pasar terbersih dan teratur se- Hindia Belanda. Pasar Baru Bandung yang juga merupakan pasar modern tertua yang masih berdiri saat ini memiliki 11 lantai termasuk area parkir. Di Pasar Baru Bandung selain banyak penjual pakaian, sepatu, tas dan lain sebagainya terdapat pula satu lantai yang khusus menjual tekstil, sentra penjualan kain dan batik yang ada di Pasar Baru Bandung pun cukup terkenal hingga ke negeri sebrang, hingga biasanya selalu saja tamu dari Jacktour.com memakai pilihan service Bandung Car Rental dari Jacktour.com selain untuk di kendarai pribadi juga disediakan satu mobil kosong hanya untuk di isi belanjaan mereka dari Pasar Baru Bandung dan di tambah pula dari tempat perbelanjaan lain seperti Factory Outlet Bandung misalnya.

Karena di Pasar Baru Bandung pengunjungnya selalu padat sebaiknya berbelanja ke Pasar Baru Bandung jangan memakai perhiasan berharga yang berlebihan juga selalu jaga tas anda selalu didepan untuk menghindari dari terjadinya pencopetan. Nah sekarang, jika ke Bandung anda sudah tau kan tempat untuk berbelanja pakaian dengan harga grosir dan mutu yang tak kalah bagus. Ada juga sebagian orang bilang Belum ke Bandung jika belum ke Pasar Baru Bandung.