You are on page 1of 18

R Sammuel Mamesa Universitas Diponegoro

Pengertian
O Perangkat yang digunakan

untuk mencitrakan gambaran dari distribusi radioaktif yang ada di dalam tubuh. O Sebelum adanya Kamera Gamma digunakan Rectilinear Scanner yang menggunakan satu atau dua detektor besar, yang men scan tubuh pasien ke dalam fase rectilinear. Namun scanning berjalan lambat dan gambaran yang dihasilkan pun kurang baik .

O Hal O Anger di

University of California menemukan Gamma Camera sebagai alat yang dapat menginterpretasikan gambaran dari distribusi Radioaktif dalam tubuh. Alat ini mampu menginterpretasikan banyak point dalam tubuh secara bersamaan

Komponen pada Gamma Kamera

Kolimator

Efektifitas kolimator bergantung pada :


1. 2. 3.

Dimensi (besar, jumlah, panjang, tebal) Jarak dari objek : untuk scanning jarak harus sedekat mungkin dg objek agar resolusi yang dihasilkan bagus Energi gamma yang digunakan : energi 70-140 keV = low energi 260-400 keV = medium energi > 400 keV = high energi

Kristal NaI(Tl)

PMT

PHOTOMULTIPLIER TUBE
Fungsi : merubah signal cahaya menjadi signal elektrik secara terukur O Elektroda I = photokatoda fungsinya : mengubah cahaya menjadi Pulsa Listrik dan kemudian dipercepat dg beda potensial searah menuju elektroda selanjutnya (dynoda), untuk selanjutnya diteruskan menuju Anoda (dynoda akhir) Anoda akan menghasilkan pulsa akhir output yg akan diperkuat oleh komponen preamplifier & amplifier.

Preamp & PHA


O Rangkaian Charge Amplifier
O Delay Timer Clipper O Base Line Restorer O Threshold Circuit O Buffer

Bagian Pencitraan
O Sistem Komputer
O Rangkaian Interface

Bagian Mekanik
Dual Head Camera Triple Head Camera

PRINSIP KERJA
O Kristal NaI di dalam detektor

sintilasi, bila terkena sinar gamma akan mengalami eksitasi dan mengeluarkan sinar berkilau. O Sinar ini membentur lapisan fotoelektrik dan menghasilkan elektron. O Elektron ini diperbanyak oleh PMT sehingga menjadi sinyal elektrik/pulsa listrik. O Pulsa Listrik ini akan diolah ke dalam sistem pencitraan untuk diperoleh data yang dapat terlihat pada layar monitor.

PRINSIP KERJA
Data tersebut dapat berupa angka-angka

(pada pemeriksaan up-take tyroid), berupa grafik (grafik renogram), atau berupa titiktitik (pemeriksaan scanning organ). Besarnya angka, tingginya grafik dan banyaknya titik dalam satuan waktu sebanding dengan banyaknya sinar gamma yang membentur kristal. Keadaan sumber radiasi dapat dinilai sebagai peta energi yang berbentuk angka, scanning dan jarak.

Jenis Kamera Gamma


O Removeable Plug
O Tipe D O Tipe Torch O Radiografi Remote Control

Kendali Mutu Kamera Gamma


O Sensitifitas
O Resolusi Spasial O Resolving Time

Sekian & TerimaKasih